Surganya Wisata Indonesia

9 Oleh Oleh Khas dari Bengkulu yang Wajib Untuk Dibeli

0
9 Oleh Oleh Khas dari Bengkulu yang Wajib Untuk Dibeli
Nilai Artikel Ini

Oleh Oleh Khas Bengkulu – Bengkulu, sebuah provinsi yang terletak di barat daya Pulau Sumatera, merupakan daerah dimana pertama kali bunga Rafflesia ditemukan. Tak heran jika julukan bumi rafflesia sangat melekat dengan kota Bengkulu. Tak hanya keindahan bunga rafflesia dan wisata Bengkulu lainnya saja yang menjadi daya tarik, oleh oleh khas Bengkulu pun tak kalah dalam menarik perhatian wisatawan yang datang. Mulai dari makanan enak hingga pernak-pernik yang unik dijajakan pedagang untuk dijadikan buah tangan wisatawan. Berikut ini adalah beberapa oleh-oleh yang khas dari bumi rafflesia yang akan menemani perjalanan pulang Anda.

Lempuk Durian

lempuk-durian
Instagram by @fajarirwan

Lempuk durian merupakan makanan sejenis dodol yang berbahan dasar daging buah durian dan tepung gandum. Makanan yang satu itu sangat terkenal di Bengkulu karena memang sudah menjadi kuliner khas sejak lama. Bengkulu merupakan daerah penghasil buah durian yang dibilang cukup potensial, jadi saat musimnya tiba buah dengan baunya yang khas ini melimpah. Itulah awal mula kenapa masyarakat bengkulu membuat lempuk durian dengan maksud mengawetkan buah durian supaya bisa dikonsumsi jangka panjang. Untuk memborong Lempok durian menjadi oleh oleh khas dari Bengkulu, Anda bisa gerai makanan khas terutama di jalan Soekarno Hatta.

Perut Punai

perut-punai
Instagram by @aqua_nitha

Oleh oleh makanan khas Bengkulu yang satu ini cukup unik dari segi nama panggilannya yaitu perut punai. Dinamai demikian karena kur tersebut menyerupai isi perut burung punai yang melilit-lilit serta melingkar. Komposisi dari kue perut punai ini adalah tepung terigu yang di gonseng atau disangrai terlebih dulu sebelum dijadikan adonan. Ada dua macam rasa dari kue unik satu ini yakni gurih dan manis. Harga yang dipatok untuk setiap kemasan berkisar Rp. 10.000 per bungkus yang dapat Anda temukan di jejeran toko oleh-oleh sepanjang jalan Soekarno-Hatta.

Kunjungi :  Bukit Langit Kebumen Landscape Alam yang Dapat Memanjakan Mata

Keu Tart

keu-tart
Instagram by @visitbengkulu

Jenis makanan yang satu ini dulunya cukup elit karena merupakan sajian yang dihidangkan untuk raja Bengkulu. Dari segi bentuk, kue yang memiliki nama lain juada bay tart ini terlihat seperti persegi empat namun sedikit menyerupai kue pie. Bahan dasar dari kue tart ini adalah tepung gandum, telur, gula pasir, dan mentega sehingga menghasilkan tekstur yang lembut dan agak renyah. Biasanya, selai nanas digunakan sebagai topping—perpaduan kue lembut dan manisnya selai menghadirkan rasa yang tiada dua.

Disetiap wilayah di Provinsi Bengkulu, nama kue ini ternyata masih memiliki banyak julukan diantaranya joda tat (Suku Lembak) dan Juada Tat (Bengkulu Selatan). Meski nama “tart” terdengar seperti nama kue-kue yang berasal dari negara barat sana, kue juada bay tart ini merupakan kuliner asli dan khas Bengkulu. Dimana bisa menemukan tempat oleh oleh khas Bengkulu yang lezat ini? Jangan khawatir, tidak susah untuk menemukannya. Toko oleh-oleh yang tersebar dipusat kota seperti di jalan Soekarno Hatta rata-rata menyediakan kue sajian para raja negeri rafflesia ini.

Manisan Terong

manisan-terong
Instagram by @laineyk

Jika umumnya menikmati terong itu di goreng atau disayur, masyarakat Bengkulu menjadikannya bahan untuk dibuat manisan. Bahan dasar membuat manisan tersebut adalah terong yang berwarna ungu serta gula pasir. Ada yang mengatakan kalau manisan terong ini rasanya menyerupai buah kurma: kenyal dan manis. Karena daya tahannya yang lama, manisan terong ini cocok untuk menjawab pertanyaan apa oleh oleh khas Bengkulu saat Anda hendak pulang. Banyak toko oleh oleh khas Bengkulu yang menyediakan kurma khas Bengkulu ini dengan harga mulai dari Rp. 8.000 per kemasan.

Emping Bengkulu

emping-bengkulu
Instagram by @veronicarovenz

Emping merupakan sejenis makanan yang terbuat dari biji buah melinjo yang digodok lalu ditumbuk untuk dimemarkan. Emping bisa dijadikan camilan saat bersantai bersama keluarga tercinta atau sebagai suguhan untuk tamu yang bertandang ke rumah. Jenis makanan ringan yang satu ini biasa dijual dalam bentuk mentah belum digoreng. Harga per kilogramnya cukup lumayan bisa sampai ratusan ribu rupiah dikarenakan bahan baku dan proses pembuatannya yang cukup memakan waktu. Oleh oleh khas Bengkulu Selatan ini bisa di temukan di toko-toko yang menjajakan makanan khas daerah bumi rafflesia.

Kunjungi :  Pemandangan Indah di Waduk Wadaslintang Wonosobo

Kopi Bengkulu

kopi-engkulu
Instagram by @anggun_wisudhatama

Aceh dan Sumatera merupakan wilayah penghasil kopi yang cukup potensial dimana dan terkenal baik nusantara maupun mancanegara. Bengkulu yang merupakan wilayah bagian dari Pulau Sumatera juga merupakan memiliki cita rasa kopi yang khas. Banyak wisatawan menjadikan kopi Bengkulu ini sebagai oleh-oleh khas untuk dibagikan kepada kerabat dekat. Jika ingin memboyong kopi Bengkulu ini sebagai buah tangan, Anda bisa mendatangi toko kopi ataupun sentra oleh-oleh dikisaran pusat kota. Kemasan yang ditawarkan cukup beragam mulai dari bungkusan kecil hingga kiloan.

Sirup Kalamansi

sirup-kalamansi
Instagram by @septianingsih085

Selain makanan, Bengkulu juga memiliki minuman yang khas dan menyegarkan tentunya. Ada sirup kalamansi yang berasal dari sari jeruk kalamansi dicampur dengan gula pasir sebagai pemanis. Uniknya, sirup ini bisa disajikan baik dalam keadaan hangat atau pun dingin. Minuman yang sarat akan vitamin C ini sangat bermanfaat untuk kesehatan seperti menjaga daya tahan tubuh, memperlancar perdaran darah, dan lainnya. Terbukti rasanya yang menyegarkan, siurp kalamansi ini juga menyehatkan.

Batik Besurek

batik-besurek
Instagram by @batik_ceceh

Warisan leluhur bangsa Indonesia diantaranya adalah kain batik yang hadir dengan motif khas dari masing-masing daerah. Di Bengkulu sendiri, ada batik besurek dengan ciri khas motif kaligrafi yang dipadukan dengan motif lain seperti rembulan, relung paku, bunga rafflesia, dan burung kuau. Kain batik ini dibuat dengan tidak menggunakan mesin cetakan alias asli tulis tangan sehingga kualitasnya pun mampu bersaing dengan batik daerah lain. Batik Besurek cocok dijadikan sebagai bahan sarung, bawahan hingga atasan pakaian. Selain makanan dan minuman khas, batik besurek bisa juga dijadikan pilihan oleh oleh khas Bengkulu.

Kerajinan dari Kulit Lantung

kerajinan-dari-kulit-lantung
Instagram by @yogi_issigie

Lantung merupakan sebutan untuk kulit kayu kerap yang tumbuh didaerah Bengkulu. Tekstur dari kulit lantung sendiri adalah berserabut dan lumayan kasar dan para pengrajin biasanya mempertahankan warna aslinya. Lantas apa saja bentuk kerajinan dari kulit lantung tersebut? jawabannya adalah bermacam-macam seperti tas, gantungan kunci, pigura, miniatur bunga rafflesia hinga kota Bengkulu. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Spesialnya, kerajinan kulit lantung ini hanya bisa ditemukan di Bengkulu, Jadi jangan lewatkan untuk membelinya sebagai oleh-oleh.

Kunjungi :  25 Tempat Wisata di Batu Malang yang Murah Meriah

Nah, itulah tadi beberapa daftar jual oleh oleh khas Bengkulu mulai dari makanan, minuman, pakaian, hingga kerajinan. Keragaman tersebut menunjukkan bahwa masyarakat Bengkulu masih menjaga warisan leluhur bangsa Indonesia. Untuk turut berpartisipasi, membeli oleh-oleh khas saat berkunjung ke bumi rafflesia merupakan salah satu upayanya. Selain itu, membeli produk dalam negeri juga mampu meningkatkan laju ekonomi serta menumbuhkan cinta pada budaya bangsa sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat dan mampu menambah pengetahuan tentang Bengkulu dan ciri khas yang sayang jika di lewatkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */