Surganya Wisata Indonesia

45 Daftar Makanan Khas Bogor Jawa Barat yang Paling Terkenal

0

Jika kamu merasa jenuh dengan aktifitas sehari-harimu, kamu harus mulai merencakan liburan ke beberapa destinasi wisata yang ada di Indonesia. Salah satu daerah yang kami rekomendasikan adalah Bogor. Selain Bogor, ada banyak destinasi wisata lain yang dapat kamu simak di website tempatwisataindonesia.di (Homepage). Berbicara tentang wisata Bogor, kota ini mempunyai beragam sajian makanan khas yang menggugah selera. Mulai dari makanan ringan yang cocok dijadikan cemilan dan oleh-oleh, sampai dengan makanan berat yang cocok disantap saat sarapan atau makan siang. Pada artikel kali ini akan dipaparkan mengenai makanan khas Bogor dan oleh-oleh khas Bogor yang dapat kamu simak dan dijadikan referensi, berikut ulasannya :

Toge Goreng

toge_goreng
Instagram by @nunikindar

 

Makanan khas Bogor toge goreng memang agak sulit untuk ditemukan di kota lain. Toge goreng sejatinya hanya nama saja karena toge sama sekali tidak digoreng dengan minyak. Toge tersebut justru hanya direbus dan dicampur dengan mie kuning dan irisan tahu goreng dan disiram bumbu berbahan dasar oncom dan tauco serta ditambah kecap manis.

Bapatong

Bapatong
Instagram by @dianitivona

Bapatong adalah singkatan dari bakso kupat gentong. Sesuai dengan namanya, satu porsi bapatong berisi bakso, ketupat yang dipotong berbentuk dadu, iga sapi dan kuah kaldu sapi yang diambil dari gentong atau tempat menyimpan kuah setelah dimasak. Bapatong dapat anda beli di Jalan Pangrango Nomor 1, Bogor.

Laksa Bogor

laksabogor
Instagram by @thepeakindonesia

Makanan khas Kota Bogor ini sama terkenalnya dengan laksa Betawi. Uniknya, laksa Bogor diberi campuran oncom dan tidak menggunakan mie. Teksturnya memang agak kasar karena ada parutan kelapanya, namun rasanya tetap enak dan gurih. Laksa Bogor biasanya disajikan dengan ditambah tahu kuning, telur rebus, dan taburan serundeng.

Doclang

doclang
Instagram by @faizaltea

Resep makanan khas Bogor doclang ini mudah untuk dipraktikkan. kamu bisa dengan mudah mencari resep doclang melalu internet. Doclang sekilas mirip dengan kupat tahu atau lontong sayur, isinya sejenis ketupat yang dikenal dengan pesor, irisan tahu goreng, kentang rebus goreng, telur rebus, bumbu kacang, kerupuk, emping tangkil, dan ditambah dengan kecap.

Cungkring

cungkring_bogor
Instagram by @siannegunardi

Cungkring bukan postur tubuh seseorang ya, dalam bahasa Sunda cungkring artinya kikil sapi. Cungkring merupakan potongan kikil dan bagian kepala sapi yang dimasak menggunakan bumbu kuning dan disiram dengan bumbu kacang manis. Makanan sejenis sate ini cocok disantap bersama dengan nasi ketan putih yang dicampur dengan parutan kelapa.

Ngo Hiang

ngohiang
Instagram by @ireneling22

Ngo hiang berbahan dasar campuran daging babi, udang, dan sagu yang digulung panjang mirip dengan rolade. Gulungan ini kemudian dipotong potong untuk disajikan. Mengolah ngo hiang membutuhkan lima macam bumbu yang disajikan dengan tahu dan kentang disiram kuah kental manis dan gurih. Tidak lupa tambahan acar timun, lobak dan wortelnya. Mantap sekali!

Pepes Sagu

pepes_sagu
Instagram by @kakefoodie

Makanan tradisional khas Bogor ini berbahan dasar sagu, beda daripada pepes yang biasanya kamu kenal kaaan. Pepes sagu ini bisa kamu temukan di Jalan Surya kencana yang banyak menyediakan aneka jenis sajian kuliner khas Bogor.

Es Pala

es_pala
Instagram by @novii_opi

Minuman ini sudah ada sejak jaman Belanda. Terbuat dari irisan buah pala dan gula pasir yang ditambah sedikit garam. Bahan tersebut kemudian direbus, setelah itu baru disajikan dengan diberi es. Rasanya segar dan aromanya harus. Es pala ini selain menyegarkan juga bermanfaat untuk kesehatan seperti mengatasi insomnia, mengatasi rasa mual, mengurangi nyeri datang bulan, dan melancarkan pencernaan.

Asinan Jagung Bakar

asinan_jagung_bakar
Instagram by @fulan88

Kuliner unik ini benar benar terbuat dari jagung bakar yang dicampur kuah cabai dan cuka serta gula. Citarasanya unik, perpaduan antara asam, manis, dan pedas. Asinan jagung bakar nikmat disantap dengan kerupuk mie dan irisan mentimun.

Asinan Bogor

asinan_bogor
Instagram by @dhilasina

Asinan bogor adalah kuliner hasil dari campuran budaya Tionghoa dan budaya asli Bogor. Asinan bogor terdiri dari tiga jenis, yaitu asinan buah, asinan sayur, dan campuran dari keduanya.

Kunjungi :  30 Minuman, Kuliner dan Makanan Khas Kudus Jawa Tengah Terpopuler

Bolu Lapis Sangkuriang

bolu_lapis_sangkuriang
Instagram by @mery_andriani89

Bolu lapis merupakan cara terbaru dalam menikmati talas khas Bogor. Bolu ini tersedia dalam berbagai macam topping, yaitu topping keju, choco chips, dan rainbow chips. Bolu lapis sangkuriang cocok dijadikan buah tangan karena tahan sampai dengan 4 hari apabila di simpan di kulkas.

Macaroni Panggang

makaroni_panggang
Instagram by @madameschotel

Makanan favorit dari Bogor ini mirip dengan macaroni schotel bertekstur garing di luar dan lembut di dalam. Ukuran dalam penyajiannya pun ada tiga macam, yaitu small, medium, dan large. Jika ingin dijadikan oleh-oleh, sebaiknya kamu membeli ukuran medium ataupun large.

Pia Apple Pie

pia_apple_pie
Instagram by @pia_applepie

Makanan ringan khas Bogor satu ini juga cukup populer di kalangan warga Bogor. Apple pie berbentuk hati dengan ukuran yang relatif besar. Teksturnya renyah dan garing dipadukan dengan selai apel yang lembut. Toko yang menjual apple pie berada di Jalan Pangrango Nomor 10, Bogor.

Kacang Bogor Istana

kacang_bogor_istana
Instagram by @antonismael_

Cemilan khas Bogor ini bentuknya bulat dan dalamnya berwarna ungu. Cemilan ini banyak dijajakan oleh pedagang pada bulan Februari sampai dengan April. Cocok dijadikan cemilan di kala hujan mengguyur Bogor.

Keripik Mbah Gugel

keripikmbahgugel

Makanan kering khas Bogor ini berbahan dasar singkong yang diolah dengan modern dan tersedia dalam berbagai level kepedasan. Keripik ini merupakan hasil ide kreatif anak muda asli Bogor. Cara membeli keripik ini melalui online dengan mengirim pesan kepada penjualnya langsung.

Ubi Bakar Cilembu

ubi_bakar_cilembu
Instagram by @rimadhanimumpunie

Makanan khas Sunda di Bogor yang satu ini bisa kamu temukan di kawasan Puncak. Banyak pedagang yang menjajakan ubi bakar Cilembu di sepanjang jalan menuju kawasan Puncak, Bogor. Rasanya yang manis bagai madu bisa membuat ketagihan.

Roti Unyil

roti_unyil
Instagram by @lenny_odelia_tan

Oleh-oleh makanan khas Bogor Jawa Barat yang satu ini bentuknya kecil sehingga dinamakan roti unyil. Cukup satu suapan saja ketika makan satu buah roti unyil. Rasanya sangat lezat dan cocok dijadikan cemilan. Selain itu, roti unyil biasa kamu bawa pulang ke daerah asal sebagai buah tangan karena kemasannya mudah untuk dibawa.

Mie Glosor

mie_glosor
Instagram by @cabemontoq

Sajian kuliner ini sering dijadikan menu buka puasa oleh warga muslim Bogor. Ciri khas mie ini adalah mienya berwarna kuning keemasan berbahan dasar tepung singkong dan kunyit. Rasanya pasti nikmat.

Gepuk Karuhun

gepuk_karuhun
Instagram by @karuhun_balita

Gepuk karuhun merupakan makanan yang turun temurun dari nenek moyang dan masih eksis sampai sekarang. Gepuk karuhun ini mirip dengan empal namun beda dalam pengolahan.

Bir Kotjok

bir_kotjok
Instagram by @rosamulya

Setelah banyak membahas mengenai makanan khas Bogor dan cara membuatnya, saatnya mengulas tentang minuman khas Bogor bernama bir kotjok. Minuman ini tidak memabukkan dan malah berkhasiat untuk kesehatan. Biar kotjok terbuat dari jahe merah, cengkeh, kayu manis, gula pasir, dan aren. Sama sekali tidak ada campuran alkoholnya. Minuman ini dapat kamu temukan di Jalan Surya Kencana setelah perempatan Gang Aut.

Lumpia Basah

lumpia_basah
Instagram by @yummyfoodsid

Lumpia basah Bogor berisikan cacahan bengkoang, tauge, tahu, dan ebi giling serta telur. Lumpianya tidak digulung dan digoreng, namun hanya disajikan dengan adonan kulit saja. Kamu bisa membeli lumpia basah di depan resto Ngo Hiang di Jalan Surya Kencana Nomor 307 mulai pukul 9 pagi sampai 6 sore.

Soto Mie Khas Bogor

soto_mie_khas_bogor
Instagram by @pojangmachaid

Soto mie adalah salah satu makanan khas Bogor Surya Kencana yang dijual di sekitar Jalan Surya Kencana. Makanan ini terdiri dari campuran mie kuning dan bihun, daging sapi, jeroan, dan risol. Kuahnya memakai kuah soto bening.

Talas Khas Bogor

talas_bogor
Instagram by @cynthia_lamusu

Makanan khas Bogor yang terkenal satu ini tentunya pernah kamu dengar dan bahkan cicipi kan? Ya, talas Bogor merupakan kuliner khas Bogor yang namanya sudah melegenda. Cara pengolahannya dengan dikukus seperti brownies dan terdiri dari dua warna, yaitu kuning di bawah dan ungu di lapisan atas. Di bagian atas biasanya diberi taburan keju.

Kunjungi :  22 Macam Macam Makanan Khas Daerah Gorontalo Beserta Penjelasannya

Soto Kuning

soto_kuning
Instagram by @dhearas

Rasanya enak dan lezat. Seperti namanya, soto ini memiliki kuah kuning dari kunyit dan santan yang bersatu. Ditambah lagi dengan bumbu rempah yang dicampur ke dalamnya. Soto kuning disajikan dengan tambahan lauk berupa babat, kikil, atau daging sesuai selera pembelinya.

Dodongkal

dodongkal
Instagram by @moonthinkbilga

Satu lagi makanan khas Bogor yang enak, namanya dodongkal. Terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan parutan kelapa dan gula aren. Rasanya gurih dan lezat sekali. Biasanya dodongkal disajikan sebagai camilan ketika ada tamu.

Brownies Pisang

brownnies_pisang
Instagram by @doyanbaking

Meskipun kuliner ini belum setenar talas Bogor dan makaroni panggang, namun tidak ada salahnya kamu mencoba brownies pisang ini. Kamu bisa membelinya di d’fla cake house yang berada di Jalan Pangrango Nomor 3, dekat dengan Taman Kencana. Rasanya sangatlah enak dan teksturnya lembut. Brownies pisang ini terdiri dari 3 rasa, yaitu rasa pisang original, rasa keju, dan rasa green tea.

Papapia

papapia
Instagram by @papapia.id

Papapia berdiri sejak tahun 2008 dan resepnya merupakan resep warisan keluarga. Rasa papapia sangat enak sehingga sulit untuk dilupakan. Jika kamu ingin membeli papapia silahkan datang ke Jalan Dalurung I Nomor 16, Bantarjati, Bogor. Satu box papapia diberi harga sekitar 25 ribu sampai dengan 30 ribu.

Sop Buah Pak Ewok

sop_buah_pakewok
Instagram by @kuliner_bgr

Sop buah yang terkenal enak dan murah ini salah satu kuliner yang legendaris di Bogor. Mulai dari anak kecil sampai orang tua doyan dengan sop buah pak ewok yang berslogan “segar, enak, dan mura” ini. Satu mangkuk sop buah pak ewok dijual dengan harga 8 ribu rupiah saja. Namun untuk sop buah durian dijual dengan harga 13 ribu rupiah.

Strudel Bogor

strudel_bogor
Instagram by @omamuda

Makanan khas Bogor Jawa Barat yang satu ini merupakan jenis kue kekinian hasil kreatifitas insan pecinta kuliner. Tampilannya unik dan menggoda berasal dari campuran asinan dan kue strudel. Perpaduan rasa manis, asam dan pedas dalam satu gigitan sungguh membuat lidah bergoyang. Strudel bogor cocok kamu jadikan oleh-oleh karena bisa bertahan hingga 7 hari bila disimpan di dalam kulkas.

Lasagna Gulung

lasagna_gulung
Instagram by @firmanfaf

Lasagna gulung disajikan dalam berbagai macam rasa, diantaranya tunas, ayam, kerang, dan beef. Tempat yang menjual lasagna gulung ini sama dengan penjual macaroni panggang. Kuliner kekinian ini patut kamu coba saat berkunjung ke Bogor.

Pizza Kayu Bakar Kedai Kita

pizza_kayubakar_kedai_kita
Instagram by @susanti_tionjaya

Kedai kita merupakan satu dari sekian banyak cafe di Bogor yang menyajikan pizza kayu bakar. Cara membuat pizza tersebut bukan dipanggang di oven modern, melainkan di bakar dengan kayu di atas sebuah tungku. Rasanya gurih dan lezat. Satu porsi pizza kayu bakar dapat kamu dapatkan dengan membayar 60 ribu rupiah saja.

Ayam Goreng Aroma

ayam_bakar_aroma
Instagram by @theomnivore

Ayam goreng aroma merupakan menu andalan di salah satu resto yang ada di Taman Kencana. Ayam goreng yang ditawarkan mempunyai rasa gurih dengan aroma yang harum. Belum lagi tambahan sambal khas yang pedas. Menambah selera makan kamu deh pastinya!

Sop Duren Lodaya

sop_duren_lodaya
Instagram by @giitayuhuuu

Sop duren lodaya merupakan nama kafe di Jalan Bangbarung Raya Nomor 69, Bogor Utara. Menu andalan dari kafe ini adalah berbagai macam varian sop berbahan dasar buah durian. Cocok bagi kamu pecinta buah durian.

Daiji Ramen

daiji_ramen
Instagram by @renno_dwina_somantri

Daiji ramen yang menyediakan sajian kuliner dari Jepang ini berada di Jalan Pajajaran. Tempatnya terbagi menjadi dua, yaitu ala ala kedai Jepang dan ala ala resto. Jika kamu ingin mencoba merasakan sensasi jejepangan di tanah Bogor, kamu harus mencoba makan di tempat ala ala Jejepangan. Rasakan sensasi makan ramen Jepang, tapi berdiri di atas tanah wilayah Bogor dengan cuaca khas Bogor yang dikenal dengan kota hujan.

Dillenia Kitchen

dillenia_kitchen
Instagram by @vonnycornellya_

Satu lagi kafe yang melengkapi kuliner khas Bogor, yaitu Dillenia kitchen. Terletak di Jalan Pajajaran Nomor 25, kafe ini menyajikan menu yang enak dan sehat. Bahkan di dalam daftar menunya diberikan uraian mengenai nutrition fact dari setiap menu yang disajikan.

Kunjungi :  45 Minuman dan Makanan Khas Semarang Jawa Tengah

Mie Janda

mie_janda
Instagram by @tika_btsarmy

Mie janda maksudnya adalah singkatan dari mie jawa sunda. Mie yang satu ini cukup terkenal bahkan sampai diliput oleh salah satu stasiun tv swasta. Mie janda dijual di rumah makan yang terletak di Ruko Bojong Depok Baru (Gaperi) blok CM Nomor 7.

Cimory

cimory
Instagram by @liyana_amoreiza

Resto yang dikenal dengan produk susu sapi dan yoghurtnya ini terletak di kawasan puncak Cisarua, Bogor. Merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi karena menyajikan berbagai macam menu olahan dari susu sapi segar langsung dari peternakan sapi dan juga olahan sosis yang rasanya berbanding lurus dengan harganya.

Bebek Pak Ndut

bebek_pak_ndut
Instagram by @adeline_hokulani

Makanan khas Bogor dari bahan hewani ini tersedia di warung Bebek Pak Ndut di Jalan Pemuda Nomor 9A, Bogor dekat dengan air mancur. Menu andalannya adalah bebek yang diiolah sedemikian rupa disajikan dengan sambal yang rasanya mantap.

Bakso Setan

bakso_setan
Instagram by @tribunjateng

Bakso setan merupakan sajian kuliner dari bakso yang ukurannya sangat besar. Bakso yang dijual disini berukuran jumbo sampai-sampai penyajiannya dipisah antara bakso dengan kuah dan mienya. Bakso setan ini dapat kamu temukan di Cimanggu atau di pertigaan taman safari puncak Bogor.

Martabak Air Mancur

martabak_air_mancur
Instagram by @julinajp

Menu andalan disini adalah martabak keju. Martabak air mancur yang terletak di air mancur, Bogor ini selalu ramai pengunjung utamanya saat weekend. Tidak jarang pengunjungnya banyak yang berasal dari luar kota juga.

Mie Rampok

mie_rampok
Instagram by @mierampok_pdkelapa

Mie rampok berisi mie basah, daun bawang, sayap ayam, dan disiram kuah kari. Biasanya disajikan bersama dengan kerupuk. Mie rampok dijual di warung makan berkonsep food street atau kaki lima yang berada di depan Cibinong City Mall, sedangkan cabangnya berada di ruko dekat SMP 2 Cibinong, Bogor.

Pizza Meteran

pizza_meteran
Instagram by @hendrikjanuar

Berbeda dengan pizza yang biasanya berbentuk bundar. Pizza yang satu ini panjangnya mencapai satu meter. Kamu bisa mencoba kuliner unik ini di restonya langsung yang berada di Jalan Binamarga dekat dengan barangsiang. Jangan lupa ceritakan rasanya ya setelah mencoba.

Ceker Ranjau

ceker_ranjau
Instagram by @raficandud

 

Makanan khas Bogor dekat stasiun yang satu ini berbahan dasar ceker ayam yang disiram dengan kuah kari pedas ditambah dengan nasi putih hangat. Tempat yang menjual ceker ranjau ini cukup terkenal di kalangan para pegawai karena buka di saat jam pulang kantor sampai dengan jam 9 malam.

Sate Sumsum dan Ginjal Sapi Pak Oo

sate_sumsum
Instagram by @claudyaulina

Sate sumsum dan sate ginjal sapi tentunya merupakan varian sate yang unik karena beda dari jenis sate yang biasanya hanya dari olahan daging. Katanya, sate di warung Pak oo ini mempunyai rasa yang sangat lezat dan aromanya harum. Tekstur masakannya pun kenyal. Sate sumsum dan ginjal sapi pak oo berada di Jalan Surya Kencana Nomor 193, pusatnya kuliner di Bogor.

Pangsit Pengantin

pangsit_pengantin_bogor
Instagram by @kuliner_story

Terakhir, makanan khas Bogor murah ini konon katanya dulu disajikan hanya untuk pasangan muda yang sedang dimabuk asmara atau pengantin baru. Tapi, sekarang banyak juga orang yang memfavoritkan sajian kuliner ini karena rasanya yang enak. Satu porsi pangsit pengantin ini terdiri dari sejenis bihun yang disajikan dengan ayam cincang, irisan daun bawang, rollade, dan juga pangsit. Memang pas jika dimakan bersama dengan pasanganmu hehe. Makanan aja bisa romantis ya, masa kamu kalah sih.

Nah, penasaran kan sama rasa makanan khas Bogor yang sesungguhnya? Makanya buruan pesan tiket ke Bogor dan rasakan sendiri sajian kuliner khasnya. Kalau mampir ke daerah puncak Bogor, jangan lupa juga untuk membeli oleh oleh khas Puncak Bogor untuk dibagikan ke teman-teman dan sanak saudara ya. Selamat berlibur dan selamat berburu kuliner khas Bogor!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */