Pemandangan Unik Air Terjun Pantai Banyu Tibo Pacitan

0

Akses ke Lokasi Wisata Pantai Banyu Tibo Pacitan Jawa Timur

Akses ke Lokasi Wisata Pantai Banyu Tibo Pacitan Jawa Timur
Instagram by @jatim_kekinian

Pantai Banyu Tibo Pacitan – Dari keseskian pantai yang ada di Pacitan Jawa Timur, Pantai Banyu Tibo bisa menjadi salah satu alternatif pilihan bagi Anda yang ingin menikmati eksotisme pantai selatan. Meskipun dikenal dengan kota seribu goa, akan tetapi kota yang satu ini juga memiliki deretan pantai pantai yang tidak kalah menarik dengan batu karang yang menjulang tinggi dan butiran pasir putihnya yang sangat layak untuk Anda nikmati. Pantai ini sendiri berada di komplek wisata Pantai Pacitan, tidak begitu jauh dari Goa Gong.

Jika dibandingkan dengan pantai yang lain, Pantai Banyu Tibo Pacitan Jawa Timur ini memiliki pemandangan yang berbeda dengan pantai pada umumnya. Bahkan pemandangan ini termasuk jarang Anda temui ketika berlibur ke pantai, yaitu sebuah fenomena alam berupa air terjun yang langsung jatuh ke pantai, yang mana menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang datang ke pantai ini. Tentu pemandangan seperti itu tidak bisa Anda jumpai di setiap pantai, dan di pantai ini lah Anda dapat melihatnya secara langsung.

Nama “Banyu Tibo” sendiri berasal dari Bahasa Jawa yang memiliki arti air yang terjatuh. Nama ini berasal dari air terjun yang berada di pantai tersebut. Air terjun ini seakan sudah menjadi identitas dan ikon bagi Pantai Pacitan Banyu Tibo Kabupaten Pacitan Jawa Timur itu sendiri. Jadi, di pantai ini suasana keindahan pantai bertemu dengan indahnya air terjun pegunungan yang mana Pacitan itu sendiri dikelilingi oleh berbagai gunung dari segala penjuru. Bahkan Anda harus bertemu dengan pegunungan terlebih dahulu jika Anda ingin menuju Pacitan, entah dari arah manapun juga.

Kunjungi :  Sisi Lain dari Telaga Menjer Wonosobo Jawa Tengah

Lokasi dan Rute Menuju Pantai

Jika Anda mencari – cari dimana lokasi Pantai Banyu Tibo Pacitan pantai ini, sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mencarinya. Lokasi Pantai Banyu Tibo ini berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, bagian selatan dari Pacitan. Untuk mencapai ke sana, rute Pantai Banyu Tibo Pacitan Jatim yang bisa Anda pilih sangat bervariasi, tergantung dari mana Anda menentukan titik keberangkatan. Lokasi pantai ini berada sekitar 40 km dari pusat Kota Pacitan ke arah barat, dan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi selama kurang lebih satu jam.

Jika Anda dari arah barat, Anda dapat mengikuti rute Pantai Banyu Tibo dari Solo. Jaraknya memang cukup jauh, dengan jarak sekitar 100 km atau sekitar 3 – 4 jam. Jika Anda dari Solo, terdapat dua rute alternatif, bisa melalui Pracimantoro atau Kota Wonogiri. Kedua rute tersebut sama – sama nyaman, tergantung Anda mau melewati jalan yang mana. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, sepanjang perjalanan jangan lupa menikmati pemandangan sekitar ya. Pepohonan hijau yang berbaris sangat mengindahkan mata sepanjang perjalanan.

Bagi Anda yang bepergian dengan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat tidak perlu khawatir akan jalan menuju Pantai Banyu Tibo Pacitan. Jalan menuju pantai dapat dibilang mulus, meskipun jalannya berkelak – kelok, namun Anda tidak perlu khawatir karena kondisi jalan sangatlah baik karena sudah diperbaiki pada 2016 lalu. Namun meski begitu, Anda tetap perlu berhati – hati sepanjang perjalanan, terutama bila sudah malam hari karena lampu jalan di sepanjang jalan masih terbilang minim. Jadi, keep safety ya!

Jika Anda menggunakan GPS, jangan lupa untuk memastikan bahwa lokasi yang Anda tuju adalah Pantai Banyu Tibo Pacitan ya, bukan Pantai Banyu Tibo Gunung Kidul. Meskipun memiliki kemiripan dari segi nama, namun kedua pantai ini tetap berbeda dari segi lokasi dan pemandangannya. Jadi, jangan sampai salah ya.

Kunjungi :  Daftar 8 Pantai di Jawa Barat yang Masih Alami

Dan satu lagi, ketika Anda sudah mendekati gerbang masuk, terusan akses ke Pantai Banyu Tibo Pacitan ini secara infrastruktur masih belum begitu bagus. Jalan untuk mengaksesnya masih sangat sempit dan jalannya belum aspal, serta masih berlumut. Harap maklum saja karena pantai ini masih relatif baru dan belum banyak orang yang mengetahuinya.

Harga Tiket Masuk Pantai Banyu Tibo

Harga Tiket Masuk Pantai Banyu Tibo
Instagram by @erikeri23

Untuk harga tiket masuk Pantai Banyu Tibo Jawa Timur ini tidak terlalu mahal, masih sangat terjangkau. Anda tidak perlu khawatir untuk biaya masuk, karena untuk anak – anak sendiri akan dikenakan biaya sebesar 2.000 rupiah per orang ketika hari biasa, dan 3.000 rupiah ketika hari libur. Sementara, untuk dewasa akan dikenakan biaya 3.000 rupiah per orang ketika hari biasa dan 5.000 rupiah ketika hari libur. Untuk parkir pun relatif murah hanya 5.000 untuk parkir mobil. Sangat terjangkau bukan? Jadi Anda tidak perlu khawatir bahwa datang ke pantai ini akan membuat kantong Anda semakin tipis.

Keindahan Pantai dan Air Terjun

Keindahan Pantai dan Air Terjun
Instagram by @andi_whyd

Pantai Banyu Tibo ini jika dilihat sebenarnya memiliki bibir pantai yang tidak terlalu panjang. Sedikit berbeda dengan pantai – pantai di Pacitan yang lain seperti Pantai Srau, Pantai Klayar, atau Pantai Soge. Namun ada satu yang tidak dimiliki pantai – pantai tersebut yaitu air terjun yang airnya langsung jatuh ke pantai, suatu keindahan yang menjadi keunikan tersendiri bagi pantai ini. Bahkan, ketika musim kemarau datang, air terjun ini tidaklah kering, namun tetap mengalir jatuh ke pantai. Meskipun air terjun ini tidak terlalu tinggi, namun air terjun ini tetaplah sangat indah bila dipandang.

Sebenarnya, kondisi air terjun di wisata Pantai Pacitan Banyu Tibo yang tidak terlalu tinggi ini rupanya menjadi manfaat tersendiri bagi orang yang datang berkunjung, yaitu bisa menaiki tebing dan melihat pemandangan air terjun ini dari atas, dan Anda pun bisa untuk menaikinya. Anda tidak perlu khawatir, karena sudah disediakan tangga di dekat air terjun yang bisa Anda pergunakan untuk menaiki tebing tersebut. Ketika sudah sampai di atas, Anda dapat menikmati hamparan pasir putih yang terbentang di Pantai Banyu Tibo. Jangan lupa abadikan momen terbaik Anda ya, jangan lupa untuk selfie ramai – ramai agar liburan Anda semakin seru.

Kunjungi :  Pesona Menakjubkan Pantai Siring Kemuning Bangkalan Madura

Meskipun Anda sangat menikmati air terjun di pantai ini, jangan lupakan keindahan laut dari Pantai Banyu Tibo di Pacitan ini. Anda bisa bermain di hamparan pasir putih yang halus, atau Anda juga bisa berenang di tepi pantai sembari menikmati hempasan ombak laut selatan. Setelah itu, jangan lupa berbilas di air terjun ya, dijamin tubuh Anda langsung segar kembali dan tidak lengket karena air terjun ini merupakan air tawar yang murni, langsung dari alam.

Bagaimana, menarik bukan? Tidak ada salahnya Anda untuk mencoba berlibur ke Pantai Banyu Tibo Pacitan ini. Karena pantai ini relatif masih baru, dan jarang diketahui publik, pantai ini masih tergolong sepi jika dibandingkan dengan pantai – pantai disekitanya. Namun, bagi Anda yang suka berpetualang, pantai ini sangat cocok untuk destinasi wisata Anda. Cobalah untuk menikmatinya, and happy holiday !

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */