Surganya Wisata Indonesia

Sejarah dan Lokasi Wisata Pantai Baron di Yogyakarta

0
Sejarah dan Lokasi Wisata Pantai Baron di Yogyakarta
Nilai Artikel Ini

Pantai Baron merupakan salah satu objek wisata pantai yang berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Menuju Lokasi Pantai Baron Wonosari Gunung Kidul dapat ditempuh 40 km dari pusat kota Yogyakarta. cukup baik untuk dilalui kendaraan pribadi, sepeda motor dan bus.

Pantai Baron
Instagram by @kurniawan_rudy22

Fasilitas Pantai Baron Jogja sangat beragamam. Mulai dari pelelangan ikan, perahu bermesin, wahana permainan anak-anak, dan beberapa toko cinderamata. Cinderamata bisa dari berbagai olahan buah seperti pisang, sirkaya, tanduk, sirsak, dan berbagai macam cinderamata yang terbuat dari kerang laut seperti figura, bros, tirai kerang, lampu hias, cermin berhias karang, dan aneka karakter hewan juga terbuat dari kerang laut.

Kalau anda ingin menikmati keindahan Pantai Baron dan sekitarnya lebih dari satu hari perjalanan, maka tidak perlu repot mencari penginapan ataupun hotel, karena sudah banyak penginapan yang tersedia di sekitar pantai Baron ini.

Bagi wisatawan yang ingin bermalam tak perlu khawatir. Sangat banyak penginapan di Pantai Baron Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta 55881 yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Penginapan tersebut, umumnya setara dengan hotel kelas melati, fasilitasnya juga bermacam-macam ada yang menggunakan kipas angin. Ada juga yang full AC. Ada berbagai pilihan penginapan dengan fasilitas dan pelayananan yang baik dijamin murah contohnya Hotel Dewi Ratih dan hotel Baronsari.

Keindahan Baron
Instagram by @jzregar

Tips untuk menghemat biaya di penginapan maupun di hotel adalah cukup dengan menyewa satu kamar dipakai bareng-bareng atau sekitar 4-6 orang. Kalau misal tempat tidur kurang anda bisa meminta tambahan kasur biasanya kena tarif antara Rp10.000,- sampai Rp15.000/kasur.

Alamat Penginapan di sekitar pantai Baron adalah Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jarak dari pusat kota Wonosari kurang lebih 23 km.

Kunjungi :  14 Tempat Nongkrong di Solo yang Keren

Pantai Baron memang sudah lama menarik banyak pengunjung terutama dengan satu keunikannya yang membuat beda dengan pantai yang lain yaitu pantai Baron adalah sebuah teluk yang memiliki aliran sungai di sisi sebelah barat nya, sumber air sungai berasal dari sungai bawah tanah yang keluar dari kaki bukit.

Aliran airnya cukup deras ke arah lautan. Jadi, selain anda bisa bermain-main di air laut yang asin, atau anda yang takut bermain dengan air laut, anda bisa bermain di aliran sungai yang lebih tawar dan lebih segar itu.

Menara Pantai baron
Instagram by @arisyulia7229

Pemandangan lain yang ada di Pantai Baron adalah sebuah bukit yang berada di sekitar pantai. Pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dari atas bukit tersebut.

Sejarah Pantai Baron berasal dari nama seorang bangsawan yang berasal Belanda. Ia bernama Baron Skeber. Ketika itu, ia mendaratkan kapalnya di pantai selatan tepatnya di pantai yang sekarang terkenal dengan sebutan Pantai Baron itu.

Obyek wisata Pantai Baron merupakan pantai yang membentuk cekungan. Disini juga tersedia ersedia aneka macam ikan laut beserta olahannya. Sudah banyak Tempat kuliner dan restoran yang dengan harga murah. Ikan yang biasanya dijual di Pantai Baron adalah udang windu, kakap, bawal putih dan tongkol. Selain itu juga ada Pemancingan ikan dan Camping Ground

Untuk tiket masuk Pantai Baron cukuplah murah meriah, para pengunjung hanya dikenakan biaya tarif masuk pantai baron dengan harga Rp 10.000/orang saja. Dengan tiket masuk tersebut sekaligus kamu juga sudah dapat berkunjung ke tiga kawasan pantai lainnya seperti Pantai Kukup. Pantai Sundak, dan Pantai Krakal. Untuk biaya parkir kamu akan ditarik tarif sebesar Rp 5000 untuk mobil dan Rp 2000 untuk kendaraan roda dua.

Kunjungi :  Spot Foto Kekinian di Pantai Ketawang Purworejo

Potensi wisata Pantai Baron di Yogyakarta mampu menyedot banyak kunjungan wisatawan, dari yang domestik bahkan mancanegara. Jumlahnya dapat mencapai hingga 1,9 juta wisatawan. Inilah yang kemudian memberi kontribusi positif terhadap Pendapatan Asli Daerah hingga mencapai Rp 15 miliar. Beberapa objek wisata populer Gunungkidul yang menarik minat wisatawan, di antaranya mulai dari Pantai Baron, Air Terjun Sri Gethuk, hingga Goa Pindul dan Goa Gelatik.

Pantai Baron Jogja
Instagram by @trilestari0420

Wisata pantai Gunung Kidul memang menyimpan sejuta keunikan dan daya pikat tersendiri di sejumlah destinasi yang memang sangat menawan. Anda dapat mengeksplorasi bukan hanya satu dua pesona wisata saja, tetapi banyak banget lokasi indah yang perlu anda jelajahi. Dari sejumlah pantai di Gunungkidul, bukit, goa, air terjun, hingga suguhan keindahan alam yang menarik lainnya.

Saat berada di sana, travellers juga bisa melangkahkan kaki mencari jalan menuju pantai Sundak Yogyakarta. Rutenya, bila dari Jogja menuju wonosari, lanjutkan masuk ke kota, anda akan menemukan papan nama ke Pantai Sundak, maka ikuti saja.. nggak bakal tersesat kok..papan nama dan juga peta Pantai Baron Kukup sangat banyak dijamin sangat mudah ditemukan.

Apabila wisatawan datang dari Yogyakarta menuju ibu kota Kabupaten Gunungkidul, Wonosari, anda dapat naik bus yang berangkat dari Terminal Giwangan Yogyakarta. Bisa memilih mini bus atau bus besar dengan tarif rata-rata Rp 15.000. Perjalanan menelan waktu sekitar 1 jam. Sesampainya di Kota Wonosari, biasanya penumpang bus akan diturunkan di sekitar Pasar Wonosari atau daerah pertokohan di sana. Kemudian, cari bus kecil yang menuju Pantai Baron atau Krakal.

Dengan menumpangi bus kecil tersebut, memakan waktu antara 40 menit- 1 jam dengan ongkos sekitar Rp 10.000. Bila wisatawan berangkat dari pusat Kota Yogyakarta langsung menuju pantai dengan kendaraan roda dua, bisa memakan waktu sekitar 2 jam.

Kunjungi :  Pantai Marina Semarang, Spot Terbaik Menyaksikan Sunset
Pesona Pantai Baron
Instagram by @akeuhaqustic89

Selain itu, anda juga perlu tau jalan menuju pantai Timang Jogja. Sekalian mumpung di sana, jelajahi semua tempat wisatanya. Pantai timang terletak di Padukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai Timang lokasinya tepat berada di sebelah Barat Pantai Jogan, Pantai Nglambor, dan Pantai Siung atau di sebelah Timur deretan Pantai Pok Tunggal, Pantai Seruni, dan Pantai Ngetun. Sedang jarak dari kota Wonosari ± 35 Km.

Begini rutenya, dari Jogja ke Wonosari lanjutkan ke Simpang Lima Baleharjo ke kanan manuju Jl KRT. Djoyodiningrat selanjutnya Jalan Girisubo Wonosari lalu Hargosari, Ngestirejo, Sidoharjo, Tepus, Purwodadi, Padukuhan Danggolo, Danau Jurug, sampai deh ke Pantai Timang..

Jangan lupa juga ada pantai Jogan. Jalan menuju Pantai Jogan Yogyakarta, perlu waktu sekitar dua jam bila dilaju dari dengan roda dua. Santai aja, kamu akan menyusuri jalanan aspal yang sangat mulus, berkelok-kelok membelah perbukitan karst menambah suasana semakin asyik. Perbukitan tersebut merupakan sisa lautan jutaan pada tahun silam.

Pantai Jogan sudah dekat, apabila anda sudah berada di Pos Retribusi Pantai Siung. Karena sekitar 400 meter dari pos tersebut, akan ada papan kayu penunjuk arah menuju Jogan. Jalan aspal berganti menjadi jalan setapak yang akan memandu perjalanan selanjutnya. Tambah asyik lagi, anda akan di dampingi dengan dua sungai kecil di sisi kiri yang nantinya akan menyatu lalu menjelma menjadi air terjun. Bila musim hujan, akan lebih eksotis penampakannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */