Surganya Wisata Indonesia

22 Macam Macam Makanan Khas Daerah Gorontalo Beserta Penjelasannya

0
22 Macam Macam Makanan Khas Daerah Gorontalo Beserta Penjelasannya
Nilai Artikel Ini

Sebagai salah satu wilayah yang terletak di Indonesia, pastinya Gorontalo juga memiliki keragaman budaya yang termasyhur. Selain budaya yang berkaitan dengan kesenian, ada juga budaya yang berkaitan dengan makanan. Layaknya daerah lain di Indonesia ini, berkunjung ke Gorontalo tidaklah lengkap jika kamu belum mencicipi ragam sajian makanan khas Gorontalo yang menggugah selera. Selain sajian kuliner berupa makanan berat yang mengenyangkan, Gorontalo juga mempunyai beragam cemilan dan makanan ringan yang cocok dijadikan oleh oleh khas Gorontalo. Lalu apa saja sih kuliner khas Gorontalo yang recommended untuk di cicipi? Berikut tempatwisataindonesia.id telah merangkumnya dalam artikel daftar rekomendasi makanan khas Gorontalo yang wajib kamu coba :

Ayam Iloni

ayam_iloni
Instagram by @angelica_rarung

Makanan khas Gorontalo ayam iloni merupakan makanan berbahan dasar ayam yang dimasak menggunakan bumbu khas Gorontalo. Makanan khas Gorontalo ini banyak di jual di warung-warung yang ada di sekitar Gorontalo. Apabila kamu ingin membuatnya dirumah, kami akan memberikan resep yang bisa kamu coba dirumah. Ayam iloni biasanya menggunakan bagian dada ayam yang dicampur dengan bumbu rempah dan ditambahkan santan. Setelah selesai dicampurkan, kemudian ayam tersebut dipanggang hingga matang dan ayam iloni siap disajikan.

Binte Biluhuta

binte_biluhuta
Instagram by @fannylatte

Makanan khas Gorontalo binte biluhuta atau nama lainnya adalah sup jagung. Mungkin makanan ini jarang kamu dengar. Apabila kamu berkunjung ke Gorontalo sebaiknya kamu mencoba makanan khas gorontalo ini. Makanan binte biluhuta terbuat dari jagung yang dicampur dengan ikan atau udang dan ditambah dengan bumbu khas Gorontalo, sehingga menimbulkan rasa manis, asin dan pedas bercampur menjadi satu. Satu informasi tambahan ternyata binte biluhuta ini mempunyai nama lain makanan khas Gorontalo milu siram.

Kue Sabongi

kue_sabongi_combro
Instagram by @craving.licious

Kota Gorontalo mempunyai kue khas masyarakat Gorontalo yang bernama kue sabongi. Kue ini banyak ditemukan di warung pinggir jala di Kota Gorontalo. Kue sabongi sebenarnya hampir mirip dengan kue combro. Kue sabongi menggunakan ketela yang diparut sama halnya dengan combro, yang membedakan adalah bagian dalam kue. Kalau kue combro menggunakan gula merah sebagai isi, kue sabongi menggunakan pisang raja yang telah dipotong-potong. Kue sabongi akan bertekstur lebih renyah daripada kue combro. Jadi tidak ada salahnya kamu mencoba kue sabongi apabila berkunjung ke Kota Gorontalo.

Tili Aya

tiliaya
Instagram by @neevanodra

Macam macam makanan khas Gorontalo salah satunya adalah tili aya. Tili aya adalah makanan yang bahan utamanya adalah gula merah. Cara memasak tili aya sebagai berikut, pertama tama gula merah di kukus menggunakan loyang yang dicampuri dengan santan. Kemudian didiamkan beberapa saat hingga matang, kemudian tii aya siap disajikan. Paling enak masakan khas Gorontalo tili aya dimakan pada waktu masih panas, ditambah lagi dengan segelas kopi maupun teh hangat. Makanan khas Gorontalo ini sangat mudah ditemukan karena masih banyak orang yang menjual makanan tili aya.

Ilabulo

ilabulo_gorontalo
Instagram by @d_fatmawatyk

Makanan khas Gorontalo ilabulo adalah makanan yang terbuat dari olahan ayam. Ilabulo biasanya dijadikan lauk oleh masyarakat Gorontalo. Makanan ilabulo menggunakan hati ayam, ampela ayam dan juga lemak ayam. Cara memasak makanan ilabulo ini adalah dengan mencampurkan bahan utama tersebut dengan pisang sepatu, bawang merah, bawang putih, lada putih, garam halus, tepung sagu, minyak sayur, santan dan air secukupnya. Semua bahan tersebut kemudian dicampurkan dan terakhir dibungkus dengan daun pisang untuk kemudian dibakar hingga matang. Ilabulo siap disajikan.

Kunjungi :  23 Makanan Khas Bengkulu beserta Gambar dan Penjelasannya

Bilenthango

bilen_thango
Instagram by @angginurmala

Makanan khas Gorontalo yang satu ini mungkin terasa asing bagi yang belum pernah mendengarnya. Bahkan terkadang ada yang mengira bahwa makanan bilenthango adalah makanan yang berasal dari luar negeri. Ternyata makanan bilenthango adalah makanan khas Gorontalo yang berbahan utama ikan. Resep membuat makanan bilenthango adalah sebagai berikut. Pertama tama ikan dibelah menjadi dua bagian, biasanya makanan bilethango menggunakan ikan goropa atau yang lebih dikenal dengan ikan kerapu. Ikan tersebut kemudian digoreng dengan campuran daun pkamun. Cara menggoreng makanan bilenthango tidak seperti biasanya menggoreng ikan, cara menggorengnya tidak dibalik agar dibagian bawahnya akan terasa lebih renyah dan dibagian atas akan terasa lebih lembut. Kemudian ditambahkan bumbu rempah-rempah yang hampir mirip dengan bumbu rica-rica kemudian ditambahkan sedikit perasan jeruk.

Sashimi Tuna

sashimituna
Instagram by @emily_morgan94

Makanan khas daerah Gorontalo yang satu ini mungkin membuat kamu yang membaca bertanya-tanya. Apa benar ada makanan khas Gorontalo berupa sashimi? Ya, karena biasanya sashimi adalah makanan khas dari Negara Jepang yang sudah sangat terkenal. Tetapi Kota Gorontalo mempunyai makanan khas yang mirip dengan sashimi yang ada di Jepang, hannya saja memiliki cita rasa yang berbeda. Jika kamu penasaran ingin mencoba makanan sashimi tuna khas Gorontalo, kamu haru mampir ke warung-warung seafood yang dekat dengan pelabuhan. Yang membedakan sashimi tuna khas Gorontalo dengan sashimi Jepang adalah campuran daging tunanya. Sashimi tuna khas Gorontalo menggunakan sambal dabu-dabu sebagai campuran daging tuna, sehingga menimbulkan cita rasa pedas yang khas yang hanya bisa kamu temukan di Gorontalo. Maklum saja jika kota Gorontalo menghasilkan makanan khas yang berbahan baku ikan tuna, hal ini disebabkan karena Gorontalo merupakan penghasil tuna yang besar dan sudah terkenal hingga ke luar negeri.

Es Brenebon

es_brenebon
Instagram by @sendysenn

Selanjutnya ada minuman khas kota Gorontalo es brenebon atau yang lebih dikenal dengan es kacang merah. Es brenebon paling enak dinikmati pada waktu siang hari karena dapat menyegarkan dahaga saat siang yang terik. Es brenebon sangat mudah untuk dihidangkan menggunakan bahan bahan berupa kacang merah,daun pkamun, gula merah, gula pasir, air rebusan kacang merah, air secukupnya, susu kental manis dan ditambah dengan es serut. Kesemuanya mudah didapat sehingga kamu bisa membuatnya sendiri.

Sate Tuna Gorontalo

sate_tuna_gorontalo
Instagram by @fiochantik

Gorontalo terkenal dengan wilayah perairan lautnya melimpah dengan ikan, apalagi ikan tuna. Pantas saja olahan khas Gorontalo tidak lepas dari olahan hasil laut, salah satunya adalah sate tuna khas Gorontalo. Sate tuna khas Gorontalo ini banyak dijual di Kota Gorontalo, apalagi warung dekat pelabuhan Gorontalo. Resep sate tuna sebenarnya hanya biasa saja seperti sate dari olahan daging yang lainnya. Tetapi ikan tuna yang dibuat menjadi sate merupakan sajian kuliner yang rasanya lezat. Rasanya dijamin berbeda dengan olahan sate dengan daging lain. Daging pada sate tuna akan terasa lebih lembut dan bumbu sate tuna akan lebih meresap dibandingan olahan sate yang lainnya.

Kue Karawo

kue_karawo
Instagram by @verasoedjono

Makanan khas Gorontalo yang satu ini paling cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Gorontalo. Makanan khas Gorontalo kue karawo ini ada juga yang menyebut dengan nama kue kerawang. Kue karawo oleh masyarakat Gorontalo biasanya disajikan pada waktu hari-hari besar seperti hari raya idul fitri, acara ulang tahun, hari natal, dan hari hari besar lainnya. Kue karawo sekarang ini terdapat varian rasa yang cukup menarik sehingga membuat orang yang memakannya tidak bosan. Aneka rasa kue karawo antara lain rasa keju, rasa coklat, rasa kopi dan rasa strawberry.

Kunjungi :  38 Makanan Khas Banyuwangi Jawa Timur yang Diburu Wisatawan

Sayur Putungo

putungo
Instagram by @rayana_anastasya

Makanan khas Gorontalo yang satu ini cocok dijadikan lauk untuk makan. Sayur putungo adalah olahan makanan dari jantung pisang. Makanan ini hampir sama dengan makanan khas daerah Jawa yang menggunakan bahan utamanya juga dari jantung pisang. Tapi jangan menyamakan sayur putungo dengan yang ada di daerah Jawa karena sayur putungo memiliki rasa yang sangat berbeda dengan yang ada di Jawa. Kalau kamu berkunjung ke Gorontalo, coba saja makanan sayur putungo yang dijual diwarung-warung pinggir jalan.

Duduli

duduli

Makanan khas provinsi Gorontalo ini paling cocok dijadikan buah tangan bagi orang yang mengunjungi Gorontalo. Duduli adalah makanan yang hampir sama dengan dodol. Duduli terbuat dari gula merah yang dicampur dengan ketan dan santan. Bagi masyarakat Gorontalo, duduli merupakan lambang untuk menyambut dan sebagai bentuk perpisahan bagi orang yang berkunjung ke Gorontalo. Rasa duduli yang manis seperti mengisyaratkan bahwa masyarakat Gorontalo yang menginginkan wisatawan yang berkunjung ke Gorontalo mengingat momen berwisata yang manis dan sulit dilupakan, tekstur duduli yang lengket seperti kedekatan wisatawan dengan masyarakat setempat yang menjalin silaturahmi dengan baik. Jadi jangan lupa untuk membeli oleh oleh khas Gorontalo duduli kalau berwisata ke Gorontalo ya.

Keripik Kasubi Pahangga

keripik_kasubi_pahangga
Instagram by @debbyelfie

Cemilan khas Gorontalo yang satu ini berbentuk keripik. Keripik kasubi pahangga terbuat dari bahan utama singkong yang memiliki cita rasa yang manis. Rasa manis keluar dari campuran gula merah yang dicampur ke bahan utama. Keripik kasubi pahangga merupakan sajian cemilan khas Gorontalo yang sudah banyak dikenal oleh wisatawan dalam negeri. Cita rasanya pun enak dan berbeda dengan kerupuk dari daerah lain.

Lalampa

lalampa
Instagram by @soalpalu

Berikutnya ada kudapan khas Gorontalo yang terbuat dari ikan laut. Lalampa adalah makanan yang berbentuk kue. Makanan lalampa terdiri dari beras ketan, garam dan santan yang isinya diberi potongan daging ikan tongkol. Kue lalampa biasanya dimasak menggunakan cara dikukus dan menggunakan daun pisang sebagai bungkus agar rasa kue lalampa terasa lebih nikmat.

Perkedel Nike

perkedel_nike
Instagram by @mrs_wheeler70

Makanan khas Gorontalo yang satu ini merupakan olahan berbahan utama berupa ikan nike. Ikan nike yang bentuknya hampir sama dengan ikan teri ini diolah menjadi perkedel. Makanan ini menjadi makanan favorit masyarakat Gorontalo. Resep perkedel nike tentunya juga berbeda dengan perkedel lainnya. Perkedel nike tidak hanya di goreng saja, melainkan ditambah bumbu-bumbu khas masakan Gorontalo. Makanan ini bisa ditemukan di warung makan di daerah Kota Gorontalo.

Kue Pia Saronde

pia_saronde
Instagram by @chefeddry

Kue pia saronde khas Gorontalo ini mempunyai cita rasa yang gurih dan renyah. Kue pia saronde diambil dari nama sebuah pulau yang berada di Gorontalo. Pulau tersebut mempunyai pemandangan yang bagus dan biasanya dijadikan tempat favorit bagi wisatawan. Nama saronde juga digunakan sebagai nama tarian untuk menyambut tamu istimewa yang berkunjung ke Gorontalo.

Saraba

saraba
Instagram by @yunita_tw

Minuman khas gorontalo ini adalah minuman favorit bagi masyarakat Gorontalo pada waktu malam hari. Didaerah lain terkenal dengan minuman STMJ (susu telur madu jahe), tetapi di Gorontalo terdapat minuman saraba yang sekilas hampir mirip tetapi memiliki cita rasa yang berbeda. Minuman saraba menggunakan jahe sebagai bahan utama yang dicampur dengan santan dan menambah gula aren sebagai pemanis. Penjual saraba biasanya menggunakan gerobak dorong atau diwarung-warung pinggir jalan. Penjual biasanya menjajakan minuman saraba pada waktu malam hari.

Kunjungi :  18 Makanan Khas Papua yang Mampu Menggoyang Lidah Penikmatnya

Bubur Sagela

bubur_ayam_sagela
Instagram by @yulshintadewi

Makanan khas Gorontalo memang tidak ada matinya dengan olahan ikan. Salah satunya adalah bubur sagela. Bubur ini menggunakan ikan sagela sebagai bahan utamanya. Resep masakan khas Gorontalo bubur sagela sebenarnya tidak jauh beda dengan bubur-bubur biasanya, akan tetapi didalam bubur terdapat campuran potongan ikan sagela yang dipotong kecil-kecil hingga larut didalam bubur. Biasanya makanan bubur sagela dapat dijumpai diwarung-warung pinggir jalan pada waktu pagi dan siang hari.

Kue Popolulu

popolulu
Instagram by @fandipramana

Resep makanan khas Gorontalo kue popolulu ini menggunakan bahan utama ubi atau dalam bahasa Gorontalo disebut popolulu. Ubi yang digunakan untuk membuat kue popolulu adalah ubi merah. Cara memasak kue popolulu sangat lah mudah. Yang pertama siapkan ubi merah yang sudah dikukus, campurkan kukusan ubi merah dengan gula merah secukupnya, kemudian dibentuk seperti bola lalu campurkan dengan tepung pisang. Goreng bola ubi merah yang sudah diberi tepung pisang sampai matang. Kue popolulu khas Gorontalo siap dihidangkan.

Kue Tobu’u

kue_tobu'u
Instagram by @adith1801

Makanan khas Gorontalo dan resepnya berikut ini merupakan bahan dan cara membuat kue tobu’u khas Gorontalo. Bahan yang dipakai adalah tepung beras, gula pasir, beras pulo, nangka diiris halus, santan, susu cair, pasta pkamun, dan vanili. Setelah bahan lengkap, campur seluruhnya dan aduk rata kemudian tuang dalam cetakan yang terbuat dari daun pkamun/ setelah itu, kukus selama beberapa saat. Kemudian tuangkan lagi adonan kedua di atas adonan pertama yang sudah hampir matang ditambah irisan buah nangka. Lalu, kukus kembali sampai adonan kedua matang dan sajikan.

Kue Cara Isi

kue_caraisi
Instagram by @tiwipanigoro

Kue cara isi merupakan sajian kue khas Gorontalo yang rasanya lezat. Kue cara isi berbahan dasar tepung terigu, telur ayam, gula pasir, dan santan. Sedangkan isi dari kue cara isi adalah ikan tongkol yang dikukus dan disuwir dimasak dengan bumbu bumbu berupa bawang merah, bawang putih, merica, dan garam serta margarin. Kue ini tepat disajikan saat sedang bersantai di sore hari.

Kue Apang Colo

apangcolo
Instagram by @riniakuba

Berikutnya ada satu lagi makanan khas Gorontalo dan cara pembuatannya yang dikenal dengan nama kue apang colo. Cara membuatnya mudah, pertama campurkan tepung terigu, garam, gula, dan ragi ke dalam wadah kemudian aduk rata. Selanjutnya, masukkan santan sambil diaduk. Diamkan adonan beberapa saat dengan ditutup dengan kain basah. Sembari menunggu, panaskan cetakan apang colo kemudian tuangkan adonan apang colo yang telah didiamkan tadi sedikit demi sedikit. Biarkan hingga muncul rongga rongga di bagian permukaan adonan yang sedang dimasak. Setelah matang, angkat kue apang colo dan sajikan bersama dengan kuahnya yang terbuat dari rebusan gula merah dan daun pkamun.

Sekian dulu informasi tentang makanan khas Gorontalo yang dapat diulas oleh tempatwisataindonesia.id, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan referensi mengenai ragam sajian kuliner khas Indonesia, khususnya dari Gorontalo. Jangan lupa juga untuk membaca ulasan mengenai tempat wisata Gorontalo agar kamu tidak nyasar ketika berkunjung ke Gorontalo. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */