Pesona Luar Biasa Pantai Gili Labak Sumenep Madura

0

Akses Menuju Lokasi Wisata Pantai Gili Labak Madura

Pantai Gili Labak Malam Hari
by instagram @jalal.af.a

Pantai Gili Labak Sumenep Madura – Membicarakan tentang tempat wisata kepulauan, tentu hampir semua orang yang hobi berwisata mengetahui tentang tempat wisata pulau yang amat eksotis di lombok. Gili trawangan. Namun, bagi Anda yang berada di wilayah barat dan tidak mempunyai waktu cukup banyak untuk bisa sampai di lombok, Anda bisa ber wisata di pulau Madura. Madura? Ya. Pulau Madura selain mempunyai wisata darat seperti air terjun Toroan dan pantai camplong, juga memiliki tempat wisata serupa, yakni wisata Pantai Gili Labak dan Pulau Sapeken. Gili, mempunyai arti sebuah pulau kecil. Memang, biasanya gili berukuran kecil dan hanya dihuni oleh beberapa kepala keluarga. Atau di tempat-tempat tertentu, terkadang gili ini tidak berpenghuni.

Pantai Madura Gili Labak merupakan tempat wisata yang tergolong baru dan masih tersembunyi, sehingga belum banyak diketahui oleh para wisatawan. Sama seperti pariwisata pulau lainnya, tempat ini juga menyediakan banyak hal yang bisa diamati dan dijadikan bahan belajar serta hiburan. Tempatnya yang masih alami, asri, dan bersih, membuat Pantai Gili Labak menjadi tempat yang tepat untuk menenangkan diri dari segala kebisingan dan hiruk pikuk aktivitas bekerja di kota.

Hallo Gili Labak
by instagram @pur_16

Pulau Gili labak berada di sebelah timur pulau Madura. Luasnya hanya sekitar 5 hektar saja. Pulau mungil ini hanya dihuni oleh sekitar 35 kepala keluarga. Meskipun sudah terdapat banyak warga yang tinggal di Pulau Gili labak, akan tetapi, fasilitas yang disediakan oleh pemerintah setempat belum memenuhi kriteria layak. Kemungkinan besar, disebabkan lokasi pulau ini yang jauh dari pusat pemerintahan dan media yang digunakan sebagai mobiling sarana dan prasarana masih belum lengkap. Di zaman yang sudah mutakhir seperti ini saja, Pulau Gili labak hanya tersentuh aliran listrik hanya pada malam hari. Selain itu, ketersediaan air bersih masih belum ada, sehingga warga masih memanfaatkan air laut.

Kunjungi :  Sejarah dan Lokasi Wisata Pantai Baron di Yogyakarta

Mari kita tengok salah satu sudut di Pulau Gili labak yang amat menggoda ini. Pantai sumenep gili labak. Pantai ini terletak di salah satu sudut di Pulau Gili labak. Tempat wisata di Jawa Timur ini memang layak disebut sebagai surga tersembunyi. Di samping lokasinya yang memang tidak terjangkau oleh kendaraan-kendaraan darat secara langsung dari pulau jawa, tempat ini masih jauh dari promosi pemerintah setempat karena fasilitas yang belum diperhatikan. Sayang sekali, jika saja akomodasi bisa menyaingi Pulau Gili-Pulau Gili yang lain, pasti akan memberikan banyak keuntungan, selain kepada negara, juga masyarakat yang tinggal di dalam pulau. Namun dibalik segala kekurangan yang ada, pantai ini memberikan keindahan yang tak kalah menarik dari pantai-pantai lain.

Pantai Gili Labak Madura
by instagram @ratnadewiiswulandari

Pantai di Madura Gili Labak merupakan pantai dengan pasir pantai berwarna putih. Panorama terlihat sempurna dengan gradasi warna air laut, mulai dari hijau toska muda, hijau toska tua, dan biru. Tepi pantai ditumbuhi oleh pepohonan yang didominasi oleh pohon kelapa. Perahu-perahu nelayan terparkir di tepi pantai membuat lukisan Tuhan ini terlihat indah. Di samping keindahan pantainya, Pantai Gili Labak juga mempunyai keindahan bawah laut yang amat memesona. Terdapat berbagai macam biota laut yang bisa dilihat. Tiket masuk Pantai Gili Labak adalah 0 rupiah, alias tidak dipungut biaya masuk. Anda hanya perlu mempersiapkan biaya perjalanannya saja.

Di Pantai Gili Labak sumenep Madura ini, Anda bisa melakukan beberapa kegiatan menarik. Aktivitas yang akan sayang jika Anda lewatkan ketika berada ditempat ini adalah berikut ini.

Pantai Gili Labak Sumenep
by instagram @elisabeth.ajeng
  • Bermain pasir

Aktivitas ini tentu saja menjadi aktivitas wajib ketika Anda berkunjung ke pantai. Memang sepertinya sepele ya aktivitas ini. Tapi, jika dilakukan di tempat yang teduh dan sejuk, aktivitas ini bisa menjadi salah satu cara Anda untuk melakukan relaksasi. Seperti diketahui, ada sebuah perkampungan yang menjadi viral, karena yang pertama, perkampungan tersebut bernama kampung pasir dan yang kedua, warga kampung pasir memiliki banyak pasir di dalam rumah masing-masing. Mereka beranggapan, tidur di atas pasir lebih menyehatkan dan lebih bisa memberikan ketenangan dari pada tidur beralaskan kasur. Nah, di pantai pasir putih ini, Anda bisa mencoba aktivitas tersebut.

  • Snorkeling
Kunjungi :  Wisata Favorit Keluarga Ya Pantai Delegan Gresik

Aktivitas lain bagi Anda penggemar olahraga air adalah snorkeling. Snorkeling di tempat ini juga bisa menjadi hal wajib. Sebab, Pantai Gili Labak mempunyai pemandangan bawah air yang amat memesona. Dengan air yang jernih, terumbu-terumbu karang dan banyaknya ikan-ikan kecil yang berenang dan meliuk-liuk kecil di sekitar karang seolah mengajak Anda untuk berenang bersama. Anda harus membawa sendiri peralatan snorkeling jika Anda berkeinginan untuk melakukan aktivitas ini. Pantai Gili Labak belum menyediakan tempat persewaan peralatan snorkeling.

  • Diving

Anda yang belum puas dengan aktivitas snorkeling, aktivitas diving bisa menjadi solusi. Anda akan dapat mengeksplor lebih banyak lagi alam bawah laut yang belum Anda lihat di daerah pesisir. Untuk dapat menikmati diving di Pantai Gili Labak, Anda juga harus mempersiapkan terlebih dahulu sebelum tiba di lokasi Pantai Gili Labak Madura. Sebab, belum ada tempat yang dapat ditemui untuk menyewa perlengkapan diving. Anda dapat pergi bersama-sama nelayan dengan menaiki perahu untuk mendapati tempat dengan kedalaman yang pas.

  • Berjalan Mengelilingi Pulau.

Letak Pantai Gili Labak kabupaten sumenep Madura yang berada di perairan tenang ini membuat sejauh mata memandang, air laut terlihat tenang dan damai. Anda bisa berjalan mengelilingi pulau dalam waktu 30 menit saja. Keseluruhan pemandangan alam di pulau kecil ini akan terlihat secara menyeluruh.

  • Bermalam di Pulau Gili labak

Anda bisa menikmati malam di Pulau Gili ini dengan 2 alternatif. Menginap di salah satu rumah warga atau mendirikan tenda di tepi pantai. Tidak ada penginapan di Gili Labak yang bisa Anda temui. Jika Anda memang berniat bermalam di hotel atau penginapan, Anda bisa menginap disalah satu hotel di pulau Madura. Untuk lebih jelasnya, gunakan Gili Labak peta untuk menemukan lokasi dengan tepat.

Kunjungi :  Jelajah 22 Tempat Wisata Alam di Pandeglang yang Keren Abis

  • Akses Menuju Pantai Gili Labak

Hanya ada satu jalur yang bisa Anda lalui ketika Anda akan berkunjung ke Pantai Gili Labak yaitu jalur laut. Jalur laut di sini dimaksudkan bagi Anda yang sudah berada di pulau Madura sebelumnya. Tapi, bagi Anda yang masih berada di pulau jawa, jalan menuju Pantai Gili Labak dari surabaya juga siap mengantar Anda. Perjalanan ini bisa dilakukan dengan kendaraan roda dua dan empat, atau bagi Anda seorang Gili Labak backpacker, Anda juga bisa menemukan rute ke Pantai Gili Labak dengan mudah, karena akses informasi dan penunjuk jalan yang setia menemani di setiap sudut kota.

Snorkeling di Pantai Gili Labak
by instagram @Arifin

Perjalanan dari surabaya ke Pantai Gili Labak ini dtempuh dengan dua kali menaiki kapal. Yaitu dari pelabuhan tanjung perak surabaya, dan pelabuhan kalianget sumenep, Madura. Untuk mempermudah perjalanan Anda, telah banyak agen wisata yang menyediakan paket wisata Pantai Gili Labak. Dengan mengikuti paket wisata ini, biaya ke Gili Labak menjadi lebih murah. Apalagi jika Anda bersama-sama rombongan keluarga atau turut serta bersama rombongan lain.

Biaya yang harus Anda keluarkan untuk mengikuti paket wisata adalah sekitar Rp. 600.000 an. Harga tersebut sudah termasuk akomodasi dan peralatan yang dibutuhkan ketika sudah tiba di Pulau Gili labak. Rute Gili Labak yang penuh petualangan panjang dan memakan waktu lama akan terbayar dengan indahnya panorama Pantai Gili Labak yang memesona.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */