8 Oleh Oleh Khas Solo Jawa Tengah yang Terkenal

0

Oleh Oleh Khas Solo – Setiap daerah pasti mempunyai aneka oleh oleh khas. Daerah tersebut salah satunya adalah Solo. Kota yang terkenal dengan keanekaragaman seni batiknya ini ternyata juga mempunyai oleh oleh yang tak kalah menarik dengan daerah lain.

Bagi anda yang ada kunjungan wisata di Solo, jangan lupakan oleh olehnya untuk keluarga ya. Karena membeli makanan khas dari daerah asalnya tentu akan memberikan rasa kebanggaan tersendiri. Selain citarasa yang sesuai aslinya pastinya.

Beberapa makanan di bawah ini, bisa anda jadikan alternatif sebagai oleh oleh khas Solo Jawa Tengah. Berikut ulasannya.

Intip

intib
Instagram by @intipbuntel

Intip terbuat dari kerak nasi sisa menanak nasi menggunakan panci. Setelah itu dijemur di bawah cahaya matahari sampai kering. Setelah kering, intip digoreng ke dalam minyak panas sebelum dikonsumsi.

Untuk menarik para pembeli, intip kini diproduksi dalam beberapa rasa seperti original, gurih, dan manis. Bagi anda yang belum pernah merasakannya mungkin merasa agak aneh ya. Masak sisa menanak nasi bisa menjadi sajian yang lezat dan gurih.

Agar rasa penasaran tersebut bisa hilang, sebaiknya anda coba satu rasa intip terlebih dahulu. Bisa dipastikan anda akan mendapatkan sensasi makanan sederhana tapi mempunyai rasa yang unik.

Untuk mendapatkan oleh oleh khas Solo murah intip ini sangatlah mudah sekali, hampir di setiap gerai oleh oleh khas Solo ada produk ini. Harganya bermacam-macam, mulai 5 ribu-15 ribu per intipnya.

Regginan

rengginan
Instagram by @santhiserad_food

Cemilan yang satu ini memiliki tesktur renyah dan gurih mirip dengan intip tadi. Cuman bedanya regginan terbuat dari ketan yang ditanak setengah matang. Proses pengeringannya mirip dengan intip yaitu menggunakan cahaya matahari sebagai sumber panasnya.

Kunjungi :  8 Oleh Oleh Khas Semarang yang Tahan Lama

Regginan asli Solo bisa anda dapatkan di pusat oleh oleh Solo dan sekitarnya. Untuk meringkas saat dibawa pulang, sebaiknya anda memilih reginan yang masih mentah. Anda tinggal menggorengnya saja saat ingin menikmati cemilan ini. Saat menggoreng usahakan menggunakan minyak panas, karena kalau belum panas bisa menyebabkan reginan menjadi keras dan tidak nyaman dikonsumsi.

Ada dua rasa dari oleh oleh Solo rengginan ini yaitu manis dan gurih. Kalau anda penasaran dengan rasanya, langsung pilih saja keduanya. Kalau saya disuruh memilih, saya akan memilih rasa gurih. Karena bisa dijadikan pendamping makan atau minum teh manis di pagi hari.

Ampyang

ampyang
Instagram by @fjrrisma

Ampyang merupakan oleh oleh khas Solo yang terkenal dengan rasa gurih, manis, dan legit. Terbuat dari kacang tanah yang digoreng sampai kering. Kemudian dilelehkan dengan gula merah sampai membentuk gumpalan-gumpalan kacang.

Harga satu ampyang ini cukup murah yaitu 4000-5000 rupiah saja. Biasanya pengunjung datang ke Pasar Gedhe untuk mendapatkan camilan khas ini. Selain untuk oleh oleh, Ampyang juga enak dikonsumsi sebagai camilan dalam perjalanan.

Surabi

surabi
instagram by @lazada_id

Surabi Solo mempunyai khas tersendiri dan agak sedikit berbeda dari surabi di tempat lain. Kuliner Solo Surabi lebih tipis dengan kulit dibagian luarnya seperti kulit kayu. Kalau digigit rasa kulitnya sangat terasa krenyes-krenyesnya. Ditambah lagi dengan rasa manis dan lembut. Enak sekali bila disandingkan dengan minum teh hangat atau kopi sambil berkumpul bersama keluarga. Selain dikhawatirkan tidak enak lagi saat perjalanan jauh, oleh oleh khas Solo Surakarta ini memang paling yummy saat dikonsumsi dalam keadaan hangat.

Nah.. kalau anda penasaran dengan rasa surabi Solo langsung saja datangi lokasi toko oleh oleh Solo. Alamatnya ada di jalan Muhammad Yani No 28, Solo. Harganya pun sangat bersahabat yaitu sekitar 1800 rupiah untuk 1 buah serabi polos dan 2000 rupiah untuk serabi coklat. Tapi, harga ini tidak bisa jadi patokan ya, karena harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Kunjungi :  7 Oleh Oleh Khas Lombok NTB dan Harganya

Roti Kecik Genep

roti-kecik-genep
Instagram by @sinta_dewi_k

Bagi anda yang suka ngemil sambil santai bersama keluarga, roti kecik genep bisa menjadi alternatif cemilan tersebut. Rasa gurih dan renyah dari roti khas Solo ini sangat pas bila dinikmati bersamaan dengan minum teh hangat.

Apalagi saat anda dalam perjalanan jauh dari Solo ke daerah lain, camilan ini dapat menjadi teman yang oke. Rasa yang enak saat digigit membuat perjalanan anda menjadi lebih santai dan menyenangkan.

Camilan ini terbuat dari bahan dasar tepung ketan, jadi bisa menghasilkan rasa khas yang unik. Biasanya para penikmat camilan ini mendatangi tempat oleh oleh khas Solo untuk mendapatkannya. Satu bungkus besar roti kecik genep bisa mencapai 57 ribuan. Harga yang pantas menurut kami, bila dibandingkan dengan rasa roti yang mantab.

Abon Mesran Solo

abon-mesran-solo
Instagram by @liaa_san

Ingin menghadirkan lauk makan dengan rasa baru? Cobalah abon Mesran khas Solo ini. Makanan yang terbuat dari bahan dasar daging sapi dan ayam ini banyak digemari para wisatawan saat berkunjung ke Solo.

Selain praktis dan enak untuk lauk makan, oleh oleh khas Solo Mesran biasanya sering dijadikan oleh oleh. Harganya pun cukup terjangkau yaitu sekitar 35 ribu – 40 ribu per bungkusnya. Datangi saja pusat oleh oleh untuk mendapatkan abon yang lezat ini.

Satu tips dari kami tentang cara memakan abon ini agar lebih lezat dan nikmat. Yaitu dengan cara menggunakan nasi dengan tekstur pulen dan masih hangat. Perpaduan keduanya akan memberikan citarasa yang dapat membuat anda ingin menambah lagi.

Rambak Petis

rambak-petis
Instagram by @nyonyaichicha

Biasanya rambak di tempat lain sering digunakan untuk dimasak menggunakan santan. Nah.. beda halnya dengan di Solo. Rambak di sini dijadikan sebagai camilan yang menggugah selera, rambak petis namanya. Rambak petis sebenarnya cukup sederhana yaitu rambak goreng yang ditambah dengan petis sebagai pelengkapnya.

Kunjungi :  9 Oleh Oleh Khas Banda Aceh Paling Diminati Wisatawan

Rasa gurih dan pedas menjadikan sajian ini sangat nyaman untuk camilan pada saat santai. Untuk perjalanan pun kami rasa cukup oke. Apalagi saat anda berhenti di warung makan, rambak petis ini dapat dijadikan sebagai pengganti kerupuk saat makan.

Harga oleh oleh khas Solo online inipun cukup lumayan yaitu sekitar 130 ribuan per kg nya. Kalau dilihat dari proses pembuatan dan rasanya, kami rasa harga tersebut cukup pantas untuk menghargai rambak yang gurih ini.

Serbat Jahe

serbat-jahe
Instagram by @snack_foodies

Apakah anda daerah anda mempunyai iklim yang cukup dingin? Nah bila iya, serbat jahe ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Serbat jahe merupakan sebuah tablet jahe yang dicampur dengan rempah-rempah khas Solo. Cara menikmatinya cukup dengan disedu dengan air panas.

Satu tablet serbat jahe dapat membantu menghangatkan badan di iklim dingin seperti daerah pegunungan atau saat malam hari pada musim kemarau. Selain khasiat yang bagus ini, serbat jahe juga cocok untuk oleh oleh. Praktis dan mudah dibawa serta pantas diberikan kepada keluarga atau kerabat dekat lainnya.

Demikian 8 oleh oleh khas Solo Sragen dari sekelumit ulasan kami. Semoga dapat menjadi wawasan tambahan bagi anda yang ingin mengetahui apa saja yang dijadikan oleh oleh saat berkunjung ke Solo.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */