Penginapan dan Tiket Masuk ke Pantai Bagedur Banten

0

Pantai Bagedur Banten – Sebelumnya kita sudah membahas tentang sekolah alam kandank jurank doank Tangerang, serta wisata Pandeglang yang memiliki pesona alam yang begitu elok nan mempesona. Kali ini kita akan membahas pesona dari daerah Banten lain seperti di Lebak yang menyimpan beragam pantai dengan sejuta pesona. Sebut saja Pantai Bagedur dengan pesona pasir putih padat yang terhampar sepanjang 15 km. Pantai ini masih terbilang cukup alami karena belum banyak terjamah. Hal tersebut, tentu merupakan hal yang sangat sayang untuk dilewatkan. Menikmati sensasi pantai yang masih sepi serasa milik sendiri.

Pesona Pantai Bagedur
Instagram by @yudis_1190

Lokasi Pantai Bagedur

Lokasi Pantai Bagedur Banten tepatnya berada di desa Sukamanah, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak. Karena letaknya yang berada di sisi selatan, membuat pantai ini memiliki ombak yang cukup kuat sama dengan deretan pantai selatan lainnya. Untuk mencapai pantai ini, ada beberapa rute yang biasa dilalaui. Bagi pengunjung yang berasal dari arah jakarta atau Tangerang, bisa menggunakan akses tol Jakarta-Merak. Selanjutnya, bisa keluar melalui pintu tol Serang Timur dan mengikuti arah menuju Pandeglang dan Malingping.

Jarak tempuh dari Jakarta menuju pantai bagedur adalah sekitar 200 km dan memerlukan waktu sekitar 5 sampai 6 jam. Sedangkan, jika berangkat dari Serang akan menghabiskan waktu sekitar 4 jam dengan jarak tempuh sepanjang 130 km. Jika dari Rangkasbitung, jarak yang harus ditempuh sekitar 115 km. Karen perjalanan yang cukup panjang, sebaiknya persiapkan bekal untuk diperjalanan atau bisa singgah untuk beristirahat sejenak. Sebagai pendamping perjalanan, tak ada salahnya untuk membawa perta pantai bagedur Serang.

Keindahan Pantai Bagedur
Instagram by @ranggiansyah

Selain jarak tempuh yang cukup jauh, medan jalan yang harus dilalui juga cukup menantang. Selepas dari Pandeglang menuju Malingping, jalan dengan banyak lubang tidak sulit untuk ditemukan. Butuh stamina yang oke saat akan melewati jalan dengan permukaan bebatuan. Bagi yang memiliki jiwa adventure yang tinggi, medan tersebut bisa menjadi ajang dalam menaikkan adrenalin dan jiwa petualang sejati. Namun, tetap saja harus berhati-hati.

Kunjungi :  31+ Tempat Wisata di Probolinggo Paling Ngetop

Harga Tiket Masuk Pantai Bagedur

Salah satu objek wisata pantai yang ada di provinsi Banten ini sangat terjangkau. Harga tiket masuk pantai bagedur yang harus di bayar adalah Rp. 5.000 untuk sepeda motor, dan Rp. 25.000 untuk mobil pribadi. Sementara untuk yang tidak membawa kendaraan, akan dikenai biaya sebesar Rp. 2.000/ orang. Harga yang cukup terjangkau untuk menikmati keindahan pantau yang memukau. Hanya saja memang jarak temput ke lokasi ini memerlukan waktum tenaga, dan biaya yang lebih. Semuanya berjalan adil dan seimbang.

Fasilitas Pantai Bagedur

Meski masih terbilang cukup sepi, bukan berarti pantai ini minim fasilitas dan akomodasi. Penginapan rasanya menjadi fasilitas yang harus ada dikawasan pantai ini. Seteah menempuh jarak yang lumayan jauh, baiknya adalah istirahat dan menginap untuk memulihkan semangat. Penginapan pantai Bagedur yang cukup terkenal adalah cottage Pondok Bagedur. Kisaran harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 200.000 sampai 1.000.000. Harga bisa berbeda-beda terutama saat masa liburan tiba. Nilai plus dari cottage tersebut adalah jumlah orang per kamar tidak dibatasi. Harga yang cukup bersahabat.

Daya Tarik Pantai Bagedur

Saat orang mendatangi sebuah objek wisata tentu karena adanya daya tarik yang ditawarkan. Di pantai bagedur ini, daya tarik utamanya adala keadaan paniati yang masih alami dan asri. Jika datang di hari-hari biasa, pantai ini terlihat sepi. Bentuk pantai yang landai serta pasir putih yang menghampar menjadikan liburan tidak terasa hambar. Karena keadaan ombaknya yang besar, pengunjung tidaka akan menemukan wahana permainan air seperti banana boat atau jetski. Namun, terkstud pasir yang padat memungkinkan wisatawan untuk mengendarai ATV yang bisa disewa.

Kunjungi :  Rute Jalan Menuju Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul Yogyakarta
Wisata Alam Pantai Bagedur
Instagram by @explorebanten

Disamping itu, pantai tak berkarang ini sangat cocok untuk bermain pasir terutama anak-anak. Hal yang harus diingat adalah jangan terlalu dekat dengan bibir pantai karena ombangnya yang bisa datang kapan saja. Bagi yang ingin menenangkan pikiran dari penatnya hiruk pikuk kehidupan kota, pantai ini bisa menjadi pilihan terbaik. Banyak diantara pengunjung berkemah dipinggiran pantai ini, selain menikmati udara malam pantai yang damai juga menjadi alternatif penginapan tak berbayar.

Menikmati sensasi pantai tidak lengkap rasanya tanpa kesegaran air kelapa. Banyak penduduk setempat yang berjualan kelapa muda dengan harga yang cukup terjangkau. Hal tersebut mungkin karena pantai ini masih sepi pengunjung. Wilayah Malingping yang terletak di bagian selatan Banten ini memang cukup terkenal dengan hasil alamnya. Diantaranya aneka macam buah-buahan seperti nangka, pisang, labu serta aneka sayuran dijual dengan harga yang murah meriah. Pengunjung bisa berbelanja sayur dan buah tersebut untuk dijadikan buah tangan ketika pulang.

Sejarah Pantai Bagedur

Di era penjajahan dahulu, daerah Malingpang menjadi tempat persembunyian para kolonial Belanda. Disamping itu, karena keadaan tanah yang cukup subur, para penjajah menjadikan masyarakat lokal sebagai romusa dan harus bercocok tanam demi memenuhi kebutuhan mereka. Setelah merdekan, masyarakat lokal bermata pencaharian sebagai petani dan nelayan. Hingga akhirnya masyarakat dan pemerintah setempat membuaka pantai bagedur sebagai salah satu objek wisata yang menyajikan keelokan semesta. Itulah sejarah pantai Bagedur Malingpang Banten yang sekiranya harus diketahui.

Pantai Bagedur
Instagram by @uchim_

Jika dikawasan Sawarna baik pantai atau pun goanya memiliki kisah mistis yang berkembang, lain halnya dengan pantai bagedur ini. Tidak ada cerita mistis pantai bagedur yang signifikan berdear di masyarakat. Namun, keadaan jalannya yang rindang dipenuhi pepohonan memang terlihat rawan. Entah dari gangguan manusia atau pun makhluk lainnya, biasanya masyarakat sekitar tidak merekomendasikan para pengunjung untuk melewati tersebut pada malam hari setelah isya’.

Kunjungi :  Instagramable 23 Tempat Wisata di Grobogan Jawa Tengah
Sunset di Pantai Bagedur
Instagram by @explorebanten

Tempat Wisata sekitar Pantai Bagedur

Provinsi Lebak tidak hanya memiliki tempat wisata pantai bagedur dengan pasir putihnya yang luas. Terdapat pula lokasi yang bisa menjadi destinasi wisata sejarah dan budaya yang masih utuh terpelihara. Apalagi kalau bukan kampung Badui dalam, sebuah kampung yang terkenal akan kehidupan masyarakatnya yang jauh dari nilai modernitas yang ada. Banyak sejarawan maupun antripolog yang bertandang untuk meneliti keunikan masyarakat badui yang begitu kuatnya hidup ditengah keterbatasan fasilitas.

Puas menikmati sensasi Pantai Bagedur serta tempat wisata sekitarnya, tibalah saatnya untuk berpamit pulang. Pesona wisata Banten memang selalu menawarkan keindahan baik cagar budaya maupun alam. Salah satu cagar alam yang bisa didatangi di Banten adalah Cagar alam pulau burung yang memiliki luas sekitar 30 hektar. Pohon bakau yang menghijau serta sekumpulan burung yang bermigrasi menjadi daya taik tersendiri saat berada di pulau ini. Tempat tersebut cocok untuk destinasi wisata keluarga yang bisa menambah wawasan dan kecintaaan terhadap ciptaan Tuhan. Jika memang masih ada tenaga dan waktu tersedia, tidak ada salahnya untuk mampir ke pulau dua.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */