Surganya Wisata Indonesia

Omah Kayu Malang Berview Eksotik Layaknya Bukit Bintang

0
Omah Kayu Malang Berview Eksotik Layaknya Bukit Bintang
Nilai Artikel Ini

Harga Tiket Masuk dan Sewa Omah Kayu Malang

Harga Tiket Masuk dan Sewa Omah Kayu Malang
Instagram by @odheeka

Omah Kayu Malang – Wahana wisata alam memang menggoda. Saat ini, pariwisata dengan konsep klasik di alam terbuka lebih menjadi tren dari pada gedung-gedung pencakar langit yang terlihat megah dan mewah. Meski tidak menutup kemungkinan, tempat-tempat tersebut juga dibuat asri bertemakan alam. Bagi Anda yang gemar melakukan petualangan dan tidak takut dengan ketinggian, Anda bisa mencoba berkunjung ke Kota Batu. Meskipun sebuah kota administratif, namun letaknya yang berada pada 700 hingga 1700 mdpl membuat kota yang terkenal dengan minuman Angsle yang khas ini mempunyai wisata pegunungan. Pada mulanya, Kota Batu merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Malang. Kota Batu dinyatakan berdiri secara otonom pada 17 Oktober 16 tahun silam. Walau telah berdiri sendiri, namun Kota Batu masuk ke dalam wilayah metropolitan Malang bersama satu kota lainnya yaitu Kota Malang dan Kabupaten Malang. Membicarakan tentang tempat wisata, Kota kecil dengan luas 202 kilometer persegi ini mempunyai satu sudut wisata eksotis yang menyuguhkan spot menarik untuk berfoto dan melihat pemandangan dari atas ketinggian. Wisata Omah Kayu Malang Batu.

Dilihat dari namanya, sekilas memang terdengar biasa saja. Kata Omah diambil dari kosa kata bahasa Jawa yang berarti rumah. Rumah kayu atau rumah yang terbuat dari kayu. Tapi, jangan salah, Omah Kayu Batu Malang tidak seperti rumah kayu pada umumnya. Omah kayu tersebut ada di atas pohon. Tentu terbayang bukan, seperti apa omah kayu ini. Karena hanya menempel pada dua hingga tiga pohon, dimensi Omah Kayu Batu Malang East Java ini relatif kecil. Rata-rata, bangunan rumah mini yang ada di tempat ini hanya berkisar 3 x 2 x 2 meter saja dengan jumlah penghuni 2 hingga 3 orang. Anda jangan khawatir dan takut roboh ketika berada di Omah Kayu ini. Kayu yang digunakan sebagai bahan bangunan adalah kayu-kayu berkualitas dan tahan lama, seperti kayu pinus, kasuarina, dan eukaliptus. Atap rumah terbuat dari bahan ijuk, sehingga suasana dalam rumah tetap sejuk.

Omah Kayu Malang
Instagram by @hasan.bro

Untuk bisa memasuki teras Omah Kayu, Anda harus menaiki tangga hingga jembatan kecil yang dibuat dari tepi lereng. Ada pegangan tangan yang disediakan sepanjang anak tangga dan jembatan, akan tetapi Anda harus tetap ekstra berhati-hati. Selain rumah kayu, ada pula panggung kecil di pohon-pohon yang juga menarik sebagai tempat bersantai. Anda dapat mendatangi satu rumah ke rumah lainnya untuk menikmati sensasi yang berbeda. Ada dua pilihan yang disediakan wisata Omah Kayu di Malang. Anda bisa sekedar datang untuk berwisata dan menginap. Bila berwisata saja, jam buka tempat ini sampai dengan pukul 05 sore. Biasanya, rumah-rumah mini yang sudah ditempati diberi tanda khusus oleh petugas, sehingga tidak mengganggu kenyamanan penghuni rumah.

Kunjungi :  View Cantik Pantai Soge Pacitan Jawa Timur

Harga sewa Omah Kayu Malang bervariasi. Pada hari biasa, tarif yang dikenakan sekitar Rp. 350.000 an, sedangkan pada musim liburan, tarif Omah Kayu Malang naik menjadi Rp. 450.000 an per malam. Harga yang cukup fantastis untuk rumah kayu sederhana ini. Namun, uang yang Anda bayarkan tidak akan pernah bisa membeli indahnya pemandangan di depan rumah pada malam hari. Kemerlip lampu rumah dan perkotaan yang membentang luas menjadi pesona yang amat memukau. Fasilitas Omah Kayu Paralayang Malang ini terdiri dari perlengkapan tidur seperti kasur, bantal, guling, serta peralatan makan dan toilet. Namun, toilet ini terletak di luar area rumah. Suhu udara yang dingin mencapai 12 derajat celcius tidak akan terasa begitu dingin ketika berada di dalam. Sebab, meski terbuat dari kayu, susunan kayu pembentuk pagar dibuat sangat rapat dan rapi, sehingga hawa dingin bisa sedikit terisolir.

Aktivitas Menarik di Omah Kayu
Instagram by @dianaarahmah

Ada 8 unit rumah di tempat wisata ini. 6 diantaranya adalah rumah berbentuk persegi, 1 rumah berbentuk segitiga, dan satu lagi rumah dengan bentuk lebih besar dari yang lain. Rumah ini tidak terletak di atas pohon, dan terpisah dari 7 tujuh rumah lainnya. Penasaran ingin mencoba tidur di atas ketinggian? Segera lakukan reservasi Omah Kayu Malang pada nomor 081931843858 atau 081232256186. Bila memang berniat untuk menginap, Anda harus booking tempat jauh-jauh hari sebelumnya. Banyak sekali wisatawan yang menghabiskan waktunya di rumah mungil ini. Oleh karena itu, untuk bisa menginap di waktu yang Anda kehendaki, Anda harus memesan terlebih dahulu karena Anda harus mengantri.

Alamat Omah Kayu Malang ini berada di Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur. Lokasi ini masih dalam kawasan wisata Gunung Banyak dan bersebelahan dengan wisata paralayang. Tempat wisata yang dibuka sejak tahun 2014 ini mempunyai motto “Not Just Tree House”. Dalam artian, Omah Kayu ini tidak hanya menyuguhkan wisata penginapan semata, namun juga keindahan alam yang tiada duanya. Bila cuaca sedang cerah, Anda akan melihat aktivitas wisatawan yang sedang bergelantungan menaiki paralayang di udara. Payung warna warni akan menghiasi langit cerah Kota Batu.

Kunjungi :  View Cantik Pantai Soge Pacitan Jawa Timur
Wisata Omah Kayu Malang Batu
Instagram by @wiji_haryanti

Harga tiket masuk Omah Kayu Malang Jawa Timur adalah sebesar Rp. 5.000. Biaya tersebut adalah biaya yang harus dikeluarkan khusus untuk masuk kawasan wisata Omah Kayunya saja, sedangkan ketika Anda sampai di kawasan Gunung Banyak, Anda dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 5.000. Jadi, total biaya untuk bisa sampai di lereng gunung tempat Omah Kayu berada adalah sebesar Rp. 10.000.

Ada dua rute Omah Kayu Malang yang bisa ditempuh. Rute pertama adalah jika Anda berangkat dari Kabupaten Malang dan rute kedua adalah dari Kabupaten Kediri. Mari simak satu persatu.

  • Rute dari Malang

Dari Kota atau Kabupaten Malang, langsung saja putar kendaraan menuju Kota Batu tepatnya gedung Balaikota Batu. Ada dua alternatif jalan yang bisa ditempuh yaitu melalui Payung jika belok kiri dan Songgoriti jika belok ke arah kanan. Jalur Songgoriti hanya bisa dilewati oleh kendaraan roda dua. Wilayah yang harus dilalui bila melewati Songgoriti adalah Pujon. Sedangkan bila melalui Payung, Anda harus melewati Coban Rondo. Dari kedua alternatif tersebut, ada satu titik pertemuan jalan dari semua arah, baik dari Malang ini maupun Kediri. Anda akan dipandu sampai lokasi wisata Omah Kayu. Perjalanan belum berakhir. Ikuti jalan hingga bertemu dengan tikungan tajam berbentuk persimpangan. Ambillah jalan menanjak dengan jalan berupa beton sampai di pintu masuk kawasan wisata Gunung Banyak.

  • Rute Dari Kediri

Jarak tempuh dari Kabupaten Kediri ini adalah 2 hingga 2.5 jam. Dari Kediri, Anda juga harus menuju arah Kota Batu dan Pasar Pujon. Setelah melewati pasar tersebut, Anda bisa melalui Songgoriti ataupun Payung dan melewati gang-gang kecil dan belok ke arah kiri pada gang yang kedua. Jalan menuju Omah Kayu di Batu Malang sama dengan rute yang harus ditempuh dari Kabupaten atau Kota Malang di atas.

Kunjungi :  View Cantik Pantai Soge Pacitan Jawa Timur

Aktivitas Menarik di Omah Kayu

Alamat Omah Kayu Malang
Instagram by @dreamland_organizer
  • Berfoto

Aktivitas ini tentu menjadi hal wajib bagi Anda yang sedang berwisata. Ada banyak spot eksotis yang bisa Anda jadikan background, seperti rumah-rumah mini yang ada, teras dengan pemandangan kota dari atas ketinggian yang memesona, dan panggung-panggung kecil yang juga disediakan di atas pohon. Bila Anda beruntung, paralayang yang sedang mengudara bisa menjadi salah satu latar foto yang indah.

  • Bermalam di Omah Kayu

The real pesona Omah Kayu adalah pada malam hari. Tempat ini juga disebut bukit bintang karena pemandangan malamnya yang memukau. Selain lilin yang tertancap di teras rumah, ribuan lampu kecil bak bintang yang terhampar adalah penerangan yang lebih terang. Anda bisa menikmatinya sepanjang malam. Untuk menambah semarak acara malam Anda, Anda dapat menyalakan perapian yang disediakan di luar rumah.

  • Menyaksikan Paralayang

Dari atas ketinggian, Anda akan mendapat tambahan hiburan pada siang hari. Paralayang yang mulai terbang, meliuk-liuk dengan indahnya dan mendarat secara perlahan adalah pemandangan gratis bagi Anda. Tergoda untuk mencoba? Anda bisa datang ke base camp paralayang yang terletak tidak jauh dari Omah Kayu Malang.

Wisata Batu Malang lainnya yang wajib Anda lirik selain wana wisata adalah wisata pantai selatan. Ada tiga rekomendasi untuk Anda ketika berkunjung ke Malang yakni Pantai Balekambang dengan puranya yang eksotis, Pulau Sempu, serta Pantai Batu Bengkung.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */