Lokasi dan Jalan Menuju Kosakora Pantai Drini

0

Siapa yang tak ingin berlama-lama menikmati panaroma di Pantai Drini Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebuah lokasi wisata yang menjadi salah satu pantai istimewa di pesisir Gunungkidul. Hal ini dikarenakan adanya pulau kecil di tengahnya, yang membagi pantai menjadi dua bagian. Konon, pulau tersebut banyak ditumbuhi santigi (Pemphis acidula), atau masyarakat biasa menyebutnya drini.

Pantai Drini jogja
Instagram by @irvanadjip_69

Karena Itulah mengapa di sebut dengan Pantai Drini. Sahabat travellers tak perlu khawatir jika ingn menghabiskan waktu liburan di sana.d Tersedia banyak penginapan di Pantai Drini Wonosari seperti berikut :

Wisma Kampung Pulau Drini

Merupakan penginapan yang paling terdekat dengan Pantai Drini. letaknya di sebelah timur tempat pelelangan ikan sebelum jembatan.

Penginapan ini memiliki konsep bangunan yang bernuansa Bali. Bangunannya terbuat dari batu putih yang berserat dan tertata rapi. Meja dan kursi yang ada di depan kamar juga terbuat dari batu alam yang sangat indah.

Oh ya, untuk anda yang ingin mencoba bermain dengan kapal dayung di air laut, penginapan ini juga menyediakan sewaan Kano (kapal kecil) dengan harga Rp 50.000,- per hari.

Wisata Pantai Drini
Instagram by @choro_chorone

Terdapat tujuh kamar di sini yang terdiri dari 6 kamar AC dan 1 kamar Non AC. Semua kamar cukup luas dan bersih, ada TV, air minum, dan mempunyai kamar mandi dalam. Tersedia juga paket makanan baik untuk perorangan maupun rombongan yang harganya juga cukup terjangkau.

Penginapan Bukit Indah

Penginapan ini terletak di pinggir jalan lumayan jauh dari pantai. Jaraknya kurang lebih 700 an meter ke arah Timur Pantai Drini, atau tepatnya di sekitar tempat parkir kendaraan kalau anda mau ke Bukit Kosakora atau pantai Ngrumput.

Penginapannya sederhana dan tidak ada kamar yang ber AC disesuaikan dengan harga yang juga sangat murah, pas banget untuk anda yang mau berwisata dengan kantong yang pas-pasan atau mau backpeckeran.

Kunjungi :  Rute ke Sunrise Wisata Puncak Suroloyo Kulon Progo

Penginapan Mutiara

Penginapan ini terletak di sebelah timur jembatan pantai Drini. Bersebelahan dengan masjid dekat dengan parkiran bus yang sebelah timur. Bangunannya cukup sederhana dan halaman parkir di depannya cukup luas.

Aula atau Pendopo

Aula atau pendopo untuk kegiatan rombongan dan yang mau menginap di pantai Drini juga sudah tersedia.

Lokasi aula dapat dilihat jika anda mau jalan menuju pantai Drini, beberapa meter dari sisi sebelah barat sebelum tempat parkir dan dua bangunan besar atau yang disebut aula di sebelah kanan jalan.

Pertama adalah aula yang berada di bawah bukit, bangunan baru yang dibuat agak lebih dibandingkan tanah sekitarnya. cukup luas juga cocok untuk kegiatan rombongan.

Kedua adalah aula yang lebih dekat dengan parkiran, bangunannya lebih kecil namun tetap terawat dengan baik dan bersih.

Jalan menuju Pantai Drini Jogja bisa di capai menggunakan kendaraan bermotor dan memakan waktu sekitar 2 jam dengan jarak 40 KM.

Mencari Pantai Drini sangat mudah ditemukan. Pasalnya, ia merupakan bagian dari deretan wisata pantai yang populer di Gunung Kidul. Misal Pantai Krakal, Pantai Kukup, ,dan Pantai Baron. Jarak pintu masuk Pantai Drini dengan Pantai Kukup dan Pantai Baron hanya beberapa kilometer saja.

Peta Pantai Drini Camping dapat dilihat jika dari jogja – Jalan Wonosari – Piyungan – Bukit Bintang atau Bukit Patuk – Sambipitu – Tahura Bunder – Lanud TNI AU Gading Wonosari – Logandeng – Siyono – Alun-alun Wonosari – Jalan Baron – Pertigaan Mulo lurus – SMKN 1 Tanjungsari – Pos Retribusi – Pertigaan sebelum masuk kawasan Pantai Baron kiri menanjak – Pertigaan sebelum masuk Pantai Kukup ke kiri – Pertigaan masuk Pantai Sepanjang lurus -perempatan lurus- Pertigaan ke kanan masuk Pantai Drini lihat papan petunjuk.

Kunjungi :  6 Tempat Wisata Menarik di Bengkulu yang Wajib Dikunjungi
Icon Pantai Drini
Instagram by @ryos_youngkrex

Lokasi Pantai Drini Yogyakarta memang sedikit ke dalam dari papan petunjuknya. Akan tetapi rutenya sangat mudah kok, dan tentunya perjalanan anda akan jauh menyenangkan. Di sepanjang jalan, anda bisa melihat bukit karang, ada juga gua yang ada di batu karang. Pokoknya dijamin tidak membosankan.

Pantai Drini merupakan objek wisata yang terbilang masih perawan. Pemandangan yang begitu luar biasa, Pantainya yang masih bersih dan terlihat alami. suasana juga sangat asri dan amat indah adalah sederet alasannya. Selain itu, Airnya juga sangat jernih, terbukti dengan terlihat dengan jelasnya rumput laut dan karang yang ada didalam air. Sehingga banyak gambar Pantai Drini yang diunggah di media sosial oleh pengunjung.

Pantai Drini
Instagram by @ety_afnani

 

Hamparan pasir putihnya, dan udara pantainya yang sejuk membuat anda betah disini. Dan satu lagi, air di pantai ini juga terasa dingin tidak panas seperti pantai pada umumnya, diapit oleh bukit-bukit besar disekitarnya yang membuat pantai ini seperti terisolir. Banyak yang menyebut dengan Tanah Lot nya Yogyakarta. Destinasi wisata yang ada Gunung Kidul satu ini masih sepi dari pedagang yang menawarkan makanan, makin terasa nyamannya.

Di sisi timur pantai Drini, kamu juga akan menikmati Bukit bernama Kosakora. Untuk bukit kosakora pantai drini, harus menempuh jarak kurang lebih 2 KM, dengan cacatan saat air laut sedang surut demi keselamatan.

Akses menuju Bukit Kosakora memang masih sulit, selain harus berjalan kaki menyusuri hamparan pantai Drini, Kamu bisa menuju arah Pantai Ngerumput yang tepat berada di kaki Bukit Kosakora, tapi kamu akan tetap dibawa untuk menyusuri jalan setapak, semak-semak, hutan belukar, dan persawahan.

Tiket masuk Pantai Drini Wonosari Gunung Kidul juga sangat murah hampir sama dengan tiket masuk Pantai Wediombo dan sekitarnya. Cukup Rp 10.000 anda bisa menikmati panoraman wisata pantai di Gunungkidul.

Kunjungi :  Asal Usul Wisata Pulau Cangkir Kronjo Tangerang Banten
Sunset Pantai Drini
Instagram by @ryos_youngkrex

Jika anda ingin menjelajahi semua wisata pantai di Gunungkidul, anda juga perlu ke kawasan Pantai Wediombo. Harga tiket Pantai Wediombo juga hanya Rp 10.000. dan dengan harga itu juga, kamu bisa mengunjungi pantai-pantai sekitarnya tanpa harus membayar lagi. Pantai yang masih satu kawasan di situ yakni Pantai Nampu dan Pantai Watu Lumbung.

Wisata Pantai Slili Gunung Kidul berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai kecil ini menjadi pembatas antara Pantai Krakal dengan Pantai Sadranan. Pantai ini berada tepat di sebelah Pantai Sadranan, hanya dibatasi dengan sebuah bukit dan vila.

Pantai Slili termasuk wisata yang masih benar-benar alami dan sangat layak untuk dikunjungi. Dikarenakan letaknya yang cukup sempit, sampai belum banyak orang yang mengenalnya. Padahal keindahannya nggak kalah menariknya.

Pantai Sadranan Snorkeling terletak di Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. seperti pantai Slili, Pantai Sadranan juga pengunjungnya belum sebanyak pantai populer lainnya seperti Baron, Pantai Indrayanti, dan sebagainya. Padahal, Justru kondisi inilah membuat kondisi pantai menjadi lebih damai. Lokasi Pantai Sadranan adalah diantara Pantai Krakal dan Pantai Sundak.

Begitulah salah satu destinasi wisata yang ada di Gunung Kidul dari beberapa pantai lainnya yang sangat menawan keindahaannnya. Kosakora Pantai Drini lengkap dengan hantaman ombaknya Pantai Selatan Gunungkidul. Di tengah-tengah karang-karang besar diikuti silir angin berhembus di rumput pantai sensasi kenyamanan yang berbeda. Yang menakjubkan lagi, dari puncak bukit ini terbentang hamparan luas pemandangan beberapa pantai yang sungguh menyejukan mata.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */