Surganya Wisata Indonesia

9 Oleh Oleh Khas Padang Wajib Diburu Wisatawan

0
9 Oleh Oleh Khas Padang Wajib Diburu Wisatawan
Nilai Artikel Ini

Oleh Oleh Khas Padang – Singgah di wisata Padang yang merupakan ibu kota provinsi Sumatera Barat belum lengkap jika tidak memborong oleh-oleh khasnya. Banyak pilihan makanan hingga kerajinan khas Padang yang begitu menarik mata yang memandang. Masyarakat minangkabau yang dikenal terampil mengolah makanan membuat khazanah kuliner khas daerah ini begitu beragam. Disamping itu, ketelatenan mereka dalam menenun juga menghasilkan kain songket yang bercita rasa tinggi dan terkenal seantero nusantara. Penasaran apa saja oleh oleh khas Padang Pariaman yang layak untuk dibawa pulang? Yuk, simak informasinya.

Jika ada istilah tak kenal maka tak sayang, maka sebelum memboyong oleh oleh khas Padang Sumatera Barat sebaiknya mengenal dahulu ciri khas masyarakatnya. “itiak pulang patang” atau pantang pulang sebelum petang merupakan anjuran untuk merantau terutama untuk kaum pria. Tak heran jika masyarakat Padang terutama suku minangkabau tersebar diseluruh daerah di Indonesia untuk merantau. Berkat keterampilan mereka mengolah makanan, banyak diantaranya yang mengembangkan usaha rumah makan. Oleh karenanya, rumah makan Padang dapat di jumpai disetiap daerah di nusantara–hal tersebut membuktikan jika mereka adalah pekerja keras.

Kembali ke pembahasan awal kita mengenai buah tangan ala Padang. Disini kita akan memabahas berbagai kuliner daerah asal Siti Nurbaya sampai kerajinannya yang sangat khas. Kuliner Padang terkenal dengan cita rasanya yang pedas serta kaya akan bumbu dan rempah. Meski saat ini sejumlah toko-toko di luar daerah Padang mudah ditemukan, untuk langsung datang ke tempatnya langsung akan menciptakan sensasi tersendiri. Berikut ini 9 oleh oleh khas Padang Sumbar untuk menemani Anda saat pulang.

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi
Instagram by @qnm888

Sekali mendengar rendang sudah pasti merujuk ke rumah Padang. Makanan olahan daging sapi dengan berbagai macam bumbu dan rempah yang khas ini memang sudah menjadi ciri khas bahkan ikon Padang. Karena kelezatan cita rasanya, sebuah survey baru-baru ini menobatkan rendang sebagai makanan terlezat didunia versi CNN. Hal tersebut tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Padang dan Sumatera Barat pada umumnya. Selain lezat, rendang juga cukup tahan lama sehingga pas untuk dijadikan oleh oleh makanan khas Padang yang rasanya nendang.

Kunjungi :  Letak, Harga Tiket, dan Destinasi Taman Nasional Baluran Banyuwangi

Rendang Telur Kering

Rendang Telur Kering
Instagram by @bursapoker

Selain terbuat dari daging sapi, ada juga rendang telur kering yang tak kalah menggoda selera. Makanan khas yang satu ini memang cukup unik, bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan rendang daging maka rendang telur bisa menjadi alternatif pilihan. Rendang telur kering ini cocok dinikmati sebagai camilan ataupun lauk pendamping makan. Rasanya yang khas dan pedas dijamin membuat siapa yang memakannya ketagihan. Banyak toko oleh-oleh yang menjajakan kuliner khas Padang yang satu ini dan rata-rata mereka membandrol Rp. 20.000 untuk kemasan seperempat kilogram.

Keripik Sanjai Balado

Keripik Sanjai Balado
Instagram by @dianesther

Oleh oleh khas Padang Panjang lainnya yang tak boleh dilewatkan adalah keripik Sanjai Balado. Dengan rasa khasnya yang pedas, gurih, dan manis membuat siapapun yang menyantapnya ketagihan. Keripik ini terbuat dari singkong yang dipotong tipis-tipis memanjang lalu di goreng dan dicampurkan dengan bumbu balado yang khas. Cukup mudah untuk menemukan keripik balado yang satu ini karena rata-rata toko oleh-oleh menjajakannya. Harga yang dipatok jug cukup bersahabat yakni mulai dua puluh ribuan per kemasan. Cukup terjangkau bukan?

Bolu Batik

Bolu Batik
Instagram by @bolugulung_batik

Bolu batik tengah menjadi kuliner khas Padang yang hits dan populer. Hal tersebut disebabkan oleh tampilan luar kue bolu yang dihias menyerupai kain batik sehingga terlihat sangat cantik. Tak hanya tampilannya saja yang menggoda, rasanya juga juara. Makanan yang satu ini sangat cocok untuk disuguhkan kepada keluarga, sanak saudara, dan rekan-rekan kerja sebagai oleh-oleh khas Padang yang cukup mengesankan. Harga satu buah bolu batik ini adalah Rp. 60.000 dan bisa ditemukan di bakery ataupun toko oleh-oleh setempat.

Karupuak Jangek

Karupuak Jangek
Instagram by @xtinod

Alternatif lain dari oleh oleh khas Padang yang enak adalah karupuak jangek yang renyah dan gurih. Karupuak jangek merupakan sejenis makanan yang terbuat dari kulit sapi atau didaerah lain mengenalnya dengan istilah kerupuk kulit. Sama seperti kerupuk pada umumnya, karupuak jangek cocok untuk dinikmati sebagai camilan atau lauk. Harga yang ditawarkan juga bervariasi tergantung kualitas kulit yang ada. Ada yang menjual mulai dari harga Rp. 50.000/kg hingga ratusan ribu — semakin mahal harga, semakin bagus pula kualitas, rasa, dan kerenyahannya.

Kunjungi :  Curug Lawe Semarang, Air Terjun Eksotis dan Mempesona

Dendeng Daun Singkong

Dendeng Aceh
Instagram by @Singkong

Karena kreatifitas masyarakat Padang yang tinggi, daun singkong pun dapat diolah menjadi makanan disamping sebagai sayur atau lalapan. Ada rendang daun singkong khas Padang yang cukup unik karena biasanya dendeng terbuat dari daging. Hal tersebut bisa menjadi cara lain dalam menikmati daun singkong yang menyehatkan tentunya. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau dimana per kemasan dibandrol Rp. 15.000. Makanan ini bisa ditemukan di sentra oleh-oleh di setiap sudut Kota Padang.

Karak Kaliang

Karak Kaliang
Instagram by @budidhani

Oleh oleh khas Padang Sidempuan yang satu ini memiliki bentuk yang cukup unik yakni menyerupai angka delapan. Karena bentuknya tersebut, karak kaliang juga dikenal dengan sebutan kue 88 atau kue angka delapan. Bahan baku dari makanan ini adalah tepung singkong yang kemudian dicetak membentuk angka 8 lalu digoreng. Varian rasa dari karang kaliang ini juga bermacam-macam seperti balado, keju, barbeque, dan rasa lainnya. Haraga yang ditawarkan per kemasan dimulai dari Rp. 15.000.

Roti Randang

Roti Randang
Instagram by @rotidurianbukittinggi

Lain daging lain telur, saking cintanya masyarakat Padang dengan rendang sampai rotipun dibubuhi bumbu rendang. Roti tersebut mirip dengan butter cookies yang ditaburi wijen diatasnya namun bedanya ada bumbu rendang sebagai isiannya. Cukup unik kan? Jika penasaran dengan rasanya dan ingin serta membawanya sebagai buah tangan selepas pulang dari Padang, silakan datang ke sentra oleh-oleh terdekat. Untuk roti randang ukuran kecil dihargai Rp. 5.000 sementara yang besar dikenakan harga Rp. 60.000/gulungan.

Songket

Songket
Instagram by @kain_tenun_tradisional_troso

Songket merupakan kain khas dari Sumatera Barat yang biasa dikenakan saat upacara adat, uapacara keagamaan atau pernikahan. Saat ini kreasi kain songket sudah banyak macamnya dan menjadi pilihan menarik sebagai oleh oleh khas Padang selain makanan disamping aneka kulinernya. Anda bisa memilih kain songket dalam bentuk pakaian jadi, tas, sarung, selendang, bahkan hijab. Namun jangan heran ya jika harga yang ditawarkan lumayan membuat isi kantong berkurang. Harga yang dipatok tentu sebanding dengan keindahan yang ditawarkan oleh kain songket ini juga proses pembuatannya yang memerlukan ketelatenan hebat.

Kunjungi :  Yuk Jelajah 13 Tempat Wisata Menarik di Ciamis Jawa Barat

Itulah beberapa oleh oleh khas Padang online yang akan melengkapi perjalanan Anda setelah puas menjelajahi pesona kampung asal Si Malin Kundang. Keanekaragaman kuliner serta kerajinan yang dihasilkan penduduknya sangat sayang jika tak ditunjukkan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang macam-macam buah tangan Padang. Pulang dari Padang jangan lupa membawa rendang dan oleh-oleh lainnya yang tak kalah menggiurkan untuk orang-orang tersayang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */