Surganya Wisata Indonesia

Tempat Wisata Keluarga Terlengkap di Owabong Purbalingga

0

Owabong Purbalingga – Membahas tentang keindahan Indonesia memang tidak pernah ada habisnya, baik berupa wisata alamnya maupun wisata buatan yang kini mulai merambah seluruh penjuru nusantara. Sebut saja Purbalingga, kota di Jawa Tengah ini memiliki wahana yang menjadi andalan sebagai objek wisata keluarga maupun pribadi. Disini terdapat wahana air yang dikenal dengan sebutan Owabong, yang beralamat di Jl. Raya Owabong No.1, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga. Nama Owabong sendiri merupakan sebuah singkatan yang berarti Objek Wisata Air Bojongsari, seperti yang disebutkan sebelumnya, karena wisata ini berada di daerah Bojongsari. Sangat simpel tapi elegan bukan?

Sejarah, Wahana, Hotel, Fasilitas dan Tiket Masuk Owabong Purbalingga

Sejarah, Wahana, Hotel, Fasilitas dan Tiket Masuk Owabong Purbalingga
Instagram by @pandu_wiraatmaja

Wisata ini ditujukan untuk semua kalangan umur, karena memang ditujukan sebagai wisata keluarga, sehingga keamanan dan kenyamanan sangat terjaga. Bahkan foto Owabong bukan hanya di bidang wahana airnya tetapi juga di kebun binatang menjadi pilihan bagi pecinta binatang, karena dari beberapa penuturan pengunjung, binatang yang ada dalam kondisi baik dan bugar, jadi pengunjung tidak perlu khawatir. Hewan langka yang ada semua dalam kondisi sehat, terawat baik dan jelasnya sudah jinak. Bahkan pengunjung bisa berfoto bersama tapi dengan pendampingan pengasuh binatang.

Untuk mencapai lokasi objek wisata Owabong Purbalingga bisa menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Bagi yang menghendaki menggunakan transportasi umum langsung saja menuju bis jurusan Purbalingga Bobotsari atau bisa juga jurusan Purbalingga Pemalang. Dari bis tersebut kita langsung bisa mencapai lokasi, bahkan bisa turun di lokasi. Mudah sekali bukan? Jelas untuk pengguna kendaraan pribadi langsung menuju lokasi. Santai saja, akan ada banyak papan penunjuk arah menuju ke lokasi.

Sejarah Owabong Purbalingga

Sejarah Owabong Purbalingga
Instagram by @priasihpaulina

Awal mula berdirinya obyek wisata Owabong Purbalingga Jateng ini berawal dari kolam renang pribadi oleh seorang Belanda pada tahun 1946 untuk tempat rekreasi dan pemadian bagi warga Belanda, yang masyarakat kenal sebagai pemandian Bodjongsari. Pembangunan wisata ini didasarkan pada kecintaan warga Belanda terhadap kejernihan air yang ada di sekitar Bojongsari. Air tersebut berasal dari tiga mata air yaitu tuk Cikupel, Tuk Cidandang dan Tuk Cipawon. Ketiganya mengalirkan air yang jernih sampai ke kolam Bojongsari yang dijadikan pemandian.

Awalnya panjang kolam 33 m dengan lebar 17 m dan kedalaman 75 cm hingga 3,5 m di atas tanah seluas 1 Ha. Konstruksinyapun masih sangat alami dengan menggunakan susunan baru kali secara merata keseluruh bagian kolam. Bahkan keberadaannya di mitoskan dapat membuat enteng rezeki, jodoh sampai bisa memudahkan segala hajat yang diinginkan. Namun pada tahun 1948 kolam tersebut dihancurkan oleh tentara Belanda, yang kemudian dimiliki oleh seorang keturunan Tionghoa yang bernama Kwi Sing yang berasal dari Purbalingga dan memiliki Yayasan Bina Kasih. Dan di tahun 1956 kolam mulai direnofasi menjadi lebih indah, dengan konstruksi beton dan taman disekitar kolam membuat keindahan semakin nyata. Karenanya banyak yang datang berkunjung, hingga akhirnya menjadi bisnis keluarga.

Kunjungi :  42 Tempat Wisata di Cianjur Jawa Barat Paling Dicari

Setelah bertahun-tahun berjalan akhirnya tahun 2004 kepemilikan diambil alih oleh Pemda Purbalingga guna renofasi dan pengembangan lebih lanjut sehingga menjadi wahana yang diminati pengunjung. Tidak main-main, Pemda melakukan banyak perubahan mulai dari perluasan lahan hingga 4,8 Ha, kolam yang bervariasi, menambah fasilitas hingga mengubah namanya menjadi Owabong. Dan akhirnya pada tanggal 1 Maret 2005, Owabong resmi dibuka oleh Bupati Purbalingga dan Gubernur Jawa Tengah saat itu.

Wahana Owabong

Wahana Owabong
Instagram by @elsa_junia_smp_pgri2

Banyak pilihan wahana yang bisa dinikmati, disini terdapat 4 zona wahana yang masing-masing memiliki permainan yang berbeda dan mengasikkan. 4 zona tersebut adalah Waterpark, Cottage, Usman Janatin dan Sanggaluri. Di zona Sanggaluri pengunjung dapat menikmati zona edukasi karena disini banyak sekali tempat yang bisa menambah pengetahuan, disini terdapat paket edukasi yang pastinya akan disukai anak-anak, ada juga wahana IPTEK, Museum Uang, Taman Batu, Taman Kelinci, kluster Optik, Edukasi Manasik Haji, dan lain sebagainya.

Untuk zona Usman Janatin lebih kepada tempat bermain untuk anak dan spot foto yang pastinya indah dan mempesona. Sebut saja Taman Lampion, Istana Balon, Worm Coaster, Samba Balon, Bom Bom Car, Kereta Mini, dan masih ada lainnya. Zona Cottage menyediakan juga arena outbound. Dengan tiket Owabong 2016 yang cukup terjangkau, Anda sudah dapat menikmati wahana yang ada. Bagaimana, apakah Anda berminat untuk berkunjung?

Waterpark Owabong

Waterpark Owabong
Instagram by @lindarihana

Sudah menjadi ciri khas dari setiap waterpark memiliki berbagai macam kolam dan wahana air yang akan memuaskan pengunjung yang datang. Tapi berbeda dengan yang ada di Owabong ini. Banyaknya pilihan yang disediakan pastinya membuat pengunjung yang datang akan merasa nyaman dan puas. Kolam renang Owabong Cottage Purbalingga memiliki banyak pilihan yang meliputi kolam Olympic, kolam ombak sagana Owabong, kolam akhir, kolam pesta air, kolam air panas, kolam sesat, kolam permainan, kolam terapi ikan, ember tumpah dan pantai bebas tsunami. Tidak hanya itu, terdapat juga flying fox, arena gokart, theater 4D, wahana wisata anjungan dirgantara, dan rafting advanture. Sangat beragam bukan?

Kunjungi :  26 Tempat Nongkrong Romantis di Jakarta Murah Meriah

Tiket Masuk Owabong Purbalingga Jawa Tengah

Tiket Masuk Owabong Purbalingga Jawa Tengah
Instagram by @zazmitha28

Untuk objek wisata Owabong ini buka setiap hari, tapi untuk tiket masuk memang dibedakan, karena pengamanan dan pelayanan akan lebih ketat saat hari libur tiba. Dan untuk anak-anak yang berusia diatas 3 tahun harus membayar penuh tiket masuk yang sudah ditetapkan. Untuk harga tiket masuk Owabong 2015, tiket masuk Owabong 2016 dan tiket masuk Owabong 2017 tidak mengalami perubahan secara signifikan, hal ini berdasarkan kebijakan pengelola. Untuk Waterpark dihari kerja dapat dinikmati dengan harga Rp. 18.000,00 untuk satu orang dan untuk hari libur dan weekend (Sabtu dan Minggu) diharuskan membayar Rp. 23.000,00 untuk satu orang.

Untuk Sanggaluri Park dikenakan biaya Rp. 13.000,00 untuk satu orang. Disini terdapat banyak permainan yang kesemuanya harus membayar jika ingin menikmatinya dan berlaku untuk satu orang, theater 4D Rp. 20.000,00, anjungan wisata dirgantara Rp. 7.000,00. Flyingfox Rp. 15.000,00, kolam hangat dan terapy ikan Rp. 15.000,00, pelampung ring Rp. 15.000,00, pelampung besar dan kecil Rp. 10.000,00, jet coster Rp. 10.000,00. Buggykart Rp. 50.000,00, waterball Rp. 15.000,00, bebek air Rp. 10.000,00, paddle boat Rp. 15.000,00, gokart Rp. 50.000,00. Jetsky Rp. 20.000,00, sewa tikar Rp. 10.000,00 dan untuk menyewa pakaian Rp. 5.000,00. Masih ada kereta mini Rp. 10.000,00, trampoline Rp. 10.000,00, interaksi satwa Rp. 5.000,00 dan istana balon Rp. 10.000,00

Hotel di Owabong Purbalingga

Hotel di Owabong Purbalingga
Instagram by @werdinur

Selain semua wahana yang pastinya memukau, disini juga disedikan penginapan yang disebut Hotel Owabong Waterpark atau Owabong Hotel, menginap disini relative murah tergantung kamar seperti apa yang ingin di tinggali. Harga kamar belum termasuk dengan pajak, jadi jangan salah paham. Hal tersebut sebanding dengan fasilitas yang ada, mulai dari sarapan, coffe shop, air panas maupun dingin, antar jemput, aintball, tv, free wifi, paket gathering, paket outboand, paket wedding, paket meeting room juga tersedia disini. Sangat lengkap untuk ukuran penginapan di tempat wisata. Untuk harga kamarnya sendiri beragam.

Hotel di Purbalingga dekat Owabong ini juga menyediakan kamar dengan harga untuk Extra Bed dihargai Rp. 150.000,00 permalam, Junior Cottage seharga Rp. 350.000,00 permalam, family room dengan harga Rp. 500.000,00 semalamnya dan untuk VIP room dihargai Rp. 850.00,00 satu malamnya. Agar tidak kehabisan kamar, pengunjung bisa memesannya terlebih dahulu atau booking, bisa melalui email di [email protected] atau [email protected] , bagi yang ingin lebih mudah bisa melalui nomor +628112619485 atau hotline service di +6281548709999. Masih banyak hotel Owabong Purbalingga lain yang bisa menjadi rekomendasi selain Owabong Purbalingga Hotel.

Kunjungi :  Obyek Wisata Jembangan Kebumen yang Eksotis

Fasilitas penunjang di Owabong

Fasilitas penunjang di Owabong
Instagram by @bank_anyank

Bukan hanya wahananya, pengelola juga menyediakan berbagai fasilitas guna mendukung kenyamanan bagi pegunjung, mulai dari mushola, area parkir luas untuk roda 2, 4 dan bus, pusat oleh-oleh khas Purbalingga, kamar mandi yang bersih dan nyaman, kamar ganti dan kamar bilas untuk anak-anak dan dewasa asli dengan kesegaran pegunungan, resto dan Food Court Bale Bengong, dan ada pula tribun yang mampu menampung kurang lebih 500 orang.

Sebagai pelengkap keistimewaan yang ada di Owabong, disediakan tempat istirahat atau rest area, banyak spot lokasi yang bisa dijadikan tempat istirahat, diantaranya beringin rest area disini pengunjung dapat menikmati sejuknya udara dibawah pohon beringin sekaligus menjadi hospot are. Pallanta rest area berupa gazebo didekat air mancur, pallanta AWD gazebo dibawah pesawat, pondok pesisir rest area, resto KM kabetshu, resto beringin, bening coffe shop. Banyak kan? Silangkan datang berkunjung dan nikmati fasilitas yang ada.

Tempat Wisata di Purbalingga Lainnya

Tempat Wisata di Purbalingga Lainnya
Instagram by @ilham_pbg86

Selain wisata air Owabong Purwokerto, yang masuk kedalam tempat wisata di Purbalingga selanjutnya yang menjadi rekomendasi tempat wisata lain jika pengunjung tidak terlalu menyukai wahana dan ingin berkunjung ke alam, ada Gunung Slamet yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah, dengan ketinggian 3.428 mdpl menjjadikan gunung ini sebagai salah satu yang harus dicapai dan ditaklukkan bagi para pendaki sejati. Meskipun medan yang harus dilalui sedikit sulit tapi banyak yang ingin datang dan selalu datang.

Selain itu ada juga Desa Wisata Panusupan yang tidak kalah pesonanya dengan Owabong, hanya saja disini mengembangkan dan menyajikan keindahan alam secara alami. Banyaknya spot foto dan pilihan tempat menajdikan wisata yang satu ini benar-benar popular hanya dalam hitungan bulan saja. Tak jarang pengunjung datang dari luar kota bahkan banyak turis yang memang sengaja untuk mengunjunginya, desa ini terletak di Kecamatan Rembang, dan hanya butuh 30 menit untuk sampai jika dari kota Purbalingga. Jangan sampai tidak datang, kami tunggu kedatangannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */