Surganya Wisata Indonesia

Uniknya Kolam Hijau Lumut Pantai Batu Bengkung Malang

0
Uniknya Kolam Hijau Lumut Pantai Batu Bengkung Malang
Nilai Artikel Ini

Jalan menuju Lokasi Pantai Batu Bengkung Malang

Wisata Pantai Batu Bengkung Malang
Instagram by @danangcahyoabdi

Pantai Batu Bengkung Malang – Wisata bahari memang tiada duanya. Mari kembali menjelajah Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Kabupaten yang populer dengan wisata gunungnya ini ternyata menyimpan keindahan lokasi pesisir yang memukau. Tak heran karena perairan laut selatan selalu menyuguhkan pesona bahari yang indah. Ombak yang besar serta batu-batu karang yang terpampang megah menghadang ombak adalah ciri khas. Memang banyak sekali cerita mistis yang menghiasi, namun, hal tersebut justru menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Bukan apa-apa, rasa penasaran dan ingin membuktikan mitos-mitos yang beredar menjadi faktor utama. Inilah wisata Pantai Batu Bengkung.

Pantai ini mempunyai keunikan berupa bentangan pasir putih yang melebar sepanjang tepi pantai dengan batu karang yang membentuk kolam dengan warna hijau lumut. Tampak dari kejauhan, warna hijau tersebut merupakan lumut-lumut kecil yang menempel di batuan karang. Kolam alami tersebut terisi air berkat sapuan ombak yang datang. Ketika air laut pasang, kolam akan terisi penuh air laut. Anda bisa berenang diantara batu karang yang terisi dengan air jernih tersebut. Namun ketika air laut surut, pemandangan yang Anda dapat hanyalah pemandangan kasar berupa bongkahan-bongkahan karang dengan kolam yang kosong. Anda sebaiknya datang ketika air laut pasang, sehingga Anda bisa menikmati bermain air di Pantai Batu Bengkung ini. Meskipun sebenarnya telah ada larangan untuk berenang di pantai ini, sebab dikhawatirkan, ombak besar yang datang dapat menyeret tubuh Anda sewaktu-waktu. Untuk itu, tetaplah berhati-hati selama berada di pantai. Selain batu karang di bibir laut, pantai ini dihiasi dengan dua batu karang raksasa yang seolah menjadi gerbang untuk menghantarkan pantai ini ke laut lepas. Ombak-ombak besar terpecah berkat adanya batu karang ini. Mungkin inilah alasan mengapa pantai ini diberi nama Pantai Batu Bengkung. Pantai yang dipenuhi dengan batu-batu karang.

Pantai Batu
Instagram by @baszxx

Anda yang kurang tertarik dengan kegiatan berenang, bisa menghabiskan waktu dengan bermain pasir. Pasir putih bersih tentu merupakan area yang pas untuk bermain segala permainan di atas pasir pantai. Misalnya saja membangun istana pasir, bermain bola pantai, menulis kecil, dan permainan lainnya bila Anda datang secara berkelompok. Satu lagi aktivitas menarik di tepi pantai yaitu berkemah. Anda yang benar-benar ingin menikmati keindahan pantai, lokasi Pantai Batu Bengkung Malang Selatan adalah salah satu lokasi yang tepat. Menjadi saksi indahnya pesona senja yang memikat, melihat bintang gemintang yang mengangkasa di atas laut, serta menyambut pagi yang hangat di Pantai Batu Bengkung. Anda harus membawa secara pribadi perlengkapan berkemah, karena pengelola pantai belum menyediakan tempat untuk menyewa peralatan, selain itu, bekal makanan dan minuman jangan lupa Anda bawa, walau terdapat warung makan di sekitar lokasi, namun pada malam hari, tentu saja warung-warung tersebut tutup, sehingga tidak memungkinkan ketika Anda ingin membeli makanan atau minuman secara mendadak. Persiapkan di jauh-jauh tempat sebelumnya. Hal terpenting yang harus Anda lakukan saat berada dalam waktu yang lama ketika berada di lokasi perkemahan adalah selalu menjaga kebersihan tempat, agar tidak ada sampah-sampah yang terbawa arus air laut dan mengotori tempat wisata. Jika perlu, bawalah sampah-sampah yang Anda hasilkan selama berkemah.

Kunjungi :  Wisata Kota Lama Semarang, Wisata Sejarah "Miniatur Belanda"

Sebelum Anda bermalam, Anda bisa membeli bekal di warung makan dekat pantai dengan menu makanan khas seafood. Aneka olahan ikan dengan bumbu spesial bisa Anda pesan seperti kepiting saus pedas, ikan asam manis, ikan bakar, dan lain sebagainya. Pas untuk acara santap malam bersama keluarga dan rekan ketika berkemah. Atau bagi Anda yang benar-benar menginginkan suasana perkemahan, Anda bisa membeli makanan siap saji dan teh kantong yang bisa Anda sajikan di saat-saat tertentu. Dengan perapian api unggun, ditemani musik-musik klasik dari petikan gitar, sungguh menambah suasana hangat di tepi pantai. Belum lagi, langit yang cerah beserta suara ombaknya yang saling bersahutan. Benar-benar suasana di pantai yang tidak bisa tergantikan.

Alamat Pantai Batu Bengkung adalah Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai ini berada dekat dengan pantai-pantai lain di Kabupaten Malang yang juga berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Anda bisa melihat peta Pantai Batu Bengkung untuk lebih tahu persis lokasi dan rute yang bisa ditempuh dari tempat Anda berada.

Wisata Pantai Batu Bengkung
Instagram by @adhayuniartri

Rute Pantai Batu Bengkung Malang Jawa Timur Indonesia cukup mudah. Anda bisa mematok lokasi dengan mengikuti arah tujuan wisata lain, sebab, alamatnya yang berdekatan. Pertama-tama, Anda arahkan kendaraan menuju lokasi wisata Pantai Sendang Biru. Pantai ini mudah ditemukan, karena sudah terdapat banyak petunjuk jalan yang bisa menjadi panutan. Sesampainya di Pantai Sendang Biru, Anda harus meneruskan perjalanan menuju arah lokasi Pantai Goa Cina. Langkah terakhir, belokkan kendaraan menuju Pantai Bajulmati. Dari Pantai Bajulmati, jalan menuju Pantai Batu Bengkung Gajahrejo Malang Jawa Timur hanya berjarak sekitar 2 kilometer saja. Sampai di lokasi, Anda akan menemukan parking area untuk memarkirkan kendaraan. Perjalanan belum berhenti sampai di sini. Anda masih harus berjalan kaki beberapa meter dengan medan yang cukup terjal dengan jalan setapak. Anda sebaiknya mengenakan alas kaki yang sesuai untuk melakukan perjalanan seperti ini. Sandal gunung atau sepatu sport misalnya, karena jalan setapak dengan batu-batu yang licin, rawan sekali membuat Anda jatuh bila hanya mengenakan alas kaki atau sandal biasa.

Kunjungi :  Harga Tiket Masuk Wisata Jepara Ocean Park Terlengkap
Pantai Batu Bengkung
Instagram by @dimaz146655

Jalan menuju Pantai Batu Bengkung Gedangan Malang ini sesuai bagi Anda wisatawan yang menginginkan perjalanan dengan petualangan singkat. Harga tarif masuk menuju Pantai Batu Bengkung cukup terjangkau, hanya Rp. 5.000 saja. Harga tersebut belum termasuk biaya parkir yang dikenakan. Tarif parkir roda dua adalah sebesar Rp. 5.000. Tarif tersebut untuk satu hari saja. Bila Anda menginap, maka tarif parkir kendaraan menjadi Rp. 10.000. Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung? Segera saja catat lokasi dan rute Pantai Batu Bengkung. Rasakan sensasi berenang di kolam air asin dengan batuan karang alami. Bila beruntung, Anda akan dapat melihat serta berenang bersama dengan ikan-ikan kecil yang terjebak dalam kolam.

Ingin berpetualang lebih lama lagi? Anda bisa mengunjungi objek wisata Malang lainnya yang juga tak kalah menarik. Anda pecinta wisata goa? Ada Goa Cina di Kabupaten Malang. Atau suka dengan wisata air berupa air terjun? Jangan lupa untuk berwisata ke Coban Sewu Malang. Di kalangan masyarakat jawa, banyak istilah yang bisa diartikan air terjun. Kadangkala, warga menyebut dengan istilah grujukan. Di tempat lain, ada istilah grenjengan. Bagaimana di tempat Anda? Indonesia memang unik. Dalam satu wilayah kecamatan saja, dari sekian banyak desa, memiliki bahasa khas masing-masing. Bila masih mempunyai sisa waktu libur, Anda juga harus mengunjung tempat wisata air yang satu ini Sumber Maron.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */