Surganya Wisata Indonesia

8 Oleh Oleh Khas dari Cirebon Jawa Barat

0
8 Oleh Oleh Khas dari Cirebon Jawa Barat
5 (100%) 1 vote

Oleh Oleh Khas Cirebon – Cirebon merupakan sebuah kota wisata di daerah Jawa Barat. Beragam wisata yang terdapat di kota ini selalu mampu mendatangkan para pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu Cirebon juga kaya akan keanekaragaman wisata kuliner yang dapat memanjakan lidah. Sungguh sayang untuk dilewatkan.

Pergi ke Cirebon dan pulang dengan tangan kosong tentu sangat sayang sekali. Mengingat ada beberapa oleh oleh khas Cirebon yang dapat dijadikan buah tangan saat anda kembali ke rumah. Ada bermacam-macam produk berupa makanan dan produk daerah.

Berikut beberapa oleh oleh khas Cirebon Jawa Barat yang dapat dijadikan hadiah untuk orang-orang dekat anda.

Batik Cirebon

batik-cirebon
Instagram by @batik_lenterazain_pekalongan

Siapa sih yang tidak kenal dengan kualitas batik Cirebon? Batik yang sudah menasional bahkan ke mancanegara ini banyak digemari oleh turis lokal maupun internasional. Terdapat bermacam-macam motif batik Cirebon, mulai yang dihasilkan dari cara cetak maupun tulis tangan.

Uniknya batik Cirebon dibuat seusai keinginan konsumen. Terdapat banyak batik berwarna cerah hasil kolaborasi dan kreasi ide dari para konsumen yang memesan. Sangat mengesankan memang, mengingat kebutuhan batik selalu menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat yang memakaianya.

Untuk mendapatkan aneka macam batik Cirebon, ada satu kawasan pusat oleh oleh Cirebon sentra batik yang didesain mirip mall. Nyaman dan menyenangkan ketika anda berberlanja di sana. Sentra tersebut dikenal dengan naman Trusmi.

Di Trusmi anda akan mendapatkan bermacam-macam batik dengan motif-motif yang modern dan fresh. Tempat belanjanya nyaman dan sekaligus sebagai tempat wisata edukasi pengenalan batik untuk keluarga. Kalau anda ingin membeli batik Cirebon sebagai oleh-oleh, silahkan beli di tempat ini. Anda akan mudah dalam memilih batik yang sesuai dengan keinginan.

Kunjungi :  8 Oleh Oleh Khas Semarang yang Tahan Lama

Terasi Cirebon

terasi-cirebon
Instagram by @ncahboemen

Siapa sih yang gk kenal terasi Cirebon? Terasi Cirebon merupakan produk bumbu rumahan yang sudah terkenal sampai tingkat nasional. Bagi anda yang menyukai bumbu terasi sebagai tambahan masakan atau campuran sambal, membeli terasi Cirebon adalah pilihan yang tepat.

Terasi Cirebon terbuat dari rebon atau udang berukuran sangat kecil. Bahan inilah yang menjadikan terasi Cirebon sangat diminati karena rasa yang khas dan nikmat saat dijadikan bumbu. Bentuknya bisa dikatakan cukup ekonomis karena dibungkus dalam satu wadah siap saji.

Bagi anda ingin memberikan oleh oleh Cirebon yang bermanfaat untuk kebutuhan dapur dan bisa bertahan lama, maka pilihlah terasi udang Cirebon.

Sirup Tjampoly

sirup-tjampoly
Instagram by @sirup_tjampolay

Sirup Thampoly adalah salah satu oleh oleh dari Cirebon. Minuman ini sangat digemari oleh penduduk sekitar dan para wisata yang datang ke Cirebon. Rasa khas dengan berbagai variannya membuat sirup ini seperti menu wajib diminum saat berkunjung ke Cirebon.

Rasa pisang susu merupakan rasa yang paling digemari oleh masyarakat. Manis dan harum saat diminum begitu terasa sekali. Segar sekali bila anda minum bersamaan dengan es batu. Sangat nikmat rasanya. Sirup Tjampoly bisa anda beli di swalayan dan toko oleh oleh Cirebon.

Tape Ketan Daun Jambu

tape-ketan-daun-jambu
Instagram by @ithachiquit

Jajanan khas Cirebon selanjutnya adalah tape ketan daun jambu. Tape ini terbuat dari ketan putih yang difrementasi menggunakan ragi sebagai bahan campurnya. Setelah tapenya jadi, baru menggunakan daun jambu sebagai pembungkusnya.

Tape khas Cirebon memiliki rasa manis asam. Bungkus daun jambu yang digunakan dapat membantu proses pematangan tape sempurna. Dan tentunya menjadikannya lebih khas dan menarik.

Bila anda tertarik dengan tape ketan daun jambu, anda langsung saja menuju ke daerah Cibeureum, Jawa Barat.

Kunjungi :  9 Oleh Oleh Khas dari Bengkulu yang Wajib Untuk Dibeli

Kerupuk Melarat

kerupuk-melarat
Instagram by @nkpamungkas

Saat pertama kali mendengar kerupuk melarat, membuat rasa penasaran seperti apa bentuk kerupuknya itu. Ternyata kerupuknya sederhana dengan berbagai warna unik sebagai penghiasnya. Terbuat dari bahan dasar tapioka membuat kerupuk ini renyah saat disantap bersama sambal kacang.

Proses menggorengnya yang sangat menarik. Yaitu tanpa menggunakan minyak goreng sama sekali, tapi menggunakan pasir yang sudah dibersihkan. Media pasir inilah yang membuat kerupuk ini disebut sebagai kerupuk melarat.

Penasaran dengan rasanya dan proses pembuatannya? Langsung saja ke Cirebon agar penasaran anda terobati. Bisa juga kerupuk ini dijadikan oleh oleh unik kepada orang- orang terdekat.

Kerupuk Udang

kerupuk-udang
Instagram by @adeayol

Kerupuk udang memang sudah terkenal sampai ke seluruh daerah. Bahkan ada juga daerah lain yang menciptakan kerupuk udang sebagai cemilan masyarakatnya. Tapi satu hal yang perlu digaris bawahi, kerupuk udang asli Cirebon memiliki rasa udang yang sangat lekat sekali.

Rasa gurih renyah beserta rasa udang yang pekat membuat kerupuk ini sangat nikmat bila dijadikan sebagai lauk pendamping saat makan. Bagi anda yang ingin menjadikan kerupuk udang sebagai oleh oleh khas Cirebon, sebaiknya memilih kerupuk mentahnya saja. Lebih ringkas dan tentunya akan mempermudah anda dalam membagikannya kepada kerabat di rumah.

Serabi Cirebon

serabi-crebon
Instagram by @sakura_sae

Hampir mirip dengan serabi di daerah lain. Yang membuat beda serabi Cirebon dengan serabi di tempat lain adalah dari bahan dasar yang digunakan untuk membuatnya. Serabi Cirebon menggunakan tepung beras dengan campuran parutan kelapa dan santan. Serabi ini memiliki rasa gurih khas yang lezat. Sangat cocok untuk menemani teh hangat di sore hari.

Proses memasaknya pun cukup unik yaitu menggunakan tungku tanah liat. Sumber pemanasnya pun menggunakan kayu bakar. Untuk menaruh adonan serabi biasanya menggunakan wajan kecil tanah liat.

Kunjungi :  9 Oleh Oleh Makanan Khas Jakarta Paling Laris Dibeli

Untuk menjadikannya lebih nikmat dan khas kerabi Cirebon yaitu dengan menggunakan oreg tempe dan dage oncom. Paduan yang unik dan lezat. Bagi anda yang menyukai rasa manis, sebaiknya memilih serabi merah dan serabi kinca yang dicampur dengan gula merah saat memasaknya.

Serabi Cirebon bisa dijadikan oleh oleh dalam kota dan kota sekitar Cirebon saja, mengingat daya tahan serabi ini tidak terlalu lama.Bila anda berminat untuk membawanya pulang, anda langsung saja menuju ke area Pulaseran, Pasar Kanoman.

Rengginang

Rengginang
Instagram by @fandifirdaus

Rengginang khas Cirebon dibuat dengan bahan dasar sama yaitu ketan. Yang membedakannya dengan daerah lainnya adalah keunikan rasa yang ada pada rengginangnya. Ada beberapa macam rasa rengginang seperti rasa terasi, udang, keju, dan lain-lain.

Rasanya setelah digoreng sungguh nikmat, renyah dan empuk. Cocoknya memang dijadikan camilan saat bersantai bersama keluarga. Aneka rasa yang ada dapat menjadi alternatif bila anda sudah merasa bosan dengan rasa yang ada.

Untuk mendapatkan rengginang khas berbagai rasa ini anda bisa mengunjungi berbagi outlet penjualan oleh oleh khas Cirebon. Beli saja yang masih mentah dalam bentuk kemasan. Sangat praktis dan mudah untuk dibagikan kepada saudara.

Oleh oleh khas Cirebon apa aja ? Sebenarnya masih banyak oleh oleh yang dapat dibawa saat anda bepergian ke Cirebon. Semoga ulasan ini dapat membantu anda dalam menemukan oleh oleh khas, sehingga kedatangan anda dapat memberikan sesuatu yang beda dan kental dengan daerah Cirebon.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */