36 Macam Macam Makanan Khas Madura Jawa Timur Wajib Dicicipi

0

Jika anda pernah sesekali berkunjung atau mampir ke Madura, pasti pernah merasakan salah satu dari sekian banyak sajian kuliner makanan khas Madura di bawah ini. Beberapa daerah di Madura yang terkenal akan kekayaan kulinernya diantaranya adalah Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sumenep, dan juga Kabupaten Pamekasan. Bukan hanya tempat wisata Madura saja yang anda datangi ketika berada di Madura, tentunya anda juga harus berburu kuliner khas Madura juga. Penasaran kuliner apa saja yang ada di Madura? Berikut ulasannya :

Sate Bumbu Madura

sate_bumbu_madura
Instagram by @satetaichancaksapari

Siapa yang tidak tahu sate madura. Hampir semua masyarakat indonesia mengetahui sate bumbu madura. Hal ini dikarenakan orang madura banyak yang merantau ke kota atau daerah lain untuk jualan sate. Memang bumbu sate madura sangat terkenal keseluruh negeri dan rasanya pun juga sangat enak. Apabila anda berkunjung ke madura, tidak salahnya kita mencoba sate madura didaerahnya sendiri. Tentunya cita rasanya akan lebih enak dibandingkan yang dijual di daerah lain.

Rujak Cingur

rujak_cingur
Instagram by @amazingindonesiafood

Makanan khas madura ini sudah dikenal banyak orang. Hal ini disebabkan karena makanan rujak cingur tidak hanya dijual didalam daerah madura tetapi juga dijual diluar daerah madura. Cingur diambil dari bahasa daerah madura yang mempunyai arti hidung sapi. Jika anda belum pernah mencoba rujak cingur, anda harus mencobanya, apalagi anda sedang berkunjung ke daerah madura.

Bebek Songkem

bebek_songkem
Instagram by @bebeksongkem_sby

Makanan khas Madura Sampang ini tidak kalah terkenalnya dengan olahan bebek sinjai. Rasanya pun sangat berbeda dengan masakan bebek sinjai. Bebek songkem khas madura terbuat dari bebek yang diberi bumbu rempah halus khas madura yang dikukus dengan dibungkus daun pisang selama kurang lebih tiga jam. Sehingga bumbu rempahnya meresap hingga ketulang-tulang.

Soto Madura

soto_madura
Instagram by @sam_kuliner

Makanan khas Madura ini sudah sangat terkenal ke seluruh negeri indonesia. Soto madura yang enak adalah soto madura yang berada di madura, tetapi bila anda ingin mencoba membuatnya dirumah, saya akan membagikan resepnya terdiri dari ayam suwir atau daging sapi, telur, kentang yang sudah direbus, daun bawang, sereh, daun seledri, jeruk nipis dan bawang goreng.

Cara membuatnya dengan cara rebus ayam suwir atau daging sampai matang. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan ke dalam kaldu ayam atau daging. Masak hingga matang kemudian sajikan dengan ditambahkan irisan telur, kentang, ayam suwir atau daging yang sudah dimasak, dan ditaburi dengan daun bawang, seledri dan bawang goreng yang sudah dipersiapkan.

Lorjuk

lorjuk
Instagram by @kahyangangroup

Makanan khas Madura lorjuk ini terbuat dari sejenis kerang laut yang dibuat seperti soto. Cara penyajian lorjuk adalah dengan menggunakan lontong, yang dicampur dengan mie soun, kacang, remukan peyek dan di campur dengan lorjuk yang telah diberi kuah. Bila anda berwisata ke madura sebaiknya anda mencoba makanan khas ini, selain rasanya yang enak, harganya pun sangat terjangkau.

Otok

kacang_otok
Instagram by @nisyarifiani

Otok merupakan oleh oleh khas Madura yang terbuat dari biji kacang panjang. Biji kacang panjang tersebut diolah dengan bumbu khusus menghasilkan sajian kuliner berupa camilan yang mempunyai varian rasa gurih, pedas, dan asin.

Topak Ladhe Bangkalan

topak_ladeh
Instagram by @rasasayange

Makanan khas bangkalan ini disajikan dengan kuah santan yang sangat kental. Toak ladeh biasanya disajikan bersama ketupat ataupun dengan lontong. Bila anda berkunjung ke bangkalan, jangan lupa untuk mencoba masakan topak ladeh ini.

Tajin Sobih Bangkalan

tajin_sobih_madura
Instagram by @royhan_oyan

Resep makanan khas Madura ini hampir sama dengan memasak bubur biasa. Tetapi tentu saja bahan utama membuat tajin sobih bangkalan berbeda dengan bubur yang lainnya. Makanan khas tajin sobih bangkalan menggunakan gula merah yang dicairkan untuk menambah manis sajian tajin sobih tersebut.

Nasi Serpang

nasi_serpang
Instagram by @dianashop2211

Mungkin sebagian masyarakat daerah lain agak asing mendengar kuliner khas madura ini. Nasi serpang adalah masakan khas madura yang menggabungkan makanan khas madura dijadikan satu sajian. Sajian ini menyajikan makanan yang lauknya menutupi nasi putih, dan juga tidak ada sayuran yang ada didalam nasi serpang tersebut. Jadi, apabila anda sedang berkunjung ke madura, tidak salahnya mencoba makanan yang satu ini. Hal ini dikarenakan didaerah lain hampir jarang yang menyediakan makanan nasi serpang ini.

Kunjungi :  44 Makanan Khas Bali yang Unik dan Menggoda untuk Dicoba

Kaldu Kokot

kaldu_kokot
Instagram by @photomadura

Makanan ini sangat khas di pulau madura. Bila anda biasanya memakan sop yang berkuah segar, hal ini tentunya berbalik dengan kaldu kokot khas madura yang malah berkuah sangat kental. Kuah kaldu kokot ini terbuat dari kacang hijau yang dicampurkan dengan bumbu rempah yang ditambahkan dengan kikil sapi. Mungkin terdengar aneh apabila kacang hijau di buat kuah sop, tetapi perpaduan dengan bumbu rempah dan potongan kikil membuat cita rasa yang sangat menggugah selera.

Nasi Jagung

nasi_jagung
Instagram by @karuniaagustin

Makanan khas Madura ini sangat baik bagi orang yang mempunyai penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan nasi yang dicampur jagung akan mengurangi jumlah glukosa yang berada didalam makanan. resep yang paling cocok untuk dijadikan hidangan bersama nasi jagung adalah sayur urap, tempe, peyek dan juga sambel goreng.

Rujak Selingkuh

rujak_selingkuh
Instagram by @zendyhardianto

Masakan kuliner khas madura ini tentunya membuat bingung orang-orang yang belum pernah mendengarkannya. Namanya adalah rujak selingkuh, seperti orang saja, makanan juga bisa selingkuh. Rujak ini sebenarnya seperti rujak yang lainnya. Tetapi rujak selingkuh tetap ada beda dengan rujak yang lainnya yang membuat cita rasanya lebih gurih. Yang membedakan rujak selingkuh ini adalah pada campuran kuah soto babat yang ditambahkan ke sajian rujaknya dan juga ada tambahan singkong yang dikukus.

Kue Olet

kue_olet

Kue olet adalah kue khas kabupaten sumenep madura. Kue ini jarang ditemukan didaerah lain, sehingga orang-orang jarang bahkan belum pernah mencoba rasanya kue olet. Makanan ini terbuat dari singkong yang dicampur dengan ketam hitam, tangguli, dan kelapa. Apabila anda berwisata ke kabupaten sumenep madura tidak salahnya mencoba kue olet ini. Selain rasanya enak, harganya pun sangat terjangkau bagi masyarakat, dan juga kue olet ini sangat mudah ditemui di daerah sumenep.

Kaldu Kaskus

kaldu_kaskus

Macam macam makanan khas Madura tidak lepas dari olahan sapi. Salah satunya adalah kaldu kaskus. Masakan ini membuat masakan menjadi hampir sama dengan gulai. Perbedaan dengan gulai-gulai yang lain adalah dari otot kaki sapi. Tidak hanya itu, makanan karbohidrat pendampingnya pun tidak nasi, tetapi adalah sepiring ubi yang dibuat seperti lontong. Makanan ini biasanya dijual di warung-warung pinggir jalan di kota madura.

Kue Apem Madura

apem_madura

Kue apem khas madura ini terbuat dari gula merah,jahe, dan juga kayu manis yang dibuat apem. Makanan kue apem madura ini dipercaya dapat membuat badan menjadi lebih segar setelah beraktifitas seharian. Hal ini dikarenakan ada kandungan jahe dan kayu manis yang bisa menghangatkan badan.

Nasi Goreng Potre Koneng

nasi_goreng_potre_koneng

Nasi goreng khas madura ini berbeda dengan nasi goreng daerah lain. Perbedaan nasi goreng potre koneng terletak pada bumbu pelengkap masakan dan juga lauk dari nasi goreng tersebut. Nasi goreng potre koneng menambahkan abon dan ikan teri sebagai pengganti kerupuk seperti kebanyakan nasi goreng lainnya.

Soto Sabrang

soto_sabrang
Instagram by @andarinilutfia

Soto ini terbiang unik bagi wisatawan yang berkunjung ke madura. Sabrang yang berarti singkong. Soto sabrang yaitu mencampurkan singkong ke dalam kuah soto. Tidak hanya itu keunikan soto sebrang. Sajian masakan soto sebrang juga menambahkan kacang hijau sebagai pelengkap rasa.

Kripik Paru

kripik_paru_sapi
Instagram by @freshsnack_klaten

Oleh oleh makanan khas Madura sudah sangat terkenal didaerah lain. Keripik paru ini menjadi makanan ringan wajib yang menjadi oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke pulau madura.

Kunjungi :  43 Minuman dan Makanan Khas Bandung yang Wajib Dicoba

Sate Lalat Pamekasan

sate_lalat_pamekasan
Instagram by @dr.chandra_ho

Makanan khas Pamekasan Madura selain sate madura adalah sate lalat. Dinamakan sate lalat karena sate ini disajikan dalam bentuk potongan yang sangat kecil sehingga menyerupai lalat. Maka dari itu dinamakan sate lalat. Dari rasa, sate lalat sama saja dengan sate madura biasanya.

Kripik Singkong

kripik_singkong
Instagram by @herlin.lay

Singkong menjadi makanan yang banyak ditemukan di pulau madura. Selain karena orang madura tidak menanam nasi, tanah di madura sangat gersang sehingga hanya bisa ditamani oleh tanaman yang tidak membutuhkan tanah yang subur dan banyak air. Salah satu olahan dari singkong yaitu keripik singkong yang merupakan makanan ringan khas madura.

Nasi Petis

nasi_petis
Instagram by @amazingindonesiafood

Nasi petis khas madura adalah nasi putih yang ditambahkan telur petis. Biasanya nasi petis ditambahkan lauk seperti semur daging sapi, empal goreng, paru goreng, dan tentunya sambal yang menambah kenikmatan nasi petis madura.

Bebek Sinjai

bebek_sinjai
Instagram by @by_lintang

Makanan khas daerah Madura ini menjadi incaran pecinta kuliner yang singgah ke pulau madura. Bebek sinjai sudah sangat terkenal ke daerah lain, bahkan warga daerah lain seperti surabaya sering pergi ke madura hanya untuk makan bebek sinjai. Jadi jangan sampai kelewatan kuliner yang satu ini, apalagi kalau anda suka dengan olahan makanan bebek.

Soto Mata Sapi

soto_mata_sapi
Instagram by @thechefinbatik

Makanan khas madura satu ini terbilang cukup mengerikan, bisa dibilang mengerikan karena penyajiannya menggunakan mata sapi yang utuh beserta tulang belulang. Sehingga bila disajikan maka akan terlihat seperti ingin memakan kepala sapi. Apabila anda tertantang untuk kuliner yang satu ini, coba saja datang ke pulau madura, tepatnya didaerah bangkalan.

Nase’ Jhajhan

nase'_jhajhan

Apabila anda berwisata ke pulau madura tidak salahnya juga untuk mampir ke kabupaten pamekasan. Di kabupaten terdapat makanan khas yaitu nase jhajhan. Makanan ini menggunakan daun pisang sebagai bungkus sehingga rasa dan aroma lauk yang ada didalamnya masih sangat terasa. Lauknya terdiri dari masakan khas daerah pamekasan, yaitu olahan daging sapi.

Nase’ Jamila

nase'_jamila

Menu makanan khas madura ini terbuat dari nasi putih yang dicampur dengan taoge mentah dan sambal terasi. Nase’ jamila kemudian dibungkus dengan daun pisang untuk menambah selera orang yang memakannya. Biasanya nase’ jamila ini disandingkan dengan lauk antara lain daging kuah, paru goreng, dendeng, pepes tongkol, otak goreng.

Nase’ Ramoy

nase'_ramoy

Nase’ ramoy adalah makanan khas madura yang berbeda dengan nase’ jamila. Menu yang satu ini terbuat dari nasi putih yang dicampur dengan daging gurih, dan juga jeroan sapi yang telah dimasak dengan bumbu rempah yang sangat enak. Sajian nase’ ramoy disajikan dengan guyuran kecap dan irisan cabe rawit.

Pe Sapean Bangkalan

Makanan khas Madura Bangkalan ini menjadi favorit makanan bagi anak-anak. Hal tersebut dikarenakan pe sapean adalah makanan yang disajikan mirip dengan karapan sapi yang merupakan olah raga khas madura. Bahan utama membuat makanan ini antara lain adalah tepung beras, gula merah, perwarna makanan, dan biji wijen. Tetapi sekarang ini sudah sangat jarang ditemukan makanan pe sapean ini. Bahkan di bangkalan madura pun juga sudah sangat jarang orang yang menjual makanan khas bangkalan ini.

Jubada atau Jubede Sumenep

jubada
Instagram by @jubadamatahari

Makanan khas Sumenep Madura ini paling cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi orang yang berwisata ke daerah sumenep. Namanya adalah jubede, atau kalau orang selain sumenep menyebutnya jubada ini terbuat dari tepung yang dicampur dengan gula merah dan dicampur air kemudian dimasak sampai mengental. Makanan ini cocok untuk oleh-oleh karena makanan ini lebih tahan lama dan bisa disukai oleh siapa saja, terutama anak-anak.

Keripik Bentul

keripik_bentul

Makanan ringan khas Madura yang satu ini adalah keripik bentul. Beda dengan kebanyakan keripik yang ada di daerah lain. Keripik betul ini terbuat dari bentul atau umbi-umbian khas madura. Tetapi tidak hanya bahan utamanya saja yang berbeda, cara memasaknya juga tidak boleh sembarangan. Kalau tidak benar cara memasaknya maka tidak menghasilkan sajian keripik bentul yang enak. Keripik bentul mempunyai rasa bentul yang sangat terasa disetiap gigitan, sehingga orang yang mencobanya akan merasa ingin memakannya lagi. Jangan lupa membeli oleh-oleh keripik bentul ini untuk keluarga dirumah karena selain enak, keripik bentul juga bisa tahan lama.

Kunjungi :  35 Makanan Khas Maluku yang Menarik Banyak Wisatawan

Los Elos

los_elos

Makanan khas suku Madura ini hampir tidak pernah diketahui oleh orang-orang dari daerah lain. Makanan los elos ini adalah makanan ringan yang hanya dijual didaerah madura saja, sehingga orang daerah selain madura jarang mengetahui. Makanan los elos khas madura ini terbuat dari singkong yang di campur dengan gula merah. Secara sekilas bahan utama membuat los elos tidak berbeda dengan jubede, tetapi dari segi bentuk dan rasa berbeda los elos dengan jubede.

Tattabun

tattabun

Makanan khas pulau madura ini terbuat dari gula merah yang dicampurkan didalam ubi jalar atau sebutan bagi orang madura adalah longge yang sudah direbus. Kemudian campuran gula merah dan longge tersebut dicetak bundar-bundar dan siap disajikan dengan ditaburi dengan parutan kelapa.

Kocor

kocor_madura
Instagram by @photomadura

Makanan khas Madura Jawa Timur sebenarnya hampir sama dengan kuliner combro. hanya saja kocor terbuat dari beras yang isinya diberi gula merah kemudian di goreng. Sehingga cita rasa makanan khas madura kocor ini menjadi sangat gurih ditambah lagi dengan manisnya gula merah.

Klepon

klepon_khas_madura
Instagram by @ainilfaroh

Siapa yang tidak kenal dengan klepon, makanan khas madura ini sudah terkenal di hampir seluruh daerah di indonesia. Tetapi bila anda berkunjung di madura, anda wajib mencoba kleponnya, di madura terdapat banyak varian masakan klepon yang bisa saja tidak ditemukan di daerah lain.

Kobbu’

kobbu

 

Minuman ini pastinya asing bagi orang dari luar madura. Minuman ini biasanya hanya dijual di pulau madura saja. Tambilan minuman khas madura ini sebenarnya hampir sama dengan minuman jahe pada umumnya. Tetapi bahan yang dipakai sama sekali tidak menggunakan jahe sebagai bahan pembuatnya. Resep minuman kobbu’ terbuat dari kelapa muda, gula merah dan serai sebagai penyedap rasa. Kobbu’ enak disajikan dalam hangat maupun dengan dicampur es.

Es Podeng Manis

es_podeng
Instagram by @rinaharyani78

Bila anda berkunjung ke madura diwaktu siang hari maka anda wajib mencoba minuman yang satu ini. Es podeng manis minuman khas madura yang sangat enak, apalagi pada saat terik panas matahari yang menyengat di pulau madura. Es podeng manis terdiri dari buah kelapa muda yang dicampurkan dengan es, gula pasir, susu coklat, coklat manis, roti tawar, dan tidak lupa buah alpukat untuk menambah cita rasa es podeng manis.

Wedang Pokak

wedang_pokak
Instagram by @bany_nur_usman

Bila anda sedang berwisata ke daerah madura dan ingin mencari minuman yang bikin badan segar kembali. Anda tentunya harus mencoba minuman khas madura ini. Namanya adalah wedang pokak. Minuman ini terbuat dari bahan-bahan menyehatkan yaitu tangkai serai, daun pandan, cengkeh, daun bawang, jahe, merica bubuk, kayu manis, gula pasir dan secukupnya air yang telah mendidih untuk melarutkan bahan-bahan diatas. Kemudian wedang pokak siap untuk diminum.

Nah, demikian informasi mengenai sajian kuliner makanan khas Madura yang patut anda coba. Kebanyakan sajian kuliner tersebut masih bersahabat dengan lidah orang Indonesia kok, jadi jangan takut dikecewakan oleh rasanya yah karena sudah pasti enak dan lezat. Selamat berburu kuliner khas Madura!

Please rate this

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */