Surganya Wisata Indonesia

Keindahan Pantai Ayah Kebumen yang Selalu Ramai Pengunjung

0
Keindahan Pantai Ayah Kebumen yang Selalu Ramai Pengunjung
Nilai Artikel Ini

Pantai Ayah Kebumen – Tidak ada habisnya jika membahas tentang keanekaragaman wisata di Indonesia mulai dari wisata bahari, kuliner, alam, serta kebudayaannya. Banyak hal yang bisa menjadi pilihan, jika Anda berasal dari Jawa Tengah, Kebumen merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa dijadikan pilihan. Banyak hal yang ada dan bisa dipelajari. Diantara beberapa wisata yang ada yaitu pantai, gua bahkan bagi pecinta sejarah, disini ada benteng yang menjadi saksi kemerdekaan Indonesia.

Sebut saja Benteng Van Der Wijck, benteng pertahanan Hindia Belanda ini memiliki struktur bangunan yang berbeda, dengan bentuknya yang segi 8 dan warna benteng merah menyala membuat daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang berkunjung. Hal itu diperkuat dengan fasilitas yang ada dan bukti sejarah kemerdekaan yang memiliki ruangan khusus sehingga bagi yang ingin belajar sejarah bisa langsung ke lokasi. Dibangun pada tahun 1818 sampai sekarang masih berdiri kokoh dan pernah sekali lokasi ini dijadikan tempat pembuatan film The Raid 2 Berandal yang menjadi trending topic dan membuat pamor Benteng Van Der Wijck menjadi mencuat dan mulai dikenal bukan hanya warga sekitar Kebumen tapi juga luar daerah. Benteng ini sendiri terletak di Jl. Sapta Marga Gombong Kebumen.

Tidak kalah menggemparkan, Goa Jatijajar yang merupakan gua kapur tua dengan stalagtit dan stalagmite yang indah ditambah dengan pencahayaan yang pas membuatnya semakin terkesan eksotis dan penuh aura kehangatan. Jalan menuju goa yang merupakan tatanan trap beton membuat pengunjung mudah dalam akses serta keberadaan diorama dan patung-patung yang menceritakan legenda Lutung Kasarung membuat pengunjung semakin penasaran dan ingin mendatanginya. Letaknya yang di Jl. Jatijajar Desa Jatijajar Kecamatan Ayah membuatnya mudah untuk dijumpai.

Dan disini ada wisata alam kebumen disebut-sebut sebagai terbaik di Jawa Tengah, karena di Pantai Menganti ini terdapat banyak karang dengan segudang pasir putihnya yang terhampar membentuk suatu panorama yang elok tiada tara. Dikelilingi bukit dan pohon kelapa sepanjang pesisir pantai membuat mata kembali jernih tak terduga. Bahkan keberadaan Pantai Menganti Ayah Kebumen dijadikan sebagai sumber penghasilan bagi warga sekitar, hal itu dibuktikan dengan berdirinya TPI (Tempat Pelelangan Ikan) di pantai ini. Jadi tidak sekedar menjadi wisata tapi juga menjadi bahan pendapatan warga sekitar tanpa mengganggu pengunjung yang datang.

Asal Usul, Sejarah, Misteri, Tiket Masuk dan Lokasi Pantai Ayah Kebumen

pantai-ayah-kebumen
Hutan Mangrove Logending Pantai Ayah by instagram @myiswara

Pantai Ayah merupakan sebuah pantai yang menawan, indah, dengan ombaknya yang besar menandakan pantai ini sebagai kawasan pantai di Laut Selatan. Wisata Pantai Ayah terletak di provinsi jawa Tengah. Pantai ini ramai dikunjungi oleh wisatawan, karena sering dijadikan sebagai tujuan karya wisata untuk beberapa daerah disekitar Kebumen. Ditambah dengan keberadaan kawasan hutan jati yang dikelola Perum Perhutani KPH Kedu Selatan menjadikan kawasan di sekitar pantai menjadi asri dan permai. Dan yang perlu pengunjung ketahui, hutan jati ini merupakan kawasan hutan jati satu-satunya di Jawa Tengah. Ketinggian hutan jati sekitar 5 mdpl dengan suhu dari 24 sampai 34 derajat Celcius cocok digunakan untuk berkemah, karena disini memang disediakan tempat yang digunakan sebagai Bumi Perkemahan.

Kunjungi :  Wisata Hits Snorkeling Di Umbul Ponggok Klaten

Adanya bukit hutan jati dan muara sungai Bodo menambah keunikan Pantai Ayah di Kebumen karena menjadi pemisah antara Kabupaten Kebumen dan Cilacap. Jadi dapat dikatakan bahwa letak Pantai Ayah sangat strategis karena berada diantara Samudra Indonesia dan hujan jati. Dapat dikatakan Pantai Logending Cilacap menjadi pantai terlengkap di Kebumen, letaknya yang diapit dua bukit dan sekaligus dijadikan lahan kehidupan nelayan untuk menangkap maupun menambang ikan hal itu dibuktikan dengan berdirinya TPI (tempat Pelelangan Ikan) didekat wisata Pantai Ayah Kebumen Jawa Tengah. Bahkan ada pula tempat penangkaran ubur-ubur disini, dan keberadaan gambar Pantai Ayah Jawa Tengah yang sudah meraja lela menjadikan tempat ini semakin banyak dikunjungi.

Untuk menelusuri muara Sungai Bodo disediakan perahu-perahu tradisional oleh nelayan dengan biaya tertentu. Airnya yang tenang, dengan dikelilingi rimbunan pohon payau disepanjang tepian sungai dan lebatnya hutan jati membuat lokasi ini menjadi tempat yang cocok untuk rekreasi, piknik, tour, explore bahkan untuk darmawisata. Tak perlu risau, berbeda dengan pantai yang lainnya disini, pedagang tidak boleh berada di pantai. Ada kawasan sendiri yang dibuatkan sebagai sentral perdagangan. Hal itu dimaksdukan untuk kenyamanan pengunjung dalam hal melihat hamparan laut yang luas nan indah. Dan pastinya akan lebih mengasyikkan jika mendapatkan foto pantai Ayah di Cilacap ini dari tempat ini.

Asal usul Pantai Ayah Cilacap

Asal usul Pantai Ayah Cilacap
Instagram by @garudaiken

Pantai Ayah merupakan salah satu pantai yang indah di Kabupaten Kebumen. Nama lain dari Pantai Ayah adalah Pantai Logending. Nama Logending sendiri berasal dari dua kata yaitu Lo dan Gending. Menurut penuturan salah satu tokoh masyarakat, Lo merupakan nama dari sebuah pohon yang kayunya dapat digunakan atau dimanfaatkan sebagai alat music khas dari Jawa, dan alat musik khas tersebut biasa disebut Gending, jadi nama Logending merupakan gabungan dari Lo dan Gending. Seperti itulah asal usul nama Pantai Ayah atau Pantai Logending. Disebut Pantai Ayah karena letaknya di Desa Ayah.

Kunjungi :  Aktivitas Menarik Berwisata ke Pantai Wediombo Gunung Kidul

Sejarah Pantai Ayah Logending

Sejarah Pantai Ayah Logending
Instagram by @crispy_ikan_mak_sinah

Sejarah Pantai Logending Ayah Kebumen menurut penuturan Juru Kunci makam Selo Kabut yang bernama Pak Sastro mengemukakan bahwa dilokasi terdapat makam Ki Ajar Tonggo yang dulunya bermukim di Pantai Ayah. Dahulu, saat daerah Ayah dikuasai dan diperintah oleh Adipati Suronegoro dan Kartonegoro I pada masa penjajahan Jepang menjadi tempat untuk merancang strategi. Strategi yang ada yaitu guna mengintai dari pos jaga, ditepi atau atas dari Pegunungan Gajah terdapat sebuah benteng untuk mengintai musuh yang datang dari Barat Cilacap dan Nusa Kambangan, semua bisa terlihat bahkan yang menggunakan perahupun bisa terdeteksi dari sini. Karena letaknya yang dari dulu memang menjadi pilihan bersembunyi bahkan saat pergolakan revolusi tahun 1948 sampai 1950, lokasi ini masih menjadi pilihan. Banyaknya orang yang silih berganti membuat Pantai Ayah terkenal hingga saat ini dan dijadikan objek wisata berupa Pantai Ayah.

Lokasi Pantai Ayah Purwokerto

Lokasi Pantai Ayah Purwokerto
Instagram by @arwan_ef

Seperti yang dikemukakan sebelumnya, letak Pantai Ayah Jatijajar ini di Desa Ayah, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Pantai ini terletak sekitar 8 km dari Goa Jatijajar lebih tepatnya disebelah Selatannya, untuk sampai lokasi hanya memakan waktu 10 menit. Dekat bukan? Jika dari kota Kebumen kurang lebih 53 km. Akses menuju lokasi dalam kondisi baik, beraspal hotmix. Bahu jalannya yang lebar memungkinkan untuk bus pariwisata sampai ke Pantai Ayah.

Jalur menuju lokasi juga dapat dikatakan mudah. Jika dari arah Timur seperti Jogjakarta bisa mengambil arah Selatan menuju Gombong kemudian berbelok ke Selatan menuju Kecamatan Ayah. Jika pengunjung berasal dari Barat yaitu Purwokerto bisa menuju arah Timur sampai ke Gombong, sesampainya di gapura lihat sebelah kanan jalan menunjukkan arah menuju Goa Jatijajar. Dari situ nanti akan banyak petunjuk arah menuju Pantai Ayah.

Tiket Masuk Pantai Ayah Gombong dan Fasilitas

Tiket Masuk Pantai Ayah Gombong dan Fasilitas
Instagram by @crispy_ikan_mak_sinah

Untuk pengunjung yang ingin datang ke Pantai Ayah, cukup membayar Rp. 4.000,00 untuk orang dewasa dan Rp. 2.000,00 untuk anak kecil dibawah 5 tahun. Disini disediakan perahu tempel, speed boat dan prahu tradisional yang semuanya dapat disewa. Untuk yang ingin menikmati suasana mengitari muara dengan perahu cukup membayar Rp. 5.000,00 untuk satu orang.

Kunjungi :  Lokasi dan Rute Bukit Punthuk Setumbu Magelang

Bagi yang suka menguji adrenalin, disini disediakan arena panjat tebing di Pegunungan Kapur, disini terdapat juga penginapan, tempat ibadah, tempat bermain bagi anak, perahu, warung souvenir, warung makan, area parkir, toko makanan khas Kebumen seperti gula kelapa, grubi, ikan segar, anyaman pandan dan lain sebagainya.

Misteri seputar Pantai Ayah di Kebumen

Misteri seputar Pantai Ayah di Kebumen
Instagram by @halloarniyy

Banyak yang mengatakan bahwa wisata Pantai Ayah Kebumen Jawa Tengah merupakan salah satu pantai yang menjadi pintu gerbang menuju keraton Nyi Roro Kidul. Hal itu diperkuat dengan adanya pintu gerbang yang berupa batu besar dan diberi nama Pandan Kuning, menurut ahli kebatinan, jika kita masuk pintu gerbang ini bisa mencapai keraton Nyi Roro Kidul, lebih tepatnya kawasan Bulu Pitu. Pintu itu terlihat seperti beruang yang sedang minum air laut.

Jika ingin memasukinya, pikiran kita harus bersih dan berperilaku sopan, jangan sampai membuat ulah yang sekiranya kurang ajar atau berfikiran yang kotor. Bahkan tempat ini sering dijadikan tempat tirakat untuk meminta pertolongan, bagi yang memiliki hati tidak kuat maka akan diganggu oleh pasukan dedemit Nyi Roro Kidul, tapi bagi yang kuat menerima segala cobaan akan mendapatkan Golek Kencana yang merupakan salah satu pusaka yang bisa dijadikan sebagai alat untuk membantu orang, menjaga dari gangguan jin maupun orang. Dapat dikatakan bahwa pusaka itu multi fungsi.

Buaya di Pantai Ayah Jawa Tengah

Buaya di Pantai Ayah Jawa Tengah
Instagram by @ika_iku_aku

Di Sungai Bodo yang tenang ini ternyata banyak buaya yang hidup didalamnya, tapi tidak perlu khawatir. Jika kita tidak mengganggu ketenangan buaya maka tidak akan mengganggu kita. Menurut berita yang ada, buaya tersebut kini mulai agresif karena ulah iseng dari salah seorang pemancing yang melukai buaya tersebut hingga sekarang buaya-buaya tersebut menjadi agresif kepada siapaun yang datang mendekati tubuhnya. Dengan ditanami tumbuhan Mangrove diharapkan buaya memiliki tempatnya sendiri.

Buaya yang ada pernah muncul dengan perkiraan panjang mencapai 3 meter hanya untuk berjemur ditepi sungai. Setelah lelah berjemur dia kembali masuk ke air. Menurut penuturan Kepala Dinas Kehutanan, beliau belum bisa memutuskan apakah buaya akan dipindahkan atau dibiarkan disungai, hal itu menunggu keputusan dari pemerintah provinsi. Tetapi tidak perlu risau, jika kita tidak mengganggu, maka begitupun sebaliknya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */