Surganya Wisata Indonesia

8 Oleh Oleh Khas di Manado yang Enak

0
8 Oleh Oleh Khas di Manado yang Enak
Nilai Artikel Ini

Oleh Oleh Khas Manado – Manado merupakan kota cantik dengan keindahan destinasi wisata yang sudah mendunia. Salah satu tempat wisata yang paling terkenal yaitu taman laut Bunaken. Kita tahu bahwa Bunaken mempunyai keindahan dalam laut yang sangat menakjubkan. Sehingga olahraga diving di taman laut Bunaken menjadi sangat terkenal sampai ke luar negeri.

Disamping keindahan alam yang ada di Manado, ternyata Manado juga mempunyai hal yang luar biasa, yaitu berupa wisata kuliner yang sering dijadikan sasaran oleh oleh pengunjung untuk dibawa pulang.

Anda penasaran apa saja oleh oleh Manado yang bisa dibawa pulang? Berikut ulasan oleh oleh yang dimaksud.

Pala Manis

 

Kudapan khas Manado berupa pala manis sangatlah terkenal. Bahkan keberadaannya sudah memasuki dunia ekspor. Negara yang mengimpor pala manis buatan Manado adalah Malaysia. Sangat mengagumkan memang, karena rasa pala manis dapat diterima oleh masyarakat luar negeri.

Pala manis terbuat dari buah pala pilihan yang dicampur dengan cairan gula. Warnanya lebih bersih dan mengkilapsaat dilihat secara kasat mata. Rasa manisnya yang pas membuat pala manis ini sangat nyaman dijadikan kudapan.

Begitu terkenalnya sajian pala manis ini di daerah Manado, sehingga para pengunjung dapat dengan mudah menemukannya. Hampir setiap sudut kota Manado menjual pala manis. Tak ketinggalan pusat oleh oleh Manado pula counter Bandara Sam Ratulangi Manado dan pelabuhan Bitung.

Kacang Goyang

kacang-goyang
Instagram by @ruben_delano7

Kacang goyang merupakan makanan khas masyarakat Manado saat acara hajatan. Keberadaannya tidak pernah ketinggalan saat acara tersebut digelar. Kenapa diberi nama kacang goyang? Ternyata karena proses pembuatannya harus digoyang-goyang agar melekat dengan tepung terigu sebagai pembukusnya. Untuk menghasilkan rasa manis saat dikunyah, lapisan luar cemilan ini menggunakan gula warna-warni.

Kunjungi :  8 Oleh Oleh Khas dari Cirebon Jawa Barat

Daerah penghasil kacang goyang yang sangat terkenal yaitu daerah Kotamabagu. Di daerah ini anda dapat menemukan olahan kacang goyang dan membelinya. Biasanya harganya pun cukup terjangkau yaitu sekitar 10 ribu sampai 15 ribu rupiah saja.

Olahan kacang yang tergolong unik ini sering menjadi sasaran oleh oleh wisatawan yang ingin menunjukkan kepada keluarganya menganai makanan khas daerah Manado.

Dodol Amurang

dodol-amurang
Instagram by @doudytatipang

Ternyata tidak hanya Garut saja yang mempunyai dodol enak dan legit. Di Manado keberadaan dodol sangat digandrungi. Terutama saat adanya acara hajaran masyarakat Manado.

Dodol Manado identik dengan bungkus dari daun kelapa. Dimana pembuatannya pun lumayan rumit dan perlu ketekunan. Untuk menghasilkan rasa yang lezat, dodol Manado menjadikan gula aren sebagai pemanis alaminya, beras ketan hasil gilingan sebagai bahan dasarnya, kayu manis dan minyak kelapa murni sebagai bahan tambahan, serta kacang sebagai bahan pelengkapnya.

Harga dari satu bungkus dodol ini sangat variatif, tergantung dari besar kecilnya dodol ini. Harga oleh oleh khas Manado halal ini berkisaran antara 1000 dan 5000 rupiah per bungkusnya.

Cakalang Fufu

cangkalang-fufu
Instagram by @manadosedap

Bagi pecinta makanan pedas sebaiknya jangan lewatkan sajian oleh oleh dari Manado yang satu ini bila sedang berada di Manado. Rasa pedas yang ada di setiap Cakalang Fufu akan menjadikan selera makan anda menjadi lebih bergairah. Terus apa sih sebenarnya Cakalang Fufu itu sendiri? Cakalang adalah salah satu jenis ikan yang berada di perairaan Manado. Sedangkan Fufu adalah nama lain dari proses pengasapan. Jadi, Cakalang Fufu adalah ikan Cakalang asap.

Proses pengasapan ini sebenarnya adalah prose pengawetan ikan yang terlalu besar pemasokannya sampai tidak sanggup lagi untuk terjual. Nah ikan Cangkalang ini adalah ikan yang dimaksud. Prose pengasapannya memerlukan waktu sekitar 4 jam agar bumbu yang dilumurkan ke kedua sisi ikannya dapat meresap dengan sempurna.

Anda dapat menemukan Cangkalang Fufu ini di pusat oleh oleh khas Manado pelabuhan Nelayan Bitung. Di sini cukup banyak nelayan yang mengawetkan ikan Cangkalang dengan cara diasapi. Di tempat ini anda bisa membawa pulang satu Cangkalang Fufu dengan harga 35 ribu sampai 65 ribu rupiah saja (tergantung besar kecilnya ikan tersebut).

Kunjungi :  7 Oleh Oleh Khas Lombok NTB dan Harganya

Sambal Roa

sambal-roa
Instagram by @galafeasmanado

Sambal khas Manado yang satu ini memang benar-benar spesial. Bagaimana tidak, sambal ini sudah sangat terkenal hampir ke seluruh wilayah Indonesia. Sambal yang dibuat dari ikan Roa asap ini mempunyai rasa yang mantab.

Proses pembuatannya cukup lumayan. Ikan Roa asap dihaluskan, kemudian dimasak dengan campuran bumbu khusus dan minyak. Cukup dimakan dengan nasi panas saja, maka kelezatan sambal ini akan tetap mempesona.

Ketahanan sambal ini cukup lama yaitu sekitar 6 bulan bila dikemas dan ditutup dengan rapat dan sekitar 1 tahun bila anda simpan di dalam kulkas. Sehingga anda tidak perlu khawatir bila ingin menjadikan sambal ini sebagai oleh oleh setelah bepergian ke Manado. Sebarkan kelezatannya agar keluarga anda juga dapat menikmatinya. Harga sambal ini dibanderol antara 55 ribu sampai 65 ribu rupiah.

Panada

panada
Instagram by @fortyfingers

Panada adalah salah satu makanan terkenal di Manado. Keberadaannya sering menjadi incaran wisatawan yang pernah merasakan kelezatan panada ini. Panada terbuat dari bahan ikan yang dibungkus roti. Sekilas memang mirip sekali dengan pastel. Tapi sebenarnya sedikit berbeda, kalau panada isinya terbuat dari ikan Cakalang yang dimasak dengan bumbu panpis.

Rasa ikan Cangkalang yang khas mampu membuat makanan ini digemari para wisatawan. Harga satu panada dibanderol mulai 1.250 rupiah (harga dapat berubah sewaktu-waktu), tergantung sedikit dan banyaknya isian panada ini.

Makanan ini cocok untuk dijadikan cemilan saat anda berlibur ke Manado. Bisa juga untuk oleh oleh keluarga setelah anda bepergian ke Manado.

Halua Kenari

halua-kenari
Instagram by @dessysimo

Halua kenari terbuat dari kacang kenari yang dilumuri dengan gula merah. Kacang kenari yang digunakan adalah yang berasal dari Sulawesi Utara. Kualitas kacang kenari di Sulawesi Utara sangat terkenal bagusnya.

Kunjungi :  8 Oleh Oleh Khas Semarang yang Tahan Lama

Rasa Halua Kenari identik dengan rasa manis dan gurih. Sangat nyaman digunakan sebagai cemilan saat santai sambil menikmati segarnya udara tempat wisata Manado. Apalagi anda menikmatinya sambil minum kopi dan teh hangat. Hmm.. lezat sekali 

Halua Kenari sangat mudah ditemukan di daerah Manado. Hampir setiap pusat oleh oleh di Manado menyediakan cemilan ini. Bagi anda yang tertarik untuk memberikan oleh oleh sederhana dan unik, Halua kenari dapat menjadi pilihan.

Klapetaart

klapetaart
Instagram by @amayakharis

Kue ini memiliki tekstur lembut dan sangat lezat. Terbuat dari air kelapa, tepung, kelapa muda, gula, susu, dan margarin. Sangat nikmat bila disajikan dalam keadaan dingin. Sehingga sangat direkomendasikan untuk dimasukan ke dalam kulkas sebelum dinikmati bersama.

Kue ini sanggup bertahan sampai 12 jam. Nah, bagi anda yang ingin membawanya pulang ke daerah asal, harus tidak boleh melewati waktu tersebut. Karena bisa dipastikan kuenya tidak akan enak untuk dikonsumsi lagi. Sayang sekali kan kalau sampai oleh oleh yang dibawa tidak dapat dinikmati karena lamanya waktu perjalanan. Harga satu kue Klatepaart antara 15 ribu sampai 60 ribu rupiah tergantung besar kecilnya Klatepaart tersebut.

Itulah tadi 8 oleh oleh khas Manado yang enak dan dapat dijadikan rujukan ketika anda sedang berlibur ke Manado ataupun sedang berencana pergi ke sana. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan dalam menentukan oleh oleh yang akan dibawa pulang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */