9 Oleh Oleh Khas Banda Aceh Paling Diminati Wisatawan

0

Oleh Oleh Khas Banda Aceh – Sudah menjadi hal lumrah jika suatu daerah memiliki kekhasan adat, budaya, sampai dengan kulinernya. Begitu pula kota daerah yang dikenal dengan serambi Makkah ini, ya selain wisata Aceh yang indah, kota ini juga memang memiliki keragaman kuliner yang cita rasanya tidak usah diragukan lagi. Mulai dari makanan berkuah sampai dengan aneka macam kue tersedia disalah satu provinsi di Indonesia ini. Lalu apa saja makanan khas Aceh yang bisa di bawa pulang untuk orang tersayang? Berikut ini adalah daftar oleh oleh khas Banda Aceh yang begitu sayang untuk dilewatkan.

Kopi Aceh

Kopi Aceh
Instagram by @ngopi_ngopi

Belum sempurna kalau ke Aceh tidak menikmati nikmatnya kopi Aceh yang cukup terkenal diseantero nusantara dan juga dunia. Jika sedang berada di Aceh meminum kopi di kedai-kedai yang bertebaran disepanjang jalan kota memang sangat tepat. Minuman olahan kopi yang terkenal diantaranya adalah sanger yang hanya bisa ditemukan di provinsi paling barat Indonesia ini. Sanger merupakan sejenis minuman kopi yang dicampur susu atau juga dikenal dengan kopi tarik. Meski tampilannya biasa, namun rasa jangan ditanya, sudah pasti juaranya.

Kenikmatan kopi Aceh ini memang pantas dijadikan buah tangan yang pantas dibawa ketika pulang. Ada kopi Aceh Gayo yang menjadi primadona para wisatawan yang berkunjung kesana. Ya, kopi gayo ini sangat mudah ditemukan di sentra oleh oleh khas Aceh Tamiang yang bertebaran sekitaran kota. Berdasarkan rekomendasi kepala dinas kepariwisataan Aceh, tempat yang recommended untuk membeli kopi gayo adalah Ulee Kareng yang beralamat dijalan Lamreung. Untuk harga yang ditawarkan juga sebanding dengan kenikmatan yang disuguhkan.

Kue Timphan

Kue Timphan
Instagram by @sabangmeraukefood

Oleh oleh khas Aceh Online berikutnya adalah makanan tradisional yang dikenal dengan nama kue timphan. Awalnya, kue ini hanya terbuat dari tepung ketan yang ditambahi irisan labu atau pisang raja lalu dibungkus dengan daun pisang. Namun, saat ini isiannya sudah hadir dengan berbagai varian seperti srikaya dan durian. Kue tradisional yang tak kalah nikmat ini bisa Anda temukan di Solong Ule Karang, sebuah warung kopi di Banda Aceh. Harga yang di tawarkan sangat terjangkau yakni mulai dari Rp. 2.000 per buah.

Kunjungi :  Eksotisme Pulau Tersembunyi di Karimunjawa Jepara

Kue Bhoi

Kue Bhoi
Instagram by @keukarah_bhoi

Penganan lain yang cocok dijadikan oleh oleh makanan khas Aceh adalah kue bhoi yang beraneka macam bentuk seperti ikan, bunga, serta bintang. Kue ini sangat populer dikalangan masyarakat Aceh karena sering disajikan suguhan saat lebaran atau hantaran saat ada kelahiran hingga pernikahan. Cara pembuatan kue bhoi ini dibutuhkan ketelatenan dan tidak semua orang bisa membuatnya. Jika Anda ingin mencicipi seperti apa rasanya datang saja ke pasar tradisional atau sentra oleh-oleh diseluruh wilayah Aceh. Harganya mulai dari Rp. 8.000 tergantung dengan banyaknya isi per kemasan.

Bakpia Aceh

Bakpia Aceh
Instagram by @nadiaasagitaa

Berbicara tentang bakpia rasanya Yogyakarta yang menjadi pusatnya, tapi tunggu dulu, Aceh juga memiliki bakpia yang tak kalah enaknya. Disini, pengunjung yang akan membeli bakpia bisa datang langsung ke pabriknya dan menyaksikan seperti apa proses produksinya, menarik bukan? Pabrik bakpia Aceh yang bisa didatangi berada di Sabang. Namun jika Anda tidak punya cukup waktu untuk pergi ke sana, Anda bisa membeli bakpia Aceh di toko dekat Masjid Baiturrahman Banda Aceh. Makanan satu ini sangat pas untuk dibawa pulang sebagai oleh oleh khas Aceh.

Kue Ade Meureudu

Kue Ade Meureudu
Instagram by @fennisalim

Kue ade meureudu merupakan penganan khas daerah serambi Makkah yang terbuat dari tepung terigu, ubi atau singkong. Kue yang memiliki cita rasa khas Melayu yaitu gurih sangat populerdu di daerah Meureu, Pidi Jaya, Aceh. Untuk membawa pulang makanan Aceh satu ini Anda bisa mengunjungi kawasan Aceh Besar tepatnya di daerah Longkha dan Lambaro. Harga per kemasan kue Meureudu ini berkisar Rp. 16.000. Diantara toko-toko yang menjajakan penganan ini adalah Kue Ade Kak Nah, Kue Ade Kak Fatimah, dan Kue Ade Kak Mah.

Kunjungi :  Hamparan Indah Pasir Putih Pantai Clungup Malang

Kembang Loyang

Kembang Loyang
Instagram by @fennisalim

Kembang loyang merupakan sejenis penganan yang bertekstur renyah dan berbentuk menyerupai bunga. Makanan ini biasa disuguhkan untuk menjamu tamu-tamu yang berkunjung ke rumah. Selain itu, panganan yang cukup populer ini juga merupakan salah satu buah tangan khas Aceh yang sayang jika tak dibawa pulang. Banyak sentra toko oleh oleh khas Aceh yang bertebaran di wilayah Aceh menjual kembang loyang ini. Biasanya, makanan ringan ini di kemas dalam plastik dengan ukuran yang bermacam-macam.

Sale Pisang

Ingin menikmati buah pisang dengan sensasi yang berbeda? Maka sale pisang pilihannya. Meski Aceh tidak seproduktif Lampung dalam membudidayakan buah pisang, namun sale pisang menjadi makanan yang mudah di jumpai. Karen mampu bertahan lama, sale pisang ini pas untuk dijadikan buah tangan ketika meninggalkan daerah yang kental akan syariat islam ini. Anda bisa menemukannya di toko oleh-oleh terdekat di kawasan kota.

Kue Keukarah

Kue Keukarah
Instagram by @keukarah_aceh

Kue keukarah adalah makanan ringan khas aceh yang renyah dan manis cocok dinikmati dengan hangatnya secangkir kopi. Kue yang bentuknya mirip sarang burung ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan gula pasir yang dilarutkan. Proses pembuatannya harus fokus dan gesit. Camilian ini bisa ditemukan di toko oleh-oleh yang tersebar di Banda Aceh dan biasa dijual dalam kemasan mika dengan harga yang cukup terjangkau. Karena kepopulerannya di kalangan masyarakat tanah rencong, tak heran jika penganan ini menjadi makanan khas Aceh yang sering dijajakan.

Ayam Tangkap

Ayam tangkap
Instagram by @pecunk_cherbomb

Selain kue atau penganan, olahan daging ayam juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh yang begitu menggiurkan. Ayam tangkap merupakan sajian khas Aceh terbuat dari daging ayam kampung yang digoreng bersamaan dengan rempah-rempah, cabe ijo, dan daun pandan. Rasa yang dominan dari ayam tangkap ini adalah gurih dan renyah. Anda bisa membawa ayam tangkap ini sebagai oleh oleh khas Aceh dan menyantapnya bersama keluarga dirumah. Datang saja ke rumah makan Rayeuk di jalan Teungku Imum, Banda Aceh dimana harga satu kotak ayam tangkap dibandrol Rp. 60.000.

Kunjungi :  12 Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang Seru untuk Dikunjungi

Dendeng Aceh

Dendeng Aceh
Instagram by @evawidayanti

Satu lagi olahan daging yang bisa dibawa pulang selepas dari negeri rencong ini yakni dendeng. Daging sapi yang diawetkan ini memang cocok untuk dijadikan persedian lauk dirumah. Dendeng sapi juga merupakan buah tangan Aceh yang cukup terkenal lho, jadi untuk menemukannya tidak susad. Banyak toko-toko di wilayah Aceh yang menjajakannya. Untuk harga disesuaikan dengan harga daging sapi ya tentunya—apalah arti harga untuk cita rasa yang begitu menggoda.

Itulah sekiranya pembahasan kita tentang oleh oleh khas Banda Aceh dengan keragaman kulinernya yang melimpah. Selain yang disebutkan diatas, masih banyak lagi makanan atau bahkan kerajinan yang di jajakan untuk dijadikan buah tangan. Jangan lupa menyiapkan rupiah yang cukup dong tentunya. Pulang dari negeri rencong, ingat masih ada oleh-oleh yang sedang menanti untuk Anda borong.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */