Menikmati Suasana Romantis di Pantai Cipatujah Tasikmalaya

0

Pantai Cipatujah Tasikmalaya – Satu lagi pesona alam Kabupaten Tasikmalaya. Tasikmalaya wisata yang sudah dikenal sekian lama ini mempunyai keindahan alam yang tak pernah pudar dari waktu ke waktu. Ada beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi ketika bertandang ke kabupaten dengan julukan mutiara dari timur ini. Dua curug atau air terjun yang bisa menjadi referensi adalah Curug Dengdeng dan Curug Sawer Mandalamekar. Selain itu, ada lagi wisata air berupa waduk yang juga tak kalah populer di kalangan wisatawan, seperti Situ Gede. Tak berhenti sampai di situ saja. Satu lagi tempat wisata bagi Anda yang benar-benar menyukai kegiatan bermain air adalah pantai. Tepat sekali. Tasikmalaya mempunyai pantai eksotis yang menjadi andalan yaitu wisata Pantai Cipatujah Sendangkerta.

Pantai ini mempunyai keindahan yang paripurna dengan hamparan pasir putih kecoklatan yang amat luas. Selain itu, tepi pantai banyak ditumbuhi oleh pepohonan, sehingga Anda yang enggan bermain air, bisa duduk bersantai dengan tikar atau menikmati sentuhan langsung pasir pantai yang teramat ramah dengan tangan dan kaki Anda. Anda dapat melihat ribuan gambar Pantai Cipatujah Garut yang bisa Anda nikmati di dunia maya, yang tentu saja, menggugah minat Anda untuk segera mantai di Pantai Selatan Cipatujah ini.

Lokasi, Misteri dan Fasilitas di Pantai Cipatujah Jawa Barat

Lokasi Pantai Cipatujah
Instagram by @karlina_oi

Banyak spot yang bisa Anda nikmati. Ada lokasi pantai yang langsung berhadapan dengan laut dan ada juga titik yang terdapat banyak sekali tumpukan batu yang menjadi penghalang antara air dengan pantai. Saat ombak sedang besar Anda bisa menyaksikan gulung-gulungan ombak yang menari bersama bebatuan. Suara dan suasananya sungguh dapat menghipnotis siapa saja yang melihat dan membuat pikiran menjadi tenang dan damai. Anda harus menyaksikan sendiri Cipatujah Pantai ini.

Kunjungi :  Backpaker Seru ke Wisata Wonosalam Jombang Jawa Timur

Lokasi Pantai Cipatujah

Pantai dengan nama khas tanah pasundan ini berlokasi di Desa Cipatujah, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat. Sesuai dengan nama desa dimana lokasinya berada, sejarah Pantai Cipatujah di Tasikmalaya ini memiliki nama pantai sama dengan nama desanya, yaitu Cipatujah. Bila Anda berada di Kota Tasikmalaya, pantai ini berjarak 74 kilometer ke arah selatan. Cukup jauh memang, namun Anda akan terpuaskan dengan pantai yang mempunyai garis pantai terpanjang se Pantai Selatan ini. Selain itu, pantai ini memiliki luas 115 hektar dengan kekayaan pohon kelapa yang subur. Anda dapat merasakan sejuknya angin yang berhembus dari lambaian daun-daun pohon kelapa. Jadi, meskipun pantai biasanya terkenal panas, di Pantai Cipatujah Anda akan merasa sejuk.

Anda bisa melakukan perjalanan dari arah manapun. Patokan Anda adalah Kota Tasikmalaya. Anda akan lebih mudah menuju pantai setelah berada di pusat kota. Anda dapat berwisata dengan mengendarai kendaraan pribadi maupun transportasi umum, sebab tersedia angkutan yang dapat mengantarkan Anda sampai lokasi pantai. Jika Anda menaiki bus, cukup berhenti di terminal bus Tasikmalaya kemudian berganti dengan kendaraan tipe A sampai ke lokasi wisata.

Misteri Pantai Cipatujah Tasik

Misteri Pantai Cipatujah Tasik
Instagram by @f2_fotografi

Pantai di perairan laut selatan memang tak pernah ada surutnya memberikan satu paket wisata yaitu keindahan pantai dan misteri serta mitosnya yang beredar, begitu juga dengan pantai yang satu ini. Hingga saat ini sudah puluhan nelayan daerah setempat yang terhitung mengalami kecelakaan dan tewas di ganasnya perairan Samudera Hindia. Meskipun kejadian-kejadian tersebut dapat diterima dengan akal sehat, namun tetap saja, muncul mitos Pantai Cipatujah Tasikmalaya Jawa Barat Indonesia yang beredar. Sama dengan mitos yang ada pada Pantai Selatan lainnya, bahwa kejadian kecelakaan yang merenggut nyawa para nelayan adalah karena penghuni Pantai Cipatujah ini sedang membutuhkan tumbal.

Kunjungi :  Gunung Andong, Camping Ground Para Pendaki Pemula

Beberapa waktu lalu, warga digegerkan dengan munculnya ikan paus terdampar di Pantai Cipatujah. Ikan tersebut memiliki ukuran jumbo dengan panjang hampir 12 meter dan bobot 4 ton ini ditemukan sudah dalam keadaan mati. Ada yang mengkaitkan keberadaan ikan tersebut dengan hal gaib, namun ada pula yang menganggap hal terebut adalah hal biasa. Tidak hanya warga sekitar yang meluangkan waktu untuk melihat ikan tersebut, namun juga dari desa sebelah dan wisatawan luar kota.

Setiap tahun sebagai penangkal, masyarakat setempat mengadakan acara khusus semacam larung sesaji atau dalam istilah setempat adalah hajat laut. Acara hajat laut ini dimaksudkan untuk syukuran atas karunia yang telah diberi oleh Tuhan, serta meminta pertolongan agar warga para nelayan yang bekerja mencari ikan di laut Cipatujah diberi keselamatan. Kini, upacara hajat laut menjadi pusat kegiatan yang menarik wisatawan, terutama setelah ada tambahan acara adat berupa hajat bumi.

Selain itu, berkat kerja sama dengan pemerintah kabupaten setempat, kesenian-kesenian daerah Pantai Cipatujah dihidupkan kembali, sehingga para wisatawan yang berkunjung dalam waktu tertentu, jika beruntung dapat menikmati banyak suguhan acara yang diadakan oleh warga setempat. Anda bisa melihat foto Pantai Cipatujah dengan hingar bingarnya dalam mengadakan upacara hajat laut.

Fasilitas Pantai Cipatujah

Fasilitas Pantai Cipatujah
Instagram by @azizah_agusfini

Sebagai pantai yang sudah lama dikenal sebagai tempat wisata, fasilitas Pantai Cipatujah tergolong lengkap. Anda dapat menikmati beragam sarana yang sudah disediakan sebagai pelengkap kegiatan berlibur Anda selama di pantai. Fasilitas tersebut diantaranya adalah.

Area Parkir

Area Parkir
Instagram by @ifan_junior91

Bagi Anda yang mengendarai kendaraan pribadi, Anda dapat memarkir kendaraan Anda di dalam lokasi pantai. Jangan khawatir Pantai Cipatujah menyediakan area parkir kendaraan yang cukup luas. Memang pada akhir pekan atau musim liburan akan ada banyak sekali pengunjung yang berdatangan memenuhi area pantai, namun tenang saja, Anda tidak akan kehabisan tempat parkir.

Kunjungi :  Backpaker ke 5 Pantai Baru di Bantul Jogjakarta

Warung Makan

Warung Makan
Instagram by @aldhipratamaa

Jangan khawatir kehabisan bekal, Anda dapat membeli makanan ataupun minuman di sekitar lokasi pantai. Dengan harga yang bersahabat, Anda bisa menghabiskan waktu di pantai bersama rombongan keluarga maupun sahabat dengan menyantap makan bersama di tepi pantai, yang akan membuat suasana keakraban semakin hangat. Di samping itu, Anda bisa membeli makanan olahan laut atau seafood sebagai oleh-oleh.

Panggung hiburan

Panggung hiburan
Instagram by @tinasyawallia

Pada waktu tertentu, ketika Anda berkunjung ke tempat ini, Anda akan mendapat tambahan hiburan berupa live concert . Anda bisa menyaksikan dan mendengarkan lantunan lagu sembari menikmati semilir angin pantai. Selain panggung hiburan ini, Anda dapat menyaksikan pula, hiburan berupa balap kerbau dengan iring-iringan musik khas Sunda.

Penginapan di Pantai Cipatujah Jabar

Penginapan
Instagram by @fazaryfaldi

Anda yang datang dari tempat yang jauh, telah tersedia penginapan untuk Anda bermalam. Anda bisa dengan leluasa menikmati keindahan pantai sampai dengan waktu senja ketika sunset dengan tidak cemas lagi akan menghabiskan waktu di malam hari sebelum melanjutkan perjalanan pulang. Ada penginapan murah di Pantai Cipatujah Jawa Barat yang dapat Anda manfaatkan. Malam-malam Anda akan lebih berarti dengan menginap di dekat pantai. Harga penginapan di Pantai Cipatujah Tasikmalaya yang bisa Anda sewa mulai dari Rp. 200.000 hingga Rp. 500.000 an. Harga dapat berubah-ubah tentunya, terlebih pada musim liburan.

Bagaimana? Mulai penasaran dengan keindahan Pantai Cipatujah? Segera catat alamat dan rute perjalanan menuju Tasikmalaya, Jawa Barat. Semoga ulasan dan sedikit informasi di atas dapat membantu Anda dalam memilih destinasi wisata Anda selanjutnya. Selamat menikmati hari libur!

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */