7 Oleh Oleh Khas Lombok NTB dan Harganya

0

Oleh Oleh Khas Lombok – Lombok sekarang sudah menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat terkenal selain Bali di kawasan Indonesia Timur. Memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan dengan berbagai ragam tempat wisatanya. Pengunjung yang datang pun sangat beragam, dari turis lokal sendiri, domestik, bahkan sampai luar negeri.

Keindahan yang dapat disajikan oleh Lombok yaitu berupa keindahan pantainya. Hal inilah yang mendorong wisatawan untuk hadir pada saat liburan. Biasanya mereka hadir untuk merasakan keindahan alam sebagai pelepas lelah setelah beraktivitas.

Daerah yang identik dengan tempat wisata Lombok yang menakjubkan biasanya memiliki oleh oleh yang paling diburu oleh para pengunjungnya. Karena oleh oleh merupakan sesuatu hal yang unik dan sudah menjadi sebuah keharusan saat bepergian, apalagi itu dengan tujuan wisata. Penasaran dengan oleh oleh khas Lombok NTB, mari kita simak beberapa ulasannya.

Kain Songket Sasak

kain-songket-sasak
Instagram by @eksotikakainsongketsasak

Kain songket Sasak merupakan salah satu pakaian adat suku Sasak di Lombok. Kain ini memiliki ciri khas warna hitam dengan berbagai motif yang ada. Hasil produksi dari kain songket Sasak bisanya berbentuk selendang, ikat pinggang dan aksesoris-aksesoris lainnya.

Harga songket sasak ini pun bervariasi yaitu mulai harga 200 ribu sampai 2 juta rupiah. Harga yang cukup fantastis untuk kain khas Lombok yang sudah mulai mendunia ini.

Selain dapat digunakan sebagai songket untuk laki-laki, oleh oleh dari lombok ini juga bisa dibeli untuk keluarga di rumah.

Kain Tenun Sasak

kain-tenun-sasak
Instagram by @dewibayan

Bagi anda pecinta fashion, memiliki sebuah kain tenun Sasak khas daerah Lombok tentu bisa memberikan kesenangan tersendiri. Apalagi kain tenun tersebut diperoleh saat anda berlibur ke Lombok. Hmmm.. akan menjadi suatu kenangan yang sulit untuk dilupakan.

Pusat oleh oleh Lombok kain tenun ini hanya diproduksi di desa Sade, Lombok Tengah. Proses pengerjaannya pun perlu ketelitian yang sangat tinggi. Sehingga pantas bila untuk menciptakan satu kain tenun berkualitas perlu waktu yang agak lama.

Kunjungi :  9 Oleh Oleh Khas Padang Wajib Diburu Wisatawan

Kain tenun Sasak juga mempunyai motif yang unik dan sangat kental sekali rasa khas Lomboknya. Jadi memberikan oleh oleh kain tenun ini kepada keluarga ataupun kerabat dekat bisa menjadikan oleh oleh yang sangat mengagumkan.

Harga kain tenun ini pun cukup variatif mulai 200 ribu- 2 juta, tergantung lamanya pengerjaan dan motif yang dibuat oleh pengrajinnya.

Dodol Rumput Laut

dodol-lumput-laut
Instagram by @dodolrumputlaut

Dodol ini dibuat dari rumput lain pilihan yang ada di sekitar pantai-pantai Lombok. Kita tahu bahwa rumput lain mempunyai kandungan serat tinggi yang bagus untuk pencernaan. Sehingga camilan ini sangat bagus bila dikonsumsi baik untuk anak-anak maupun dewasa.

Khusus untuk anak-anak yang kurang doyan makan, dodol ini bisa menjadi alternatif pengganti serat. Dibuat dengan aneka warna tentu akan membuat daya tarik tersendiri bagi anak-anak. Rasanya pun tidak terlalu manis sehingga aman, tapi tetap harus sesuai standar makan anak ya memberikannya.

Bagi anda yang menginginkan Lombok sebagai salah satu destinasi wisata alam dalam dliburan kali ini. Jangan lupakan oleh oleh makanan khas Lombok berupa dodol rumput laut ini. Rasanya enak dan sangat cocok untuk dijadikan oleh oleh.

Mutiara Lombok

mutiara-lombok
Instagram by @avitegasaputra

Berbicara tentang mutiara, Lombok memang suatu kawasan yang sangat kaya akan hal ini. Mutiara Lombok merupakan mutiara asli yang diambil dari dasar laut Lombok. Sehingga wajar bila mutiara Lombok memiliki kualitas bagus dan terlihat mewah saat dijadikan aneka perhiasan oleh pengrajin dari penduduk sekitar.

Tampilannya yang terlihat mewah sangat cocok untuk dijadikan hadiah bagi istri tersayang. Anda dapat memberikan kejutan berupa kalung mutiara ataupun anting mutiara dengan berbagai aksesoris pendukungnya. Kami yakin, istri anda akan senyum sumringah bila anda hadiahkan ini.

Kunjungi :  9 Oleh Oleh Khas Malang Beserta Harganya

Sentra penjualan dan pembuat kerajinan mutiara ada di kampung Sekarbela, kota Mataram. Di sini anda akan menjumpai banyak hasil olahan kerajinan dari mutiara. Ada dua jenis mutiara yang diolah menjadi sebuah kerajinan yang mewah yaitu mutiara laut dan air tawar.

Mutiara laut menjadi oleh oleh Lombok paling mahal, mengingat proses pencariannya cukup memakan tenaga dan beresiko tinggi. Mutiara laut biasanya memiliki bentuk agak oval dengan varian warna putih, emas, hitam, dan perak. Warna-warna eksotis saat dijadikan perhiasan. Harga per gramnya sekitar 100 ribu sampai 500 ribu.

Sedangkan mutiara air tawar memiliki bentuk bulat dengan harga yang lebih rendah. Berkisar 15.000 per butirnya.  Warnanya bermacam-macam, seperti biru, pink, biru, dan putih, kuning, dan oranye.

Peyek Kangkung Rumput Laut

peyek-kangkung-rumput-laut
Instagram by @ciau_10

Pernahkah anda merasakan peyek renyah yang terbuat dari bahan dasar sayuran sehat. Penasaran dengan rasanya? Beli saja oleh oleh khas Lombok makanan yang terbuat dari kangkung dan rumput laut. Perpaduan keduanya menghasilkan peyek gurih dan empuk saat dikunyah.

Bisa anda bayangkan betapa sehatanya camilan ini, vitamin kangkung dan tingginya serat rumput laun dipadukan menjadi satu. Untuk rasa yang menakjubkan juga dicampur dengan cabe rawit pedas, sehingga akan memberikan sensai wah dalam setiap gigitannya. Ya .. beginilah seninya makanan khas Lombok selalu tidak bisa terlepas dari pedasnya lombok, sesuai dengan nama daerahnya 

Asyiknya peyek kangkung dan rumput laut tidak hanya bisa dinikmati di tempat saja, tetapi bisa dibawa pulang. Dikemas dengan packing dan tampilan menarik, membuat peyek ini banyak digemari para wisatawan untuk dijadikan oleh oleh.

Madu Lombok

madu-lombok
Instagram by @ratih_wicaksono

Madu lombok terkenal dengan khasiatnya yang cukup bagus. Rasa manis yang dihasilkan dari lebah hutan tropis di daerah Lombok mampu menghasilkan kualitas madu yang baik.

Kunjungi :  8 Oleh Oleh Khas Semarang yang Tahan Lama

Madu yang terkenal dari daerah Lombok bernama Serena dan Trigona. Madu ini sudah menjadi salah satu produk andalan masyarakat Lombok yang mampu bertanding dengan kualitas madu-madu lainnya.

Kita tahu bahwa madu banyak mengandung vitamin A dan C serta kandungan berkhasiat lainnya untuk menjaga kesehatan. Satu sendok makan 3 kali sehari dapat membantu persaiapan segala aktivitas sehari-hari.

Nah bagi anda yang sedang pergi berlibur ke

Lombok, rasanya sayang sekali bila melewatkan oleh oleh yang satu ini. Karena sangat menyenangkan bila mampu memberikan oleh oleh khas Lombok online yang lezat dan menyehatkan seperti madu Lombok ini.

Terasi Lombok

terasi-lombok
Instagram by @imamahmadask

Memiliki rasa masakan lezat tentu sangat menggugah selera. Salah satu bumbu masakan yang dapat membantu meningkatkan rasa lezat yaitu terasi. Terasi murni dengan bahan dasar pilihan mampu menghasilkan rasa gurih dan nikmat.

Aneka masakan khas Lombok seperti plecing kangkung, plecing ayam, bebek Sekarbela dan lain-lain, menggunakan trasi Lombok sebagai daya tarik rasa yang menggoyang lidah.

Bagi anda yang menyukai terasi sebagai bumbu dan campuran sambal, kami rasa perlu mencoba trasi khas Lombok ini. Bahkan ada yang bilang bahwa trasi Lombok memiliki rasa khas yang lebih lezat dibandingkan dengan terasi cirebon yang sudah terkenal itu.

Untuk mendapatkan terasi ini anda cukup mengeluarkan anggaran 50 – 90 ribu per kg nya. Beda jenis terasi beda juga harganya.

Demikian 7 oleh oleh khas Lombok dan harganya yang dapat kami informasikan. Semoga liburan anda menjadi lebih menyenangkan dengan membeli oleh oleh dari Lombok sebagai buah tangan ketika sudah berkumpul lagi dengan keluarga tercinta.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */