Surganya Wisata Indonesia

41 Makanan Khas Kota Pontianak Kalimantan Barat yang Wajib Anda Coba

0

Mari kita melipir sejenak ke salah satu pulau yang terletak di utara Jawa, yaitu Pulau Kalimantan. Selain kota-kota besar di Jawa, ternyata salah satu kota besar di wilayah Pulau Kalimantan yang dikenal dengan nama Kota Khatulistiwa atau Pontianak ini juga mempunyai ragam sajian kuliner makanan khas Pontianak yang menunggu untuk dicicipi. Penasaran kan ada kuliner apa saja di Pontianak? Berikut kami sajikan daftar makanan khas Pontianak yang recommended. Yuk disimak!

Bubur Pedas

bubur_pedas
Instagram by @soo_mi89

Makanan khas kota Pontianak yang populer ini berbahan baku unik yaitu pucuk daun pakis, daun lengkuas, kangkung, daun kesum dan dedaunan rempah lainnya. Dibagian atas kuliner bubur pedas ini juga ditaburkan kacang goreng dan teri. Rasanya dijamin nikmat.

Burung Punai

burung_punah
Instagram by @shnelwan

Selain bubur pedas, kuliner khas Pontianak yang juga terkenal adalah olahan yang berbahan baku burung punai. Burung punai merupakan jenis burung yang mirip dengan merpati, warnanya hijau dan paruhnya kemerahan. Olahan burung punai dimasak dengan cara digoreng atau dibakar. Teksturnya lembut dan rasanya gurih, lezat untuk disantap.

Sotong Pangkong

sotong_pangkong
Instagram by @lie_junna

Selanjutnya, ada ulasan tentang resep makanan khas Pontianak yang dikenal dengan nama sotong pangkong. Pertama tama siapkan bahan membuat sotong pangkong yang terdiri dari cumi kering, sambal kacang. Cumi kering tersebut dipanggang terlebih dulu dan dipukul pukul agar dagingnya empuk. Setelah itu disiram dengan kuah sambal kacang.

Lek Tau Suan

lek_tausuan
Instagram by @veveshen

Lek tau suan merupakan makanan yang terbuat dari kacang hijau kupas. Makanan yang berasal dari Tionghoa ini dimasak bersama dengan campuran kuah kental bening yang terbuat dari tepung tapioka, gula pasir, dan juga pandan. Lek tau suan biasanya disajikan bersama dengan ca kwee garing.

Mie Tiaw

mietiaw
Instagram by @veveshen

Mie tiaw Pontianak dapat kamu dapatkan di sekitar jalan Pattimura. Selain mie tiaw goreng dan mie tiaw kuah, di warung yang menjual sajian kuliner ini chinese food khas Pontianak lainnya. Mie tiaw biasanya disajikan dengan tambahan jeroan, kulit, daging sapi, daun sawi, dan tauge.

Es Krim Petrus

eskrim_petrus
Instagram by @anggun.syagita

Nama es krim ini diambil dari lokasi penjualannya, yaitu di depan sekolah Santo Petrus Jalan Karel Satsuit Tubun, Pontianak. Es krim homemade ini mempunyai banyak varian rasa, diantaranya vanila, strawberry, coklat, dan juga nangka. Satu porsi es krim petrus berisi juga kacang merah, cincau, agar-agar, dan lelehan coklat. Penyajiannya bisa menggunakan gelas, cup, roti, maupun batok kelapa.

Pengkang

pengkang
Instagram by @verinachandra

Pengkang terbuat dari beras ketan yang diisi dengan ebi. Campuran tersebut kemudian dibungkus dengan daun pisang berbentuk kerucut dan kemudian diikat dengan bambu untuk dibakar. Pengkang nikmat disajikan bersama dengan sambal kepah atau sambal kerang yang banyak disajikan di daerah pesisir.

Pisang Goreng

pisang_goreng
Instagram by @ria.ismayani

Selanjutnya ada sajian makanan khas Pontianak halal yang dikenal dengan nama pisang goreng Pontianak. Teksturnya renyah dan rasanya juga bermacam-macam karena diberi topping yang juga bermacam-macam seperti coklat, susu, pandan, durian, kacang, nangka, keju, atau srikaya.

Es Lidah Buaya

es_lidah_buayaa
Instagram by @kardiovskuliner

Lidah buaya merupakan komoditas andalan di Pontianak. Selain dibuat menjadi dodol, kerupuk, permen, dan juga sirup, lidah buaya juga diolah menjadi sajian minuman es yang mempunyai rasa menggoda. Es lidah buaya ini cocok diminum saat cuaca sedang panas-panasnya. Selain menyegarkan, minuman ini juga mengandung banyak manfaat bagi tubuh.

Coklat Wijen

coklat_wijen
Instagram by @mod_eka

Makanan ringan khas Pontianak bernama coklat wijen ini terbuat dari coklat yang dicampur dengan wijen seperti namanya. Rasanya merupakan perpaduan antara manis dan gurih.

Lempok Durian

lempok_durian_kalimantan
Instagram by @fiamettafebie

Makanan yang satu ini wajib dicoba oleh kamu yang mengaku pecinta durian. Teksturnya seperti dodol , namun tanpa menggunakan campuran beras ketan. Lempok durian menggunakan bahan pengawet alami yang berasal dari gula pasir. Rasanya merupakan perpaduan dari rasa manis dan asam dari durian.

Kunjungi :  24 Kuliner dan Makanan Khas Toraja yang Paling Dicari Wisatawan

Kwe Cap (kuay cap)

kwecap
Instagram by @melaniamulyani_tjung

Kwe cap yang dijual di Pontianak sejatinya sudah mengalami mofidikasi rasa dan tampilan. Penjual kwecap di wilayah Pontianak sangatlah banyak terutama di daerah Jalan Gajah Mada dan Jalan Setiabudi. Meskipun begitu, ada salah satu penjual kwe cap yang paling terkenal dan paling legendaris, yaitu penjual yang berjualan di sekitar Jalan Veteran.

Chai Kwe / Choi Pan

chaikwe
Instagram by @yossyosella

Chai kwe atau choi pan ini merupakan sajian berupa kue berisi sayur yang dibalut dengan adonan tepung beras. Chai kwe atau choi pan Pontianak tersaji dalam dua jenis, yaitu kukus dan goreng. Isinya ada bengkoang, kucai, rebung, talas, dan juga kacang.

Bakmi Kepiting

bakmi_kepiting
Instagram by @hobimakanenak

Sajian kuliner khas Pontianak ini teksturnya begitu lembut, ukurannya kecil dan rasa asin manisnya sangat pas di lidah. Belum lagi tambahan isian mewah yang berasal dari daging kepiting. Di Pontianak, ada dua nama bakmi kepiting yang terkenal, yaitu bakmi owki dan bakmi juhuy.

Ce Hun Tiao / Su Fun Tiao / Sagu Gunting

cehuntiao
Instagram by @keevenceng

Sagu gunting memiliki cita rasa manis karena terbuat dari gula merah dan susu yang dicampur dengan sagu bertekstur mirip agar-agar. Makanan yang menjadi favorit banyak orang ini dulu dijual dengan menggunakan gerobak, namun sekarang rata-rata penjualnya sudah membuka stand tidak lagi berjualan berkeliling dengan gerobak. Jika kamu ingin mencicipinya silahkan datang di standnya yang berada di Jalan Waru atau Jalan Tanjung Pura, Pontianak.

Bubur Babi

bubur_babi
Instagram by @budigunawanjaya

Sajian masakan bubur babi mungkin masih sedikit yang mengetahuinya. Maklum saja karena sebagian besar masyarakat kita adalah warga beragama Islam, sehingga tidak diperbolehkan memakan makanan dari olahan daging babi. Perbedaan bubur babi dari pontianak dengan daerah lain terletak pada masakannya. Bubur babi pontianak direbus dengan kuah hasil kaldu tulang babi.

Kwe Kia Teng

kwekiateng_enak
Instagram by @aldolian

Sajian kuliner bernama kwe kia teng ini merupakan teman dekat dari kuliner kwe cap, hanya saja terdapat perbedaan di kuah dan isinya. Kwe kia teng juga hanya dapat kamu temukan di Pontianak, tidak di daerah lainnya.

Bubur Ikan

bubur_ikan
Instagram by @makfoodies

Bubur ikan biasanya menggunakan nasi yang dimasak hingga bertekstur lembek. Namun, di Pontianak bubur ikan mempunyai rasa dan tampilan yang berbeda dengan bubur kebanyakan. Isinya ada nasi, kuah, sayuran segar, dan taburan dari ikan laut dan ikan sungai, ditambah lagi dengan telur ayam kampung. Bubur ikan merupakan menu yang sering disajikan menjelang malam. Beda dengan bubur kebanyakan yang disantap saat sarapan.

Kue Bulan / Yue Ping

kue_bulan
Instagram by @ucihaozoh

Kue khas Pontianak ini merupakan kue khas masyarakat Tionghoa yang banyak tinggal di Pontianak. Bentuknya bundar dan besar. Rasanya juga nikmat dan wangi. Kue bulan yang terkenal di Pontianak diproduksi oleh Megah Jaya yang beralamat di Jalan Sultan Muhammad Nomor 179, Kota Pontianak. Oh iya, kue bulan ini mengandung minyak babi ya, jadi mohon diperhatikan bagi kamu yang beragama muslim.

Kiam Ko Kwe

kiamkokwe
Instagram by @lene.jc75

Makanan khas Pontianak Kalimantan Barat ini berbahan dasar tepung beras yang diberi taburan ayam cincang. Resep dan cara membuatnya cukup mudah dan bisa kamu temukan di internet. jika kamu tertarik untuk mencobanya, alangkah baiknya kamu datang langsung ke Pontianak.

Bingke Berendam

bingke_berendam
Instagram by @yenysurya

Satu lagi makanan khas Pontianak bingke yang terbuat dari adonan tepung dan telur. Varian rasanya ada original, keju, kentang, durian, dan masih banyak lagi. Kue bingka ini ada yang disajikan dengan kuah berupa jus atau air yang dibuat dari gula dan putih telur, namun ada juga yang disajikan tanpa disiram kuah apapun alias kering. Kue bingka sendiri merupakan kue yang berbentuk bunga mekar. Teksturnya lembut, legit, dan rasanya sangat lezat.

Kue Kantong Semar

kue_kantong_semar
Instagram by @tanjungbajausingkawang

Makanan ringan khas Pontianak yang satu ini berasal dari pedalaman dan pesisir Kalimantan Barat. Bahan dasar kue kantong semar ini adalah tumbuhan kantong semar yang keberadaannya dilindungi. Tumbuhan kantong semar tadi dijadikan wadah bagi adonan beras pulut yang dicampur dengan kacang merah kukus. Meskipun berbahan baku tumbuhan dilindungi, namun Pemerintah seakan memberikan keleluasaan bagi masyarakat yang memanfaatkan tumbuhan kantong semar ini dengan alasan kebijakan melestarikan adat dan budaya.

Kunjungi :  50 Makanan Khas Banjarmasin Paling Menggugah dan Wajib Dicicipi

Pisang Goreng Srikaya

pisang_goreng_srikaya
Instagram by @salloinnyankopi

Bahan dasar pisang goreng srikaya ini adalah pisang nipah yang hanya tumbuh di Pontianak. Selain itu, ada selai srikaya yang terbuat dari telur dan buah srikaya sebagai campurannya saat disajikan. Pisang goreng srikaya biasa dijadikan menu andalan untuk sarapan.

Jorong Jorong

jorong_jorong
Instagram by @erwan_hidayat84

Jorong jorong hanya bisa kamu temui saat bulan Ramadhan tiba. Cara pembuatan jorong jorong ini cukup rumit dengan bahan baku berupa tepung beras dan santan. Butuh tangan-tangan terampil dan handal dalam membuatnya. Jika salah sedikit saja memasukkan bahan dalam adonannya, maka rasanya akan menjadi berubah total.

Mochi Pontianak

mochi_pontianak
Instagram by @moshimochi.ptk

Oleh oleh makanan khas Pontianak yang satu ini terbuat dari adonan tepung kanji yang dipotong dan dibentuk kotak dan tidak diisi dengan kacang. Kacang dalam mochi Pontianak hanya ditaburkan diatas adonannya kemudian ikut diaduk agar wangi khas dari kacang tetap dapat tercium dari jarak jauh.

Kopi Sepok

kopi_sepok
Instagram by @wahyu_swid

Kopi ini terbuat dari biji kopi Pontianak pilihan. Biji kopi ini diolah dengan cara tradisional dan alami sehingga menghasilkan aroma khas dan rasa yang menggugah selera bagi para pecinta kopi nusantara. Kopi ini cocok dijadikan oleh oleh karena sekarang sudah dikemas dengan kemasan yang modern dan mudah untuk dibawa.

Stick Keladi

stik_keladi
Instagram by @oleh2pontianak

Satu lagi makanan khas Pontianak yang mudah dibuat yaitu stick keladi. Berbahan dasar talas, sama seperti namanya yaitu talas dalam bahasa Pontianak yang disebut dengan keladi. Rasanya gurih dan teksturnya renyah. Talas yang dipakai pun bukan talas liar, namun talas yang memang dibudidayakan untuk dijadikan stick keladi atau sajian makanan dari talas lainnya.

Tart Susu

tart_susu
Instagram by @izu.tart

Tart susu berbahan dasar susu seperti namanya. Warnanya kuning berasal dari kuning telur dan rasanya manis. Meskipun begitu, tart susu ini tidak membuat enek atau mual karena kulit pie yang menjadi wadah dari kue tart susu ini dibuat bertekstur renyah.

Che Hun Tiau

chehuntiau
Instagram by @rinihasrita

Che hun tiau merupakan cendol khas Pontianak yang dicampur dengan ketan hitam, cincau, kacang merah, kuah santan, gula merah, dan bongko. Campuran dari cendol dan berbagai macam bahan tersebut membuat cita rasa yang meledak di mulut ketika memakan che hun tiau ini. Penjual che hun tiau biasanya mangkal di Jalan W.R. Supratman, Pontianak.

Kembang Tahu

kembang_tahu
Instagram by @yuliafsep71

Sajian kuliner yang sering dijajakan di Jalan Gajah Mada ini bisa diminum dalam segala jenis cuaca, situasi, dan kondisi. Selain disajikan panas, kembang tahu juga bisa dijadikan dingin dengan ditambah es batu. Rasanya jangan dibayangkan, pasti sangat enak. Kembang tahu biasanya disajikan dengan gula merah yang dicampur dengan kuah jahe.

Es Jeruk Pontianak

es_jeruk_pontianak
Instagram by @ahi_max

Jeruk pontianak yang terkenal juga bisa diolah menjadi sajian minuman yang menyegarkan, salah satunya menjadi es jeruk pontianak. Rasanya manis, segar, dan sama sekali tidak kecut. Bahan dasar es ini terdiri dari jeruk kecil atau limau dan jeruk besar atau jeruk Pontianak.

Es Kacang Merah

es_kacang_merah_enak
Instagram by @omamuda

Selanjutnya ada es kacang merah yang banyak disajikan oleh restoran orang Tionghoa di Pontianak. Bahan utama dari minuman ini adalah es kacang merah sebagaimana namanya. Selain itu juga ditambahkan topping buah dan cincau hitam agar rasanya menajdi lengkap.

Kunjungi :  23 Makanan Khas Karawang Jawa Barat yang Enak dan Wajib Dicicipi

Es Sari Kacang Hijau

es_sari_kacang_hijau
Instagram by @roemahbaripalembang

Bahan utama yang dipakai dalam minuman ini tentu saja kacang hijau sesuai dengan namanya. Es ini banyak dijumpai di kota besar di luar Pontianak. Namun, di Pontianak sendiri minuman sangatlah banyak diminati sehingga dijadikan minuman khas. Kacang hijau sebelumnya direbus sampai encer kemudian diblender. Agar lebih mantap rasanya, es sari kacang hijau ditambah dengan susu kental manis.

Es Teler Pontianak

es_teler
Instagram by @reanomicorazon

Es teler pontianak mempunyai rasa yang nikmat. Selain menyegarkan, tentunya es ini merupakan minuman yang sehat karena terbuat dari bahan-bahan alami yang masih segar. Penjual es teler di Pontianak sangatlah banyak sehingga kamu tidak perlu khawatir akan susah menemukan penjual es teler ini.

EsTebu

es_tebu
Instagram by @rommy29

Satu lagi, sajian minuman khas Pontianak, yaitu es tebu. Selain menyegarkan minuman ini juga menyehatkan karena bisa meningkatkan energi, melawan kanker, melawan dehidrasi, dan juga menurunkan risiko penyakit ginjal dan infeksi lambung.

Es Jagung

es_jagung
Instagram by @kissthepotato

Es jagung pontianak biasanya disajikan dalam mangkuk yang berisi es batu, gula dan susu kental manis. Es yang nikmat disantap pada siang hari ini dijual dengan harga 10 ribu rupiah saja per porsinya.

Liang Teh

liang_teh
Instagram by @zhen_zhen80

Minuman yang terbuat dari rebusan bahan herbal dan teh ini juga berkhasiat bagi kesehatan. Bahan herbal yang dipakai biasanya berupa kumis kucing, daun mint, dan andong andong kerang. Liang teh ini juga bisa dijadikan obat ketika panas dalam menyerang.

Pasong (sambas)

pasong
Instagram by @disparbud_natuna

Kue tradisional khas Pontianak ini bentuknya kerucut dan berselimut daun pisang. Teksturnya legit dengan isi berwarna kecoklatan atau putih. Pasong memiliki dua rasa, yiatu rasa manis dan rasa lemak. Kue ini biasanya dibuat pada hari ke 27 bulan Ramadhan saja.

Temet (kerupuk basah)

temet_kerupuk_basah
Instagram by @citraa_gallery

Kue tradisional khas Pontianak selanjutnya bernama temet. Teksturnya kenyal dan rasnaya gurih terbuat dari cita rasa ikan air tawar. Temet biasanya disajikan sebagai sambal di kalangan masyarakat Kapus Hulu yang bermukim di kawasan Danau Sentarum.

Kue Lamington

lamington
Instagram by @lamingtonpontianak

Selain kue-kue tradisional khas Pontianak, dikenal juga sajian kue kekinian yang dimiliki oleh artis Glenn Alienskie bernama kue lamington. Meskipun kue ini bukan kue asli Pontianak, namun kue ini menjadi favorit baru masyarakat Pontianak. Kue ini berbentuk kue spons atau butter cake yang sangat lembut dengan lapisan krim atau selai stroberi di tengah kue ditambah taburan kelapa parut kering.

Kue Talas Ebi Pontianak

kue_talas_ebi
Instagram by @e_ndro

Makanan khas Pontianak selanjutnya adalah kue talas ebi yang terbuat dari talas Pontianak. Cara menyajikan kue ini adalah dengan memotongnya langsung dalam loyang atau dengan ditaburi topping atau sambal favorit. Kue talas ebi ini selain mudah dibuat sendiri, juga bisa kamu jadikan buah tangan.

Hekeng

hekeng
Instagram by @mantylie27

Terakhir ada hekeng, makanan khas Pontianak dari udang. Udang tersebut diolah dengan campuran bumbu yang dihaluskan kemudian dibungkus dengan menggunakan kulit tahu. Makanan ini tidak bisa dimakan langsung sehingga harus dicampur dengan nasi putih.

Nah, mana aja nih kuliner makanan khas Pontianak yang akan kamu coba terlebih dulu sebelum berkunjung ke tempat wisata Pontianak. Jika kamu menemukan sajian kuliner baru khas Pontianak yang belum terekspose media atau belum masuk di daftar, silahkan berbagi melalui kolom komentar ya. Selamat berburu sajian kuliner khas Pontiana, jangan lupa juga untuk mengunjungi laman tempatwisataindonesia.id (homepage) untuk informasi seputar wisata terlengkap lainnya. Salam!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */