8 Oleh Oleh Khas Semarang yang Tahan Lama

0

Oleh Oleh Khas Semarang – Ngomong-ngomong soal oleh oleh, Semarang ternyata juga mempunyai berbagai macam makanan dan aneka jenis hasil karya yang tak kalah dengan daerah lainnya. Di Semarang anda akan banyak menjumpai berbagai macam olahan makanan yang menjadi ciri khas kota ini.

Bila anda berkesempatan untuk datang ke tempat wisata di Semarang, sebaiknya tidak melewatkan oleh oleh khas Semarang yang dapat dijadikan buah tangan untuk orang di rumah. Karena bepergian tanpa membawakan oleh oleh seperti hambar saat pulang.

Bandeng Presto

bandeng-presto
Instagram by @bandengpresto_omalondho

Pernahkah anda merasakan bandeng presto? Bagaiamana rasanya? Pasti lembut and bisa dimakan dengan tulangnya langsung kan. Memang benar kalau bandeng presto yang sudah terkenal hampir ke seluruh wilayah Indonesia, sehingga banyak masyarakat yang sudah familiar dengan bandeng presto.

Tapi, pernahkah anda merasakan bandeng presto andalan Semarang, bandeng presto Juwana? Bandeng presto yang satu ini memiliki rasa khas yang tidak dimiliki oleh bandeng presto di tempat lain. Tekstur bandeng yang dipresto menjadi lezat dan dagingnya tidak mudah hancur. Resapan bumbu khasnya pun sangat terasa sekali.

Proses packing bandeng presto Juwana sangat rapi. Untuk membuat bandeng tetap nyaman dikonsumsi dalam jangka waktu yang agak lama, maka dilakukan sistem press agar ruangan di dalam kemasan menjadi hampa udara. Tempat penjualan bandeng presto Juwana yang paling terkenal di Semarang yaitu Bandeng Juwana Erlina. Tempat oleh oleh Semarang ini berlokasi di jalan Pandanaran no 57 dan Pamularsih No. 70, Semarang.

Lumpia

lumpia
Instagram by @audi_bentley136

Oleh oleh Semarang berikutnya yaitu lumpia. Lumpia sudah menjadi jajanan khas populer di kota Semarang. Merasakan lumpia dari kota asalnya akan memberikan sensasi yang berbeda. Rasa adonan lezat lumpia Semarang sangat terasa saat digigit. Renyahnya rebung begitu terasa ketika menyentuh lidah.

Kunjungi :  9 Oleh Oleh Khas dari Bengkulu yang Wajib Untuk Dibeli

Oleh oleh khas Semarang yang enak ini memiliki gizi yang cukup baik. Karena dalam setiap lumpia mengandung isi seperti udang, rebung (bambu muda), telur, dan ayam. Penggabungan dari beberapa adonan tersebut membuat lumpia menjadi lezat dan nikmat saat disantap.

Satu lumpia biasanya dihargai 9 ribu – 12 ribu rupiah. Harga yang pantas untuk satu lumpia Semarang lezat ini. Tetapi, anda perlu hati-hari dalam memilih lumpia yang dijajakan di pasaran, pasalnya ada saja pedagang yang nakal mencampurkan bahan-bahan haram dalam pembuatannya. Jika anda ingin menjadikan lumpia Semarang sebagai oleh oleh, sebaiknya cari produk lumpia yang sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI.

Roti Briliant

roti-briliant
Instagram by @yume_hod

Roti Briliant sekarang sudah menjadi salah satu oleh oleh khas Semarang yang tahan lama dan selalu diburu wisatawan. Sebab dari kualitas rasa, roti ini sudah terkenal enak, legit, dan tidak membuat enek saat dimakan. Kue khas ini dapat anda temukan di Istana Brilian di Jalan Simpang Lima, Semarang.

Menurut beberapa info, roti ini sanggup bertahan sampai 2 bulan tanpa bahan pengawet. Kok bisa ya? Ternyata proses pengepakan roti ini menggunakan sistem vakum. Sangat bagus untuk dijadikan oleh oleh, karena rasa lezatnya dapat bertahan lebih lama.

Ada beberapa rasa yang dapat dibeli yaitu coklat, kismis, almond, cappucino, dan keju. Aneka rasa yang lezat dan tidak boleh terlewatkan untuk oleh oleh nih.

Untuk mendapatkan roti ini, anda bisa langsung meluncur ke oleh oleh khas Semarang online Istana Brilian. Harga per pack roti ini kurang lebih sekitar 100 ribuan. Untuk memastikan harganya sebaiknya anda langsung datangi saja gerai penjualannya.

Wingko Babat

wingko-babat
Instagram by @wingko__babat

Jajanan wingko babat sangat terkenal di Semarang. Jajanan khas yang terbuat dari bahan dasar kelapa ini sering menjadi buruan pengunjung kota Semarang. Rasanya lebih lekat dengan rasa manis menggigit. Cocok untuk disandingkan saat minum teh hangat di pagi hari.

Kunjungi :  9 Oleh Oleh Khas Padang Wajib Diburu Wisatawan

Produk wingko di Semarang cukup banyak dengan bermacam-macam merk, tapi yang paling terkenal yaitu pusat oleh oleh Semarang Dyriana. Penjualannya dengan sistem paketan. Satu paket besek berisi isi 20 biji.

Untuk harga biasanya tergantung rasa yang dipilih oleh wisatawan. Harga paling mahal jatuh pada rasa durian. Untuk rasa nangka dan lain-lain bisa lebih murah. Ada solusi hemat untuk dapat merasakan semua wingko babat ini, yaitu dengan membeli isi campuran. Harganya cukup terjangkau hanya sekitar 54 ribu rupiah (harga tidak tetap, bisa berubah sewaktu waktu).

Tahu Bakso

tahu-bakso
Instagram by @tahubakso.ungaran

Tahu bakso paling terkenal yaitu tahu bakso Ungaran. Camilan ini dibuat dari tahu pilihan yang di dalamnya diisi dengan adonan pentol. Terlihat sederhana memang, tapi tahukah anda bahwa tahu bakso Ungaran ini menjadi salah satu oleh oleh favorit para wisatawan.

Ada dua jenis tahu bakso yaitu direbus dan digoreng. Keduanya mempunyai rasa yang sama enaknya. Merk yang menyediakan keduanya ini yaitu Tahu Baxo Bu Pudji. Dalam satu kemasan berisi 10 biji tahu bakso rebus bu Pudji dihargai Rp. 20.000,-. Sedangkan untuk tahu bakso gorengnya dibanderol Rp.22.000,-.

Longtong Spekkoek Waiki

Makanan ini bukan layaknya lontong beras pada umumnya, tetapi hanya sebatas nama saja dari sebuah produk kue lapis. Diberimana lontong, karena lapis legitnya dikemas dalam bentuk lontong.

Rasanya manis dan lembut saat dikunyah. Ke khasan rasa serta keunikan kemasannya membuat lontong Spekkoek Waiki menjadi buruan para wisata yang mengunjungi Semarang.

Toko oleh oleh Semarang ini terdapat di jalan Senjoyo 2 No. 1, Semarang. Satu lontong ini dihargai cukup murah yaitu sekitar 18 ribuan. Harga yang terjangkau untuk anda yang ingin memberikan oleh oleh yang beda kepada keluarga tercinta.

Kunjungi :  8 Oleh Oleh Khas dari Cirebon Jawa Barat

Tumpi

tumpi
Instagram by @ainhanumaziz

Tumpi merupakan cemilan sejenis peyek yang menggunakan kacang hijau sebagai pengganti kacang tanah dalam peyek. Rasa gurih dan renyah pada tumpi sangat terasa sekali. Pasalnya tumpi digoreng dengan sedikit tipis dengan kacang hijau yang cukup jarang.

Produksi tumpi yang paling banyak terdapat di daerah Karangbolo, Desa Lerep, Ungaran Barat, Semarang. Daerah ini memang terkenal dengan produksi keripiknya. Nah.. salah satu yang menjadi andalan produksi di sini ya tumpi ini.

Penyimpanan yang bagus dan rapat dapat menjaga tumpi tetap renyah serta tahan lama. Bila anda tertarik dengan tumpi, bisanya dalam satu bungkusnya akan dihargai sekitar 11 ribuan saja.

Kue Sarang Madu

kue-sarang-madu
Instagram by @veronicadhani

Kue sarang madu sering menjadi pilihan para wisatawan yang menyukai rasa jajanan gurih bercampur manis. Biasanya mereka membeli produk ini sebagai oleh oleh atau untuk teman di saat melakukan perjalanan ke kota selanjutnya.

Kue khas Semarang ini terbuat dari santan yang dicampur dengan tepung beras, dan gula sebagai perasa manis di atasnya. Harga dalam satu dus kue sarang madu dibanderol dengan harga sekitar 28 ribuan.

Karena teksturnya yang mudah hancur, oleh oleh khas Semarang yang murah ini diperlukan kehati-hatian saat membawanya. Jangan sampai ditumpuk dengan barang-barang berat lainnya.

Demikianlah 8 oleh oleh khas Semarang dan harganya dengan segala keunikan dan jenisnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda dalam mencari oleh oleh yang pas untuk dihadiahkan kepada keluarga tercinta.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */