Surganya Wisata Indonesia

Letak Lokasi dan Harga Tiket Masuk Museum Affandi

0
Letak Lokasi dan Harga Tiket Masuk Museum Affandi
Nilai Artikel Ini

Museum Affandi – Yogyakarta memang dikenal dengan gudangnya destinasi wiata. Bukan hanya wisata alam yang ditawarkan, tapi juga ada beberapa tempat bersejarah lainya yang bisa dikunjungi ada. Salah satunya adalah musum Affandi. Mau tahu di mana letak lokasi dan harga tiket masuk Museum Affandi? Simak ulasannya berikut ini.

Alamat Museum Affandi berada di Jalan Raya Yogyakarta-Solo nomor 167 atau berada di Jalan Solo Km 5,1. Depan kampus UIN Sunan Kalijaga atau 2 meter setelah pos polisi depan KFC.

Letak Museum Affandi sendiri leih tepatnya berada di tepi barat Sungai Gajah Wong. Sungai yang masih menjadi pemukiman kumuh warga Yogyakarta. Entah masihkah ada ulur tangan pemerintah Yogyakarta untuk membantu warga yang berada di kawasan sungai Gajah Wong ini.

Museum Affandi
Instagram by @museumaffandi

Ya, tidak sulit menemukan lokasi Museum Affandi ini karena letaknya yang berada di kanan jalan raya Jogja-Solo ini. Dengan Anda mengunjungi Museum Affandi mak Anda berasa diajak untuk menjejaki seluruh bagian berarti dari kehidupan Affandi.

Ya, Sejarah Museum Affandi Jogja ini berawal dari nama pelukisnya. Dahulu tempat ini adalah sebuah Galeri I yang dirancang sendiri oleh Affandi dengan biaya hasil penjualan lukisan-lukisannya. Pembanguna Galeri I ini selesai pada tahun 1962 dan diresmikan pada tahun 1974 oleh Profesor Ida Bagus Mantra, Direktur Kebudayaan Umum saat itu.

Adapun pembangunan Galeri II dilakukan dengan bantuan Pemerintah Indonesia melalui kunjungan Presiden Soeharto. Pembangunanpun dimulai pada tahun 1987 dan diresmikan pada 9 Juni 1998 oleh Prof. Dr. Fuad Hasan yang menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Ruangan Museum Affandi
Instagram by @museumaffandi

Galeri III dibangun oleh Yayasan Affandi pada tahun 1999, pada Mei tahun 2000 dan diresmikan oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X. Sedangkan yang terakhir, Galeri IV dibangun pada tahun 2002 guna memamerkan lukisan-lukisan keluarga Affandi.

Kunjungi :  Goa Petruk di Kebumen, Obyek Wisata Dengan Sejuta Pesona

Harga Tiket Museum Affandi Yogyakarta dan Jadwal Buka

Biaya Masuk Museum Affandi

  1. Rp. 10.000 (anak)
  2. Rp. 20.000 (dewasa)
  3. Rp. 50.000 (WNA)
  4. Rp. 20.000 jika Anda masuk dan membawa kamera DSLR dan sejenisnya
  5. Rp. 10.000 jika Anda masuk dan membawa kamera handphone

Jadwal Buka Museum Affandi

Buka Senin – Sabtu pukul 09:00 – 16:00 WIB. Dan tutup sat hari Minggu dan tanggal merah.

Museum Affandi Sang Maestro Lukis Indonesia Asal Jogja, di tempat ini Anda bisa melihat karya-karya sang pelukis. Ada banyak karya yang dipajang di museum ini. Karya-karya tersebut berasal dari seluruh inspirasi Affandi saat masih hidup.

Lukisan Museum Afandi
Instagram by @museumaffandi

Denah Museum Affandi sendiri memiliki 3 macam jenis ruangan. Galeri I, II, dan III. Galeri I sebagai tempat pembelian tiket dan permulaan tur. Galeri ini memuat sejumlah lukisan Affandi dari awal ia berkarya hingga masa akhir hidupnya. Lukisan sketsa dan karya reproduksi ini diletakkan dalam 2 larik atas bawah. Diletakkan memanjang agar memenuhi ruangan yang berbentuk lengkung.

Deskripsi Museum Affandi Sang Maestro Lukisan Asal Jogja

Galeri I ini pula, Anda bisa melihat sejumlah barang berharga semasa hidupnya. Ada mobil Colt Gallan tahun 1976 yang berwarna kuning kehijauan di ujung ruangan. Uniknya mobil tersebut dimodifikasi menyerupai bentuk ikan. Selain mobil ada juga sebuah sepeda onthel kuno yang masih tampak begitu mengkilap. Adapula reproduksi patung karya Affandi berupa potret diri bersama putrinya, Kartika.

Mobil Pelukis Affandi
Instagram by @museumaffandi

Lanjut ke Galeri II, di sini Anda bisa melihat sejumlah lukisan para pelukis. Baik itu pelukis pemula ataupun senior. Semua ada di Galeri II. Galeri yang diresmikan pada tahun 1998 ini terdiri dari dua lantai. Di mana lukisan yang ada bisa Anda lihat dari sudut pandang yang berbeda. Lantai pertama berisi lukisan-lukisan yang sifatnya abstrak. Adapun lantai dua memuat lukisan corak realis.

Kunjungi :  27 Daftar Air Terjun di Bogor Rekomended untuk Dijelajah

Terakhir di Galeri III, ada bangunan berbentuk garis melengkug dengan atap membentuk pelepah daun pisang. Galeri III ini adalah gedung serba guna. Di galeri III ini terdiri dari 3 lantai.

Gallery 3 di Museum Affandi
Instagram by @museumaffandi

Lantai pertama digunakan sebagai ruang pamern sekaligus lokasi Sanggar Gajah Wong. Sanggar Gajah Wong adalah tempat bagi anak-anak untuk mengasah bakat melukis mereka. Lantai kedua sebagai ruang perawatan dan perbaikan lukisan, sementara lantai bawah tanah adalah sebagai tempat menyimpan koleksi lukisan.

Tak berselang jauh dari Galeri III, ada sebuah menara yang bisa Anda gunakan sebagai tempat melihat pemandangan. Dari menara Anda bisa melihat panorama seluruh bagian museum, hiruk pikuk jalan raya di sekitar dan juga sungai Gajah Wong.

Menariknya di tempat ini adalah terdapat cafe Museum Affandi yang terletak di lantai bawah rumah. Rumah tersebut adalah rumah miliki Affandi. Cafe ini disebut engan Kafe Loteng yang menjual berbaai makana dan minuman bag pengunjung. Jika kafe loteng ada di lantai bawah, maka lantai atas rumah adalah kamar pribadi Affandi.

Selain museum Affandi, masih banyak tempat wisata Jogja lainnya. Apalagi jika Anda ngin menikmati wisata malam di Yogyakarta. Ada Taman Pelangi Monumen Jogja Kembali dan Tempat Wisata Kaliurang Malam. Kedua tempat ini adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin merasakan indahnya wisata malam.

Museum Afandi jogja
Instagram by @museumaffandi

Anda bisa mendapatkan momen terbaik dan barangkali tidak terlupakan bersama pasangan ataupun teman-teman Anda ketika berkunjung ke tempat ini. Di dalam Taman Pelangi sndiri erdapat berbagai macam karakter dan ukuran lampion.

Berbagai macam bentuk lampion yang dipamerkan di Taman Pelangi Monjali ini beragam sekali. Ada macam-macam bentuk bunga, binatang, tembok besar China, Candi Borobudur, Mickey Mouse, Doraeman. Adapula lampion yang berbentuk hati, bintang, ikan, naga, kelinci, dan tugu Jogja.

Kunjungi :  Intip Sisi Tersembunyi dari Sumber Sirah Malang

Adapun di tempat wisata Kaliurang malam terdapat festival of light taman penuh dengan lampu mirip seperti taman lampion di Monjali. Tempat ini juga tak kalah menarik dan romantisnya dari taman pelangi Monjali. Silahkan berkunjung ke kedua tempat ini bersama pasangan atau kerabat Anda.

Anda juga bisa berkunjung ke Candi Prambanan, situs peninggalan zaman kuno yang cukup terkenal di Indonesia.Apalagi di Candi Prambanan juga ada pertunjukan sendratari Ramayana yang sangat bagus. Kisah cinta tentang Rama dan Sinta yang sangat terkenal ini dipentaskan dalam bentuk sendratari.

Lalu bagaimana cerita Rama dan Sinta ini bisa dijadikan pentas seni? Baca Sejarah Sendratari Ramayana Prambanan di artikel kami sebelumnya untuk menjawab rasa penasaran Anda. tiket yang Anda keluarkan cukup murah, hanya sekitar Rp. 10.000 untuk pelajar dan Rp. 100.000 hingga Rp. 350.000 untuk umum.

Cukup sekian apa yang bisa kami ulas dari letak lokasi dan harga tiket masuk Museum Affandi. Rasakan dan resapi setiap karya yang dimuat di museum ini. Karya-karya yang ada di tempat ini memiliki nilai seni yang begitu tinggi. Bagi Anda pecinta seni, museum ini sayang untuk dilewatkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */