Surganya Wisata Indonesia

8 Pantai Indah di Jawa Tengah yang Belum Terjamah

0
8 Pantai Indah di Jawa Tengah yang Belum Terjamah
Nilai Artikel Ini

Pantai di Jawa Tengah – Mengisi masa liburan dengan menikmati suara deburan ombak dan angin yang berhembus serta bermain pasir di pantai bersama keluarga sangatlah menyenangkan. Ada banyak pantai indah di Indonesia yang dapat dikunjungi. Daerah yang kaya akan keindahan alam pantainya salah satunya adalah di Jawa Tengah.

Jawa Tengah ternyata juga mempunyai pantai yang memiliki pesona yang bagus dan tak kalah dengan daerah lainnya. Penasaran? Mari simak ulasan singkat mengenai tempat wisata Jawa Tengah terbaru berikut ini.

Pantai Menganti di Kebumen

Pantai Menganti di Kebumen
Instagram by @siti_meissyaroh

Pantai Jawa Tengah yang satu ini tersembunyi di balik bukit menghijau yang menjulang tinggi, layaknya pantai di Selandia Baru. Pemandangan akan sangat indah sekali bila anda menyempatkan diri untuk melihatnya dari atas bukit. Deburan ombak dengan air laut yang membiru sangatlah mempesona pandangan mata.

Memang untuk mencapai pantai Menganti di desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kebumen ini memerlukan perjuangan yang cukup tinggi. Sebab anda harus bersabar dengan perjalan terjal agar sampai ke pantai ini.

Namun, capeknya perjalanan seperti hilang seketika disaat anda sampai di depan pantai ini. Anda dapat bersantai bersama keluarga menikmati hembusan angin pantai yang membiru ini. Untuk bersantai anda bisa duduk langsung di atas pasir putih sambil bercanda bersama keluarga.

Bila perut sudah mulai keroncongan, langsung saja membeli hasil tangkapan ikan para nelayan yang sudah diproses dengan bumbu khasnya. Lezatnya masakan dari hasil olah ikan segar sepertinya akan memberikan nuansa berlibur yang indah dan menarik.

Pantai Pecaron

Pantai Pecaron
Instagram by @abdulrahman30

Alamat pantai ini berada di Desa Srati, Kecamatan Ayah (Satu kecamatan dengan Pantai Menganti). Tempat ini tergolong sebagai pantai di Jawa Tengah yang masih sepi dari pengunjung dan masih sangat terjaga kealamiannya. Terletak agak tersembunyi dan mempunyai jalan yang agak sulit dilalui membuat pantai ini hanya dikunjungi oleh wisatawan yang ingin merasakan keindahan pantai tanpa terusik oleh hiruk pikuk keramaian suasana pantai.

Kunjungi :  Keindahan Wisata Alam di Gantole Wonogiri

Bila anda berkesempatan datang ke pantai Pecaron, anda dapat menikmati deburan ombak pantai yang dikelilingi oleh bukit hijau menjulang tinggi. Ditambah lagi dengan gemercik aliran sungai-sungai kecil yang bermuara ke pantai Pecaron. Pantai di Jawa Tengah yang belum terjamah ini sungguh sangat menarik untuk dinikmati saat berlibur bersama keluarga.

Pantai Widarapayung

Pantai Widarapayung
Instagram by @anggiaadk

Pantai Widarapayung terletak di Desa Widara Payung, kecamatan Binangun, Cilacap. Wisata Pantai di Jawa Tengah ini merupakan tempat terjadinya tsunami tahun 2006 di Cilacap. Sisa-sisa terjadinya musibah tersebut dengan sangat jelas di pantai ini.

Sekarang pantai ini sudah berfungsi kembali dan dimanfaatkan untuk merasakan keindahan alamnya. Salah satunya adalah untuk berolahraga selancar, karena memiliki ombak yang cukup tinggi. Untuk berselancar di pantai ini, anda tidak perlu repot-repot membawa selancar dari rumah. Anda bisa menyewa secara langsung saat tiba di pantai yang indah ini.

Untuk anda yang kurang menyukai olahraga tersebut dipastikan tetap bisa menikmati berbagai keindahan alam di sekitarnya. Hamparan pasir yang luas dapat dijadikan tempat bermain bersama anak-anak. Jangan lupakan juga sajian pecel khas di pantai ini. Rasanya sangat nikmat karena menggunakan kecombrang sebagai pelengkapnya.

Pantai Pailus

Pantai Pailus
Instagram by @jeparahariini

Pantai ini terletak di daerah Jepara yang merupakan pintu gerbang untuk bepergian ke pulau Karimunjawa. Pantai indah di Jawa Tengah ini tampak sangat asri dan masih terjaga kealamiannya. Padahal akses jalan sudah sangat mudah untuk mencapai pantai ini.

Setelah dicek ternyata pemerintah setempat membuat peraturan bahwa masyarakat tidak diperbolehkan untuk membuat perumahan di sekitar pantai agar keaslian alam pantai tetap terjaga dengan baik.

Di pantai ini juga tidak ada penginapan dan tempat makan, murni hanya digunakan sebagai tempat berlibur yang indah. Dengan tidak adanya fasilitas ini membuat perekonomian masyarakat menjadi naik. Sebab wisatawan yang berkunjung harus menginap di daerah perumahan penduduk dan menyantap hidangan di sana juga.

Kunjungi :  Letak, Wahana dan Harga Tiket Masuk Kediri Waterpark

Pantai Bandengan

Pantai Bandengan
Instagram by @nikenpvt

Berbeda dengan pantai Pailus, Pantai Bandengan merupakan pantai yang full fasilitas. Sering dijadikan event untuk perlombaan layang-layang tingkat provinsi, nasional, bahkan internasional.

Keindahan pantai serta banyaknya fasilitas pendukung seperti jet ski, banana boat, kano, ATV, sampai wave house membuat para wisatawan domestik dan mancanegara sangat menggemari pantai Bandengan yang teletak di Jepara ini.

Ditambah lagi dengan keindahan sunset pada sore hari yang membuat mata seperti terbius oleh warna yang menghiasinya. Sungguh tempat yang sangat menarik untuk dinikmati bersama keluarga.

Pantai di Pulau Panjang

Pantai di Pulau Panjang
Instagram by @pesonabhineka

Masih berkutat di Jepara Jawa Tengah. Pantai yang terletak di Pulau Panjang ini memiliki panorama yang sangat eksotis. Salah satu pantai terindah di Jawa Tengah ini memiliki ombak tenang dengan kejernihan air yang membiru membuat para pengunjung bisa berenang dengan tenang.

Pulau ini didominasi oleh pasir putih dan memiliki luas kurang lebih sekitar 19 hektare. Sebuah pulau kecil dengan keindahan yang sangat mempesona. Untuk mencapai pulau ini hanya diperlukan waktu sekitar 10 menit dari pantai Bandengan, Jepara yang berjarak sekitar 2,5 km.

Kalau anda sudah sampai ke pantai Bandengan, jangan lupa untuk menyempatkan ke pulau ini. Karena keindahan alamnya sangat sayang untuk dilewatkan. Apalagi jaraknya harnya sekitar 2,5 km saja.

Pantai Karang Jahe

Pantai Karang Jahe
Instagram by @azis_alfian

Pantai Karang Jahe terletak tidak jauh dari jalur Pantura, jalur yang sangat padat lalu lintas setiap harinya. Tepatnya terletak di jalan Rembang-Rasem Km. 7,5. Saat anda sampai di pantai ini, anda akan disambut dengan indahnya pohon cemara yang mengelilingi bibir pantai Karang Jahe. Suasana sejuk dan asri dari pohon cemara sangat terasa sekali. Anda bisa menikmati indahnya pantai sambil duduk-duduk di bawah pohon cemara yang rindang.

Kunjungi :  Wisata Menyejukkan Air Terjun Roro Kuning Nganjuk Jatim

Hamparan pasir yang luas juga turut andil dalam memberikan panorama tempat wisata pantai utara Jawa Tengah yang terkenal ini. Banyak para wisatawan yang menyempatkan diri untuk mengitari pantai dengan berjalan santai di atas hamparan pasir ini. Tidak sedikit pula yang memanfaatkannya untuk bermain bersama anak-anaknya.

Selain itu, pantai ini juga mempunyai keindahan alam terumbu karangnya. Anda yang berkesempatan sampai di pantai ini, sebaiknya jangan lewatkan keindahan alam bawah lautnya.

Pantai Nampu

Pantai Nampu
Instagram by @riskagalvani

Pantai ini terletak di daerah Wonogiri. Memiliki keindahan pasir putih yang sangat indah. Ditambah lagi dengan adanya gugusan karang-karang di sekitar bibir pantai. Sungguh panorama pantai yang layak untuk dikunjungi.

Anda bisa menikmati indahnya pantai sambil duduk di karang sambil mendengarkan demburan ombak yang pecah terkena karang-karang lain. Buih putih yang muncul dari hempasan ombak menambah suasana pantai menjadi lebih terasa.

Bagi anda yang menyukai pantai dengan demburan ombak yang terdengar bergemuruh, pantai di Jawa Tengah dan DIY menjadi tempat yang tepat untuk anda kunjungi saat liburan.

Itu dia 8 pantai di Jawa Tengah yang patut untuk dikunjungi saat liburan tiba bersama keluarga. Jangan lupa untuk ikut andil dalam menjaga kelestariannya ya agar pantainya tetap terjaga dengan baik. Jangan sampai kedatangan kita menambah kerusakan yang membuat pantainya menjadi kurang menarik lagi untuk dikunjungi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */