Jelajah Zona Dunia di Museum Angkut Batu Malang

Jam Buka dan Lokasi Wisata Museum Angkut Kota Batu Malang

Jam Buka dan Lokasi Wisata Museum Angkut Kota Batu Malang

Instagram by @museumangkut

Museum Angkut Malang – Museum Angkut Malang – Provinsi Jawa Timur memiliki tempat wisata yang tidak kalah menariknya dari Provinsi Banten maupun Yogyakarta. Khususnya di Kota Batu Malang, daerah yang bersuhu sejuk nan dingin juga mempunyai tempat wisata alam, tempat bersejarah, hingga tempat wisata pengetahuan berupa museum. Terlebih jika Anda adalah seorang pecinta dunia otomotif, di Kota Batu Malang terdapat museum tempat penyimpanan ratusan koleksi kendaraan roda dua maupun roda empat yang menakjubkan. Maka dari itu, jika Anda sedang berada di Jawa Timur, terlebih berada di Kota Batu Malang, akan sangat disayangkan jika tidak mengunjungi Museum Angkut Kota Batu Malang.

Museum Angkut merupakan museum transportasi dan tempat wisata modern yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Museum yang mengangkat konsep sangat menakjubkan ini tidak hanya menjunjung dunia otomotif saja, akan tetapi pengunjung akan mendapati beberapa zona bertemakan suasana wisata luar Negeri yang terkenal. Nah, jika Anda penasaran dengan lokasi Museum Angkut, sejarah dan ada apa saja di dalamnya, silakan simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Lokasi dan Rute Menuju Museum Angkut Kota Batu Malang

Menyaksikan koleksi mobil antik tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang mencintai otomotif. Museum ini memiliki banyak koleksi transportasi dari yang masih tradisional alias belum menggunakan tenaga mesin seperti becak, dokar, pedati, dan sepeda onthel hingga kendaraan yang sudah menggunakan tenaga listrik. Sejarah Museum Angkut Kota Malang ini dibuka untuk umum pada tanggal 9 Maret 2014. Museum Angkut ini dikelola oleh Jawa Timur Park Group yang sebelumnya juga membangun Batu Secret Zoo, Batu Night Spectacular (BNS), dan Eco Green Park. Dengan dikelola sedemikian rupa, tempat ini menjadi tempat yang menakjubkan untuk dikunjungi.

Alamat Museum Angkut Malang ini terletak di Jalan Terusan Sultan Agung Atas Nomor 2, Kota Wisata Batu, Malang. Jalan menuju objek wisata Museum Angkut ini bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Adapun rute menuju objek wisata Museum Angkut juga bisa Anda tempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Akan tetapi mengingat wisata Kota Batu Malang ini sangat indah untuk dinikmati, lebih baiknya menggunakan kendaraan pribadi saja supaya dapat menikmati perjalanan dengan nyaman.

Kunjungi :  Lokasi dan Alamat Green Village Gedangsari Jogja
Lokasi dan Rute Menuju Museum Angkut Kota Batu Malang

Instagram by @museumangkut

Jika Anda menggunakan transportasi umum untuk sampai ke lokasi ini, Anda bisa berangkat dari arah manapun. Anda bisa menggunakan Bus dari daerah Anda menuju ke terminal Batu, setelah dari terminal Batu Anda bisa menggunakan angkutan umum jurusan Batu-Selecta-Sumberbrantas dengan ciri angkutan berwarna merah jingga. Setelah sampai di Jalan Sultan Agung No.2, Anda bisa berhenti dan menemukan plang petunjuk jalan tempat wisata Museum Angkut ini.

Sedangkan jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, rute yang Anda tempuh tentu jauh lebih mudah. Jika Anda berangkat dari kota Malang, beloklah ke kiri di Jalan Imam Bonjol Bawah yang mana sebelah kanan ada Matahari-Lippo Plaza. Setelah sampai di depan Jatim Park 1, maka berjalanlah lurus terus hingga Anda menemui Museum Angkut yang berada di pojok perempatan lampu merah. Cukup mudah bukan? Jika Anda masih kebingungan, silakan gunakan smartphone Anda dengan melihat peta menuju museum ini melalui aplikasi google maps.

Menyusuri Wisata Museum Angkut Malang

Menyusuri Wisata Museum Angkut Malang

Instagram by @museumangkut

Museum Angkut sangat menarik dan unik untuk dikunjungi. Berada di sini Anda akan menyaksikan berbagai koleksi kendaraan dengan khas kendaraan dari belahan dunia, dari yang tradisioanal hingga modern. Selain itu pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan latar belakang bangunan khas sebuah Negara sebagai background kendaraan yang diproduksi oleh Negara tersebut, sehingga siapa saja yang mengunjunginya akan terasa nuansa seperti di luar negeri. Museum Angkut Malang juga seringkali dijadikan lokasi untuk menggelar berbagai macam pameran, kompetisi modifikasi mobil dan tentu tidak jarang bagi pecinta fotografi berdatangan dan mengambil jepretan kamera terbaik mereka.

Lokasi wisata Museum Angkut indoor atau outdoornya juga terdapat berbagai macam sarana yang unik. Dengan Total luas area Museum Angkut Malang ini sekitar 3.7 hektar, maka lokasinya pun terbagi menjadi beberapa zona yang bisa pengunjung nikmati. Berikut ini adalah zona yang ada di Museum Angkut Malang.

  • Zona Hall Utama
Kunjungi :  Wisata Tersohor Pantai Karang Bolong Anyer yang Wajib dikunjungi!

Berada di ruangan ini Anda akan menjumpai banyak macam koleksi alat angkut atau tansportasi dari berbagai negara dan berbagai riwayat yang dilengkapi hiasan lampu-lampu sedemikian rupa sehingga menimbulkan kesan sangat menarik.

  • Zona Edukasi

Zona ini memiliki luas 900 m2 dengan memberikan acuan sesuai visi dan misi Jawa Timur Park Group yaitu sebagai penggagas wisata berbasis edukasi. Di sini Anda akan mendapatkan banyak informasi tentang sejarah beragam jenis angkutan dari tahun ke tahun baik domestik hingga mancanegara.

  • Zona Gangster Town & Broadway Street

Di zona ini Al Capone sebagai gangster tersohor di tahun 1970an beraksi dan siap membawa Anda terlibat di dunia gangster. Selain itu Anda juga bisa menjumpai berbagai model angkutan di dalamnya. Anda juga bisa berfoto dengan model Museum Angkut yang mengenakan kostum ala gengster.

  • Zona Eropa

Berada di zona ini, Anda akan disuguhkan tempat bernuansa Negara Eropa seperti, Italy, Prancis, Jerman dan London yang merupakan kota tersohor di Eropa. Jadi berwisata ke Museum Angkut malam hari akan terasa romantis jika Anda bersama pasangan berada di zona satu ini.

  • Zona Pasar Apung

Berbagai souvenir dan merchandise Museum Angkut serta oleh- oleh khas Nusantara UKM Batu ada di sini. Santapan tradisional juga ikut meramaikan nuansa pasar apung seperti suasana tempo dulu. Berbagai kerajinan dan lukisan gaya seniman Kota Batu seperti seni batik, lukis, ukir dan juga bisa sekaligus berbincang-bincang langsung dengan para senior seniman dan membawa hasil karya seni Anda pulang ke rumah sebagai oleh-oleh. Anda juga dapat menikmati naik perahu berkeliling rute kolam yang sudah disediakan dengan didayung secara manual oleh petugas yang berdandan ala nelayan tradisional.

Kunjungi :  Surga Tersembunyi Pantai Teluk Biru di Banyuwangi

Selain pasar apung Museum Angkut yang bisa pengunjung nikmati, terdapat masih banyak lagi zona lainnya yang pasti membuat Anda betah berlama-lama berada di sini. Seperti, zona Las Vegas dengan gerbang khas Amerika Serikat. Zona Instana Buckingham, Zona D’topeng Kingdom dan bahkan terdapat zona Flight Training bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara pilot menerbangkan pesawatnya. Seru bukan? Di sisi lain, pasti untuk masuk dan menikmati wisata ada harga yang harus dibayar.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Museum Angkut Malang

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Museum Angkut Malang

Instagram by @museumangkut

Museum Angkut buka setiap hari dari jam 12:00 hingga 20:00 wib. Namun untuk loketnya sendiri sudah dibuka dari jam 11.00 dan sudah ditutup pada jam 19.30wib. Harga tiket masuk ke Museum Angkut Malang juga terjangkau. Jika Anda berkunjung di hari biasa ( Senin-Jumat) biaya yang Anda keluarkan adalah Rp.70.000 per orangnya. sedang dilibur akhir pekan (Sabtu-Minggu) biaya yang Anda keluarkan ialah Rp.80.000 per orangnya.
Tetapi jika Anda membawa buah hati yang tingginya kurang dari 85 Cm, maka tiket free alias gratis. Namun jika lebih dari itu, maka harus membayar tiket secara penuh. Selain harga tiket masuk, Anda juga diharuskan membeli tiket kamera jika membawa kamera seperti DSLR, Action Cam dan sejenisnya dengan biaya Rp.30.000 per kamera. Akan tetapi, berada di sini dilarang membawa kamera drone atau kamera dari udara.

Museum Angkut

Instagram by @museumangkut

Cukup elegan bukan? Jadi tunggu apalagi, silakan agendakan wisata Anda bersama sahabat maupun keluarga Anda untuk mengunjungi Museum Angkut Kota Batu Malang ini. Oh ya, Museum ini juga sebuah tempat wisata pertama di Asia yang mengusung tema transportasi. Jadi akan sangat disayangkan jika Anda tidak mengunjunginya ketika sedang berada di Malang.

Selain Museum Angkut Kota Batu Malang, masih banyak lagi tempat wisata di Kota Batu Malang lainnya yang patut Anda kunjungi juga. Seperti Eco Green Park, Air Terjun Coban Pelangi maupun Air Terjun Coban Rondo. Tempat tersebut juga tidak kalah indahnya dengan wisata air terjun yang ada di Yogyakarta. Selamat berdestinasi!

tempatwisataindonesia.id
Review
5
/* */