Surganya Wisata Indonesia

36 List Makanan Khas Daerah Lombok Nusa Tenggara Barat

0
36 List Makanan Khas Daerah Lombok Nusa Tenggara Barat
Nilai Artikel Ini

Jalan-jalan ke suatu daerah tanpa mencoba makanan khas daerah tersebut bagai sayur tanpa garam, kurang lengkap rasanya. Kali ini, kami akan memberi sedikit info tentang Lombok salah satu pulau yang menjadi tujuan favorit wisatawan lokal maupun mancanegara. Lombok berasal dari bahasa Sasak yang artinya lurus. Beda dengan lombok dalam bahasa Jawa yang artinya cabai. sebelum kamu menentukan wisata Lombok mana saja yang akan dikunjungi, kamu harus simak dulu penjelasan mengenai makanan khas lombok di bawah. Berikut ini daftar sajian kuliner dari daerah Lombok dan penjelasannya :

Plecing Kangkung

Plecing_kangkung
Instagram by @reseplezat

Makanan khas Lombok Barat yang satu ini sudah cukup terkenal. Terbuat dari sayuran jenis kangkung lombok yang ukuran dan teksturnya lebih besar dari kangkung luar. Plecing kangkung merupakan makanan yang dimasak dengan mencampur kangkung dengan sambal tomat pedas dan bumbu khusus khas lombok. Biasa disajikan dengan sepiring nasi hangat dan sate rembige.

Kelaq Batih

kelaq_batih

 

Sajian kuliner ini sudah jarang ditemukan lagi karena mulai sedikit pedagang yang menawarkan menu masakan kelaq batih. Kuliner ini berbahan dasar biji buncis tua yang dicampur dengan daun singkong muda serta diolah dengan bumbu rempah rempah yang dikenal dengan sebutan ragi beleq.

Sate Bulayak

sate_bulayak
Instagram by @risfa_wulan27

Sate bulayak merupakan sajian kuliner khas Lombok yang berisi sate dan bulayak. Bulayak merupakan sejenis ketupat namun bentuknya bulat panjang dan bungkusnya berasal dari daun aren. Sate bulayak disajikan dengan bumbu khusus yang terbuat dari campuran kemiri dan santan kental.

Nasi Balap Puyung

nasi_balap_puyung
Instagram by @jogjaeaters

Nasi balap puyung adalah makanan khas Lombok Tengah yang bisa kamu temui di luar Pulau Lombok. Satu porsi nasi puyung biasanya terdiri dari nasi putih dan campuran sambal daging, biji kedelai goreng, kentang goreng kremes, dan juga nasi putih. Nasi balap puyung terkenal akan rasa pedasnya dan keunikan rasa bumbu khas Suku Sasak.

Nasi Campur

nasi_campur
Instagram by @alexfoodism

Nasi campur merupakan makanan khas Lombok di Gili Trawangan yang dapat kamu coba apabila kamu menginap di sekitaran gili. Sepengelaman penulis, nasi campur merupakan makanan termurah yang dijual di gili khususnya Gili Trawangan. Nasi campur biasanya dijual dalam bentuk bungkusan mengggunakan kertas minyak dan dijajakan oleh pedagang di pinggir pinggir jalan.

Sate Tanjung

sate_tanjung
Instagram by @galih_ace

Makanan khas Lombok Utara bernama sate tanjung ini memiliki rasa pedas manis. Terbuat dari olahan daging ikan, sate ini biasanya disajikan bersama lontong dan urap sayur atau pelecing kangkung. Uniknya, sate tanjung disajikan di atas opak singkong.

Ares

sayur_ares
Instagram by @nanaakusuma

Ares merupakan sayur khas Lombok yang dibuat dari pohon pisang kapok muda. Dimasak dengan campuran bumbu khas Lombok, membuat ares menjadi sayur yang harus dinikmati saat berkunjung ke Pulau Lombok. Dulu kala, ares hanya disajikan saat ada acara adat saja. Namun sekarang kamu dapat dengan mudah menjumpai dan mencicipi ares di warung-warung makan yang tersebar di Pulau Lombok.

Kelaq Sebie

kelaq_sebie

Kelaq sebie juga sajian kuliner khas Lombok bercita rasa pedas karena berbahan utama cabai rawit hijau. Tidak tanggung-tanggung cabai yang dipakai sekitar satu kilogram per sekali masak. Kelaq sebie akan terasa lebih nikmat jika disajikan dengan ikan tongkol, terong, dan juga kacang panjang.

Ayam Taliwang

ayam_taliwang
Instagram by @eslimah

Siapa yang tidak kenal makanan khas Lombok ayam taliwang ini? Kuliner ini sangatlah terkenal bahkan sampai ke luar Lombok. Satu porsi ayam utuh berlumurkan bumbu khas Lombok untuk ayam taliwang kemudian dimasak dengan cara dibakar ataupun digoreng, cocok disajikan dengan sepiring nasi hangat dan sambal khas Lombok. Banyak sekali warung makan di Lombok yang menyajikan ayam taliwang sebagai menu andalannya.

Kunjungi :  15 Makanan Khas Bojonegoro Jatim untuk Anda yang Hobi Kuliner

Sate Rembige

sate_rembige
Instagram by @lombok.destination

Makanan khas Lombok yang dikenal dengan nama sate rembige ini banyak ditemukan di daerah Rembige, kota Mataram. Rasa bumbunya sangat tajam dan biasanya disajikan bersama lontong ataupun cukup dimakan satenya saja sudah cukup mengenyangkan.

Kelaq Lebui

sayur_lebui
Instagram by @one_more_kilo_indonesia

Kelaq lebui atau dikenal juga dengan nama lebui kelaq pangkes merupakan masakan yang terbuat dari kedelai hitam yang dimasak dengan campuran bumbu kuah asam. Rasanya merupakan perpaduan antara pedas dan asam.

Beberuq Terong

beberuq_terong
Instagram by @siska_vewe

Makanan khas Pulau Lombok bernema beberuq terong ini berbahan dasar terong bulat mentah ataupun terong panjang yang dibakar. Bumbu yang digunakan untuk memasak sajian kuliner beberuq terong ini sama dengan bumbu untuk memasak plecing kangkung. Hampir setiap warung makan yang ada di Lombok menyajikan beberuq terong ini.

Ikan Bakar Pantai Nipah

ikan_bakar_pantai_nipah
Instagram by @ratihkeke

Kuliner lombok ketika kamu berkunjung ke pantai-pantai yang ada di Lombok, khususnya Pantai Nipah ini merupakan salah satu masakan yang recommended. Ikan bakar pantai nipah dapat kamu temukan di sepanjang jalan dari bukit malimbu hingga tepi pantai nipah. Sungguh suatu nikmat tersendiri menyantap ikan bakar ini di pantai Nipah.

Kelaq Kelor

kelaq_kelor

Makanan khas daerah Lombok lainnya adalah kelaq kelor yang berasal dari daun kelor dan dimasak menjadi sayur bening. Meskipun di daerah lain daun kelor sering digunakan untuk memandikan mayat, namun beda halnya dengan masyarakat Lombok yang mengolahnya menjadi sajian kuliner menggoda selera. Kelaq kelor pas disajikan bersama dengan nasi putih hangat beserta sambal terasi khas Lombok.

Kelepon Kecerit

kelepon_kecerit
Instagram by @baiq_teti_

Makanan khas Lombok berupa jajanan ini mirip dengan klepon dari wilayah Jawa. Bedanya, jika klepon Jawa dibentuk bulat, Kelepon Lombok dibentuk memanjang dan runcing. Kelepon kecerit artinya kelepon yang ketika dimakan, akan terdapat sensasi gula merah yang muncrat di mulut.

Banget atau Jaje Reket

jaje_raket

Kedua nama tersebut merupakan jajanan khas Lombok. Banget terbuat dari ketan yang dikukus, sedangkan jaje reket terbuat dari banget yang dibungkus daun pisang dan dibentuk panjang. Jaje reket lebih nikmat dijadikan timbung dengan cara membakarnya. Kedua jenis jajanan ini dapat kamu temukan di pasar-pasar tradisional Lombok.

Lupis

lupis
Instagram by @dheena_ns

Terbuat dari beras ketan, jajanan ini dibungkus dengan daun pisang dan diolah dengan cara direbus. Ketika disajikan, ketan tersebut dipotong dan dicampur dengan enten, campuran parutan kelapa dan gula merah yang telah dimasak. Lupis banyak dijual di pasar tradisional Lombok.

Nasi Kotaraja

nasi_kota_raja
Instagram by @rapalguna

Meskipun tampilannya tidak ada yang spesial, namun rasanya sungguh satu kata di atas istimewa. Ciri khas nasi kota raja adalah adanya hidangan berupa lauk jangan rarit dan sambal sebie. jangan rarit merupakan daging sapi bercampur bumbu khas yang diolah dengan cara dijemur lalu digeprek dan digoreng. Sedangkan sambal sebie adalah sambal khas lombok yang cita rasanya luar biasa lezat.

Poteng Jaje Tujak dan Iwel

poteng_jaje_tujak
Instagram by @hindacubby

Makanan ini banyak disajikan ketika lebaran. Terdiri dari dua jenis makanan, yaitu poteng atau tape dan jaje tujak atau tetel. Selain itu ada iwel, salah satu jenis jajanan khas masyarakat Lombok. Iwel merupakan kue berbahan baku dari ketan hitam yang disajikan pada saat digelar upacara tradisional. Rasa iwel adalah manis dan legit.

Bebalung

bebalung
Instagram by @stefani_liem

Resep bebalung makanan khas Lombok ini dapat dengan mudah kamu temukan di internet dengan bahan dasar iga sapi atau iga kerbau yang dibumbui bumbu khusus. sajian bebalung terkenal di Lombok berada di depot Kelebet yang terletak di Jalan HOS Cokroaminoto. Satu hal yang istimewa dari bebalung ini adalah dagingnya lunak sehingga tanpa susah payah menggigit, dagingnya akan dengan mudah terlepas dari tulangnya.

Kunjungi :  16 Minuman, dan Kuliner Makanan Khas Mojokerto Jawa Timur Terpopuler

Sate Pusut

sate_pusut
Instagram by @djee_hao

Makanan khas Lombok Timur satu ini merupakan sate lilit Bali versi Lombok. Bedanya, jika sate lilit memakai daging ikan, makan sate pusut berbahan baku daging sapi yang dicampur dengan serpihan kelapa. Bukannya manis, namun sate ini cenderung mempunyai rasa gurih.

Sate Pencok

sate_pencok
Instagram by @la_tarii

Ada dua versi penjelasan kuliner ini di internet, pertama pencok merupakan sagu yang dipotong berbentuk dadu kemudian diolah menjadi camilan yang ditusuk dengan tusukan sate dan dijajakan di pasar tradisional, dan yang kedua pencok terbuat dari kulit sapi maupun adonan tepung kanji. Adonan tersebut atau kulit sapi tersebut diolah sedemikian rupa lalu dibentuk persegi untuk kemudian ditusuk dengan lidi atau batang bambu kecil (dikenal dengan nama katik dalam bahasa Lombok).

Ayam Rarang

ayam_rarang
Instagram by @thinkeat87

Ayam rarang bisa dibilang sebagai ikon kuliner khas Lombok yang tidak boleh tertinggal untuk dicicipi. Ayam rarang berbahan dasar ayam kampung yang dimasak dengan cara digoreng. Ayam rarang biasanya disajikan dengan tampilan ayam yang super pedas, padahal saat dimakan, rasanya tidak terlalu pedas.

Bantal atau Tikel

kue_bantal
Instagram by @hana_kitchenn

Bukanlah piranti yang dipakai untuk alas kepala saat tidur, melainkan salah satu jajanan khas Lombok yang biasanya disantap saat berbuka puasa. Bantal terbuat dari ketan yang dicampur dengan pisang dan dibentuk mirip dengan bantal tidur. Sayangnya, saat ini kue bantal mulai susah dijumpai karena mulai sedikit orang yang membuat sajian jajanan khas yang rasanya enak ini.

Kue Keciput

kue_keciput
Instagram by @edy.s.wignyo

Satu lagi makanan ringan khas Lombok yang tidak boleh kamu lewatkan, yaitu kue keciput. Kue keciput merupakan kue kering yang banyak disajikan saat lebaran tiba. Tampilannya mirip dengan onde-onde namun ukurannya lebih kecil. Tidak lupa taburan biji wijennya juga menghias bagian luar dari kue keciput ini. Ada lagi perbedaannya dengan onde-onde, jika onde-onde berisi kacang hijau, kue keciput tidak mempunyai isi. Kue ini selain pas disantap saat mengobrol bersama warga lokal Lombok, juga cocok dijadikan buah tangan setelah kamu berkunjung ke Lombok.

Ayam Pelalah

ayam_pelalah
Instagram by @warungeropapetitenget

 

Ayam pelalah merupakan makanan khas Lombok yang diilhami dari sajian kuliner Bali karena berasal dari satu daerah yang isinya adalah perantau dari Pulau Bali. Ayam pelalah merupakan sajian kuliner yang berbahan dasar ayam suwir bakar dengan bumbu rendaman yang dikenal dengan marinade ataupun sambal.

Tuak Manis

tuak_manis
Instagram by @raphita_mora

Ada satu minuman yang merupakan minuman khas Suku Sasak dan diambil dari bahan alami yang tumbuh di hutan yang terdapat disekitar rumah warga, yaitu tuak manis. Tuak manis dipercaya juga mampu menyembuhkan beragam penyakit. Minuman ini berasal dari pohon enau yang tumbuh di hutan, salah satunya hutan Pusuk Lestari, Lombok Barat. beberapa penyakit yang dapat disembuhkan menggunakan tuak manis ini adalah kencing batu, kencing manis, sakit pinggang atau encok, dan memperlancar buang air kecil.

Tareq atau Goro Goro

tareq_goro_goro

 

Jajanan khas Lombok yang satu ini terbuat dari tepung beras yang dikukus lalu diuleni dengan santan dengan ditambah sedikit larutan kapur sirih agar renyah saat dimakan. Setelah itu, adonan tersebut dibentuk seperti bunga dan digoreng dulu sebelum disajikan.

Kunjungi :  20 Makanan Khas Madiun Jawa Timur Paling Endak dan Nagih Wisatawan

Tumbek

tumbek

Tumbek juga merupakan jajanan khas Lombok yang terbuat dari tepung ketan dan dicampur gula merah serta parutan kelapa. Setelah itu kesemua bahan dikukus hingga matang dan dimasukkan ke dalam kulit tumbek yang terbuat dari daun kelapa kemudian dikukus lagihingga daun kelapa menjadi layu.

Renggi

renggi
Instagram by @ciantiq_411

Makanan kering khas Lombok yang satu ini juga terbuat dari ketan yang dikukus kemudian dibentuk menjadi bulat untuk kemudian dijemur. Begitu kering, renggi digoreng agar rasanya renyah. Konon, jaman dulu kala renggi khas suku Sasak dibuat dengan ukuran sebesar nampan. Namun sekarang renggi dibuat kecil agar mudah dalam penyajiannya.

Nagasari

nagasari
Instagram by @mrs.wijaya

Nagasari juga masuk dalam daftar jajanan khas Lombok yang terbuat dari tepung beras. Tepung beras tersebut juga dicampur dengan santan dan gula. Campuran tepung beras, santan, dan gula tersebut kemudian dimasak hingga mengeras. Begitu dingin, bahan dibungkus daun pisang dan diisi buah pisang atau buah nangka. Setelah itu kukus lagi sampai pembungkusnya menjadi layu.

Dodol Rumput Laut

dodol_rumput_laut
Instagram by @rizkihasna2

Oleh oleh makanan khas Lombok NTB yang satu ini terbuat dari rumput laut yang jauh lebih sehat dan rasanya tidak kalah enak dari dodol biasa. Dodol rumput laut tidak hanya berwarna hijau saja, melainkan berwarna warni agar lebih menarik minat pembelinya.

Kue Kerake

kue_kerake
Instagram by @andry_andriono

Tampilannya mirip dengan susunan bawang putih, padahal ini adalah kue tradisional khas Lombok Timur yang bernama kue kerake. Keunikan dari kue kerake ini adalah bungkusnya dari kulit jagung dan menonjol di 3 bagian, sehingga mirip dengan pocong. Meskipun menyeramkan namun rasanya manis, legit, dan enak kok.

Kue Keong

kue_keong
Instagram by @hawleycakes.id

Berbentuk seperti keong membuat kue ini dinamakan kue keong. Proses pembuatannya sederhana dan bahan yang dipakai mudah didapat. Adonannya dibuat dari tepung terigu, gula, telur, air, dan mentega setelah itu dibentuk seperti keong menggunakan sendok kemudian digoreng dalam minyak panas hingga warnanya berubah coklat muda.

Cerorot

cerorot
Instagram by @asti.astan

Satu lagi jajanan khas Lombok yang menarik perhatian yaitu cerorot. Jajanan ini biasa disajikan pada acara pernikahan atau upacara adat suku Sasak yang berada di Desa Sade Rambitan. Rasanya manis dan teksturnya lentur membuat siapapun yang memakannya akan sangat hati-hati agar cerorotnya tidak jatuh ke lantai.

Kue Batun Bedil

batun_bendil
Instagram by @eatsnorexplore

Yang terakhir akan kami berikan suatu resep makanan khas Lombok Mataram yang dikenal dengan nama batu bedil. Batun bedil merupakan kue tradisional khas Lombok yang teksturnya sangat lembut dan unik serta variasinya cantik. Bahan untuk membuat kue batun bedil terdiri dari tepung ketan, tepung beras, tepung kanji, garam, air kapur sirih, air hangat, dan air biasa untuk direbus. Bahan untuk membuat kuahnya pun sama hanya ditambah daun pandan, gula merah, gula pasir, dan kelapa muda. Cara membuatnya, pertama cambur semua bahan untuk membuat adonan kemudian dibentuk menjadi bola-bola kecil. Didihkan air untuk merebus dan masukkan adonan bola tersebut. Setelah itu masak lagi air dengan santan dan masukkan bahan untuk membuat saus. Setelah saus jadi, masukkan adonan berbentuk bola-bola tadi dan aduk hingga mendidih. Setelah jadi, sajikan dengan tambahan taburan parutan kelapa.

Itulah beberapa sajian makanan khas Lombok yang dapat memanjakan perut kamu saat berkunjung ke Pulau Lombok. Jangan mengaku sudah ke Lombok jika belum mencoba semua jenis kuliner khas lombok ini ya. Ngomong-ngomong, dari sekian banyak sajian kuliner tersebut, mana aja nih yang jadi favorit kamu? Tuliskan di komentar ya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */