Surganya Wisata Indonesia

7 Oleh Oleh Khas Jogja Buat Pacar

0
7 Oleh Oleh Khas Jogja Buat Pacar
Nilai Artikel Ini

Oleh Oleh Khas Jogja – Berkunjung ke wisata Jogja sepertinya kurang lengkap jika tidak membawa pulang oleh oleh. Ada banyak macam makanan khas yang dapat dijadikan sebagai hadiah keluarga, teman, dan tetangga setelah bepergian.

Kalau anda berkeliling Jogja pasti akan menemukan beberapa tempat yang menawarkan oleh oleh makanan Jogja. Harganya pun beragam, tapi bisa dipastikan harganya tetap terjangkau.

Perlu diketahui bahwa sebagian besar makanan khas jogja didominasi oleh rasa manis. Untuk anda yang senang dengan makanan seperti ini, sepertinya anda perlu mencoba makanan khas di sini.

Satu lagi yang hampir terlupakan, selain makanan ternyata Jogja juga memiliki aneka oleh-oleh lain seperti kaos, baju, dan kesenian lainnya.

Untuk lebih detailnya apa saja yang dapat dijadikan oleh oleh dari Jogja ? mari simak ulasan berikut ini.

Gudeg

gudeg
Instagram by @gudegyudjum

Mendengar Gudeg pasti langsung ingat Jogja. Memang begitu istimewanya makanan ini sehingga telah menjadi icon Kuliner Jogja. Sampai-sampai Jogja disebut sebagai kota Gudeg.

Makanan ini terbuat dari bahan dasar nangka muda yang dimasak menggunakan bumbu khusus dengan kuah santan. Untuk menambah kelezatan dari gudeg ini, biasanya ditambakan telur dan ayam.

Ada dua tipe gudeg, gudeg kering dan basah. Kalau masalah rasa tidak jauh berbeda. Dari tekstur masakannya tetap mirip, cuman gudeg kering cenderung lebih manis dibandingkan dengan gudeg basah.

Kalau untuk oleh-oleh ke daerah asal yang cukup jauh, sebaiknya memilih gudeg kering. Gudeg kering dapat bertahan lebih dari 2 hari tanpa pemanasan lagi. Tentunya dengan penyimpanan yang tepat dan kedap udara.

Jika anda berkeinginan untuk membeli oleh oleh khas Jogja makanan gudeg, langsung saja datang ke Gude Yu Djum di Jalan Kaliurang 5 Jogja. Gudeg di tempat inilah yang paling terkenal dan lezat rasanya. Resepnya masih murni dan terjaga. Untuk pengepakan anda bisa memilih menggunakan besek atau kendil.

Kunjungi :  8 Oleh Oleh Khas di Manado yang Enak

Bakpia

bakpia
Instagram by @ogekdi

Mari berkenalan dengan manakan yang satu ini, bakpia namanya. Makanan ini merupakan salah satu oleh oleh Jogja murah sudah sangat terkenal selain gudeg. Kalau digigit rasanya lembut dan lezat. Cocok sekali untuk teman minum kopi atau teh.

Awalnya bakpia diproduksi dengan isi kacang hijau. Namun, sesuai permintaan pasar dan kreasi, produsen bakpia sudah berani menambahkan beberapa varian rasa seperti keju, ubi ungu dan ubi jalar manis. Benar-benar mantab rasanya.

Untuk mendapatkan rasa lezat saat dimakan, pilihlah bakpia yang masih hangat. Maka, tekstur lembut dari bakpia akan sangat terasa dan nikmat saat ditelan. Bakpia ini tidak bisa bertahan lama, biasanya rasa enaknya hanya bertahan kurang lebih 3 hari. Karena biasanya setelah 3 hari bakpia akan sedikit keras, bahkan bisa tidak enak lagi.

Bakpia yang paling terkenal di Jogja yaitu bakpia pathuk yang berasal dari daerah Pathuk, Jogaj. Untuk mendapatkan bakpia jenis ini, anda bisa mengunjungi beberapa toko oleh oleh Jogja yang terdapat di jalan Parangtrisis, Jalan dekat Terminal Lama Umbulharjo, Jl. Monumen Kembali.

Yangko

yangko
Instagram by @yangkojogja

Makanan yang terkenal selanjutnya adalah yangko. Terbuat dari bahan dasar ketan dan aneka adonan lainnya membuat yangko memiliki cita rasa tersendiri. Rasanya manis dan kenyal saat dikunyah. Enak dan legit rasanya saat didampingi dengan segelas teh di pagi hari.

Yangko merupakan makanan khas Kotagede, Jogja. Namun, sekarang makanan ini sudah tersebar hampir di seluruh pusat oleh-oleh di Jogja.

Dulunya yangko hanya memiliki rasa kacang yang dicampur gula. Setelah dilalukan berbagai eksperimen, saat ini yangko memiliki banyak varian rasa seperti nangka, stroberi, coklat, melon, dan durian.

Harganya pun sangat terjangkau dan bisa bertahan lebih lama. Jadi, bagi anda yang cukup jauh dari Jogja, membeli yangko bisa menjadi salah satu alternatif oleh oleh khas Jogja buat pacar.

Kunjungi :  9 Oleh Oleh Khas dari Bengkulu yang Wajib Untuk Dibeli

Geplak

geplak
Instagram by @snack_foodies

Kalau anda suka makanan dengan citarasa manis sekali, geplak adalah makanan yang perlu anda coba. Makanan ini terbuat dari kelapa yang diparut bercampur gula. Ada beberapa varian rasa yang ada saat ini, yaitu coklat, durian, nangka, dan vanili. Warna makanannya pun beragam sesuai dengan jenis rasa yang ada.

Harga dari makanan ini cukup murah dan mudah mendapatkannya. Karena penjualannya sudah tersebar hampir seluruh pusat oleh oleh Jogja. Dengan aneka warna dan rasa yang menarik, menurut kami geplak cocok untuk oleh oleh keluarga dan kerabat dekat lainnya.

Kalau anda membeli oleh oleh khas Jogja murah geplak ini biasanya akan dibungkus menggunakan besek. Sebuah tempat makanan yang terbuat dari anyaman bambu. Kegunaannya adalah untuk menjaga geplak tetap aman dari kelembapan udara yang bisa merusak citarasa saat dibawa dalam perjalanan jauh.

Salak Pondoh

salak-pondoh
Instagram by @salakpondoh.nglumut

Kondisi tanah yang subur, terutama di lereng merapi Jogja membuat tanaman salak dapat tumbuh subur dan menghasilkan buah yang bagus. Salah satu komoditi salak yang dibudidayakan di daerah ini adalah jenis salak pondoh.

Buah salak pondoh memiliki tekstur kering dan manis saat digigit. Anda bisa ketagihan setelah merasakan satu buah ini. Pengen nambah dan nambah lagi.

Eh.. tahu tidak, kalau ternyata salak pondoh ini ditanam seluas 27 hektar di Kampung Gadung, Sleman. Dan asyiknya bila anda berkesempatan datang ke tempat oleh oleh khas Jogja yang satu ini, selain dapat membeli salak pondoh secara langsung. Ternyata di kawasan ini juga telah dibuat semacam agrowisata. Jadi para pengunjung bisa mengajak keluarga sambil menikmati wahana permainan di perkebunan ini.

Nah.. sepertinya setelah membaca ulasan singkat mengenai rasa salak pondoh ini, sayang sekali rasanya bila anda tidak menjadikannya sebagai salah satu pilihan oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Kunjungi :  8 Oleh Oleh Khas Kota Batam Riau Indonesia

Tiwul

tiwul
Instagram by @irmandayosefien

Tiwul awalnya merupakan makanan khas Gunungkidul, Jogja. Namun, setelah perkembangan zaman seperti saat ini, pembuatan tiwul sudah merebak hampir ke seluruh wilayah Jogja.

Makanan ini mempunyai tekstur lembut dan sedikit kenyal. Campuran gula merah sebagai campuran pemanisnya membuat rasa tiwul menjadi lebih nikmat. Untuk menambah rasa gurihnya, diberi tambahan parutan kelapa setengah tua. Perpaduan yang pas untuk menu sarapan di pagi hari.

Mungkin anda penasaran, dari apa bahan tiwul ini. Tiwul dibuat dari tepung gaplek (singkok yang sudah dikeringkan). Nah tekstur kenyal saat digigit itu berasal dari tepung ini yang mengandung tapioka.

Kalau anda ingin merasakan tiwul yang benar-benar lezat, anda bisa menikmatinya di tempat oleh oleh Jogja Yu Tum. Gerai ini terletak di jalan Pramuka, dekat balai Wonosari.

Batik Jogja

batik-jogja
Instagram by @batikkeirasolo

Nah.. setelah puas dengan aneka makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh. Sekarang kita akan beralih ke oleh oleh khas Jogja selain makanan yaitu fashion. Fashion yang akan kita bahas yaitu aneka olahan baju yang berbahan dasar kain batik Jogja.

Bagi penggemar batik tentu sudah tidak asing lagi dengan kepiawaian pembatik di kota Gudeg ini. Hasil karya mereka sangat disukai oleh wisatawan lokal sampai internasional. Terutama pada hasil batik tulis tangan asli pengrajin.

Kalau anda juga penggemar batik, coba sesekali beli batik khas Jogja dengan ciri khas lukisannya. Bisa dipastikan anda akan jatuh hati dengan hasil karya para pembatik di sini, terutama batik tulis tangan aslinya.

Demikian 7 oleh oleh khas Jogja dan harganya yang dapat anda pilih sebagai hadiah untuk keluarga ataupun sahabat karib. Kalau anda pergi ke Jogja, jangan lupa oleh-olehnya ya .

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */