Surganya Wisata Indonesia

35 Makanan Khas Maluku yang Menarik Banyak Wisatawan

0
35 Makanan Khas Maluku yang Menarik Banyak Wisatawan
Nilai Artikel Ini

Maluku adalah satu wilayah di Indonesia yang dikelilingi oleh wilayah perairan. Maluku juga terkenal akan pantainya yang cantik dan gugusan pulaunya yang menarik. Berdasarkan letak geografis tersebut, banyak makanan khas Maluku yang berbahan dasar ikan. Selain itu, makanan pokok masyarakat Maluku bukanlah nasi seperti kita yang berada di wilayah barat. Kebanyakan dari mereka menjadikan sagu sebagai makanan pokok. Jika kamu berkesempatan singgah di Maluku, jangan lupa kunjungi berbagai tempat wisata Maluku yang indah sembari mencicipi sajian kuliner khasnya yang mayoritas terbuat dari ikan dan sagu. Berikut ini daftar makanan khas dari daerah Maluku yang berhasil kami ulas :

Papeda

Papeda_enak
Instagram by @masfafa

Makanan khas Maluku Utara bernama papeda ini berbahan dasar makanan pokok masyarakat Maluku, yaitu sagu. Papeda adalah bubur sagu yang sering disajikan dengan ikan tongkol atau ikan mubara yang dibumbui. Tekstur papeda lengket seperti lem dan rasanya tawar. Cara menyantapnya cukup unik, yaitu dengan diseruput langsung dari wadahnya.

Ikan Kuah Pala Banda

pala_banda

Ikan kuah pala banda sebagai makanan khas daerah Maluku yang berasal dari Kepulauan Banda ini sudah dikenal kelezatannya sejak berabad-abad lalu. Bahkan kuliner ini dulunya dikenal dengan makanan para petinggi Belanda yang datang ke Indonesia.

Nasi Lapola

nasi_lapola
Instagram by @food_choice2016

Meskipun makanan pokok masyarakat timur Indonesia, salah satunya Maluku yang diketahui adalah sagu, ternyata mereka juga punya makanan khas berbahan baku beras juga lho. Nasi lapola adalah makanan khas berasal dari beras yang dimasak menggunakan api kecil sampai setengah matang lalu dicampur dengan kacang tolo yang sudah direbus, kelapa parut, dan juga garam. Setelah itu, campuran tersebut dikukus hingga matang dan siap disantap.

Ikan Komu Asar

ikan_komu_asar

Makanan khas Maluku ikan asar sudah sangat terkenal yang berbahan baku ikan cakalang. Cara memasaknya unik, ikan cakalang ini ditusuk dengan bambu lalu diasapi selama kurang lebih satu jam. Sajian ini cocok dimakan dengan nasi dan sambal colo-colo khas Maluku.

Sagu Woku Komo-komo

sagu_woku_komo_komo

Satu lagi makanan khas Maluku dari sagu, yaitu sagu woku komo-komo. Namanya cukup panjang ya. Makanan yang sering dijadikan lauk ini berasal dari sagu yang direndam air dingin dan dibumbui kemudian dicampur dengan jeroan ikan dan santan kelapa cair untuk kemudian dibungkus dengan daun woka. Terakhir, bungkusan tersebut dipanggang hingga daun woka kering baru siap disantap.

Sambal Colo-colo

sambal_colo_colo
Instagram by @jamz_8.6

Sambal khas Ambon yang satu ini terkenal sangat pedas. Cocok bagi kamu pecinta pedas yang penasaran dengan rasa sambal khas Maluku. Terbuat dari campuran tomat muda segar, bawang merah dan cabe rawit serta siraman jeruk nipis tanpa diulek sama sekali. Agar lebih nikmat sajian sambal ini dapat ditambah juga dengan daun kemangi, irisan kenari mentah, dan kecap.

Talam Sagu Bakar

sagu_bakar
Instagram by @meykerindengan

Makanan khas Maluku yang terbuat dari sagu lainnya adalah talam sagu bakar. Rasa talam sagu bakar adalah manis yang khas karena adanya campuran dari kenari dan kacang brenebon. Talam sagu bakar ini cocok dijadikan camilan di sore hari.

Bubur Sagu Ubi

bubur_sagu_ubi
Instagram by @lin_fangfei

Bubur sagu ubi salah satu makanan khas yang banyak dikenal masyarakat Maluku maupun luar Maluku. Cara membuatnya pun tergolong mudah karena kamu bisa membuat sendiri di rumah asal ada bahannya, yaitu sagu lempengan, gula merah, gula pasir, daun pandan, ubi merah rebus, ditambah dengan santan kental dan taburan kenari.

Kunjungi :  41 Makanan Khas Kota Pontianak Kalimantan Barat yang Wajib Anda Coba

Kopi Sibu-sibu

kopi_sibu_sibu
Instagram by @koorikoo

Kopi yang berasal dari jenis kopi robusta ini dihaluskan menggunakan cara tradisional. Rasanya khas dicampur dengan bubuk cengkeh halus dan taburan biji ketapang muda. Kopi sibu-sibu ini wajib dicoba oleh kamu yang mengaku pecinta kopi. Kopi ini juga cocok dijadikan buah tangan bagi sanak saudara di rumah setelah kamu berkunjung ke Maluku.

Gohu Ikan

gohu_ikan
Instagram by @santhiserad_food

Ada lagi satu jenis makanan Maluku yang terbuat dari ikan tuna. Nama makanan khas Maluku yang wajib kamu coba ini adalah gohu ikan. Nama lain dari gohu ikan adalah sashami Ternate yang lezat. Memakan gohu ikan, akan membawa kita ke atmosfer layaknya sedang menyantap sajian sashami yang berasal dari Negeri Sakura, Jepang. Tentunya rasanya lebih nikmat gohu ikan dong ya.

Gatang Kenari

gatang_kenari

Gatang kenari merupakan sajian kuliner Maluku yang berbahan baku kepiting kenari. Kepiting kenari adalah hewan yang bisa memetik buah kelapa dan mengupasnya sendiri. Kepiting yang hebat ini oleh masyarakat Maluku sering dijadikan sajian kuliner yang rasanya lezat. Resep makanan khas Maluku Utara gatang kenari ini dapat dengan mudah kamu temukan melalui mesin pencarian google. Namun, kamu harus mendapatkan kepiting kenarinya terlebih dahulu ya sebelum memasaknya.

Nasi Jaha

nasi_jaha
Instagram by @rio__monoarfa

Makanan khas dari Maluku selanjutnya yang akan dibahas adalah nasi jaha. Nasi jaha berbahan dasar campuran beras biasa, beras ketan, dan santan kelapa. Rasanya tentunya menjadi sangat gurih. Nasi jaha ini sangatlah mengenyangkan mengingat bahan bakunya mengandung banyak karbohidrat. Nasi jaha ini sekilas tampilannya mirip dengan lemper Jawa.

Acar Kuning

acar_kuning
Instagram by @jenmardiana

Acar merupakan makanan yang terbuat dari beragam sayuran seperti timun, wortel, dan bawang yang direndam dalam kuah asam. Begitu juga di Maluku, terdapat makanan berupa acar yang berbahan utama rebung. Namanya adalah acar kuning. Acar kuning ini terbuat dari rebung, kecipir muda, bawang merah, mentimun, cabai merah, daun salam, dan nanas. Setelah diolah sedemikian rupa, bahan-bahan tersebut kemudian ditumis. Jadilah acar kuning sebagai teman makan nasi dan lauk pauk khas Maluku lainnya.

Kue Asidah

kue_asidah
Instagram by @mommykhanzaandazka

Cemilan khas masyarakat Maluku ini terinspirasi dari budaya Timur Tengah. Kue asidah akan banyak kamu temui pada bulan Ramadhan sebagai hidangan berbuka puasa. Teksturnya legit dan rasanya manis. Adonan kue asida terbuat dari campuran tepung gandum atau tepung terigu dan gula merah.

Kue Bagea/Kue Sagu

kue_bagea
Instagram by @v3nty_80

Makanan khas Maluku Barat Daya yang satu ini bertekstur renyah dan gurih. Bentuknya bulat dengan retakan-retakan kecil di permukaannya. Kue bagea ini berbahan baku sagu, makanan pokok masyarakat Maluku. Selain sagu, bahan tambahan lainnya adalah kayu manis dan kacang-kacangan. Salah satu jenis kue bagea yang terkenal adalah kue bagea kacang kenari. Sesuai dengan namanya, kue ini berbahan dasar sagu dan campuran kenari. Kue ini cocok dinikmati dengan secangkir kopi atau teh hangat di sore hari. Selain bagea kenari ada juga jenis bagea lainnya, yaitu bagea kelapa dan bagea gula. Ketiganya sama-sama enak dan patut untuk dicicipi.

Halua Kenari

halua_kenari
Instagram by @santhiserad_food

Berikutnya akan kami sajikan ulasan mengenai makanan khas Maluku Utara dan penjelasannya. Makanan khas Maluku ini bernama halua kenari. Cemilan khas Maluku ini terbuat dari kenari yang dicampur dengan gula merah. Teksturnya legit dan rasanya manis. Halua kenari ini mempunyai kandungan gizi yang baik karena merupakan sumber protein. Selain itu, menurut suatu penelitian, kenari juga bagus untuk menurunkan risiko kanker payudara. Cemilan yang enak dan menyehatkan ternyata.

Kunjungi :  23 Makanan Khas Karawang Jawa Barat yang Enak dan Wajib Dicicipi

Kohu-kohu

kohu_kohu
Instagram by @coconutz74

Makanan khas Ambon Maluku yang satu ini mirip dengan urap khas Sunda, hanya saja isiannya sedikit berbeda. Sayuran yang biasa dipakai dalam kohu-kohu adalah kacang panjang, daun kemangi, dan tauge. Kohu-kohu nikmat disantap dengan parutan kelapa, irisan bawang merah, ikan cakalang asap suwir, dan juga perasan lemon cina.

Kasbi Komplet

kasbi_enak
Instagram by @annie_nugraha

Selain sagu, Maluku mempunyai satu jenis makanan yang terbuat dari sumber karbohidrat bernama kasbi atau singkong. Rasanya tawar seperti rasa papeda, maka dari itu kasbi sering disajikan bersama menu pelengkap lainnya. Kasbi komplet terbuat dari singkong dan ubi atau keladi rebus yang dimakan dengan tumis kangkung atau ikan bakar bumbu rica, dan juga kohu-kohu. Selain itu disajikan dengan sambal colo-colo juga enak.

Lapis Palaro

lapis_palaro

Makanan tradisional khas Maluku yang satu ini bukanlah kudapan berbentuk kue. Lapis palaro merupakan sajian yang berasal dari daging sapi dan campuran bumbu rempah. Cara membuatnya cukup mudah, daging sapi diiris tipis, kemudian larutkan air, garam, gula pasir, dan tepung maizena. Haluskan bumbu yang terdiri dari cabai merah, bawang merah, bawang putih, kencur, jahe, pala, jinten, cengkeh, dan ketumbar. Daging sapi tadi digoreng terlebih dulu sampai kuning kecoklatan, kemudian air sisa rebusan daging dimasak sampai mendidih dicampur dengan larutan tepung maizena. Aduk hingga meletup. Sajikan daging sapi dengan disiram saus dari tepung maizena tersebut.

Sagu Lempeng

sagu_lempeng
Instagram by @michellesahetapy

Sagu lempeng adalah makanan khas Maluku yang sering dijadikan oleh-oleh. Cita rasanya gurih, namun juga ada yang tawar. Teksturnya cukup keras dan diolah dari tepung segu yang dicetak dalam cetakan yang terbuat dari tanah liat bernama forna. Warnanya kecoklatan, namun ada juga yang berwarna merah muda. Sagu lempeng cocok dijadikan teman minum teh.

Bubur Ne

buburne_maluku
Instagram by @nonajuli

Selanjutnya akan kami ulas mengenai resep makanan khas Maluku bernama bubur ne. Bubur ne adalah makanan tradisional yang terbuat dari sagu yang dibentuk bulatan kecil seperti telur kodok. Bulatan sagu tersebut dimasak dalam air santan hingga terasa empuk kemudian dicampur dengan gula merah, kayu manis, dan daun pandan. Bubur ne biasanya disajikan sebagai hidangan penutup oleh masyarakat asli Maluku.

Sagu Gula

sagu_gula
Instagram by @siannakaur

Lagi-lagi makanan khas Maluku yang terbuat dari sagu. Jajanan yang satu ini berbentuk persegi panjang dengan bagian atas terdapat siraman gula merah cair yang sudah meresap ke dalam sagunya. Sagu gula merupakan cemilan favorit masyarakat Maluku yang sering dimakan bersama kopi Sibu-sibu. Wajar jika masyarakat Maluku sering mengkonsumsi sagu, karena tanaman padi di Maluku sangatlah minim.

Suami

kasuami
Instagram by @ramdan_rm04

Makanan khas Maluku yang menarik minat wisatawan ini namanya unik, yaitu suami. Berasal dari kota Ambon, suami terbuat dari ubi yang diparut kemudian diperas dan dikukus. Suami merupakan kuliner warisan dari nenek moyang yang masih eksis sampai sekarang. Suami ada tiga macam, yaitu memakai gula, memakai kelapa setengah tua, atau suami original tanpa diberi campuran apapun.

Nasi Kalapa

nasi_kalapa
Instagram by @nattaskitchen

Nasi uduk khas Maluku ini berbahan dasar nasi yang dimasak menggunakan santan. Tentunya rasanya juga sama dengan nasi uduk. Hanya saja proses pembuatannya berbeda. Ciri khas dari nasi kalapa ini adalah adanya sambal pendamping berupa serundeng pedas dan rasanya khas yang biasa disebut dengan sambal kalapa.

Kunjungi :  36 Makanan Khas Cirebon Jawa Barat yang Wajib Disantap

Roti Kering Kenari

roti_kering_kenari
Instagram by @miss_novhye

Bentuknya seperti roti tawar dengan cacahan kenari dan gula pasir di atasnya. Teksturnya kering dan garing bila dimakan. Roti kenari ini bisa tahan sampai sebulan meskipun tanpa bahan pengawet. Makanan ini cocok dijadikan buah tangan loh.

Sanole

Sanole

Terbuat dari tepung sagu dicampur kelapa dengan isian gula aren, sanole mempunyai rasa gurih dan manis. Tampilannya mirip dengan roti dadar gulung dengan warnanya yang putih kecoklatan serta lelehan gula merah yang menggoda. Sanole juga dikenal dengan nama karu-karu.

Pisang Asar

pisang_asar
Instagram by @ratih_wicaksono

Pisang asar dibuat dengan cara dipanggang atau istilah Malukunya adalah di asar di dalam oven. Pisang yang dipakai hanyalah pisang raja. Pisang asar ini cocok dijadikan cemilan bersama dengan segelas teh atau kopi di pagi atau sore hari yang cerah.

Gogos Ikan

gogosikan
Instagram by @mulyanti_octaviana

Jajanan satu ini tampilannya seperti lemper. Isinya suwiran daging ayam atau ikan dan cacahan tempe ataupun abon. Hanya saja proses memasaknya bukan dengan dikukus, melainkan dibakar.

Sagu Tumbu

sagu_tumbu
Instagram by @shine.jane

Berikut adalah makanan khas Maluku dan penjelasannya. Sagu tumbu merupakan jajanan khas Maluku yang juga dikenal dengan nama paumido. Bahan lain yang dipakai selain sagu adalah gula merah dan kenari. Rasanya gurih manis dan teksturnya renyah.

Rujak Natsepa

rujak_natsepa
Instagram by @siannakaur

Rujak khas Ambon ini berasal dari pantai Natsepa yang terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Rasanya gurih dan segar, cocok disantap dipinggir pantai.

Embal

embal
Instagram by @syarifyh

Terbuat dari singkong dengan bentuk, rasa, dan cara makan yang bermacam-macam. Biasanya embal disajikan dengan ikan asar, ikan kuah, maupun sayur pada saat perayaan hari besar. Selain itu juga dapat dimakan dengan dicelup ke dalam segelas teh hangat. Embal juga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas Maluku.

Lad

lad_maluku

Lad adalah tumis rumput laut khas masyarakat Kei. Biasanya masyarakat Kei menyantap Lad ini bersama dengan nasi, embal, ataupun ketupat. Makanan ini karena berasal dari rumput laut, tentunya mempunyai kandungan protein yang tinggi nan menyegarkan. Jika kamu sudah mencoba pasti akan ketagihan.

Kue Langar

kue_langar

Makanan khas Maluku Tenggara ini juga terbuat dari singkong sebagai makanan pokok masyarakat Maluku. Saat ini, langar sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga ada yang berbentuk stick dengan varian rasa yang bermacam-macam seperti keju, coklat, dan juga pandan.

Sirsir

sir_sir

Sirsir merupakan tumisan daun singkong dan buah pepaya yang ditambah santan yang sering dimakan sebagai lauk dari embal dan ikan asar. Rasanya segar namun sedikit pahit. Saking uniknya, masyarakat Kei sampai membuat lagu tentang sirsir ini.

Sayur Lilin

sayur_lilin
Instagram by @gladysimbang

Makanan ini tidaklah terbuat dari lilin. Sayur lilin berbahan dasar tebu telur atau dikenal dengan nama terubuk yang telah dipotong. Kemudian diberi dengan bumbu santan sebagai kuah. Sayur lilin nikmat disantap selagi hangat dengan ditambah papeda.

Demikianlah 35 rekomendasi makanan khas Maluku dari tempatwisataindonesia. Jika kamu tertarik untuk mencobanya, datang saja ke rumah makan khas Maluku yang ada di daerahmu. Sekiranya masih ada sajian kuliner khas Maluku yang belum masuk dalam list, silahkan berbagi melalui kolom komentar ya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */