Menelusuri Surga Kecil di Pantai Bandengan Jepara

0

Pantai Bandengan Jepara – Indonesia memang tak pernah kehilangan keindahannya, yang ada semakin hari potensi yang dimiliki semakin berkembang, baik dari sumber daya manusianya maupun sumber daya alamnya. Sebagai warga negara yang baik, harusnya kita membantu dalam pengembangan tersebut. Salah satunya dengan mengunjungi tempat wisata di Jepara, karena kita harus bangga dengan apa yang kita punya, baru kita bisa membanggakan punya orang lain. Seperti halnya tiap daerah yang memiliki sumberdaya dengan adat dan budaya yang berbeda pula.

Sebut saja Jepara, merupakan sebuah Kabupaten yang terletak di Jawa Tengah. Disini menyimpan sejuta keindahan alam yang pastinya akan membuat Anda takjub. Salah satu yang paling terkenal adalah Karimunjawa. Sebuah pulau yang berada di Kepulauan Karimunjawa ini menjadi tempat yang cocok untuk wisata bahari, dengan airnya yang jernih dan keanekaragaman hayati yang hidup didalamnya membuat tempat ini menjadi idola. Karena keanekaragaman yang ada didalamnya, Karimunjawa dijadikan sebagai Taman Nasional sejak tahun 2001 lalu, hingga sekarang keberadaannya semakin terkenal dengan penataan infrastruktur yang baik guna menarik perhatian wisatawan local maupun asing.

Misteri dan Mitos Pantai Bandengan
Instagram by @pantaibandenganjepara

Selain Karimunjawa, masih ada satu pulau lagi yang menjadi incaran para wisatawan. Itu adalah Pulau Panjang, pulau yang berada ditengah laut ini memiliki keunikan tersendiri, dimana ditengah pulau terdapat hutan tropis yang asri dan sejuk tentunya. Dan dipanjang dasar pantainya terdapat terumbu karang dengan hiasan kerang dan ikan laut yang menambah keindahan yang ada. Dan untuk mencapai lokasi jarak yang harus ditempuh kurang lebih 1,5 mil dari Pantai Kartini.

Pantai Kartini sendiri merupakan pantai yang menjadi tempat bercengkrama R.A. Kartini maka dari itu disebut Pantai Kartini. Lokasinya yang Desa Bulu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara ini memiliki berbagai wahana, dengan pasir putihnya dan yang menjadi iconnya adalah Kura-kura Ocean Park atau bisa disebut kura-kura raksasa. Disini disediakan area edukasi berupa akuarium dilantai 1 dan wahana bermain serta bioskop 3D dilantai 2. Paket lengkap bukan? Bisa belajar sambil liburan.

Tiket Masuk, Wahana, Fasilitas, Penginapan dan Misteri Pantai Bandengan Jepara

Tiket Masuk, Wahana, Fasilitas, Penginapan dan Misteri Pantai Bandengan Jepara
Instagram by @pantaibandenganjepara

Pantai Bandengan merupakan salah satu pantai di Jepara yang banyak dikunjungi wisatawan, selain Pantai Kartini tadi. Lokasi pantai ini dipesisir utara Pulau Jawa dengan jarak 7 km dari pusat kota. Untuk lebih tepatnya terletak di Desa Bandengan, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara. Pantai Bandengan sendiri dulu dikenal dengan nama Pantai Tirta Samudra. Diberi nama Bandengan tidak langsung begitu, tetapi ada hal yang melatarbelakangi nama itu. Dan tahukah kalian bahwa lokasi Pantai Bandengan dan Pulau Panjang saling berdekatan, jadi dapat menuju ke dua lokasi sekaligus.

Kunjungi :  Sejarah dan Lokasi Pantai Parangtritis Bantul Yogyakarta

Masih berkaitan dengan sejarah Pulau Karimunjawa, dimana Amir Hasan yang diasingkan oleh ayahnya diperintah untuk mendalami ilmu yang dimiliki dan mengajarkannya kepada warga sekitar. Seperginya beliau, ditengah perjalanan pengajaran ilmu, beliau singgah disuatu pulau yang disitu terdapat banyak sekali ikan bandeng. Nah, dari situ pulau tersebut diberi nama Pulau Bandengan. Tahukah kamu? Dipantai ini setiap tahunnya mengadakan acara-acara yang pastinya akan menarik minat wisatawan. Acara tersebut berupa Festival Layang-layang Moto Cross dan Lomban.

Disini kita bisa menikmati hamparan pantai putih yang bersih dan indah, air lautnya yang jernih dan rimbunnya pepohonan sepanjang tepi pantai. Selain menyajikan keindahan alam, disini disediakan beberapa wahan yang akan membuat liburan Anda semakin indah, bukan hanya itu disini pengunjung bisa melakukan olahraga, mulai dari voly pantai, berenang, bersepeda dan bisa juga sebatas bermain pasir ditepian pantai. Bagi yang ingin mengambil gambar Pantai Bandengan Jepara Jawa Tengah bisa dilakukan di tepian pantai kareana pastinya akan membuat pemandangan yang ada semakin nyata.

Bagi pengunjung yang hendak berlayar menuju Pulau Panjang dari wisata Pantai Bandengan Kabupaten Jepara Jawa Tengah Indonesia, disini juga disediakan persewaan kapal. Sudah lengkap bukan? Masih ada satu hal lagi, disepanjang tepian pantai sudah dibangun gazebo-gazebo yang bisa dijadikan sebagai tempat istirahat atau sekedar untuk berfoto, bahkan untuk menikmati keindahan senja di pantai ini. Sebagian besar pantai memang menjadi tempat favorite untuk menikmati sunset. Anda tidak perlu risau, disini disediakan penginapan dengan harga yang relative murah atau bisa dikatakan terjangkau.

Pernah suatu ketika obyek wisata Pantai Bandengan ditutup oleh Pemkab Jepara karena ombaknya yang tinggi dengan perairan yang cukup besar dikhawatirkan akan membahayakan pengunjung, tinggi ombak saja bisa mencapai 5 m. Maka dari itu untuk sementara waktu Pantai Bandengan ditutup. Jika ingin mencapai lokasi bisa menggunakan peta Pantai Bandengan dari Semarang jika pengunjung dari arah Semarang,jika tidak bisa menggunakan Google maps.

Tiket Masuk Pantai Bandengan Pulau Panjang, Wahana dan Fasilitasnya

Tiket Masuk Pantai Bandengan Pulau Panjang, Wahana dan Fasilitasnya
Instagram by @pantaibandenganjepara

Jam buka Pantai Bandengan mulai dari jam 08.00 – 17.00 WIB. Untuk harga tiket masuk Pantai Bandengan Jepara, saat hari kerja yaitu dari Senin sampai Kamis dipatok harga Rp. 2.000,00 untuk anak-anak dan Rp. 5.000,00 untuk dewasa. Apabila weekend tiba, pengunjung harus membayar Rp. 3.000,00 untuk anak-anak dan Rp. 7.000,00 untuk dewasa. Sedangkan saat ada event tertentu seperti Lomban maka anak-anak harus membayar Rp. 7.000,00 dan orang dewasa sebesar Rp. 10.000,00. Murah bukan?

Kunjungi :  Sejarah dan Rute Jalan Menuju Pantai Nampu Wonogiri

Selain biaya masuknya yang murah, tidak membuat fasilitas dan pelayanannya juga murah. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya wahana yang ditawarkan, mulai dari banana boat, jetski, kano, wave house, semua ada disini. Untuk mendapatkannya Anda harus membayar sebesar Rp. 10.000,00 sampai Rp. 20.000,00 untuk wahana kano selama 2 jam. Jetski dibandrol dengan harga Rp. 120.000,00 untuk 15 menit. Serta Rp. 30.000,00 untuk satu orangnya yang ingin naik banana boat. Bukan hanya wahana air yang ditawarkan, masih ada ATV mini untuk mengelilingi pantai, cukup dengan Rp. 20.000,00, pengunjung bia memakainya selama 30 menit.

Fasilitas yang ada di tempat wisata Jepara Pantai Bandengan mulai dari kamar mandi, taman main untuk anak, penginapan, tempat ibadah, area parkir yang lua, toko souvenir dan warung makan. Warung makan disini menyajikan banyak menu seafood, ada udang, kepiting, ikan, cumi-cumi dan kerang. Untuk makanan khas dari Jepara juga ada disini, itu adalah “pindang serani”. Jika Anda mengunjungi Pantai Bandengan, tidak ada salahnya untuk mencicipinya. Bukan begitu?

Penginapan di Pantai Bandengan Jepara 2017

Penginapan di Pantai Bandengan Jepara 2017
Instagram by @pantaibandenganjepara

Diantara banyaknya penginapan yang disediakan terdapat Hotel di Pantai Bandengan Jepara , disini akan ada ulasan tentang tempat menginap di dekat Pantai Bandengan dan Kartini, dibawah ini merupakan hotel sekitar Pantai Bandengan Jepara dan Pantai bandnegan Resort diantaranya:

The Palm Beach Resort, di Jl. Tirta Samudra No. 191 Jepara, merupakan hotel dekat Pantai Bandengan Jepara, untuk informasi bisa menghubungi (0291) 594446 atau 59432. Disini disediakan beberapa tipe kamar disertai harga yang ditawarkan, seperti:

  • Royal Sweet Cottage saat hari kerja Rp. 1.699.000,00 dan saat hari libur Rp. 1.824.000,00
  • Executive Beach View, hari kerja Rp. 1.599.000,00 dan hari libur Rp. 1.717.000,00
  • Deluxe Room, saat hari kerja Rp. 1.272.000,00 dan Rp. 1.311.00 untuk hari libur
  • Superior Room, hari kerja Rp. 953.000,00 dan Rp. 983.000,00 saat libur tiba
  • Standart, hari kerja Rp. 536.000,00 dan Rp. 561.000,00 saat libur tiba

Bandengan Beach Hotel, merupakan hotel di jepara dekat Pantai Bandengan, dengan fasilitas restoran, full WiFi, kipas angin, Tv dan untuk info lebih lanjut hubungi 08522547688.

Sunset Beach and Bungalow, di Jl. Tirta Samudra No. 199 Jepara dengan call center (0291) 4296514 atau 081914044411. Disini disediakan beberapa tipe dengan varian harga untuk villa di Pantai Bandengan Jepara, Resort Pantai Bandengan Jepara dan hotel Pantai Bandengan, yaitu:

  • Villa Alamanda Rp. 700.000,00
  • Villa Rolanda Rp. 700.000,00
  • Bungalow Couple seharga Rp. 675.000,00
  • Bungalow garden seharga Rp. 650.000,00
  • Bungalow Family sebesar Rp. 760.000,00
  • Bungalow Beach Atas seharga Rp. 800.000,00
  • Bungalow Beach Bawah seharga Rp. 780.000,00
  • Family Room dibandrol seharga Rp. 550.000,00
  • Deluxe Room seharga Rp. 450.000,00
  • Standard dengan harga Rp. 350.000,00
Kunjungi :  Destinasi Wisata Terbaik Pulau Bawean Gresik Jawa Timur

Misteri dan Mitos Pantai Bandengan

Misteri dan Mitos Pantai Bandengan
Instagram by @pantaibandenganjepara

Dalam kenyataannya, Pantai Bandengan memiliki kisah mistis yang kebenarannya dipercaya oleh warga terdapat cerita mistis Pantai Bandengan Jepara. Menurut cerita, di Pantai Jepara Bandengan ini terdapat sebuah kerajaan dibawah laut yang dipimpin oleh seorang ratu yang bernama Ratu Tirta Samudra. Diketaui bahwa beliau masih memiliki ikatan darah dengan Ratu Pantai Selatan. Menurut penuturan sesepuh yang ada, Ratu Tirta Samudra tidak mudah untuk berkomunikasi dengan sembarang orang, bahkan sampai saat ini belum banyak yang mengetahui seperti apa sosok beliau.

Hingga pada suatu hari ada orang pintar bernama Ki Joko Sableng yang berasal dari Demak datang ke Pantai Bandengan dengan maksud ingin menikmati keindahan alam yang terhampar luas. Waktu tiba dilokasi, sudah dalam keadaan senja menjelang malam, walapun begitu Ki Joko Sableng tak merasa takut bahkan beliau menikmati hembusan angin yang semilir membawa uap air yang dingin dan segar. Lama kelamaan beliau mulai merasakan ada aura mistis yang semakin lama semakin kuat, dan merasa seakan ada yang memperhatikan setiap langkah yang dilewati Ki Joko.

Akhirnya Ki Joko berhenti disebuah batu besar dan mulai meraga sukma. Benar saja, didepannya ada sesosok wanita cantik jelita dengan pakaian khas kerajaan dan selendang hijau yang melambai lambai tertiup angin. Dialah Ratu Tirta Samudra, Ki Joko merasa sangat tersanjung bisa bertemu beliau. Percakapanpun tak terelakkan, menjelang malam Ki Joko berpamitan, tapi sebelum itu Ratu memberinya sebuah batu cantik berwarna hijau yang diketahuinya bernama Mustika Tirta Samudra sebagai kenang-kenangan.

Menurut mitos yang berkembang di wisata Pantai Bandengan Jepara, jika seseorang memakai mustika tersebut maka kesuksesan akan ada digenggamannya dan harta yang ada akan melimpah sehingga menjadi seseoarang yang kaya raya. Selain itu jika kita menginginkan jodoh yang diinginkan, maka dengan mustika itu bisa terwujud. Karena sang pemakai mempunyai karisma yang kuat dan saya pikat yang luar biasa dahsyatnya.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */