Destinasi dan Jalan Menuju Pantai Bangsring Underwater Banyuwangi

0

Pantai Bangsring Underwater – Indonesia memang kaya akan sumber daya alam. Hal itu terlihat dari banyaknya tempat-tempat yang menjadi sumber penghidupan bagi manusia. Selain hutan, ada pula harta Indonesia yang berada di bawah laut, yaitu tumbuhan laut dan ikan laut. Salah satu tempat andalan di wisata Jawa Timur yang terkenal dengan Negeri Blambangan ini adalah Pantai Bangsring. Pantai ini mashur dengan pesona bawah lautnya yang memikat. Karena ikon utama tempat ini adalah wisata bawah laut, maka Pantai Bangsring dikenal dengan sebutan Pantai Bangsring Underwater Banyuwangi. Wisata pantai Banyuwangi ini harus Anda hampiri di saat Anda berlibur ke Jawa Timur.

Pantai Bangsring menyediakan aneka fasilitas untuk olahraga air. Sangat pas untuk Anda pecinta aktivitas laut. Tidak akan lengkap liburan Anda jika tidak mencoba hal-hal menarik dari tempat ini. Tidak hanya hewan-hewan darat seperti di Taman Nasional Alas Purwo dan Taman Nasional Baluran saja yang Anda tengok, hewan-hewan laut juga menanti untuk Anda jamah. Selain Pantai Bangsring Bangsring Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur ini, ada satu lagi wisata underwater yang wajib Anda lirik, yakni Pulau Tabuhan. Hanya saja, fasilitas di sana kurang memadai.

Pantai Bangsring Underwater
by instagram @hindrataesmond

Pantai Bangsring Underwater ini terletak tidak jauh dari Pantai Tabuhan dan Pulau Menjangan. Biasanya, para penyedia paket wisata menjadikan ketiga tujuan tersebut ke dalam satu kali perjalanan. Lokasi Bangsring Underwater berada di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Bangsring Underwater atau disingkat bunder memiliki luas area kurang lebih 15 Hektar. Di samping pemandangan bawah lautnya yang apik, Pantai Bangsring juga mempunyai pesona pantai yang indah dengan hamparan pasir putih. Warna air di bibir pantai ini adalah hijau kebiru-biruan, semakin menjauh, warnanya berubah menjadi biru muda. Anda yang kurang tertarik dengan aktivitas snorkeling, Anda tetap bisa melihat pemandangan bawah laut dengan mata telanjang, sebab dari bibir pantai, dengan agak pergi menjauh sedikit saja, ikan-ikan kecil mulai nampak berenang dengan suka cita.

Kunjungi :  Rute Menuju Lokasi Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo

Destinasi Wisata di Pantai Bangsring Underwater Banyuwangi

Ada banyak kegiatan menghibur yang bisa dilakukan di lokasi Pantai Bangsring Banyuwangi. Anda dapat memilih kegiatan yang sesuai dengan keinginan Anda. Di bawah ini adalah opsi kegiatan yang bisa Anda ambil

  • Wisata Pantai Bangsring Rumah Apung

Wisata Pantai Bangsring Rumah Apung

Tempat menarik yang banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah Bangsring Rumah Apung. Rumah Apung terletak pada kejauhan 20 meter dari pantai. Tempat singgah inilah yang menjadi daya tarik terbesar di Bunder Bangsring Underwater. Anda dapat menaiki perahu untuk mencapai Rumah Apung. Anda juga dapat menyewa perahu kembali dari tempat ini untuk berlayar. Jenis perahu yang dapat disewa adalah perahu kano dan banana boat. Jumlah kano yang disediakan berjumlah 17 buah, sedang banana boat tersedia 4 buah.

Anda jangan khawatir ketika berlama-lama di Rumah Apung. Tempat seluas 27 kali 7 meter ini sudah menyediakan fasilitas toilet bagi pengunjung. Di tempat ini pula terdapat keramba-keramba atau tempat penjinakan ikan hiu dengan luas 3 kali 3 meter berjumlah 8 buah. Anda yang tidak berani untuk turun ke bawah, Anda dapat melihatnya dari atas. Rumah apung ini memang dibangun agak ke tengah agar ikan-ikan hiu yang hidup di dalam keramba dapat bertahan dengan nyaman.

Rumah apung ini juga merupakan tempat yang pas untuk melihat pesona sunset. Bentuknya yang sederhana namun unik, menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang. Anda dapat beristirahat di tempat ini, sambil menunggu senja tiba. Pemandangan eksotis matahari terbenam akan terlihat semakin elok di tengah laut Pantai Bangsring.

  • Sensasi Berenang dengan Ikan Hiu
Berenang dengan Ikan Hiu di Pantai Bangsring
by instagram @raa.rachma

Hal menarik lainnya yang bisa Anda lakukan di Rumah Apung adalah berenang bersama sekawanan ikan hiu, seperti yang sudah diulas pada keterangan di atas. Rumah Apung sudah menyediakan peralatan lengkap untuk menyelam, bagi Anda yang ingin mencoba sensasi berenang dengan ikan berhidung moncong ini. Anda akan dipandu oleh para penyelam yang berada di tempat ini. Jangan khawatir, para penyelam akan selalu mengutamakan keselamatan Anda.

Kunjungi :  Intip Nuansa Kuta Pantai Sepanjang Wonosari Gunung Kidul

Dibutuhkan teknik khusus untuk dapat berenang dengan hiu-hiu yang ada. Anda harus turun ke dalam air dengan sangat perlahan agar ikan tidak merasa kaget. Setelah berada sepenuhnya dalam kolam keramba, Anda pun tetap harus menjaga sikap kehati-hatian dengan tidak membuat gerakan mendadak dan cepat. Usahakan untuk bersikap tenang. Ikan hiu yang ditangkarkan di Pantai Bangsring adalah jenis ikan hiu coklat, dengan pucuk-pucuk sirip berwarna hitam.

Ketika Anda sudah dapat menyesuaikan diri dengan keadaan kolam, ikan hiu seolah menyambut kedatangan Anda dengan berenang mengitari Anda. Hal ini tentu menjadi pengalaman berharga untuk Anda ya. Berenang bersama ikan ganas tersebut. Untuk mengabadikan momen Anda, Anda bisa menyewa kamera bawah laut. Tidak hanya ikan hiu saja yang ada di keramba, Anda akan ditemani oleh ikan-ikan kecil seperti ikan hias, lobster, dan lain sebagainya.

  • Snorkeling di Pantai Bangsring
Snorkeling di Pantai Bangsring
by instagram @yasuspade_

Keadaan air laut yang jernih, membuat Anda bisa melihat isi aquarium raksasa ini dengan jelas tanpa harus menyelam. Namun, Anda akan lebih banyak mengeksplor keindahan bawah laut melalui snorkeling. Banyak biota laut yang menanti Anda untuk berenang bersama. Snorkeling Pantai Bangsring bwi ini memang menjadi aktivitas utama. Pemandangan underwater yang berbeda dari tempat lain menjadi pesona tersendiri bagi pantai di Banyuwangi ini.

Anda yang belum pernah melakukan snorkeling dan ingin mencoba, Anda akan dibantu oleh para pemandu yang akan mengajari Anda bagaimana cara melakukan snorkeling yang baik dan benar, serta keamanan dan kenyamanan selama melakukan selam di permukaan tersebut. View bawah laut Bangsring Underwater ini memperlihatkan jenis ikan-ikan hias yang indah. Ingin berenang bersama ikan layaknya di film animasi nemo? Di sini tempatnya. Anda bisa menjumpai ikan badut atau lebih populer dengan nama ikan nemo itu di perairan ini.

  • Diving di Bangsring Underwater
Kunjungi :  Nyantai dan Belajar di Eco Green Park Malang Jawa Timur
Diving di Bangsring Underwater
by instagram @raa.rachma

Untuk Anda yang belum puas dengan aktivitas snorkelingnya dan ingin mengetahui lebih banyak aneka tumbuhan dan hewan laut yang ada, Anda bisa melakukan penyelaman. Akan Anda temukan banyak jenis terumbu karang di kawasan ini. Pemandu akan mengantar Anda ke tempat atau wilayah yang sering dilewati untuk menyelam. Sehingga Anda akan menemukan biota laut di tempat yang tepat.

  • Naik Perahu Kano
Perahu Kano
#PerahuKano by instagram @rachmanabillaa

Anda masih bisa menikmati area bawah laut dengan tanpa basah-basahan. Anda yang menyukai naik perahu, Anda tentu bisa berkeliling Pantai Bangsring dengan fasilitas yang satu ini. Letak Pantai Bangsring yang strategis, berada pada perairan yang bagus, membuat aktivitas apa saja nyaman dilakukan. Anda dapat mendayung-dayung mesra bersama air laut untuk bisa melihat sekeliling pantai dengan view yang lebih luas.

  • Bercengkerama Bersama Ikan
Ikan di Pantai Bangsring
by instagram @yasuspade_

Kegiatan lain yang cukup menghibur dan menyenangkan adalah memberi makan ikan-ikan kecil di salah satu sudut Pantai Bangsring yaitu Rumah Apung. Tempat kecil di tengah perairan pantai ini ternyata mengundang ikan-ikan kecil untuk datang dan berlindung di bawah bangunan. Saat Anda melemparkan sesuatu ke dalam air, ikan-ikan tersebut akan langsung datang dengan senang hati dan menjumputi makanan-makanan kecil yang ada. Banyak sekali jenis ikan yang ada di sekitar Rumah Apung. Bila Anda ingin mencoba sensasi bercengkerama dengan ikan, Anda bisa menjulurkan tangan Anda yang memegang makanan ke dalam air. Ikan-ikan tersebut akan menyentuh tangan dan menggigit-gigit kecil jari jemari Anda. Sungguh ini adalah hal yang sayang sekali jika Anda lewatkan.

Jalan Menuju Bangsring Underwater

Alamat Pantai Bangsring Underwater ini sangat mudah ditemukan, dan jalan masuk menuju pantainya juga sudah mulai mudah dilewati kendaraan. Anda akan menemukan petunjuk jalan yang akan memandu Anda sampai tujuan.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */