Surganya Wisata Indonesia

40 Minuman Makanan Khas Magelang Jawa Tengah yang Paling Populer

0

Magelang, salah satu wilayah yang terletak di Provinsi Jawa Tengah ini selain kaya akan wisata alan dan sejarah, juga kaya akan wisata kuliner makanan khas Magelang yang siap membuat lidah anda bergoyang. Jika anda mempunyai waktu luang berkunjung ke Magelang, jangan lupa pastikan untuk mencoba sajian kuliner khas Magelang agar anda tidak menyesal. Selain wisata kuliner yang beragam, anda juga bisa mengunjungi beragam tempat wisata Magelang. Langsung saja, berikut tempatwisataindonesia.id sajikan daftar rekomendasi kuliner khas Magelang yang siap menyihir lidah anda.

Wedang Kacang

wedang_kacang
Instagram by @ellyzabethwu

Meskipun Magelang terkenal dengan kupat tahunya yang legendaris, namun minuman khas Magelang ini mampu menggeser kepopuleran sang kupat tahu. Yap, namanya wedang kacang. Minuman ini disajikan dalam mangkuk yang berisi kuah jahe, kacang, dan juga ketan. Wedang kacang yang terkenal di Magelang dijual di Warung Wedang Kacang Kebon yang terletak di Jalan Panjang, Kota Magelang. Selain wedang kacang, ada juga menu berupa wedang ronde dan juga sate pisang yang unik.

Mangut Iwak Beong

mangut_iwak_beong
Instagram by @jogjaculinary

Makanan khas Magelang Jawa Tengah berbahan dasar iwak beong atau ikan beong, sejenis lele atau patin. Ikan beong termasuk jenis ikan yang susah dikembangbiakkan, sehingga selama ini mengandalkan tangkapan dari sungai sungai yang ada di Magelang. Mangut iwak beong biasanya disajikan dengan kuah pedas yang menggugah selera.

Kupat Tahu

kupat_tahu
Instagram by @bdgsociety

Kuliner legendari Magelang ini terbuat dari irisan tahu dan juga ketupat yang dituangi kuah khas berasal dari kecap yang dicampur bumbu rempah, telur, seledri, tauge, dan kacang goreng. Warung makan kupat tahu yang terkenal di Magelang diantaranya, Kupat Tahu Pak Pangat, Kupat Tahu Blabak, dan Kupat Tahu Warung Pojok.

Mie Godhog

mie_godhog
Instagram by @wewechandra

Mie godhog dalam bahasa Indonesia berarti mie rebus. Jangan salah, kuliner yang satu ini berbeda dengan mie instan rebus karena menggunakan mie kuning yang dicampur dengan banyak sayur dan ditaburi bawang goreng menambah segar dan lezatnya mie godhog khas Magelang ini. Anda bisa membeli mie godhog di warung warung yang menjual bakmi jawa di Magelang.

Sego Godhog

sego_godhog
Instagram by @msenaluphdika

Tempat makan khas Magelang yang menjual sego godhog salah satunya adalah warung makan Pak Yatno yang berada di seberang Karoseri New Armada, Magelang berdekatan dengan Armada Town Square. Sego godhog pada dasarnya sama dengan mie godhog hanya saja ditambah dengan nasi yang disiram kuah kental.

Nasi Goreng Magelangan

nasi_goreng_magelangan
Instagram by @hobimasak.id

Nasi goreng di Magelang bisa dibilang cukup unik karena biasanya penjualnya akan langsung menambahkan mie kuning pada masakan nasi gorengnya. Berbeda dengan daerah lain yang tanpa dibubuhi mie kuning. Nasi goreng khas Magelang yang diberi mie kuning ini di daerah lain dikenal dengan nama Magelangan. Sedangkan di Magelang anda akan jarang menemukan kuliner Magelangan karena jika anda memesan nasi goreng sudah pasti dicampur dengan mie, maka dari itu anda harus memberi pesan kepada penjualnya untuk menambah atau tidak menambahkan mie kuning.

Sop Senerek

sop_senerek
Instagram by @less_tari

Makanan khas Kota Magelang berikut ini merupakan sajian kuliner berupa sup kuah bening yang berisi sayur, wortel, irisan daging, dan juga kacang senerek serta tambahan nasi putih. Salah satu warung yang menyediakan menu andalan sop senerek adalah warung bu Atmo yang terletak di sekitaran simpang empat Jalan Mangkubumi dan Jalan Diponegoro arah ke Bandungan, Magelang.

Es Murni

es_murni
Instagram by @emmawati_surjanto

Ketika cuaca Magelang sedang terik, ada baiknya anda mampir ke es murni yang terletak di Jalan Sriwijaya, Magelang. Es murni ini sudah ada sejak tahun 1962 dan merupakan satu dari beberapa tempat makan di Magelang yang legendaris. Menyajikan menu andalan berbagai macam olahan es dan juga makanan yang mengenyangkan, tentunya es murni menjadi favorit masyarakat Magelang dan para pendatang.

Konro Bakar Bumbu Kacang

konro_bakar_bumbu_kacang
Instagram by @vennyvie

Meskipun makanan yang satu ini merupakan modifikasi dari makanan konro yang berasal dari Makassar, namun makanan ini menjadi makanan khas Magelang yang banyak dicari para wisatawan. Konro khas Magelang disajikan dengan tambahan bumbu kacang yang disiram ke atas hidangan. Rasanya? Tentu saja lezat. Bagi sebagian orang mungkin tetap menganggap konro khas Makasar lebih enak, namun semua itu kembali pada selera masing masing orang sehingga kita tidak bisa menghakimi kelezatan masakan konro ini.

Kunjungi :  54 Daftar Minuman dan Makanan Khas Betawi Jakarta

Es Krim Mahkota

es_mahkota
Instagram by @tisra89

Satu lagi toko legendaris di Magelang yaitu toko roti Mahkota yang berada di dekat warung makan gudeg poncol. Interior toko roti Mahkota sangatlah vintage karena toko ini sudah ada sejak tahun 1945 ketika Indonesia merdeka. Sajian yang ditampilkan dalam etalase toko ini memang sedikit, namun rasanya bisa membuat anda ketagihan. toko ini juga menyajikan es krim legendaris yang dibungkus dengan kertas semacam alumunium foil yang dikenal dengan es krim mahkota bercita rasa klasik.

Depot Es Semanggi

depot_semanggi
Instagram by @feb_rinaaa

Depot es semanggi menjual beraneka ragam minuman dengan harga yang sangat murah yaitu berkisar 2 sampai 7 ribu rupiah saja per porsinya. Depot es semanggi berlokasi di Parkir Basement Matahari Department Store yang terletak di seberang Alun Alun Magelang. Jangan dilihat dari tempatnya ya, karena hampir setiap saat depot es semanggi ini kedatangan pembeli yang tidak pernah sedikit.

Buntil Daun Talas

buntil_daun_talas
Instagram by @mod_eka

Selanjutnya kami sajikan resep makanan khas Magelang yang dikenal dengan nama buntil daun talas. Makanan tradisional ini menggunakan daun talas muda sebagai bahan bakunya. Kemudian diisi dengan parutan kelapa, udang asin, dan petai. Pembuatannya pun sangat mudah dan tidak lama. Anda bisa mencari referensi cara pembuatan buntil daun talas melalui internet. buntil ini lebih enak disajikan bersama dengan nasi putih hangat dan beberapa lauk misalnya ikan pindang dan lalapan.

Opor Enthog

opor_enthog
Instagram by @lidyandri

Opor enthog menjadi ikon kuliner khas Magelang yang berupa sajian makanan berkuah dengan bahan dasar daging angsa atau dalam Jawa disebut enthog. Enthog ini diolah dengan cara dibakar terlebih dulu hingga bulunya rontok. Nah ketika dibakar enthog ini akan mengeluarkan lemak dan minyak yang bercampur dengan kuahnya. Beda opor ayam dengan opor enthog adalah penyajiannya karena penyajian opor enthog dilakukan dengan memisahkan opor dengan enthognya.

Mangut Lele

mangut_lele_magelang
Instagram by @dellasuzura

Kuliner mangut lele dapat anda temukan di daerah Tangkilan, Pabelan, Mungkid tepatnya di Warung Makan Purnama. Mangut lele khas Magelang mempunyai cita rasa gurih, pedas, dan juga manis ditambah dengan siraman kuah berwarna kuning dan kemerahan. Bumbu bumbu yang dipakai untuk mengolah mangut lele inilah yang menjadikan sajian kuliner khas yang satu ini mempunyai cita rasa yang sangat lezat.

Sego Megono

sego_megono
Instagram by @javafoodie

Makanan khas Magelang sego megono ini biasanya disajikan saat hari raya tiba, seperti idul fitri atau idul adha. Tradisi ini hanya dilakukan di desa-desa yang masih kental rasa kekeluargaannya. Sego megono merupakan sajian nasi yang dicampur dengan parutan kelapa berbumbu khusus. Sajian kuliner ini lebih enak jika dimakan langsung beralaskan daun pisang atau dikenal dengan cara di-tum.

Kluban

kluban
Instagram by @gracecand

Hampir sama dengan sego megono, hanya saja kuliner yang satu ini ditambah dengan sayur sayuran hijau. Rasanya tentunya sangat lezat dan membuat anda ketagihan. Kluban banyak dijual di warung warung tradisional yang ada di Magelang.

Getuk Trio

getuktrio_magelang
Instagram by @melisaeninov9094

Makanan khas Magelang getuk berbahan dasar singkong yang diolah sedemikian rupa dan disajikan dengan berbagai varian rasa. Getuk trio merupakan salah satu merk getuk yang sudah sangat terkenal. Tampilan getuk trio menjadi menarik karena wadah yang dipakai untuk membungkus getuk sangatlah modern dan cantik. Getuk trio sering dijadikan oleh oleh bagi para wisatawan yang berkunjung ke Magelang.

Wajik Salaman

wajik
Instagram by @sendysenn

Wajik adalah kudapan yang dibuat dari beras ketan dan mempunyai rasa yang manis. Teksturnya lembut di mulut dan sedikit lengket. Salah satu wajik yang terkenal di Magelang adalah wajik salaman yang bisa anda dapatkan langsung di toko oleh oleh yang terletak di Jalan Raya Salaman Nomor 110, Magelang.

Tape Ketan Muntilan

tape_ketan_muntilan
Instagram by @ed_kuliner

Tape ketan muntilan juga termasuk salah satu kuliner khas Magelang yang namanya sudah termasyhur. Makanan ini biasanya dijadikan oleh oleh khas Muntilan. Tape ketan dibuat dari beras ketan putih yang diberi pewarna alami yang berasal dari daun katuk. Penjual tape ketan di Magelang sudah semakin banyak, namun tetap saja yang paling terkenal dan legendaris berada di Muntilan.

Jemunak

jemunak
Instagram by @oktieee

Berikutnya ada jemunak, cemilan khas Magelang yang mirip dengan bubur sumsum. Sejarah makanan khas Magelang ini cukup unik karena sejak dulu jemunak hanya disajikan saat menjelang bulan puasa saja. Jemunak bercita rasa manis karena terdapat bahan berupa cairan gula atau disebut sebagai kinca. Jemunak biasanya disajikan menggunakan daun pisang.

Slondok

slondok
Instagram by @masgarenk

Makanan ringan khas Magelang yang satu ini terdengar unik dan sedikit aneh. Slondok merupakan makanan ringan yang terbuat dari singkong. Meskipun sebagai cemilan, namun karena berbahan dasar singkong, slondok ini bisa membuat perut anda yang kelaparan menajdi kenyang. Slondok banyak dijual di toko oleh oleh yang ada di Magelang.

Kunjungi :  35 Makanan Khas Banyumas yang Paling Terkenal dan Wajib Dicoba

Geblek

geblek
Instagram by @geblek_variant_rasa

Gorengan yang satu ini mempunyai nama yang unik. Favorit masyarakat Magelang yang satu ini terbuat dari tepung singkong. Sekali anda mencoba, pasti akan ketagihan. Meskipun menjadi favorit namun makanan ini sudah sedikit susah ditemukan. Bagi anda yang ingin membuat geblek sendiri, bisa mencari resepnya diinternet karena tahapannya mudah untuk diikuti.

Soto Kluwih

soto_kluwih
Instagram by @less_tari

Kluwih merupakan pohon berdaun lebar yang berbuah mirip dengan nangka atau sukun. Setiap bagian dari kluwih mengandung nutrisi yang bagus untuk tubuh dan bermanfaat untuk kesehatan. Kluwih di Magelang bahkan dijadikan olahan berupa soto kluwih. Warung makan yang menjual menu andalan soto kluwih adalah Warung Soto Kluwih dan Ayam Goreng Mbah H. Djoyo.

Bakso Kerikil

bakso_kerikil
Instagram by @kulinerdisolo

Makanan khas Magelang Jateng berikutnya berupa sajian bakso berkuah dan terkadang ditambah dengan mie. Bakso yang dipakai dalam makanan ini adalah bakso yang berbentuk bulatan sangat kecil mirip dengan kerikil. Bakso kerikil dapat anda temukan ketika anda berkunjung ke Taman Badakan, Magelang. Disepanjang trotoar akan anda temui penjual bakso kerikil yang berjejer.

Grubi

grubi
Instagram by @oishii_lp

Jajanan pasar khas Magelang yang satu ini dulu sangat mudah ditemukan di pasar tradisional yang ada di Magelang. Namun, seiring berjalannya waktu grubi sudah banyak dijual di toko oleh oleh dikemas secara apik dan dijadikan buah tangan khas Magelang. Grubi terbuat dari ubi jalar yang diolah dan dibentuk seperti bola-bola kecil dan diberi bumbu gula merah. Grubi memiliki rasa manis dan teksturnya renyah.

Nasi Lesah

nasi_lesah
Instagram by @henryh93

Makanan yang belum begitu populer di kalangan masyarakat ini bila dilihat sekilas mirip dengan soto. Hanya saja nasi lesah disajikan dengan piring, bukan mangkok. Cita rasa lesah mirip dengan soto karena kuahnya mempunyai rasa gurih yang berasal dari campuran kaldu ayam dan santan kelapa. Satu porsi nasi lesah berisi sohun, kubis, wortel, seledri, suwiran daging, ayam, kecambah, yang disiram kuah gurih tersebut. Kekurangpopuleran nasi lesah dikarenakan kuahnya dicampur dengan santan, kurang cocok di lidah masyarakat Magelang.

Gethuk Bollen dan Gethuk Cotot

gethuk_bollen
Instagram by @bolletelo_pastry_magelang

Bollen sejatinya merupakan pastry khas Bandung. Di Magelang, pastry ini dimodifikasi dengan gethuk makanan khas Magelang, sehingga menjadi sajian kue baru bernama gethuk bollen. Inovasi gethuk bollen ini sudah dikenal sejak tahun 2001. Selain itu ada gethuk cotot yang juga berbahan dasar ketela. Gethuk cotot ada dua jenis, yaitu gethuk putih dan gethuk hitam. Dinamakan gethuk cotot karena ketika dimakan, akan keluar gula dari dalam gethuknya yang dalam bahasa Jawa disebut dengan mecotot. Rasanya sama sama mantap.

Pothil

pothil
Instagram by @imaagustina2

Makanan khas Magelang pothil diolah dari ketela pohon yang diproses dan diberi bumbu rempah pilihan. Pothil berbentuk lingkaran seperti cincin dengan warna coklat yang menggugah selera. Pothil cocok dijadikan cemilan bersama dengan segelas teh hangat. Anda bisa menemukan pothil di berbagai tempat yang menjual cemilan selama berada di Magelang.

Gula Kacang

gula_kacang
Instagram by @ryan_gandhy

Selain makanan khas Magelang potel, ada juga gula kacang atau dikenal dengan nama ampyang. Bahan utama untuk membuat gula kacang adalah gula jawa atau gula merah. Cara membuatnya sangat sederhana, pertama kacang disangrai kemudian dicelup ke dalam gula jawa setelah itu diamkan sampai mengeras. Gula kacang siap dihidangkan dan cocok dijadikan buah tangan khas Magelang untuk keluarga. Rasa manis dan gurihnya pas, meskipun teksturnya sedikit agak keras mirip dengan coklat isi kacang.

Permen Tape

permen_tape_magelang
Instagram by @rizka.febriyani

Dibuat dari fermentasi singkong dan ditambah dengan gula pasir membuat teksturnya kental dan keras seperti dodol. Dulu permen tape sering disajikan dalam acara acara khusus, namun sekarang permen tape banyak dijadikan oleh oleh khas Magelang. Rasanya manis sangat pas di lidah orang Indonesia dan tidak membuat eneg.

Kunjungi :  48 Makanan Khas Jogja Murah Meriah Wajib Dicoba

Es Plered

es_plered
Instagram by @henryh93

Berbahan dasar tepung beras dicampur dengan siraman kuah yang menyegarkan membuat es plered ini menjadi minuman yang banyak dicari untuk melepas dahaga. Minuman khas Magelang yang unik ini dapat anda temukan di Jalan Sriwijaya, Kampung Bogeman, Kelurahan Panjang, Kecamatan Magelang Tengah. Warung es plered berukuran sangat kecil ini bahkan sudah terkenal sampai ke luar kota dan berdiri sejak tahun 1999. Penasaran dengan rasanya? Silahkan dicoba.

Blendrang

blendrang
Instagram by @pranata8229

Makanan khas Muntilan Magelang yang satu ini sangat unik. Mirip dengan jenang namun rasanya gurih dan pedas. Berasal dari tepung kanji yang diberi bumbu khusus sehingga bercita rasa sangat lezat. Teksturnya kental dan berbau khas. Blendrang dapat anda temukan di Gunungpring, Muntilan tepatnya di Dusun Karaharjan.

Angkringan

menu_angkringan
Instagram by @bukansekedarangkringan2017

Banyak sekali angkringan yang ada di Magelang. Hampir di setiap sudut Kota maupun gang-gang kecil pasti berdiri sebuah angkringan. Menu andalan dari angkringan adalah berbagai macam gorengan dan tentunya nasi kucing. Satu porsi nasi kucing yang sangat murah ditambah beberapa gorengan dan susu jahe akan menambah kesyahduan malam minggumu di Magelang. Angkringan juga banyak ditemukan berjejer di sebelah Timur Alun Alun Magelang.

Mie AA

mie_aa
Instagram by @yuli_prudent

Tempat makan yang menyajikan menu andalan chinese food ini menjadi salah satu makanan khas Magelang karena tempatnya yang unik. Jika anda sedang berada di mie AA dan menyantap makanannya secara langsung ditempat, maka anda akan makan ditemani dengan ratusan cermin-cermin kuno yang dipasang di sekeliling dinding rumah makan mie AA ini. Rumah makan ini juga tidak pernah sepi pembeli.

Sop Empal Bu Haryoko

sop_empal_bu_haryoko
Instagram by @jogjabikinlaper

Sop empal yang ada di Muntilan ini sangatlah terkenal. Terbukti dengan ramainya pengunjung hingga tempat parkirnya menjadi penuh setiap pagi. Tidak tanggung tanggung, yang datang juga rata rata bermobil dan berasal dari luar kota Magelang. Cita rasa sop empal bu Haryoko memang sangat pas di lidah orang Indonesia. Tidak heran jika warung makan ini selalu kebanjiran pengunjung.

Gudeg Poncol

gudeg_poncol
Instagram by @katyaisabell

Gudeg poncol merupakan menu andalan yang disajikan oleh warung Poncol yang terletak di daerah Poncol, dekat dengan Rindam IV, Diponegoro. Jika anda ingin mencicipi sajian khas gudeg poncol, disarankan datang pagi pagi karena menu gudeg poncol di warung makan ini selalu habis sebelum jam makan siang tiba. Gudeg yang ada di warung ini dimasak menggunakan anglo selama kurang lebih 12 jam sehingga bumbunya meresap dan tercampur sempurna.

Kethak

ketak
Instagram by @chiauling09

Makanan khas Magelang yang satu ini merupakan lauk yang terbuat dari ampas minyak kelapa yang diolah dengan bumbu bacem dan mempunyai rasa gurih. Kethak dijual dengan harga 7 ribu rupiah per buah dan bisa anda temukan di pasar pasar tradisional yang terletak di Kota Magelang, seperti Pasar Rejowinangun dan Pasar Tukangan.

Gethuk Lindri

gethuk_lindri
Instagram by @abde507

Satu lagi sajian kuliner gethuk Magelang yang diberi nama gethuk lindri. Gethuk lindri mempunyai rasa manis yang pas dan bertekstur kenyal layaknya permen karet. Harganya pun sangat murah yaitu 5 ribu rupiah saja untuk 10 gethuk lindri. Gethuk lindri dapat anda temukan di Pasar Ngasem.

Es Dawet

es_dawet
Instagram by @kabkaranganyar

Es dawet yang disajikan di Magelang dipadukan dengan cincau hijau, potongan roti, dan juga tape ketan. Penyajiannya pun menggunakan mangkuk besar dengan harga yang sangat murah yaitu 2.500 rupiah saja per mangkuk. Es dawet pas diminum saat cuaca Magelang sedang terik. Selain itu, es dawet ini mampu mengganjal perut anda yang sedang kelaparan.

Cenil

cenil_klanting
Instagram by @dinariest

Terakhir ada cenil, jajanan pasar yang dibuat dari tepung sagu atau tepung kanji. Cenil bertekstur kenyal dan rasanya manis gurih ditambah dengan parutan kelapa. Cenil biasa disajikan untuk cemilan baik di pagi maupun sore hari. Anda bisa mendapatkan cenil di penjual yang ada di pasar tradisional, namun sepertinya saat ini sudah sedikit susah untuk mendapatkan cenil karena penjualnya mulai jarang.

Demikian 40 rekomendasi makanan khas Magelang yang dapat menyihir lidah anda sekalian. Persiapkan diri anda untuk dimanjakan oleh sajian kuliner Magelang yang rasanya sungguh luar biasa. Selain itu kunjungi juga beberapa tempat makan romantis di Magelang jika anda sedang berkunjung ke kota kecil ini bersama pasangan anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */