Surganya Wisata Indonesia

45 List Makanan Khas Kota Palembang yang Terkenal

0

Kali ini kami akan membawa kamu sedikit jauh ke Pulau Sumatra, tepatnya di daerah Palembang. Siapa yang menyangka jika Palembang menyimpan ragam makanan khas yang menggugah selera? Sajian makanan khas palembang bisa membuat para perantau asli palembang rindu akan kampuang halamannyo. Jika kamu hanya tahu makanan asli palembang adalah pempek, berarti kamu harus membaca ulasan daftar makanan khas palembang berikut ini.

Pempek

pempek_palembang
by Instagram @eddriantjhia

Jika sedang berbicara mengenai palembang, yang pertama kali terbayang adalah pempek sebagai makanan khas kota palembang. Pempek terbuat dari daging ikan dan sagu atau tepung kanji yang biasanya dimodifikasi dengan tambahan, misalnya tahu, telur, udang, dan kulit telur. Pempek biasa disajikan bersama dengan saus cuka atau cuko pempek yang terbuat dari campuran gula merah, cabe rawit, bawnag putih, udang ebi dan garam. Jenis pempek pun bermacam-macam, mulai dari pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek adaan, pempek kulit, pempek panggang, dan masih banyak lagi. Hayo mana yang menjadi favorit kamu?

Tekwan

tekwan_palembang
by Instagram @ariwwira

Makanan khas palembang yang satu ini tidak kalah enaknya dari pempek. Resep makanan khas palembang ini hampir sama dengan pempek, hanya saja adonan yang hampir sama dengan pempek tadi dibentuk bulatan kecil dan disajikan dengan kaldu udang untuk kuahnya, ditambah daun seledri, taburan daun bawang, bawang goreng, jamur kuping, serta bihun. Mantap sekali!

Model

model_palembang
by Instagram @dapursayii

Makanan model khas palembang ini mirip dengan dua makanan sebelumnya, yaitu pempek dan tekwan. Model memiliki dua pilihan bahan dasar, yaitu model ikan dan model gandum. Model biasanya disajikan dengan campuran timun, udang, bawang goreng, bihun, dan juga jamur kuping serta jangan lupa tambahkan cuka sedikit agar terasa lebih sedap.

Kemplang

kemplang
by Instagram @palembanginfo

Cara membuat makanan khas palembang ini dilakukan dengan cara dibakar. Ada dua jenis kemplang, yaitu kemplang ikan dan kemplang sagu. Tekstur kemplang ikan lebih padat dibandingkan dengan kemplang sagu. Untuk menikmati kemplang biasanya dicocol pada saus merah.

Pecah Seribu alias Kerupuk Retak Seribu

kerupuk_retak_seribu
by Instagram @mellycreation

Kerupuk makanan ringan khas palembang ini rasanya khas. Teksturnya seperti pecah atau retak. Kerupuk ini cocok dinikmati bersama nasi hangat atau sebagai pelengkap tekwan maupun model. Nikmat sekali!

Pindang Patin dan Pindang Tulang

pindang_patin
by Instagram @de_dotz

Makanan khas daerah palembang ini sangatlah terkenal. Pindang patin terdiri dari bagian kepala, badan, atau ekor. Sedangkan pindang tulang berisi iga sapi plus kuah pindang. Pindang ini rasanya sangat pedas.

Mie Celor

mie_celor
by Instagram @putichitara

Makanan khas dari palembang mie celor disajikan bersama dengan kuah kental diberi tambahan daging, udang, tauge, daun bawang, dan bawang goreng. Mie celor dalam penyajiannya bisa ditambah dengan potongan telur ayam rebus.

Martabak HAR

martabakhar
by Instagram @novitasarichellyyahoo.co.id

Makanan khas palembang yang terkenal lainnya adalah martabak HAR. Martabak HAR dapat kamu temui di Jalan Protokol Sudirman. Martabak HAR hanya menggunakan telur dan disajikan dengan kari kambing dan kecap cabai.

Kue Lapis Kojo

kue_lapis_kojo
by Instagram @pempekmama

Makanan ringan khas palembang yang satu ini banyak ditemui di hari raya masyarakat Palembang. Rasanya manis dan berwarna hijau. Dalam pembuatannya, kue lapis kojo banyak memekai telur bebek dan telur ayam.

Kue Lapis Maksuba

lapis_maksuba_enak
by Instagram @pempekmecik

Makanan khas kota palembang lapis maksuba mirip dengan lapis kojo, hanya bedanya maksuba mengandung susu kental manis dan warnanya tidak hijau seperti lapis kojo. Pembuatannya pun sama, yaitu dengan cara dipanggang.

Kue Delapan Jam

kue_delapan_jam
by Instagram @miratul.azizah

Dinamakan kue delapan jam karena cara membuat makanan khas palembang ini membutuhkan waktu delapan jam. Komposisinya sama dengan kue lapis maksuba dan dikukus selama delapan jam. Kue ini juga biasanya disajikan pada saat hari raya.

Kunjungi :  28 Makanan Khas Surabaya Jawa Timur untuk Oleh Oleh

Kue Bolu Suri

kue_bolusuri
by Instagram @liessurya

Makanan khas dari palembang selanjutnya adalah kue bolu suri. Rasa dan tampilan makanan ini mirip dengan bika ambon. Namun, komposisi dan pembuatannya lebih mudah dan sederhana. Kue ini biasanya juga disajikan saat perayaan hari raya.

Kue Gandus

kue_gandus
by Instagram @deena_hp

Makanan khas palembang kue gandus dibuat dari tepung beras dan tepung kanji. Teksturnya legit dan lembut. Penyajian kue gandus biasanya ditambah dengan ebi ataupun abon, daun selederi, potongan cabe merah, dan taburan bawang goreng. Rasanya asin pedas dan gurih, cocok untuk cemilan di pagi hari.

Kue Lumpang

kue_lumpang
by Instagram @phine_wang

Makanan khas palembang dan cara membuatnya dengan dikukus ini berwarna hijau biasa disantap dengan taburan kelapa di atasnya. Dinamakan kue lumpang karena terdapat lubang di tengahnnya layaknya lumpang yang ada di dapur. Teksturnya pun empuk dan lembut, rasa manisnya cocok di lidah orang Indonesia pada umumnya.

Kue Srikaya

kue_sri_kaya
by Instagram @yuliafoods

Makanan khas daerah palembang ini sama sama dicetak dengan cetakan yang sama dengan kue lumpang. Bedanya, hijau kue srikaya tidak sehijau kue lumpang dan teksturnya tidak selengket kue lumpang.

Kue Dadar Jiwo

dadar_jiwo
by Instagram @revinamei

Makanan kue khas palembang yang unik satu ini terinspirasi dari pistel. Berisi pepaya muda yang ditumis dengan santan dan dibungkus kulit terbuat dari telur, terigu serta air. Tidak lupa diberi topping irisan cabai merah dan bawang goreng.

Engkak Ketan

engkak_ketan
by Instagram @miaharyanto

Makanan asli palembang ini berupa kue manis terbuat dari tepung ketan dan santan. Engkak ketan banyak ditemui di setiap rumah warga palembang pada perayaan hari idul fitri.

Pangsit Ikan

pangsit_ikan
by Instagram @sriwijava_id

Makanan ringan khas palembang ini berasal dari olahan daging ikan dan dibungkus menggunakan kulit pangsit. Disajikan bersama dengan kuah tekwan menjadi lebih lezat dan segar.

Burgo

burgo_palembang
by Instagram @littlemissindri

Burgo makanan khas palembang terbuat dari tepung beras yang jika diiris terlalu kecil akan mirip dengan kwetiaw. Burgo dihidangkan dengan kuah santan yang pedas. Cocok disantap bersama dengan laksan dan tambahan telur ayam rebus. Tertarik untuk mencoba?

Lakso

lakso_palembang
by Instagram @kongdjiecoffeepalembang

Makanan khas kota palembang lakso atau laksa berbentuk layaknya mie. Lakso berbahan baku sama seperti burgo, hanya saja kuah lakso berbeda dengan kuah burgo. Lakso cocok disantap dengan celimpungan. Wah seperti apa ya rasa aslinya?

Sambal Tempoyak

sambal_tempoyak
by Instagram @monxillarika_zills

Makanan khas dari palembang selanjutnya adalah sambal tempoyak. Sambal ini berbahan baku buah durian yang biasanya dihidangkan bersama dengan pindang. Sambal tempoyak saat ini sudah mulai susah ditemui dan jarang ada yang menjualnya karena kebanyakan sekarang sambal ini hanya dibuat untuk dikonsumsi sendiri.

Sambal Lingkung

sambal_lingkung
by Instagram @heldy_bensi

Makanan khas palembang sambal lingkung (dibaca : sambelikung) ini sama sekali tidak pedas. Bahkan sambal ini banyak disukai oleh anak-anak di palembang. Sambal lingkung berisi daging ikan yang diolah menjadi abon.

Es Kacang Merah

es_kacang_merah
by Instagram @masakan_rumahan

Makanan khas palembang yang terkenal ini bisa membuat siapapun yang mencicipinya menjadi ketagihan. Biasanya es kacang merah diminum sebagai pendamping dari pempek.

Lempok Durian

lempok_durian
by Instagram @fiamettafebie

Makanan khas palembang selain pempek adalah lempok durian. Lempok durian sebenarnya adalah dodol durian dengan tekstur lembut dan berserat, berbeda dengan dodol pada umumnya. Rasanya sangat manis. Ada satu tips dalam memakan lempok durian, yaitu jangan sekali-kali minum soda setelah menyantap kuliner ini. Karena lempok ini berbahan dasar durian asli dan gula, yang nantinya akan bereaksi pada lambung jika tercampur dengan soda.

Duku Palembang

duku_palembang
by Instagram @ningjuliaa

Duku palembang termasuk dalam makanan khas palembang karena buah yang satu ini memang asli berasal dari tanah sumatra ini. Bentuknya bulat kecil dengan rasa manis dan terkadang ada yang rasanya asam. Duku memiliki biji, sehingga kamu harus berhati-hati jangan sampai tergigit karena rasanya akan menjadi pahit.

Kunjungi :  36 Makanan Khas Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam yang Terkenal

Godo Godo

godo_godo
by Instagram @iniyusing

Makanan khas daerah palembang yang satu ini berbeda dengan gado-gado. Sebagian orang menyebut godo-godo sebagai pempek godo atau empek godo. Godo merupakan turunan dari pempek karena adonan asalnya sama dengan pempek. Hanya saja godo-godo tidak memakai daging ikan, melainkan memakai udang. Godo-godo yang disantap dengan kuah cuko pempek menjadikannya dikenal sebagai godo pempek. Kamu bisa menemukan godo-godo dijual oleh para pedagang kaki lima dengan gerobaknya di pinggir-pinggir jalan kota Palembang.

Telok Ukan

telok_ukan
by Instagram @sherlynovsalim

Makanan khas dari palembang yang unik ini jika diartikan dalam bahasa Indonesia mempunyai makna bukan telur. Telok ukan ada yang terbuat dari telur bebek maupun telur ayam. Proses pembuatannya pun cukup rumit karena telur bebek harus dilubangi dengan jarum terlebih dulu untuk agar isinya dapat keluar. Jika isinya sudah keluar, isi telur tersebut kemudian dicampur dengan santan dan bumbu-bumbu lainnya untuk dimasukkan kembali ke dalam telur entah bagaimana caranya dan kemudian dikukus. Telok ukan ini baru bisa kamu jumpai pad saat perayaan hari kemerdekaan RI pada setiap tanggal 17 Agustus. Saat ini, telok ukan sudah sangat langka, bahkan warga palembang asli jarang yang mengetahui jenis kuliner ini.

Gulo Puan

gulo_puan
by Instagram @farlindasaid

Makanan ringan khas palembang ini berarti gula susu karena bahan pembuatannya pun terdiri dari gula dan susu. Susu yang dipakai adalah susu kerbau rawa. Daerah penghasil gulo puan yang terkenal adalah ogan komering ilir. Gulo puan dibuat dengan cara, pertama tama susu kerbau dimasak dalam kuali lalu dicampur dengan gula sambil terus diaduk selama 3 sampai 4 jam hingga susu mengental seperti karamel kering. Penyajian gulo puan bisa disandingkan dengan pisang goreng dan kopi, bahkan dapat dijadikan bahan pembuatan kue delapan jam.

Laksan

laksan
by Instagram @dewi_sart1266

Makanan khas dari palembang ini berbahan baku tepung sagu dan ikan. Laksan sejatinya adalah pempek lenjer yang dipotong melintang agak tebal dan disajikan bersama dengan kuah santan kental pedas.

Celimpungan

celimpungan
by Instagram @alejenes

Kok namanya seperti nama jawa ya, mungkin sejarah makanan khas palembang yang satu ini bisa kamu cari sendiri melalui mesin pencarian google. Celimpungan sekilas mirip laksan bedanya ia berbentuk bulat pipih dan sedikit lebih besar dari tekwan.

Lenggang

lenggang
by Instagram @xjen_evex

Makanan khas daerah palembang ini terbuat dari olahan ikan yang dicampur dengan telur kocok kemudian ditaruh diatas daun pisang untuk dimasak dengan cara dipanggang di atas arang. Rasanya lezat dan gurih serta ada tambahan aroma yang khas keluar dari daun pisang yang terbakar.

Bluder

bluder
by Instagram @doyanbaking_

Makanan khas palembang ini sudah ada sejak zaman kesultanan palembang yang hingga kini masih bisa ditemui. Bahan yang digunakan untuk membuat bluder ini diantaranya telur ayam, gula pasir, tepung terigu, santan, ragi instan, margarin, dan minyak goreng. Bluder dibuat dengan cara dipanggang dengan rasa manis.

Manan Samin

manansamin
by Instagram @kedaibari

Makanan khas dari palembang manan samin merupakan bolu ubi yang saat ini sudah sangat jarang ditemukan. Biasanya bolu manan samin ini disajikan pada acara-acara pernikahan Wong Palembang asli. Rasanya manis pas di lidah dan beraroma khas ubi dan pandang yang harum. Hmmm.. jadi penasaran ingin mencoba deh.

Engkak Medok dan Engkak Kecut

engkak_medok
by Instagram @palembangharum

Makanan khas palembang yang unik satu ini adonannya tidak menggunkaan gula, sehingga cocok bagi kamu yang sedang diet atau tidak terlalu suka dengan makanan manis. Engkak medok dan engakak kecut dapat kamu temui jika kamu membeli paket makanan khas palembang harum. Coba saja cek akun dan memesan kuliner ini via instagram @palembangharum untuk mencicipi rasa dari kedua jenis engkak ini.

Kunjungi :  48 Makanan Khas Jogja Murah Meriah Wajib Dicoba

Bawang Goreng Pedas

bawang_goreng_peda
by Instagram @auliayunidar

Sajian makanan khas dari palembang ini bukan bawang goreng biasanya. Biasanya bawang goreng bercita rasa gurih, namun yang satu ini mempunyai rasa pedas yang lezat, renyah, dan bikin ketagihan. Bawang goreng pedas ini banyak dijual di carefour di seantero kota palembang dan minimarket di sekitar palembang.

Ikan Salai

ikan_salai
by Instagram @dvaqueen

Makanan khas palembang yang satu ini berupa ikan yang diawetkan dengan pengasapan. Jenis ikan yang diawetkan pun beragam, mulai dari ikan gabus, patin, sampai ikan lais. Ikan salai biasanya diolah menjadi pindang ikan salai maupun digoreng sebagai lauk pauk.

Adaan

adaan_enak
by Instagram @desy_hwang_l

Sejarah makanan khas palembang adaan mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat. Adaan merupakan sejenis pempek yang bentuknya berbeda. Bentuk adaan hanya bulat dan rasanya gurih. Adaan dapat dijadikan buah tangan bagi kamu yang berkunjung ke palembang.

Ragit

ragit
by Instagram @palembangkulinercom

Makanan khas kota palembang ragit ini tentunya berbeda dengan ragit indramayu. Ragit palembang lebih mirip dengan makanan khas india yang dikenal dengan roti jala dibalut kuah kari. Paduan rasa asin, manis, dan sedikit pedas menjadikan ragit primadona pecinta kuliner. Sayangnya, ragit di palembang mulai langka dan hanya ditemui di acara-acara tertentu saja.

Munggahan

munggahan

Munggahan sebenarnya bukan nama makanan khas palembang, melainan cara makan di palembang. Munggahan biasanya dihidangkan pada saat ada acara resepsi pernikahan adat palembang. Dalam munggahan, kita diminta duduk lesehan melingkar sebanyak 8 orang. Memakan makanan dengan tangan dengan menu mirip nasi kebuli.

Gelenak

gelenak

Makanan khas dari palembang ini berbentuk pipih terbuat dari tepung ketan yang diberi bumbu rempah-rempah, seerti cengkeh dan kayumanis.

Kuipau

 

Makanan khas daerah palembang ini berbahan baku pepaya muda yang diparut dan diberi bumbu khusus. Adonan tersebut kemudian dibungkus dengan bungkus yang terbuat dari tepung beras cair dan dimasak dikuali hingga menjadi lembaran layaknya martabak.

Mentu

mentu
by Instagram @onya_glinuk

Sajian makanan khas palembang ini dibungkus menggunakan daun pisang rasanya tidak terlalu manis karena dibalut dengan tepung. Berisi pepaya muda yang diparut halus dan diberi bumbu ikan atau daging untuk kemudian ditumis. Makanan ini sering disajikan pada acara pernikahan adat di palembang.

Palembang Lamonde

palembang_lamonde
by Instagram @hendravitara

Makanan khas kota palembang palembang lamonde ini milik artis irwansyah setelah sukses dengan medan napoleonnya di medan. Palembang lamonde merupakan jenis bolu gulung yang diberi topping dan filling krim tebal serta taburan almond. Yummy!

Queenroll Palembang

queenroll_palembang
by Instagram @sandradewi88

Makanan khas dari palembang kekinian satu ini dimiliki oleh artis juga, yaitu sandra dewi. Outlet queenroll berada di Jalan Talang Kerangga. Queenroll terdiri dari beberapa varian rasa, diantaranya cheese cake original, greentea, kacang, nanas, dan juga durian.

Bolu Boju

bolu_boju

Makanan khas daerah palembang yang satu ini banyak disajikan dalam berbagai acara adat palembang. Aroma harum yang berasal dari daun pandan dan daun sujinya ditambah rasa gurih yang berasal dari santan kelapa sangat menggugah selera. Bolu boju sangat cocok dinikmati dengan teh hangat di sore hari.

Meksipun dari sekian banyak sajian makanan khas palembang tersebut dapat kita temui di kota-kota besar di luar palembang, namun tetap saja memakan makanan khas suatu daerah secara langsung di daerah asalnya akan memberikan kesan dan kenikmatan yang berbeda. Setuju nggak? Agar lebih paham dengan palembang, ada baiknya kamu mampir ke ulasan wisata palembang supaya kamu tidak kebingungan jika suatu saat memutuskan untuk menjadikan palembang sebagai destinasi wisatamu. Selamat mengeksplore palembang!

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */