Surganya Wisata Indonesia

48 Makanan Khas Padang Sumatera Barat Cocok untuk Oleh Oleh

0

Makanan khas Padang menjadi salah satu kuliner yang sudah tersohor di seluruh penjuru Indonesia. Bisa kita ambil contoh masakan padang yang banyak dijual di rumah makan Padang yang tersebar hampir di seluruh daerah di nusantara. Makanan khas Padang ini memang mempunyai cita rasa yang khas dan unik. Sehingga tidak heran jika banyak orang membuka rumah makan dengan masakan Padang di beberapa daerah. Bahkan, masakan khas padang ini kenikmatannya sudah diakui sampai ke luar Indonesia juga lho. Sudah go international ya ternyata. Berikut ini kami akan berikan beberapa masakan khas daerah Padang yang terangkum dalam top list sajian kuliner khas daerah Padang, Sumatera Barat. Let’s check this out!

Rendang

rendang
Instagram by @anakjajan

Makanan khas Padang Sumatera Barat yang satu ini tentunya sangat terkenal dan menjadi favorit bagi sebagian masyarakat Indonesia. Bahkan rendang pernah dinobatkan menjadi makanan terlezat di dunia versi CNN. Bahan dasar untuk membuat rendang adalah daging sapi yang dibumbui dengan bumbu rempah menggugah selera.

Sate Padang

sate_padang
Instagram by @stewartsukwan

Nama makanan khas Padang ini berasal dari tempat asalnya. Sate padang adalah sate khas dari Padang. Terbuat dari daging sapi yang dibakar disiram dengan kuah yang mirip dengan kuah kare. Kalau kamu ingin mencoba sate padang, tidak usah jauh-jauh ke Padang karena di daerah lain sudah banyak penjual sate Padang asli yang rasanya tidak jauh beda.

Dendeng Balado

dendeng_balado
Instagram by @wardanaputra

Dendeng terbuat dari daging sapi yang dikeringkan. Makanan yang ditemukan oleh masyarakat Minangkabau ini menjadi hidangan yang populer di nusantara. Dendeng balado dan dendeng batokok sejatinya sama. Bumbu baladonya mempunyai cita rasa yang khas dan membuat ketagihan.

Soto Padang

soto_padang
Instagram @shecreatbelly

Soto merupakan sajian kuliner berkuah yang hampir ada di setiap penjuru nusantara. Salah satu varian soto yang cukup favorit di kalangan masyarakat adalah soto padang. Terbuat dari irisan daging sapi dengan tekstur empuk yang dicampur dengan bahan-bahan lainnya serta bumbu khas padang, membuat soto padang ini menjadi sangat lezat disantap saat sarapan.

Ikan Balado

ikan_balado
Instagram by @lynxinyi

Masih bersaudara dengan dendeng balado, makanan yang satu ini tidak kalah enaknya. Ikan balado merupakan ikan yang dimasak dengan bumbu balado berisi cabe, tomat, jeruk nipis, bawang merah, garam, gula, dan air. Rasanya pedas manis, sangat cocok dengan kebanyakan lidah orang Indonesia. Bahkan makanan ini juga menjadi favorit orang Malaysia juga loh.

Dendeng Batokok

dendeng_batokok
Instagram by @ad1winata

Meskipun olahan dendeng batokok dan dendeng balado berbahan dasar sama, namun cara memasaknya sedikit berbeda dimana dendeng batokok diolah dengan cara dipukul-pukul sesuai dengan namanya yaitu batokok yang memiliki arti dipukul-pukul.

Gulai Itiak

gulai_itiak
Instagram by @mus_barry

Makanan khas Padang Panjang yang satu ini berbahan dasar daging bebek. Sama seperti gulai pada umumnya, menggunakan bumbu jahe, kunyit, daun jeruk, daun salam, laos, kunyit, dan juga cabe. Rasanya pedas dengan warna kuah yang kehijauan menambah kelezatannya.

Karupuak Sanjai

karupuak_sanjai
Instagram by @karupuakbalado_pakguru

Makanan khas Padang Bukittinggi ini cocok dijadikan oleh-oleh bagi kamu yang baru saja berkunjung ke Padang. Bahan dasarnya berasal dari singkong yang diolah sedemikian rupa sehingga memiliki tiga rasa yang berbeda, yaitu rasa asin, rasa original tanpa bumbu, dan rasa pedas. Karupuak sanjai pedas juga dikenal dengan nama keripik balado. Tentunya kamu sering memakan keripik balado ini kan walaupun tidak sedang berada di Padang?

Gulai Tauco

gulai_tauco
Instagram by @wayanlessy

Makanan yang kurang familiar ini juga berasal dari Padang loh ternyata. Kuahnya yang berwarna hijau kecoklatan diperkuat dengan aroma yang menggoda ini lazim dimakan bersama nasi putih hangat. Gulai tauco berbahan dasar udang, tahu, buncis, serta bahan pendukung lainnya yang dimasak bersama tauco dengan diberi kuah santan.

Gulai Banak

gulai_banak
Instagram by @wzuchra

Makanan khas daerah Padang ini merupakan sajian makanan berkuah santan pedas berisi otak sapi yang dipotong kecil-kecil. Gulai banak ini mengandung kolesterol tinggi layaknya sajian kuliner khas padang berbentuk gulai lainnya. Sehingga tidak disarankan bagi kamu yang kadar kolesterol dalam darahnya sudah tinggi. Cukup mengetahui saja kalau gulai banak ini rasanya sangat lezat. Hehe.

Kunjungi :  44 Makanan Khas Bali yang Unik dan Menggoda untuk Dicoba

Gulai Paku

gulai_paku
Instagram by @gabrielevania

Makanan khas Padang Pariaman yang satu ini berbanding terbalik dengan gulai banak. Berbahan dasar daun pakis yang dimasak dengan saus kelapa ditambah bumbu khusus ini cocok bagi kamu yang vegetarian. Rasanya unik namun tetap enak, khas Padang banget pokoknya.

Kalio Dagiang

kalio_dagiang
Instagram by @wennie_mazaya_makeupstore

Kalio dagiang merupakan gulai sapi yang rasanya tidak kalah lezat dari rendang. Menu ini menjadi menu andalan di rumah makan padang selain rendang. Daging yang dimasak dalam kalio dagiang dicampur dengan bumbu rempah dan cabe dengan tempo waktu yang cukup lama agar empuk dan bumbunya meresap sampai ke dalam.

Cancang

cancang
Instagram by @efiyuliani

Bahan untuk membuat cancang adalah daging kambing cincang yang dimasak dengan santan dan cabe merah giling ditambah dengan bumbu lainnya. Rasanya jangan ditanya, pasti pedas karena dimasak dengan cabai sampai berwarna merah.

Teh Talua

teh_talua
Instagram by @ahmadrazif17

Minuman khas Padang yang satu ini terbuat dari daun teh yang dicampur dengan kuning telur ayam ataupun telur bebek. Ditambah lagi dengan perasan jeruk nipis dan gula. Kebayang nggak sih rasanya gimana? Daripada penasaran, jangan lupa memesan minuman ini ya ketika kamu sedang berkunjung ke Padang, siapa tahu akan jadi minuman terbaru favoritmu.

Lamang Tapai

lamang_tapai
Instagram by @agam_brai

Makanan pembuka khas Padang ini berasal dari daerah pesisir selatan. Namun hampir di setiap daerah yang ada di Minangkabau menyajikan sajian kuliner bernama lamang tapai ini. Bahan dasarnya adalah beras ketan yang diolah sehingga menghasilkan rasa manis. Hati-hati makan kuliner ini, karena dijamin kamu akan ketagihan.

Kalio Jariang

kalio_jariang
Instagram by @n_e_larasati

Makanan khas kota Padang bernama kalio jariang ini adalah masakan khas Padang yang terbuat dari jengkol rebus kemudian digeprek dan dimasak dengan campuran bumbu rempah khas Padang, Sumatera Barat. Kalio jariang lebih enak jika dihidangkan bersama dengan kuah santan pedas dan nasi putih hangat ataupun ketupat. Rasanya sangat nikmat berbanding terbalik dengan bau yang dihasilkan dari jengkol yang menjadi bahan baku masakan kalio jariang ini.

Gulai Tunjang

gulai_tunjang
Instagram by @wiedwod

Makanan khas Minang yang satu ini berbahan dasar kikil sapi yang disajikan dalam dua bentuk maskan, yaitu dimasak dengan kuah santan kuning atau dimasak dengan kuah santan merah pedas dengan bumbu rempah khas Padang. Teksturnya kenyal, lembut dan empuk.

Dadiah

dadiah
Instagram by @wulan_yuliasari

Dadiah mempunyai cita rasa gurih dan manis yang menjadi satu di lidah ketika disantap. Makanan ini merupakan fermentasi dari susu kerbau yang ditaruh dalam wadah bambu. Dadiah disajikan dengan cara dicampur dengan empir yaitu beras ketan yang disiram santan dan gula merah. Resep makanan khas Padang ini dapat dengan mudah kamu temukan melalui mesin pencarian google. Penasaran untuk mencoba kaaan?

Sala Lauak

salalauak
Instagram by @ap_perdana85

Makanan ini dapat kamu temukan di daerah Pariaman dan biasa dijadikan menu andalan untuk sarapan bersama dengan ketupat gulai. Sala lauak atau juga dikenal dengan sala bulek merupakan makanan berjenis gorengan yang dibuat dari ikan asin dicampur dengan tepung beras dan diberi bumbu bawang putih. Teksturnya renyah di luar dan lembut di dalam.

Katan Durian

katandurian
Instagram by @tansuomchenk

Makanan terfavorit masyarakat Padang adalah katan durian. Sajian kuliner ini merupakan paduan dari ketan dan buah durian. Ketan disajikan dengan ditaburi parutan kelapa ditambah garam halus dan ditambah lagi dengan buah durian matang.

Galamai

galamai
Instagram by @akbar_andespay

Makanan khas Padang berupa jajanan ini mirip dengan dodol. Galamai yang paling terkenal berasal dari daerah Payakumbuh. Tekstur dan cita rasanya benar-benar mirip dengan dodol. Jajanan galamai dapat kamu temui juga di daerah lain seperti Solok dan Pasaman dengan nama yang berbeda yaitu kalamai atau gelamai.

Kunjungi :  15 Makanan Khas Bojonegoro Jatim untuk Anda yang Hobi Kuliner

Palai Rinuak

palairinuak
Instagram by @vernanda_emafdhal

Palai rinuak jika diartikan dalam bahasa Indonesia artinya adalah pepes ikan. Ikan yang dipakai adalah jenis ikan yang besarnya hanya sebesar korek api dan hanya hidup di daerah Minangkabau. Sajian kuliner ini disajikan terbungkus dengan daun pisang dan dibumbui dnegan parutan kelapa ditambah bumbu rempah.

Asam Padeh

asam_padeh
Instagram by @aim_ej

Beberapa jenis makanan khas padang dan resepnya dapat dengan mudah kamu temukan lewat mesin pencarian, salah satunya asam padeh. Masakan khas minang ini mempunyai rasa asam dan pedas sesuai dengan namanya yang juga bermakna asam pedas. Bahan utamanya adalah sejenis ikan seperti ikan kakap, ikan tuna, maupun ikan tongkol.

Sambal Lado Tanak

samballadotanak
Instagram by @yuliani_lia

Makanan khas yang satu ini diolah dengan cara digiling yang berbahan dasar cabai, kemudian dicampur dengan santan yang dimasak dengan ikan teri, petai, dan kentang. Keunikan dari masakan ini adalah rasa pedasnya yang sangat nendang. Cocok bagi kamu yang mengaku pecinta kuliner pedas.

Nasi Kapau

nasi_kapau
Instagram by @florencia.sitha

Makanan khas Padang Sidempuan ini terdiri dari nasi, sambal, dan lauk pauk khas Padang serta tambahan gulai nangka. Nasi kapau banyak dijumpai di rumah makan dan restoran yang tersebar di sekitar kota Padang. Makanan ini menjadi favorit para wisatawan dan harus kamu coba ketika berkunjung ke Padang, Sumatera Barat.

Ayam Pop

ayam_pop
Instagram by @ayampopbuyani

Ayam pop merupakan olahan ayam yang direbus menggunakan air kelapa. Hampir di seluruh rumah makan Padang yang tersebar di Indonesia akan selalu menghidangkan ayam pop ini. Tampilannya yang sederhana menyimpan cita rasa yang khas dan gurih tidak terkira. Ayam pop cocok dimakan dengan sambal merah dan nasi putih serta kalio jariang ditambah segelas es teh manis di siang hari.

Paru Goreng

paru_goreng
Instagram by @kaii_ttdi

Makanan ringan khas Padang bernama paru goreng ini berbahan dasar paru sapi yang digoreng sampai kering. Kemudian dicampur dengan bumbu yang terdiri dari kunyit, bawang putih, dan ketumbar. Rasanya gurih dan renyah saat dimakan. Paru goreng cocok dijadikan cemilan maupun lauk saat makan siang.

Pangek Ikan

pangek_ikan
Instagram by @pujium

Pangek ikan adalah makanan khas Padang yang berasal dari Solok yang berbahan dasar utama ikan gabus putih dan disajikan dengan siraman bumbu merah pedas yang dibumbui dengan rempah-rempah khas Padang.

Lontong Padang

lontong_padang
Instagram by @uda_dede

Lontong padang atau lontong sayur padang biasa disajikan ketika sarapan dengan cita rasa kuah gulai yang disiramkan pada potongan ketupat dan ditambah dengan kerupuk merah. Sungguh membuat lidah bergoyang.

Terong Lado Hijau

lontong_lado_hijau
Instagram by @ra.kaaa_

Sajian kuliner terong lado hijau biasanya disajikan bersama dengan ikan asin jambal roti dan petai. Terong yang dipakai dalam masakan ini adalah terong hijau.

Kacimuih

kacimuih
Instagram by @mellyzamri

Kacimuih adalah cemilan khas Padang yang mampu mengganjal perut. Terbuat dari singkong yang dimasak dengan diparut terlebih dahulu kemudian dikukus. Dalam penyajiannya, singkong diberi taburan parutan kelapa dan ditambah taburan gula pasir atau gula merah. Rasanya gurih dan nikmat. Cocok dinikmati saat bersantai sambil minum secangkir kopi.

Lompong Sagu

lompong_sagu
Instagram by @bangaswi

Makanan yang satu ini terbuat dari sagu beraroma khas yang membuat penasaran. Bahan dasar berupa sagu dicampur kelapa dan pisang kemudian dibungkus memakai daun pisang untuk dibakar di atas tungku. Teksturnya sangat khas membuat kamu ketagihan tidak mau berhenti memakannya. Paduan rasa gurih dan manis membuat lompong sagu menjadi sangat nikmat untuk disantap.

Sate Lokan

sate_lokan
Instagram by @inata_21

Lokan merupakan sejenis kerang laut yang hidup di daerah Padang. Cara memasak sate lokan adalah dengan dibakar layaknya kebanyakan sate. Setelah dibakar, sate lokan akan disiram dengan bumbu gulai kental dan ditambah taburan bawang goreng.

Katupek Pical

katupekpical
Instagram by @widyaheny

Terbuat dari ketupat yang dipadukan dengan sayur dan bihun kemudian disiram dengan kuah gulai serta bumbu kacang membuat sajian kuliner ini memiliki cita rasa gurih dan pedas yang istimewa.

Kunjungi :  50 Makanan Khas Banjarmasin Paling Menggugah dan Wajib Dicicipi

Gulai Anyang

anyang

Seperti kebanyakan makanan khas dari Padang yang berkuah santan kental dan diberi bumbu rempah, begitu pula dengan gulai anyang ini. Bahan dasar gulai anyang adalah jeroan sapi yang telah direbus sedemikian rupa hingga lunak.

Kue Basung

basung
Instagram by @tinieninie

Makanan khas Padang untuk oleh-oleh ini merupakan kue tradisional. Terbuat dari campuran tepung beras, gula merah, garam, air, dan ditambah dengan perasan kelapa atau santan. Bahannya mudah ditemui dan cara membuatnya cukup mudah. Kamu bisa belajar membuat kue basung ini ketika berkunjung ke Padang.

Karak Kaliang

karak_kaliang
Instagram by @adechandra005

Oleh oleh yang satu ini juga recommended untuk dibawa pulang ketika kamu berkunjung ke daerah Bukittinggi. Karak kaliang terbuat dari tepung ubi yang berasal dari olahan singkong. Keunikan makanan ini adalah adonannya dicetak menyerupai angka delapan.

Kacang Tojin

kacang_tojin
Instagram by @iiesripujiati

Cemilan yang ada setiap Idul Fitri ini rasanya gurih dan renyah karena kacang yang digoreng telah dicampur dengan bawang goreng dan irisan daun seledri yang juga telah digoreng terlebih dulu.

Arai Pinang

arai_pinang
Instagram by @minangsaleroo

Kue khas Bukittinggi ini rasanya gurih dan renyah serta sedikit beraroma minyak kelapa. Terbuat dari tepung beras, garam, dan kapur sirih. Wajib untuk dicoba.

Kue Sapik

kue_sapik
Instagram by @el.jabbar

Kue yang mirip dengan semprong ini berbentuk sedikit unik karena kue sapik dilipat sedangkan semprong digulung. Bahan dasarnya adalah tepung beras, gula pasir, santan, telur, dan bubuk kayu manis. Rasanya enak sekali dan cocok dijadikan oleh-oleh.

Pinyaram

pinyaram
Instagram by @masak2dengannick

Makanan khas Padang yang satu ini mirip dengan kue cucur khas Betawi. Terdapat dua jenis pinyaraman, yaitu yang berwarna hitam dan yang berwarna putih. Rasanya dominan manis.

Karupuak Jangek

karupuak_jangek
Instagram by @dewe_rante

Karupuak jangek jika diartikan ke bahasa Indonesia mempunyai makan kerupuk kulit. Kerupuk khas Padang ini dapat kamu temukan terjuadl di Pasar Atas Bukittinggi.

Kue Bika

kue_bika
Instagram by @yantodj

Oleh oleh makanan khas Padang yang satu ini terbuat dari adonan tepung beras yang dicampur dengan kelapa dan gula pasir atau gula merah untuk kemudian dipanggang. Harganya sangat murah, yaitu seribu rupiah per bulatan kue bika.

Langkitang dan Pensi

langkitang
Instagram by @phynotwhite_ae

Sajian kuliner berprotein tinggi ini berasal dari siput air tawar dan kerang air tawar yang diolah dengan bumbu gulai. Seporsi langkitang dan pensi hanya dihargai dengan lima ribu rupiah saja. Wajib banget dicoba nih!

Rakik Maco

rakik_maco
Instagram by @oniedaulat

Rakik maco terbuat dari campuran tepung beras, ikan maco, cabe, kunyit, dan telur yang digoreng layaknya peyek. Harganya yang murah cocok untuk diborong menjadi buah tangan untuk dibagikan ke sanak saudara.

Es Tebak

es_tebak
Instagram by @it_kash

Tebak terbuat dari adonan tepung beras ketan dan tepung sagu yang kemudian dimasak dengan sekapur sirih yang dicampur dengan air garam kemudian dibentuk seperti cendol. Adonan seperti cendol tersebut kemudian ditambahkan santan dan susu kental manis serta sirup merah. Sangat pas diminum di siang hari yang panas terik.

Roti Randang

roti_randang
Instagram by @kho.ko

roti randang adalah roti dengan bumbu rendang di dalamnya. Harganya murah hanya 5 ribu rupiah satu buah. Sedangkan yang berukuran besar dan masih berupa gulungan diberi harga 60 ribu rupiah.

Tumbang Pisang

tumbang_pisang

Jajanan khas Padang ini berbahan dasar pisang gepok muda yang direbus lalu dikupas kulitnya dan dihaluskan dengan cara ditumbuk. Setelah itu diberi taburan parutan kelapa dan gula aren.

Bagaimana pembaca? Sudah mengenal makanan khas Padang kan? Beberapa ulasan di atas tentunya akan membantu kamu saat menjelajah sajian kuliner khas Padang. Jadi, nantinya kamu tidak akan bertanya-tanya lagi sebelum menikmati sajian kuliner istimewa tersebut. Agar kunjunganmu ke Padang lebih lengkap dan terencana, sebaiknya simak juga daftar tempat wisata Padang berikut sedikit ulasannya. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */