Lokasi dan Rute Menuju Pantai Gesing Gunung Kidul

0

Lokasi Pantai Gesing Wonosari berada di di dusun Panjolo Mulyo, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunung Kidul. Pantai ini mempunyai karakteristik pasir putih dengan ombak yang kecil karena bentuknya berada di teluk dengan gradasi permukaan air dari warna hijau terang ke biru-biruan dengan diapit oleh tebing sehingga menambah keindahan pantai gesing ini, sangat cocok sebagai tempat wisata untuk bermain dan berlibur.

Pantai Gesing
Instagram by @samdawus

Letak Pantai Gesing Bantul tidak terlalu jauh dari Kotagede. Sekitar 35-40 km jaraknya. Jika anda menggunakan sepeda motor, kira-kira membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk bisa sampai ke sana. Rute menuju Pantai Gesing Panggang Gunung Kidul melalui jalur antara lain adalah Jl Imogiri Timur, Kebon Agung, Selopamioro, dan terakhir Panggang. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat denah Pantai Gesing Wonosari.

Setelah di Panggang, Anda masih harus melanjutkan perjalanan ke arah timur, sampai menemukan pohon beringin besar di utara jalan. Kemudian belok kanan. Sekitar 10 km dari situ maka tampaklah pantai Gesing yang amat indah itu.

Untuk masuk pantai, anda tidak dipungut biaya sepeserpun. Bahkan tempat parkir yang resmi pun belum ada. Jadi, sebelum ditinggal pastikan kendaraan anda sudah aman terkunci. Pemandangan di Pantai Gesing cukup menarik. Di sana, Anda dapat memancing sepuasnya. Tetapi membawa sendiri ya peralatannya. Bawa jaring kecil dari rumah. Spot memancing tersebar di sekitar pantai, seperti di atas tebing yang terjal.. menarik bukan? Let’s go mancing di Pantai Gesing Gunung Kidul.

Pesona Pantai Gesing
Instagram by @edward_sogen

Pantai Gesing ini lebih banyak dikenal oleh para pemancing karena memang dipantai ini ada beberapa spot yang sangat disarankan untuk melempar umpan pancing. Selain itu, di Pantai Gesing ini digunakan juga oleh masyarakat sekitar sebagai tempat berlabuhnya kapal-kapal nelayan. Banyak sekali ikan yang tersembunyi di batu-batu karang. Baik ikan hias laut maupun ikan yang biasa dikomsumsi. Ikan yang banyak didapat pemancing diantaranya layur, tenggiri dan ada juga lobster dan cumi-cumi. Yang cukup menarik di Pantai Gesing ini kita bisa mencari ikan hias laut di sela-sela batu karang yang terletak di pantai sebelah kiri.

Kunjungi :  Intip Sisi Tersembunyi dari Sumber Sirah Malang

Jika ingin menikmati lebih jelas pemandangan sekitar Pantai Gesing. Anda dapat mendaki tebing disana. Tapi, tetap dengan ekstra hati-hati.

Gambar Pantai Gesing

Panorama keindahan Pantai Gesing cukup membuat para pemancing juga fotografer tak ingin ketinggalan akan tempat yang satu ini. Tentunya, keindahan pantai ini sudah tidak diragukan lagi sebagaimana wisata alam Gunung Kidul lainnya. Pantai ini memiliki air yang jernih dengan pasir putih terhampar di sepanjang pantai.

Hal yang menarik dari pantai ini adalah gradasi permukaan air dari warna hijau terang ke warna biru menambah keindahan Pantai Gesing. Pantai Gesing tak terlalu besar. Dengan karakteristiknya, pantai ini menjadi tempat berlabuh para nelayan, baik lokal atau pun nelayan dari luar daerah seperti dari Kebumen atau Pacitan.

Untuk jalan menuju Pantai Gesing sebenarnya tidak terlalu sulit. Dapat ditempuh melalui tiga rute pantai gesing yogyakarta, bisa melewati jalur Pathuk, jalur Imogiri dan juga jalur Parangtritis yang terdapat pada peta Pantai Gesing Jogja.

Pantai Gesing Jogja
Instagram by @m.essy_j

Bagi pengunjung yang hobi Fotografi, bisa mencari tempat-tempat di sekitar lokasi atau bahkan pantai itu sendiri sebagai obyeknya.

Penikmat kuliner juga tidak akan kecewa, karena di sini tersedia seafood yang beraneka macam dengan harga yang sangat bersahabat. Untuk yang kepengen repot-repot sedikit, atau gemes dengan aneka ikan, pengunjung bisa membeli langsung ikan di TPI (Tempat Pelelangan Ikan). Baru kemudian bisa meminta pemilik warung setempat untuk mengolahnya menjadi hidangan yang lezat.

Apabila dilihat dari atas bukit, pemandangan Pantai Gesing terlihat seperti Pantai Ngrenehan dan Pantai Baron. Semua pantai ini sama-sama di apit oleh dua bukit karang. sehingga menambah sensasi keindahan tersendiri. Bukitnya yang memanjang dari sisi kanan dan sisi kiri, semakin mempercantik panorama wisata Pantai Gunungkidul.

Kunjungi :  Rute ke Sunrise Wisata Puncak Suroloyo Kulon Progo

Namun demikian, garis Pantai Gesing lebih luas jika dibandingkan dengan Pantai Ngrenehan. Akan tetapi, jika di samakan dengan Pantai Baron, maka pantai Gesing pastilah kalah luasnya.

Posisi dua buah tebing yang mengapit Pantai Gesing ini, dijadikan pelabuhan oleh masyarakat setempat. Adaya celah tebing yang membentuk teluk itu, berguna untuk mengurangi ganasnya hambusan ombak samudra laut. Sehingga nelayan bisa berlindung dibalik tebing itu. Akan tetapi, tetap saja, jika air laut sedang pasang, bersisap-siap saja, air laut pasti akan sampai pada tepian pantai.

Wisata Alam Pantai Gesing
Instagram by @panduyogaa

Terdapat juga Pantai Wohkudu yang letaknya berdekatan dengan Pantai Kesirat. Jaraknya dari kota Yogyakarta 65 km dapat di tempuh sekitar 1jam 50 menit dengan kendaraan pribadi. Berikut dua rute menuju Pantai Wohkudu Yogyakarta yang dianggap paling efektif sebagai berikut :

Rute pertama, Yogyakarta > Ringroad jl.Wonosari > Piyungan > Patuk > Gading (lapangan terbang) belok kanan > pasar Playen > Paliyan > Girikarto > Pantai Wohkudu.

Rute kedua, Jogja > Ring Road Selatan > Jalan Imogiri Timur >Selopamioro > Panggang > Pertigaan SDN Sawah ada pohon besar di pinggir jalan ke kanan > Warak > Pertigaan Bolang ke kanan >Pantai Gesing.

Menuju lokasi obyek wisata alam Gunung Kidul tersebut, anda harus melakukan perjalanan terlebih dahulu dengan melalui jalan berbatu dengan pohon-pohon besar di kanan dan kiri jalan. Cukup melelahkan, namun pemandangan di sepanjang jalan cukup melegakan apalagi ditambah dengan hembusan angin sepoi-sepoi.

Perjalanan yang tidak mudah tersebut selanjutnya akan membawa anda pada pantai yang begitu indah. Hamparan butir pasir putih pun siap menyambut kedatangan Anda. Ketenangan air laut atau ombak Pantai Ngandong Gunung Kidul tentu akan membuat Anda segera ingin berenang dan bermain-main air di pantai tersebut.

Kunjungi :  Indahnya 32 Tempat Wisata di Pontianak Kalimantan Barat

Jalan menuju Pantai Ngandong di jogja : Jogja – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Pertigaan timur Lanud TNI Gading ke kanan – Playen – Paliyan – Saptosari – Pertigaan sebelum Masuk kawasan Pantai Baron ke arah Timur – ikuti jalan aspal sampai menemui pintu masuk Pantai Sundak – Pantai Ngandong berada tepat di barat Pantai Sundak.

Letak Pantai Sepanjang Wonosari terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai Sepanjang berjarak kurang lebih 1 Km sebelah Timur Pantai Kukup atau di sebelah Barat Pantai Watu Kodok dan Drini

Pantai Sepanjang merupakan salah satu wisata Pantai Gunungkidul yang masih alami dan paling konservasi yang pada waktu tertentu sebagai tempat pendaratan penyu laut untuk bertelur. Panjang bibir pantai memanjang dari Barat ke Timur kurang lebih 500-an meter.

Tempat Wisata Pantai Gesing
Instagram by @dwex_vyanisty01

Rute dari Jogja ke Pantai Sepanjang: Jogja – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Lanud TNI AU Gading – Siyono – Wonosari – Jalan Baron – Tanjungsari – Pertigaan Masuk Kawasan Pantai Baron ke arah Timur – Pintu Masuk Pantai Kukup ke timur – Pantai Sepanjang

Berlibur ke Pantai Gesing, tidak hanya soal pemandangannya yang indah saja. Lebih asyik lagi kalau bisa memanfaatkan spot memancing di sana. Selain seru, kamu juga bisa menikmati ikannya yang amat segar dan menggoda selera makan itu.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */