Surganya Wisata Indonesia

Jajaki Pantai Buyutan Pacitan yang Masih Perawan

0
Jajaki Pantai Buyutan Pacitan yang Masih Perawan
Nilai Artikel Ini

Sejarah dan Rute ke Wisata Pantai Buyutan Pacitan

Sejarah dan Rute ke Wisata Pantai Buyutan Pacitan
Instagram by @adysupraptoo

Pantai Buyutan Pacitan – Jika Anda sedang berlibur di Jawa Timur, ada tempat wisata di Pacitan yang wajib dikunjungi. Tidak lain dan tidak bukan, tempat tersebut adalah Pantai Buyutan. Pantai yang merupakan bagian dari pantai selatan Pulau Jawa ini memang memikat dan selalu menarik wisatawan untuk berkunjung. Pantai pasir putih yang satu ini memiliki panorama yang indah luar biasa, ditambah dengan birunya air laut yang terpancar matahari menjadi sangat cocok bagi Anda untuk menghabiskan waktu liburan baik bersama keluarga maupun teman – teman.
Sejarah Pantai Buyutan

Nama “Buyutan” sendiri memiliki arti seorang wanita yang pemalu. Akan teapi, dibalik rasa malunya, ia mampu menyuguhkan pesona yang sungguh indah. Pantai ini disebut pemalu karena lokasinya yang tersembunyi. Ketika sudah sampai di gerbang masuk, Anda masih belum bisa melihat pantai karena tersembunyi dibalik tebing. Meskipun tebing tersebut tidak terlalu tinggi, tapi pasir putih yang indah dari pantai ini baru bisa Anda nikmati ketika telah melewati tebing.

Pantai Buyutan Pacitan Jawa Timur
Instagram by @yannauzlifa

Sebutan pemalu juga melekat pada Pantai Buyutan di Pacitan ini karena suasananya yang sepi, jauh dari keramaian, seakan ingin menyendiri dan menghindari keramaian. Benar sekali, ketika Anda berada di pantai ini, seakan tidak ada suara kendaraan yang mengganggu keindahan alam Pantai Buyutan, sangat cocok untuk menghilangkan rasa penat dan stress. Sangat berbeda dengan Pantai Teleng Ria yang berada di tengah Kota Pacitan, sehingga sangat ramai wisatawan dan lalu Lalang kendaraan.

Selain itu, di pantai ini terdapat banyak sekali batu – batu karang yang berukuran besar dengan beragam bentuk. Ada batu karang yang berbentuk perahu, benar – benar seperti perahu yang sesungguhnya. Selain itu, ada pula batu karang yang berbentuk menyerupai mahkota. Dan ada pula batu karang yang menjulang tinggi dan kokoh layaknya tugu. Semua karang tersebut bukan buatan manusia, melainkan erosi ombak yang membentuk pola di karang – karang tersebut. Hal tersebut menjadi ciri khas atau keunikan tersendiri bagi Pantai Buyutan. Hal yang belum tentu Anda temukan di pantai – pantai lainnya meskipun terdapat batu karang di pantai tersebut, seperti Pantai Watu Karung.

Kunjungi :  Ramainya Camping di Pantai Ngetun Tepus Gunung Kidul

Lokasi Pantai Buyutan

Pantai Buyutan Kabupaten Pacitan Jawa Timur Indonesia ini tepatnya berada Dusun Tumpak Watu, Desa Widoro, Kecamatan Donorojo. Tepatnya sekitar kurang lebih 30 km dari Alun – Alun Pacitan, atau bisa ditempuh dalam waktu sekitar setengah sampai 1 jam dengan perjalanan darat baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Sepanjang perjalanan menuju kesana juga dijamin tidak akan membosankan karena Anda akan disuguhkan pemandangan hijau yang indah. Serasa damai sekali, jadi nikmatilah perjalanan dengan kecepatan santai, tidak perlu tergesa – tesa.

Rute Pantai Buyutan

Rute Pantai Buyutan
Instagram by @ickoandriansyah

Untuk menuju Pantai Buyutan Pacitan Jawa Timur, ada beberapa rute yang dapat Anda lalui. Akan tetapi rute yang paling mudah untuk menuju pantai ini adalah melalui jalur ke Goa Gong. Yaitu dari Kota Pacitan, Anda dapat mengambil rute ke arah Solo. Atau jika Anda dari Solo, Anda perlu mempersiapkan waktu sekitar 3 – 4 jam untuk perjalanan karena jarak tempuhnya sekitar 100 km, dan dengan medan yang berkelak – kelok khas pegunungan hingga sampai di pertigaan Punung lalu ambil ke arah selatan, yaitu jalan menuju Goa Gong.

Jalur untuk menuju pantai dari Goa Gong tidak begitu jauh, hanya sekitar 10 km, atau tidak sampai 30 menit untuk sampai disana. Dari Goa Gong, Anda pilih saja jalur menuju Pasar Kalak, ikuti saja papan informasi yang tersedia, tidak terlalu sulit petunjuk jalan untuk menuju pantai. Pantai ini juga bersebelahan dengan Pantai Banyu Tibo yang berada di sebelah barat, untuk jalan masuknya pun hampir sama, jadi jangan sampai salah belok ya.

Untuk sampai di tepi pantai, diperlukan usaha yang sedikit berlebih karena jalan akses menuju pantai semakin dekat semakin menyempit. Selain itu jalanan juga tergolong curam dan kadang juga dalam kondisi rusak. Oleh karena itu Anda harus berhati – hati, terlebih bagi Anda yang membawa kendaraan roda dua, karena kondisi jalan bisa mengakibatkan tergelincir atau terjatuh. Jangan sampai karena kondisi jalan yang rusak membuat Anda terjatuh dan tidak bisa menikmati wisata Anda di Pantai Buyutan.

Kunjungi :  41 Tempat Wisata di Madura Terbaru yang Wajib Dikunjungi

Tiket Masuk Pantai Buyutan

Tiket Masuk Pantai Buyutan
Instagram by @ryan_ardhianto

Untuk bisa menikmati wisata Pantai Buyutan, tiket masuknya bisa dibilang tidak ada sama sekali. Bagaimana tidak, untuk memasuki pantai ini Anda hanya cukup membayar biaya parkir kendaraan saja sebesar 2.000 rupiah untuk roda dua dan 3.000 rupiah untuk roda empat. Bagaimana? Murah sekali bukan? Anda tidak akan menyesal datang dan berlibur di pantai ini. Sangat terjangkau dan fasilitasnya pun lengkap.

Wisata Pantai Buyutan

Wisata Pantai Buyutan
Instagram by @maredhghozali

Untuk berwisata, pantai ini menyajikan berbagai keindahannya, mulai dari butiran pasir putih yang terhampar luas, keindahan karang yang eksotis, hingga pemandangan sunset yang yang mempesona. Berbicara tentang sunset Pantai Buyutan, Anda tidak boleh untuk melewatkannya. Keindahan dimana cahaya matahari senja bertemu dengan karang yang eksotis, menjamin Anda betah untuk melihatnya dan tidak ingin ketinggalan sedetikpun ketika matahari berpulang. Momen matahari tenggelam ini menjadi salah satu momen favorit dan sangat dinanti – nantikan, suasana syahdu nan romantis.

Momen – momen yang indah seperti di atas jarang Anda jumpai ketika sudah kembali ke rutinitas sehari – hari. Memang momen tersebut merupakan keistimewaan pantai ini. Setelah menikmati sunset, sebaiknya Anda tidak langsung kembali. Anda bisa camping di Pantai Buyutan, sudah ada campsite dan berbagai fasilitas seperti toilet umum dan warung makan. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan kebutuhan logistik selama liburan, warga sekitar juga siap membantu Anda memenuhi kebutuhan agar momen liburan Anda makin sempurna.

Wisata Pantai Buyutan Pacitan
Instagram by @saraayua

Namun, Anda harus berhati – hati ketika camping di Pantai Buyutan Pacitan Jatim. Meskipun di tepi pantai, akan tetapi pantai ini dikelilingi oleh perbukitan yang banyak dihuni oleh kera. Meskipun mereka dalam kategori jinak, Anda harus tetap berhati – hati dan waspada. Jangan sampai Anda lengah dan barang berharga Anda dibawa oleh rombongan kera tersebut. Selain kera, untuk keamanan Anda selama camping dapat dikatakan aman, karena warga sekitar selain menjual barang dan jasa, mereka juga ikut membantu keamanan di kawasan pantai agar wisatawan yang berlibur tetap merasa tenang.

Kunjungi :  Tempat Foto Keren di Rita Park Tegal yang Sangat Cantik

Setelah menikmati sunset dan camping, ketika air Pantai Buyutan ini surut, Anda juga bisa bermain mengelilingi karang dan dapat melihatnya dari dekat. Akan tetapi Anda tidak disarankan untuk memanjatnya karena kondisi karangnya yang licin terlalu beresiko untuk Anda. Jadi, salurkan semangat petualang Anda dengan cara yang benar ya, jangan sampai melukai diri sendiri, apalagi melukai dan mengotori alam. Jangan lupa jagalah kebersihan pantai dan selamat liburan !

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */