Surganya Wisata Indonesia

29 Daftar Minuman Makanan Khas Jambi yang Ciamik beserta Penjelasannya

0

Jambi merupakan nama kota sekaligus ibu kota dari provinsi Jambi yang terletak di Pulau Sumatra. Kota Jambi ini memiliki sungai besar yang membelah hampir sebagian kotanya, yaitu Sungai Batanghari. Jambi selain mempunyai potensi wisata yang beragam juga kaya akan pesona kuliner yang mampu memanjakan perut anda. Bagi anda, perantau asal Jambi maupun yang sudah berkunjung ke Jambi, pasti pernah merasakan satu dari sekian banyak sajian kuliner makanan khas Jambi berikut ini. Rasa kuliner Jambi yang khas dan lezat membuat orang-orang tidak akan pernah melupakannya. Nah, apa saja makanan khas Jambi yang wajib dicoba? Berikut daftar dan penjelasannya.

Tempoyak

tempoyak_jambi
Instagram by @saramakan

Makanan khas Jambi tempoyak merupakan sajian kuliner yang terkenal di seantero Jambi. Berasal dari fermentasi buah durian, tempoyak ini biasanya dikonsumsi bersama dengan nasi putih. Tempoyak juga bisa dimakan langsung, hanya saja rasanya sangat asam sehingga tidak banyak orang yang suka dengan rasa dan aroma dari tempoyak itu sendiri. Selain itu, tempoyak juga bisa dijadikan salah satu bahan dalam bumbu masakan. Tempoyak ini bisa bertahan lama karena adanya garam yang dibubuhkan saat pengolahannya. Untuk itu, tempoyak merupakan salah satu jenis kuliner khas Jambi yang cocok juga dijadikan oleh oleh.

Kue Srikaya

kue_srikaya
Instagram by @tiwipanigoro

Makanan khas daerah Jambi yang satu ini terbuat dari campuran tape dan santan yang diberi pewarna makanan hijau alami dari daun pandan, sehingga selain berwarna hijau, kue ini memiliki aroma khas pandan. Selain bahan tersebut, ditambahkan juga gula dan rempah-rempah. Karena pembuatannya menggunakan daun pandan, maka kue srikaya ini mempunyai rasa yang lezat dan aroma yang wangi. Biaya pembuatannya cukup murah sehingg cocok bila disajikan sebagai makanan bagi tamu saat ada acara di rumah. Kue ini juga bisa dijadikan oleh oleh bagi anda yang berkunjung ke Jambi.

Gulai Tepek Ikan

gulai_tepek_ikan
Instagram by @inaonik

Makanan khas Jambi gulai tepek ikan juga terkenal akan kelezatannya. Tepek ikan merupakan sajian yang diolah dengan bumbu gulai sedangkan tepek ikannya sendiri dibuat mirip dengan pempek. Jadi gampangnya, tepek ikan ini mirip pempek yang disiram dengan kuah gulai, bukan dengan kuah cuko. Ikan yang dipakai untuk membuat gulai tepek ikan adalah jenis ikan tengiri atau ikan gabus. Gulai tepek ikan mempunyai cita rasa segar karena ada irisan nanas di dalamnya yang memberi rasa asam. Gulai tepek ikan dapat anda temui saat terdapat pageleran acara adat di Jambi atau ada pernikahan adat Bengkulu.

Dodol Kentang Kerinci

dodol_kentang_kerinci
Instagram by @deamoramar

Kerinci salah satu wilayah di provinsi Jambi tidak hanya menyimpan pemandangan alam serta deretan pegunungan yang indah, namun juga surga bagi berbagai jenis tanaman pertanian yang subur. Kentang merupakan salah satu hasil pertanian yang tumbuh subur disini. Masyarakat daerah Kerinci biasa mengolah kentang ini menjadi dodol Kerinci. Dodol kentang kerinci mempunyai tekstur lembut, kenyal dan rasanya manis. Bahan baku yang digunakan untuk membuat dodol kentang kerinci diantaranya adalah kentang, gula, tepung ketan putih, kelapa, garam, vanili, dan tambahan bahan-bahan lainnya yang diperlukan. Adapun alat-alat yang digunakan untuk membuat dodol kentang ini diantaranya adalah sendok goreng, tungku, pisau, cetakan, saringan, baskom, kuali besi, talenan, dan juga rak penjemuran.

Gandus

gandus
Instagram by @selvia1704

Nama makanan khas Jambi selanjutnya adalah gandus. Gandus mirip dengan kue talam ebi. Warnanya putih terbuat dari campuran tepung beras, tepung sagu, garam, santan, dan juga bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih dan cabai. Kue gandus biasanya dicetak dengan cetakan berbentuk loyang persegi ataupun mangkok. Rasanya gurih karena diatasnya diberi taburan bawang goreng. Gandus banyak dijual di pasar-pasar tradisional yang ada di Jambi. Jika kesusahan menemukannya, anda juga bisa membuatnya sendiri dirumah asal alat dan bahan yang diperlukan sudah siap makan tinggal searching resep dan cara membuat gandus ini saja.

Kunjungi :  25 Makanan Khas Sukabumi Paling Enak dan Wajib Kamu Cobain

Nasi Gemuk

nasi_gemuk
Instagram by @sellykethisia

Nasi gemuk merupakan nasi yang dikukus dengan santan kelapa. Jika Jawa memiliki nasi uduk, maka Sumatra khususnya jambi mempunyai nasi gemuk. Tampilan nasi gemuk dan nasi uduk memang benar-benar mirip. Nasi gemuk pun biasa dijadikan menu andalan saat sarapan, sama dengan nasi uduk. Nasi gemuk ini juga dikenal di Malaysia dan Singapura, hanya saja sebutannya adalah nasi lemak. Seporsi nasi gemuk biasanya dijual dengan harga 4 ribu sampai dengan 6 ribu rupiah saja. Sangat murah.

Daging Masak Itam

daging_masakitam
Instagram by @syukran_14

Resep makanan khas Jambi bernama daging masak itam dapat anda temukan di internet dengan mudah. Daging masak itam merupakan olahan daging sebagai lauk memakan nasi. Tampilannya mirip dengan semur betawi yang mempunyai kuah hitam pekat dan rasanya manis serta gurih menjadi satu. Kelezatannya bisa membuat orang ketagihan juga loh! Tekstur dagingnya begitu lembut dan bumbunya meresap sampai ke dalam daging, ditambah lagi dengan rasa kecap manisnya yang sempurna.

Kue Burgo

kue_burgo_enak
Instagram by @jodeelem

Makanan khas Jambi yang satu ini rasanya sangat lezat dan proses membuatnya relatif mudah. Dikenal dengan nama burgo, sajian kuliner ini terbuat dari tepung sagu yang dicampur dengan tepung beras yang didadar dan digulung kemudian dipotong potong. Burgo disajikan dengan kuah dan lauk pelengkap berupa telur rebus. Kuahnya terbuat dari kaldu ikan yang dicampur dengan udang, membuat rasa burgo ini sangatlah nikmat. Teksturnya kenyal ditambah cita rasa gurih yang menggugah selera. Sangat recommended untuk dicoba!

Gulai Patin

gulai_patin
Instagram by @arinathebrownsugar

Berikutnya ada makanan Jambi bernama gulai patin. Gulai patin ini dimasak dengan campuran tempoyak dan santan kelapa. Santan kelapa dipakai sebagai penawar rasa dan aroma tempoyak yang sangat menyengat. Bumbu lain yang digunakan dalam memasak gulai patin ini diantaranya adalah lengkuas, bawang merah, bawang putih, serai, kunyit, dan cabai merah. Gulai patin mempunyai ciri khas kuahnya yang berwarna kuning. Gulai patin juga dikenal sebagai kari khas Indonesia.

Cumi Cah Kangkung

cumicahkangkung
Instagram by @phitalokania

Selanjutnya ada cumi cah kangkung yang merupakan salah satu jenis varian masakan tumisan. Cah kangkung yang dimasak sedemikian rupa ditambah dengan cumi segar dan kecap ikan. Cara pembuatan masakan ini sebenarnya sama dengan membuat tumis kangkung biasa, hanya saja ditambahkan daging cumi segar dan bumbu khas. Memasak cumi cah kangkung bukanlah suatu hal yang sulit dan mudah dipraktikkan dirumah. Selain mengenyangkan, sajian kuliner ini juga mempunyai beberapa khasiat untuk kesehatan mengingat ada daging cumi yang dicampurkan ke dalam masakannya.

Kue Padamaran

kue_padamaran
Instagram by @inaonik

Makanan khas Jambi beserta resepnya berikut ini dikenal dengan nama kue padamaran. Teksturnya ringan dan merupakan salah satu jenis kue tradisional dari Jambi. Kue padamaran terbuat dari tepung beras dan santan. Cita rasanya gurih dengan teksturnya yang lembut mirip dengan bubur sumsum. Jika bubur sumsum, kinca gula merahnya disiram di bagian atas, maka pada kue pandamaran kinca gula merahnya selain disiram di bagian atas, juga dijadikan alas di bagian bawah. Kue padamaran ini berwarna hijau karena menggunakan campuran daun suji juga.

Kunjungi :  43 Minuman dan Makanan Khas Bandung yang Wajib Dicoba

Bolu Kojo

bolu_kojo
Instagram by @ratu_fortuna

Oleh oleh makanan khas Jambi bernama bolu kojo ini juga terkenal di seantero Sumatera Selatan. Bolu kojo merupakan bolu yang dicetak menyerupai bunga kamboja. Bolu kojo biasanya disajikan oleh masyarakat asli Jambi sebagai menu andalam berbuka puasa. Bolu kojo ini cocok disantap ditemani segelas teh hangat di sore hari. Selain itu, bolu kojo ini juga cocok dijadikan oleh oleh khas Jambi karena dikemas dengan kemasan modern dan mudah dibawa.

Mie Celor

mie_celor_enak
Instagram by @nuraenih_abdullah

Mie celor sajian kuliner khas Jambi yang terbuat dari adonan tepung terigu dan diolah bersama dengan sayuran, contohnya tauge dan daun sop. Banyak penjual yang menjajakan mie celor ini di sepanjang jalan yang ada di Jambi. Memakan satu porsi mie celor selain kenyang, juga dapat mengembalikan stamina tubuh karena kuahnya menyegarkan. Satu yang khas dari mie celor adalah aroma rempah dari kuahnya yang sangat kuat. Mie celor selain terkenal di Bengkulu, juga dikenal di daerah Palembang dan Padang. Hanya saja mie celor khas Jambi kuahnya tidak terlalu kental layaknya mie celor Palembang atau mie celor Padang.

Kue Putri Kandis

kue_putri_kandis
Instagram by @iyosi_salim

Berikutnya ada kuliner khas Jambi berupa kue khas Jambi. Kue basah ini namanya sangat cantik dan merupakan jajanan tradisional khas Jambi. Bentuknya kotak persegi dan terdapat tumpukan hijau, kuning, dan coklat. Untuk membua kue ini diperlukan cukup banyak kuning telur. Kue ini biasanya disuguhkan ada saat ada perayaan adat Jambi, seperti dalam acara antar belanjo.

Kue Kubang Boyo

kue_kubang_boyo

Masih dengan ulasan jenis kue khas Jambi. Kali ini ada kue kubang boyo atau kue pak ipuk atau kue anak buaya. Setiap namanya menggunakan kata buaya, karena tampilannya mirip dengan punggung hewan buaya yang sedikit muncul ke permukaan air. Kue dengan nama yang unik ini terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan pasta pandan. Adonan kue tersebut kemudian dipakai untuk membungkus isian yang isinya gula merah dan kelapa parut. Setelah matang, kue diletakkan di wadah dan disiram dengan santan atau fla. Cita rasanya tentu saja manis dan legit serta teksturnya kenyal.

Kue Muso

kue_muso
Instagram by @poppyfebriana

Satu lagi sajian kue khas Jambi yang cukup populer juga, namanya kue muso. Kue ini mirip dengan kue pie jika dilihat dari bentuknya. Bentuknya seperti mangkok dengan coklat padat dibagian pinggirnya. Bahan untuk membuat kue muso ini terdiri dari tepung ketan, tepung terigu, coklat bubuk, minyak sayur, air pandan ditambah air suji, santan, garam, air suam-suam, telur, gula pasir, dan vanili. Kue muso biasa dijadikan menu dalam berbuka puasa. Bentuknya yang kecil membuat kue ini juga sering dijadikan sebagai menu takjil.

Rambutan Goreng

rambutan_goreng
Instagram by @poetriantogog

Makanan khas Provinsi Jambi selanjutnya ada rambutan goreng. Rambutan goreng merupakan camilan khas Jambi dengan cara pengolahan sma dengan pembuatan nanas goreng. Ingat ya, yang digoreng hanya dagingnya saja tanpa kulitnya. Sebelum digoreng, daging rambutan dibiar beberapa saat sampai benar-benar kering. Kemudian diolesi bumbu untuk digoreng. setelah matang, tiriskan daging rambutan goreng. Kata sebagian orang, rasa rambutan goreng mirip dengan rasa buah kurma. Makanan yang satu ini bisa bertahan sampai dengan 6 bulan meskipun diolah tanpa diberi bahan pengawet.

Kunjungi :  35 Makanan Khas Maluku yang Menarik Banyak Wisatawan

Gulai Terjun

gulai_terjun
Instagram by @tigoragustinuss

Kuliner unik Jambi bernama gulai terjun ini biasa disajikan sebagai lauk sehari-hari oleh masyarakat asli Jambi. Bahan dasar gulai terjun adalah daging sapi atau kerbau ataupun kambing. Seperti kebanyakan gulai, kuahnya terdapat campuran santan, hanya saja teksturnya lebih encer. Gulai terjun juga terkadang disajikan bersama dengan umbut kelapa.

Kerutup Ikan

kerutup_ikan
Instagram by @dapurtanti

Makanan khas Jambi berikutnya terbuat dari daging ikan tawar, seperti nila, gurame, dan ikan mas. Ikan tersebut kemudian diolah dengan bumbu khusus untuk kemudian digoreng dengan daun kunyit agar aromanya harum. Kerutup ikan banyak disajikan di rumah makan dan warung-warung makan yang ada di sekitar kota Jambi.

Sup Tulang dan Ikan Bakar

sup_tulang
Instagram by @fuzzfaznie

Satu lagi makanan khas Jambi lengkap yang menggugah selera. Menu sup tulang disajikan dengan daging yang masih menempel ditulangnya ditambah siraman kuah bening dan taburan bawang goreng di atasnya. Sup tulang biasanya disajikan juga berdampingan dengan ikan bakar dan nasi hangat, jadilah sup tulang dan ikan bakar menjadi menu andalan di beberapa rumah makan yang ada di Jambi.

Pempek Jambi

pempek_jambi
Instagram by @risaromi

Makanan yang diolah dari daging ikan, tepung, dan bumbu bumbu khuuss ini banyak dijual di daerah Jambi. Satu sajian pempek Jambi yang cukup unik, yaitu pempek ubi jalar yang berbahan dasar ubi jalar. Memang kurang populer sih, namun ini merupakan salah satu sajian legendaris di Jambi. Pempek Jambi bisa anda temukan di pasar tradisional Kasang.

Otak Otak

otak-otak
Instagram by @palembanginfo

Berikut terdapat makanan khas Jambi dan penjelasannya yang dikenal dengan nama otak-otak. Otak otak jambi berasal dari olahan daging ikan yang dibubuhi bumbu rempah khusus khas Jambi. Otak otak hampir mirip dengan pempek.

Lempok Durian

lempok_durian
by Instagram @fiamettafebie

Sebagai daerah penghasil durian, tentunya banyak makanan olahan durian disini. Salah satunya adalah lempok durian yang sudah terkenal. Jangan kuatir tidak akan menemukan lempok durian karena hampir disetiap toko oleh oleh di Jambi menyediakan lempok durian ini.

Dodol Nanas

dodolnanas
Instagram by @sydhikdeanlimargana

Selain durian, Jambi juga surganya nanas. Nanas Jambi rasanya sangat enak sehingga diolah menjadi dodol dengan tekstur lembut dan legit. Dodol nanas banyak diproduksi di daerah Tangkit.

Duku Kumpeh

duku
Instagram by @putry_raggiel

Satu lagi buah yang banyak tumbuh di wilayah Jambi, yaitu duku kumpeh. Duku kumpeh berbuah di Kecamatan Kumpeh, Muarojambi. Rasa duku kumpeh ini sangatlah manis dengan daging yang besar. Duku kumpeh ini juga telah diekspor ke wilayah Asia Tenggara.

Kopi AAA

kopi_aaa
Instagram by @dora_oils

Jambi merupakan salah satu daerah penghasil kopi, khususnya daerah Kerinci tepatnya di Merangin dan Tanjung Jabung. Kopi AAA khas Jambi ini wajib anda jadikan oleh oleh setelah berkunjung ke Jambi karena dijamin rasanya sangat enak dan aromanya sedap.

Jus Pinang

jus_pinang

Jangan lupa catat makanan khas Jambi apa saja yang belum pernah anda coba karena dijamin setelah merasakannya pasti anda ketagihan. Bagi anda yang mempunyai rekomendasi kuliner di sekitar tempat wisata Jambi dan belum terekspose, boleh loh ditulis di kolom komentar agar semakin lengkap referensinya. Selamat mencicipi kuliner khas Jambi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */