9 Oleh Oleh Makanan Khas Jakarta Paling Laris Dibeli

0

Oleh Oleh Khas Jakarta – Pernahkah dalam benak anda bertanya-tanya, apa makanan khas Jakarta itu? Bisa jadi tidak semua orang bisa menjawabnya. Karena dunia modern yang menyelimuti Jakarta seolah-olah mulai menggerus keaslian Jakarta beserta makanan-makanan khasnya.

Nah.. untuk menjawab rasa penasaran tersebut, kami akan merangkum beberapa makanan khas Jakarta yang bisa dijadikan sebagai oleh oleh saat berkunjung ke wisata Jakarta ini. Berikut ulasan singkat mengenai oleh oleh khas Jakarta.

Kerak Telor

kerak-telor
Instagram by @keraktelor

Kerak telor merupakan makanan khas Betawi. Keberadaan kerak telor di Jakarta, layaknya gudeg di Jogja. Sudah menjadi kesatuan dan ciri khas makanan khas Jakarta itu sendiri. Makanan ini memiliki citarasa unik dan cara masaknya pun cukup unik. Mungkin itu yang menjadikan daya tarik para pembeli kerak telor.

Namun, sayangnya mendapatkan kerak telor tak semudah dulu lagi. Para penjaja keliling biasanya mangkal di tempat-tempat tertentu saja. Mungkin karena banyaknya makanan modern di Jakarta, sehigga menggerus ruang gerak para penjual kerak telur ini.

Untuk mendapatkan kerak telor biasanya harus menunggu adanya festival atau event-event tertentu yang mengusung tema makanan khas daerah. Atau kalau anda beruntung ada bisa menemukannya di tempat beli oleh oleh khas jakarta daerah wisata Setu Babakan di Jagakarsa, Kota Tua, dan pasar-pasar tradisional di Jakarta.

Kue Geplak

kue-geplak
Instagram by @geplakgeplak_

Kalau dilihat dari namanya sama namanya dengan jajanan khas Jogja. Sama-sama memiliki rasa manis juga. Tapi, ada perbedaan tekstur rasa dan bahan baku yang digunakan untuk membuatnya. Kue geplak khas Jakarta dibuat dari bahan dasar beras dengan dominasi warna putih dan coklat. Kue ini merupakan makanan khas Betawi layaknya kerak telor.Makanan ini sering digunakan sebagai seserahan saat acara pernikahan oleh masyarakat Betawi. Rasanya dominan manis dan lembut saat dikunyah.

Kunjungi :  7 Oleh Oleh Khas Lombok NTB dan Harganya

Untuk mendapatkannya pun cukup langka di Jakarta. Ada satu daerah tempat oleh oleh di jakarta, yaitu Bintaro. Di Bintaro ada beberapa home industri yang masih memproduksi geplak, walaupun hanya dalam skala kecil.

Dodol Betawi

dodol-betawi
Instagram by @dodolbetawi

Dodol Betawi cukup terkenal di telinga para wisatawan. Kuliner Jakarta satu ini cocok untuk oleh oleh, dan untuk teksturnya hampir mirip dengan dodol di daerah lain. Pembedanya adalah campuran bahan yang digunakan. Dodol Betawi menggunakan ketan hitam, ketan putih, dan durian.

Proses pembuatannya pun cukup rumit, perlu ketelitian serta konsisten dalam mengaduknya. Salah sedikit dalam proses ini, maka hasil yang didapat tidak sesusai dengan yang diharapkan.

Dodol Betawi cukup mudah ditemukan pada hari-hari biasa. Anda bisa datang ke Jalan Angsana 1 no 26 Pejaten Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan. Di daerah tersebut ada sebuah gerai dodol Betawi yang menjajakannya.

Dodol Betawi biasanya juga banyak dijual di pasar umum saat menejelang lebaran. Karena keberadaannya menjadi pelengkap makanan saat lebaran tiba.

Bir Pletok

bir-pletok
Instagram by @sajarbudi

Minuman ini bukanlah bir yang memabukkan, tetapi merupakan minuman oleh oleh Jakarta yang terbuat dari rempah-rempah yang berkhasiat untuk mencegah datangnya masuk angin, pegal-pegal, dan asam urat.

Minuman khas ini sekarang sudah diproduksi secara modern dan dikemas menggunakan botol standar. Sehingga aman ketika dibawa ke luar daerah. Anda bisa membawanya untuk oleh oleh sepulang dari Jakarta.

Bila anda merasa agak risih membawa yang sudah dalam kemasan botol, tersedia juga dalam bentuk kemasan bubuk. Cukup ringkas untuk dibawa dan mudah dalam penyajiannya. Anda tinggal menambahkan air panas saja untuk penyajian satu porsi bir pletok.

Oleh oleh khas Jakarta beli dimana ? Gerai bir pletok dapat anda temukan di jalan Belanak 2 Dekat dengan SMPN 2 Bekasi, Jakarta Timur. Bila anda bingung menemukan gerai ini, anda bisa memesannya di toko onlinenya Mpok Nini oleh oleh khas Jakarta. Mereka juga menerima pengiriman melalui deliveri express dan gojek. Anda tinggal pesan dan tunggu pesanan datang sebelum di bawa pulang.

Kunjungi :  8 Oleh Oleh Khas dari Cirebon Jawa Barat

Kue Semprong Glory

kue-semprong-glory
Instagram by @sellgudthings

Oleh oleh dari Jakarta yang satu ini merupakan camilan sederhana khas Jakarta. Tapi, meskipun rasa kue ini banyak digemari oleh masyarakat. Kalau dikunyah lekat dengan rasa gurih dan renyah. Makanan ini juga termasuk makanan yang tahan lama. Sehingga cocok bila dijadikan oleh oleh untuk keluarga.

Rasa yang kami rekomendasikan adalah rasa wijen. Gurih dan terasa sekali wijen yang ada di kue semprong merk Glory. Bagi anda yang berminat membeli kue semprong untuk camilan selama perjalanan atau oleh oleh silahkan datang langsung ke Jalan KS Tubun III, Slipi Jakarta Barat.

Kembang Goyang

kembang-goyang
Instagram by @etty.rahmawati

Kembang goyang merupakan oleh oleh makanan khas Jakarta. Kenapa dinamanakan kembang goyang? Karena proses pembuatannya digoyang-goyang saat digoreng ke dalam minyak panas. Berbentuk unik seperti bunga. Dengan keunikan dan kemudahan dalam proses pembutannya, ternya menjadikan kembang goyang tersebar ke daerah-daerah lain.

Hmm.. tapi rasanya memang tetap lain bila kita membelinya langsung di Jakarta dibandingkan dengan membeli ke daerah lain. Dari segi kepuasan saat dijadikan oleh oleh pun terasa sekali perbedaannya.

Bagi anda yang tidak ingin ribet dalam proses pembelian kembang goyang asli buatan Betawi ini, langsung saja kunjungi toko onlinenya Mpo Nini oleh oleh khas Jakarta.

Pepes Tulang Lunak Ikan Mas

pepes-tulang-lunak-ikan-as
Instagram by @chellycollin

Membawa oleh oleh pepes tulang lunak ikan mas Pe Tulu untuk keluarga tercinta sepertinya memang cocok. Pasalnya, packingan produk ini sangat profesional. Ditambah lagi dengan rasa yang lezat dan lunak sampai ke tulangnya.

Bumbu yang digunakan merupakan bumbu tradisional. Proses pembuatannya dengan cara dikukus di dalam daun pisang. Ikannya dipotong-potong dalam pengemasan setiap bungkusnya, sehingga membuat bumbu khasnya meresap ke dalam ikan masnya.

Kunjungi :  7 Oleh Oleh Khas Jogja Buat Pacar

Sajian khusus oleh oleh Jakarta ini dapat anda beli di Mayestik Citywalk Lantai 1 sambil jalan-jalan resfreshing. Kalau anda tidak ingin ribet anda bisa memesan pepes ini melalui delivery order. Praktis dan menghemat waktu anda.

Biji Ketapang

biji-ketapang
Instagram by @kuebijiketapang

Biji ketapang ramai dijual di pasaran saat menjelang lebaran. Oleh oleh khas Jakarta di bandara ini menjadi primadona camilan saat lebaran tiba. Makanan ini terbuat dari tepung yang dicampur dengan parutan kelapa dan dibentuk seperti biji-bijian. Jadi bukan karena namanya ketapang terus berasal dari daerah Ketapang.

Rasa dari camilan ini gurih dan renyah. Nyaman dimakan saat berkumpul bersama keluarga. Memang makanan untuk menemani acara santai dan penuh keakraban seperti halnya masa Lebaran.

Tape Uli

tape-uli
Instagram by @marliana_laila

Tape uli terbuat dari bahan dasar beras ketan. Nama uli itu sebenarnya adalah nama lain dari beras ketan dalam bahasa Betawi. Makanan ini juga merupakan makanan khas saat lebaran. Tapi, karena semakin tersebarnya makanan-makanan cepat saji, membuat tape uli semakin susah ditemukan. Walaupun masih saja ada yang membuatnya karena ingin mempertahankan makanan khas ini.

Nah kabar gembiranya ada produsen yang bersedia membuat tape uli dan menjualnya secara online. Tape Uli pak Harry namanya. Di sini anda bisa memesan tape uli khas Jakarta dengan sistem delivery order.

Demikian 9 oleh oleh khas Jakarta dan harganya, tips dari kami untuk mencari oleh oleh di Jakarta yaitu dengan cara memilih toko yang menyediakan delivery order.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */