25 Makanan Khas Kota Batam Riau yang Tidak Boleh Terlewatkan

0

Salah satu kota di Provinsi Riau yang terkenal adalah Batam. Perkembangan kota yang cepat dan kemajuannya yang pesat membuat Batam terkenal sampai ke luar negeri. Batam secara letak geografis terletak berdekatan dengan negara Singapura, sehingga jika kamu sedang berkunjung ke Batam dan berniat jalan-jalan ke Singapura tinggal menyebrang saja dengan transportasi kapal ferry. Kota Batam juga menjadi surga belanja bagi para wisatawan. Mulai dari barang original sampai dengan barang KW banyak dijual di kota Batam dengan harga yang sangat miring. Selain sebagai surga belanja, tentunya Batam juga mempunyai segudang sajian makanan khas Batam yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ulasannya :

Gong Gong

gonggong
Instagram by @mfulum

Makanan khas Batam gong gong merupakan sajian kuliner yang sangat terkenal. Gong gong adalah siput laut yang dimasak dengan cara direbus ataupun ditumis menggunakan bumbu bumbu khusus khas Batam. Meskipun menu kuliner ini mungkin banyak kamu temukan di berbagai restoran seafood, namun di Batam sendiri gong gong adalah ikon kuliner yang dapat dengan mudahnya ditemukan di semua restoran yang menyajikan kekayaan hasil laut. Satu porsi gong gong biasanya dijual dengan harga 25 sampai dengan 50 ribu rupiah tergantung cara memasak dan kualitas dari gong gong itu sendiri. Sajian yang lezat ini cocok dimakan bersama dengan keluarga besar sebagai menu makan malam.

Bingka Bakar

bingkabakar
Instagram by @bingkayasmine7rasa

Bingka bakar sebenarnya adalah kue yang berasal dari Melayu. Namun, di Batam sendiri bingka bakar mudah untuk ditemukan dan menjadi makanan khas daerah Batam. Setiap orang yang berkunjung ke Batam pasti akan menunjuk bingka bakar sebagai menu khas Batam pertama yang harus dicoba. Varian rasa bingka bakar juga beragam, mulai dari coklat, strawberry, wijen, keju, dan juga pandan. Bingka bakar mirip dengan bika ambon, hanya saja bingka bakar diolah dengan cara dipanggang menghasilkan aroma yang harum dan rasa yang sangat enak. Selain enak disantap ketika berada di Batam, bingka bakar juga cocok dijadikan oleh oleh.

Luti Gendang

luti_gendang
Instagram by @e_ndro

Cemilan khas Batam ini merupakan sajian kuliner berupa kue yang mirip dengan kroket. Namun, jika kroket berisikan ragout, luti gendang ini berisikan ikan yang dimasak dengan campuran bumbu khas tertentu. Nama lain dari luti gendang adalah roti goreng isi ikan sebagaimana apa yang terdapat di dalam adonan rotinya. Kue khas Batam ini dapat dengan mudah kamu temukan di para pedagang kaki lima yang menjajakan makanannya di pinggir jalan. Luti gendang lebih mantap jika disantap saat masih hangat.

Sop Ikan Batam

sop_ikan_batam
Instagram by @lenahamdani

Makanan enak khas Batam selanjutnya adalah sop ikan batam. Meskipun menu ini bisa kamu temukan di kota kota besar lainnya, namun tentunya akan lebih lezat dan mantap jika kamu mencoba sop ikan ini langsung saat berada di Batam. Selain rasanya nendang, kesan memakan makanan khas dari daerah asalnya langsung tentunya lebih mengena. Bahan utama dari sop ini adalah ikan tengiri. Rasanya pun mirip dengan garang asem, namun sedikit berbeda karena menggunakan bumbu khas Batam. Jangan lupa tambahan nasi putih hangat saat menyantap menu sajian kuliner yang satu ini.

Mie Sagu

mie_sagu
Instagram by @fajarirwan

Bagaimana jadinya jika bahan yang biasanya dijadikan bahan dasar membuat kue, kali ini dijadikan bahan utama membuat mie? Makanan unik dari Batam ini memang sedikit berbeda dengan mie lainnya. Ukuran dari mie sagu juga lebih besar daripada kebanyakan mie yang kita ketahui. Aroma sagu pada mie sagu ini juga sangatlah pekat. Mie sagu biasanya dimasak dengan cara digoreng sehingga tampilannya mirip kwetiaw atau mie goreng.

Kunjungi :  45 Daftar Makanan Khas Bogor Jawa Barat yang Paling Terkenal

Mie Lendir

mie_lendir
Instagram by @meyjuen_lin

Ada lagi makanan mie khas Batam yang dikenal dengan nama mie lendir. Mie lendiri sekilas mirip dengan mie kocok khas Aceh atau mie khas Medan. Namun yang pasti rasa mie lendiri ini berbeda dengan mie kocok Aceh atau mie Medan. Mie lendir merupakan sajian mie yang dicampur dengan udang, tauge, ayam, cabe, dan juga taburan bawang goreng. Mie ini mempunyai cita rasa campuran dari rasa manis, gurih, dan pedas.

Mie Tarempa

mie_tarempa
Instagram by @huicenn

Olahan mie khas Batam selanjutnya adalah mie tarempa. Mie yang dipakai dalam sajian kuliner mie tarempa adalah mie berjenis gepeng dan agak lebar. Mie ini dimasak dengan bahan bahan dan rempah rempah yang sama dengan mie goreng biasa. Hanya saja, mie tarempa ditambah dengan topping suwiran ikan tongkol atau tambahan olahan seafood sehingga rasanya menjadi sangat lezat.

Kek Pisang Villa

kekpisang_villa
Instagram by @menixnews

Makanan khas Batam untuk oleh oleh yang satu ini dikenal dengan nama kek pisang villa. Kue ini sering dijadikan oleh oleh selain bingka bakar. Bahan utama untuk membuat kue ini adalah menggunakan buah pisang. Kek pisang villa disajikan dengan berbagai pilihan topping, diantaranya keju, coklat, dan kacang. Hampir setiap toko oleh oleh di Batam menyediakan kek pisang villa. Selain enak, kemasanannya pun menarik sehingga pas dijadikan oleh oleh.

Mie Kacang Selat Panjang

mie_selat_panjang
Instagram by @theresiaerine

Satu lagi olahan mie khas Batam, yaitu mie kacang selat panjang. Selain di Batam, mie ini juga dikenal luas di Riau. Mie ini merupakan sajian kuliner berisi mie yang disiram dengan kuah kacang dengan aroma udang. Mie ini disajikan bersama dengan tauge, tahu, dan juga telur. Bagi kamu penyuka masakan pedas, saat makan mie kacang selat panjang wajib menambahkan irisan cabe rawit agar pedasnya lebih mantap.

Bilis Molen

kue_bilis
Instagram by @kuebawangbilis

Berikutnya ada bilis molen, cemilan khas Batam. Bilis merupakan nama lain dari jenis ikan teri yang diolah dengan cara dibungkus adonan tepung terigu yang biasa digunakan untuk membuat makanan bernama pisang molen. Rasa dari bilis molen adalah gurih dan lezat. Ukurannya hanya sebesar cabe rawit. Bilis molen biasanya disajikan bersama dengan secangkir kopi atau teh hangat di sore hari sembari bersantai.

Rocklate

rocklate
Instagram by @windi_sunaryo

Ke Batam kurang lengkap jika tidak membeli oleh oleh makanan khas Batam bernama rocklate. Rocklate merupakan makanan ringan berupa coklat yang dikombinasi dengan marshmallow. Teksturnya sangat lembut dan lumer di mulut ketika dimakan. Selain rasa original, rocklate juga diberi tambahan bahan lain, seperti kacang mete ataupun biskuit. Rocklate ini dapat dengan mudah kamu temukan di toko oleh oleh Batam.

Layer Cake

layer_cake
Instagram by @lifeloveandsugar

Mirip dengan kue lapis legit, kue khas Batam yang satu ini cocok dijadikan sebagai oleh oleh setelah kamu puas menelusuri kota Batam. Tampilannya yang menarik dibungkus dengan wadah yang modern dan mudah dibawa membuat wisatawan memburu layer cake ini untuk dijadikan buah tangan. Selain itu, rasanya juga tidak kalah enak dengan kue kue kekinian yang sedang hits saat ini. Rasa dari layer cake juga beragam, diantaranya ada original, cheese, mocca, fresh pandan, coklat, strawberry, dan juga masih banyak lagi. Sama seperti rocklate, layer cake akan dengan mudah kamu temukan di toko oleh oleh yang ada di seantero kota Batam. Jadi jangan takut tidak mendapatkan layer cake ini ya.

Kunjungi :  54 Daftar Minuman dan Makanan Khas Betawi Jakarta

Stik Buah Naga

stik_buah_naga
Instagram by @nananya_hay

Makanan ringan khas Batam yang satu ini terbuat dari buah naga yang terkenal sebagai salah satu buah-buahan segar yang sering dijadikan dessert. Kali ini di Batam ada buah naga yang diolah menjadi stik. Buah naga ini dipotong potong memanjang kemudian dikeringkan dengan cara digoreng di atas minyak panas. Selain cocok dijadikan cemilan, stik buah naga ini juga bisa dijadikan oleh oleh karena kemasannya bagus dan mudah dibawa. Rasanya dominan manis namun tidak terlalu kuat. Cocok di lidah orang Indonesia deh pokoknya.

Teh Obeng

teh_obeng
Instagram by @dwilestari1650

Selain sajian menu makanan khas Batam di atas, ada juga sajian minuman khas Batam yang dikenal dengan nama teh obeng. Teh ini selain dapat melepas dahaga, juga dapat menyehatkan badan karena mengandung beberapa khasiat. Berasal dari bahasa Tionghoa, nama obeng ini mempunyai arti es kosong, o artinya kosong dan beng artinya es. Teh obeng sebenarnya sama dengan teh manis biasa yang sering kita minum, namun teh obeng dibuat dari teh pilihan yang berkualitas sangat baik sehingga rasanya lebih enak dan beraroma khas ketika diseduh.

Kerapu Steam

kerapu_steam
Instagram by @bumbudesa_bali

Makanan khas Batam selanjutnya ada kerapu steam. Berbahan baku ikan kerapu sebagaimana namanya. Ikan kerapu ini diolah dengan cara disteam. Penasaran dengan cara disteam? Coba cari saja di mesin pencarian google, maka kamu akan menemukan cara mengolah ikan kerapu yang berasal dari Batam ini. Daging ikan pilihan yang masih segar diolah dengan campuran bumbu rempah rempah seperti bawang putih, jahe serta bumbu lainnya kemudian ditambah siraman saus sebagai penambah rasa. Rasanya sudah pasti dijamin enak dan lezat.

Nasi Lemak

nasi_lemak
Instagram by @smashpop

Jika selama ini kamu mengetahui nasi lemak berasal dari Malaysia, maka di Batam pun juga dikenal adanya nasi lemak. Rasanya juga tidak kalah enak dengan nasi lemak Malaysia dan tentunya lebih sesuai dengan lidah orang Indonesia. Nasi lemak biasanya disajikan sebagai menu andalan saat sarapan. Nasi lemak berisi nasi gurih yang sedikit berminyak yang berasal dari santan kelapa saat mengolahnya. Satu porsi nasi lemak biasanya disajikan bersama dengan suwiran telur, timun, dan juga ikan teri goreng.

Ba Kut Teh

bakut_teh
Instagram by @themeatmensg

Makanan khas Batam Riau yang satu ini terbuat campuran daging babi. Banyak orang yang memfavoritkan makanan ini karena rasanya enak dan bumbu khasnya meresap ke dalam daging babinya. Bagi kamu yang beragam muslim, sebaiknya tidak mencoba ba kut teh ini.

Otak otak Batam

otak_otak_batam
Instagram by @dessy_widy

Otak otak batam terbuat dari ikan makarel yang diolah dengan dicampur telur, tepung sagu, santan, dan diberi bumbu bawang putih. Campuran tersebut kemudian dibungkus menggunakan daun pisang kemudian dibakar di atas bara api. Selain nikmat disantap ditempat penjualnya, otak otak ini juga bisa kamu jadikan oleh oleh. Tapi ingat, pilih otak otak yang mentah ya nanti dibakar sendiri di rumah agar rasanya tetap terjaga.

Nasi Dagong

nasi_dagong

Makanan khas kota Batam selanjutnya adalah nasi dagong. Nasi dagong merupakan singkatan dari nasi daging gonggong. Masih ingat kan dengan gong gong? Sejenis siput yang juga dijadikan sajian masakan tersendiri. Cara pengolahan masakan ini adalah dengan mencampurkan nasi yang telah diberi bumbu rempah dan daging gonggong, kemudian dibungkus dengan daun pisang. Nasi dagong biasanya dijadikan menu andalan saat sarapan dan disajikan bersama dengan teh tarik. Satu porsi nasi dagong biasanya diberi harga 10 ribu rupiah saja.

Kunjungi :  36 Macam Macam Makanan Khas Madura Jawa Timur Wajib Dicicipi

Tapis

tapis

Tapis masuk dalam daftar makanan khas Batam yang harus kamu coba. Rasa tapis hampir mirip dengan gonggong namun lebih bersahabat dengan lidah. Tapis merupakan kerang laut yang ukurannya besar. Olahan kerang laut tersebut disajikan dalam piring kecil bersama dengan sambal cabe rawit. Cara makannya mirip dengan cara makan gong gong. Salah satu restoran yang recommended sebagai penyedia menu kuliner tapis ini adalah Restoran Jawa-Melayu yang berada di daerah Piayu Laut.

Prata

prata
Instagram by @i.makan.sg

Makanan khas Batam Indonesia berikutnya adalah prata. Sejatinya prata adalah makanan khas India, namun cukup populer di Batam sehingga menjadi khasnya daerah Batam. Prata sering dijadikan menu saat sarapan. Meskipun berasal dari budaya India, namun rasa prata di Batam sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Sajian prata ada berbagai macam, diantaranya prata polos ataupun prata telur yang terasa mirip dengan martabak telur.

Teh Tarik

teh_tarik
Instagram by @tehtarik_autentik

Puas mencoba makanan khas dari Batam, tentunya kamu juga harus mencoba salah satu minuman khas Batam. Teh tarik merupakan campuran dari teh dan susu yang diolah dengan cara cara dan teknik khusus sehingga cita rasanya menjadi khas. Setelah diolah dengan teknik khusus, teh tarik menghasilkan gelembung gelembung air yang apabila dicoba rasanya sangat berbeda.

Es Pisang Ijo

es_pisang_ijo
Instagram by @damnnday

Satu lagi minuman khas Batam yang menyegarkan yaitu es pisang ijo. Terbuat dari pisang yang dibalut dengan adonan terigu berwarna hijau dan siraman kuah serta fla yang rasanya khas membuat es pisang ijo menjadi favorit sebagian masyarakat Batam. Es pisang ijo banyak dijajakan di pinggir jalan oleh para pedagang, nikmat sekali diminum saat cuaca Batam sedang terik teriknya.

Keripik Bayam Edan

keripik_bayam_edan
Instagram by @joraganedan

Makanan berbahan dasar daun bayam yang diolah dan dikemas dalam berbagai varian rasa ini dibuat oleh salah satu UMKM yang ada di Batam. Inisiator dari keripik bayam edan adalah seorang mahasiswa politeknik negeri batam bernama hafizh faturrahman. Berawal dari usaha kecil-kecilan, sekarang keripik bayam edan sudah dikenal luas di seluruh kota Batam dan pemiliknya mempunyai omset hingga puluhan juta rupiah.

Sate Jumbo

sate_jumbo
Instagram by @windufotonesia

Sate makanan khas Batam yang satu ini sama dengan jenis sate yang sering kita temui namun berukuran lebih besar, seperti namanya sate jumbo. Kamu bisa mendapatkan sate jumbo di restoran yang terletak di kompleks Dana Graha seberang Vanholano daerah Nagoya, Batam. Selain itu kamu juga bisa menemukannya di pujasera Golden Land, Batam Centre. Cita rasanya sangat khas dan tentunya nikmat pasti akan membuat kamu ketagihan.

Nah itu dia daftar makanan khas Batam yang diulas oleh tempatwisataindonesia.id kali ini. Bagi kamu yang kebetulan sedang berkunjung ke Batam untuk menjelajahi wisata Batam, bisa mampir dulu ke tempat makan yang menyajikan sajian menu kuliner khas Batam tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk membeli oleh oleh khas Batam juga ya untuk keluarga dan teman-teman di daerah asalmu.

Please rate this

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */