Surganya Wisata Indonesia

Wisata Religi ke Masjid Agung Demak Jawa Tengah

0
Wisata Religi ke Masjid Agung Demak Jawa Tengah
Nilai Artikel Ini

Masjid Agung Demak – Mendengar kata Demak, satu kota ini memang identik dengan sejarah dan perkembangan Islam di Indonesia. Di kota inilah para sunan yang berdakwah ke seantero negeri ini berkumpul. Ya, kota yang berada di sisi utara Pulau Jawa ini memang strategis sejak dahulu. Letaknya sendiri dekat dengan pesisir yang menjadikan jalur perdagangan kala itu aktif. Aktivitas di masa lalu tersebut rupanya meninggalkan suatu warisan budaya yang kuat di kota ini. Salah satu warisan yang hingga saat ini masih berdiri kokoh adalah Masjid Agung Demak, yang kini menjadi salah satu tempat wisata di Demak yang menjadi favorit wisatawan.

Sejarah, Asal Usul dan Lokasi Masjid Agung Demak

Selain masjid, tempat ini juga terdapat museum yang menyimpan bukti perkembangan Islam di Indonesia. Oleh karena itu, di komplek masjid ini terdapat pula museum dimana Anda bisa melihat foto Masjid Agung Demak dari pertama kali dibangun, dan perkembangannya hingga saat ini yang masih terlihat megah.

Lokasi Masjid Agung Demak

Masjid yang satu ini lokasinya berada di Kampung Kauman Kabupaten Demak. Untuk mencari Masjid ini tidak terlalu sulit karena lokasinya sendiri berada di komplek alun – alun Kabupaten Demak. Karena lokasinya berada di jalur protokol, masjid ini sangat mudah dijumpai, bahkan ketika hanya sekedar lewat saja. Lokasinya yang sangat strategis ini pun menjadikan masjid yang bersejarah ini menjadi kunjungan favorit bagi para wisatawan religi.

Lokasi Masjid Agung Demak
Instagram by @munaalzain2212

Museum Masjid Agung Demak terdapat di Provinsi Jawa Tengah tepatnya. Lokasinya sendiri tidak jauh dari ibu kota provinsi, yaitu Kota Semarang. Dari Semarang, membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit hingga satu jam untuk tiba di tempat ini. Sedangkan jaraknya sendiri sekitar 25 km. Untuk menuju ke masjid ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Kendaraan umum yang tersedia adalah bus. Akan tetapi tidak semua bus melewati depan masjid ini. Oleh karena itu, sebelum masuk wilayah Kota Demak, Anda bisa berganti dengan menggunakan angkutan kota.

Kunjungi :  27 Tempat Wisata di Jakarta Barat Beserta Alamatnya

Sejarah Masjid Agung Demak Jawa Tengah

Sejarah Masjid Agung Demak Jawa Tengah
Instagram by @adie_wicaksono

Sebelumnya, banyak orang mengira bahwa Masjid Agung Demak didirikan oleh sunan – sunan kala itu. Akan tetapi, menurut sejarah, masjid legendaris ini didirikan oleh seorang raja dari Kasultanan Demak. Adapun masjid ini dipercaya sebagai tempat berkumpulnya para sunan yang berdakwah di berbagai daerah di Pulau Jawa.

Sejarah berdirinya Masjid Agung Demak dibangun atas perintah Raden Patah, yang kala itu juga sebagai raja pertama Kerajaan Demak. Masjid ini juga menjadi simbol akan berdirinya kerajaan – kerajaan Islam di Pulau Jawa. Hal tersebut dikarenakan Kerjaan Demak merupakan salah satu kerjaan Islam pertama di Pulau Jawa.

Masjid ini pula yang merupakan cikal bakal Kerajaan Glagah Wangi Bintoro, yang ada di Demak.
Dari cerita diatas, Anda bisa melihat bahwa sejarah Masjid Agung Demak Kabupaten Demak Jawa Tengah 59511 ini memiliki kaitan yang sangat kuat dengan Kerajaan Demak. Oleh karena itu, komplek sekitar masjid ini juga dijadikan pemakaman bagi raja – raja dari Kerajaan Demak yang telah wafat.

Asal Usul Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak
Instagram by @denyaf10

Masjid Agung Demak didirikan tahun 1478 m oleh Raden Patah dan para sunan Wali Songo ini memiliki cerita yang unik. Masjid ini selain didirikan untuk peribadatan juga digunakan sebagai serambi bagi para sunan ini berkumpul. Hal tersebut menjadikan bangunan ini memiliki nilai filosofi yang kuat sebagai sebuah bangunan. Oleh karena itu, masjid yang satu ini memiliki gaya khas tersendiri dalam segi desain.

Karena memang sebagai tempat berkumpul, masjid ini meninggalkan nilai – nilai kehidupan lainnya yang masih berada di komplek masjid seperti museum, makam para raja, dan peninggalan bersejarah lainnya. Ketika Anda kesini, Anda juga akan menjumpai gambar – gambar Masjid Agung Demak Kabupaten Demak Jawa Tengah yang memperlihatkan perkembangannya dari waktu ke waktu.

Kunjungi :  Pemandangan Unik Air Terjun Pantai Banyu Tibo Pacitan

Arsitektur Masjid Agung Demak

Arsitektur Masjid Agung Demak
Instagra, by @norkhosiin

Meskipun sebagai tempat peribadatan, akan tetapi pembangunan Masjid Agung Demak dipimpin oleh sunan – sunan dan Raden Patah ini bila dilihat dari segi arsitektur memiliki sentuhan yang khas. Semua itu bisa dilihat dari penampilan dari dalam masjid maupun dari luar. Semuanya tampak indah, megah, dan kokoh meskipun secara sekilas tampak sederhana.

Bila Anda lihat dari kejauhan, Masjid Agung Demak dibangun oleh sunan – sunan ini sudah memperlihatkan atap yang menawan. Atap ini bentuknya adalah limas, seperti piramida. Atap tersebut juga terdiri dari tiga bagian yang memperlihatkan Aqidah Islamiyah yang berupa Iman, Islam, dan Ihsan. Meskipun dibangun ketika era kerajaan jaman dahulu, akan tetapi setiap sudut masjid ini memiliki filosofinya masing – masing.

Selain tentang atap, dari kejauhan pula Anda dapat melihat menara Masjid Agung Demak yang menjulang tinggi ke atas. Menara masjid ini terletak di samping masjid dan masih berada di halaman komplek masjid. Menara ini berfungsi untuk meninggikan pengeras suara agar ketika Adzan berkumandang bisa di dengar dari kejauhan. Namun disisi lain, menara ini juga memiliki estetika tersendiri yang membuat Masjid Agung Demak ini semakin tampak indah.

Asal Usul Masjid Agung Demak
Instagram by @ekozainal23

Tampilannya yang indah dan mempesona dari masjid ini tidak hanya terlihat dari luar, melainkan juga dari dalam. Ketika Anda melangkahkan kaki ke dalam masjid, Anda langsung bisa merasakan keistimewaan Masjid Agung Demak live, secara langsung di depan mata Anda. Suasana di dalam masjid ini terlihat sangat etnik sekali, masih terasa aroma Kerajaan Demak dengan sentuhan Islami yang begitu kental.

Di dalam masjid, Anda dapat menjumpai tiang di tengah masjid ini yang menyangga dan menjaga masjid ini agar bisa tetap berdiri kokoh. Tiang penyangga itu memliki sebutan Soko Majapahit. Kata “Soko” sendiri berasal dari Bahasa Jawa, yang dalam Bahasa Indonesia memiliki arti tiang penyangga. Sedangkan kata “Majapahit” sendiri merujuk kepada orang yang memberikan soko tersebut, yaitu Prabu Brawijaya V yang merupakan orang terhormat dari Kerajaan Majapahit yang memberikannya kepada pendiri Masjid Agung Demak kala itu.

Kunjungi :  Wisata Keluarga ke Pulau Nusakambangan Cilacap

Semua keindahan tersebut bisa Anda rasakan secara langsung ketika Anda datang ke Masjid Agung Demak ini. Atau jika tidak, Anda bisa melihat keunikan Masjid Agung Demak live streaming dari berbagai saluran di internet. Selain itu, setiap ada kegiatan di masjid, selalu ada dokumentasi baik berupa video dan foto yang bisa Anda lihat dari smartphone kesayangan Anda. Selama berwisata Anda juga diperbolehkan untuk mengambil gambar. Jadi, tidak ada salahnya Anda mengambil gambar selama Anda berwisata agar Anda selalu ingat akan masjid yang penuh nilai sejarah ini.

Memang, selain Masjid Agung Demak sejarahnya sangat kuat, masjid ini memiliki keindahan sendiri yang membuat Anda merasa betah ketika berkunjung ke masjid ini. Selain nilai budaya yang kental, komplek masjid ini juga bisa dibilang lengkap untuk wisata religi. Oleh karena itu, bagi Anda yang gemar wisata religi, tempat ini sangat recommended dan layak Anda datangi baik bersama keluarga dan rekan – rekan Anda.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk datang ke Masjid Agung Demak?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */