Surganya Wisata Indonesia

43 Minuman dan Makanan Khas Bandung yang Wajib Dicoba

0

Makanan Khas Bandung – Bandung merupakan salah satu propinsi di Jawa Barat yang menyimpan beragam keunikan dan potensi wisata. Berwisata ke Bandung tidak akan pernah ada habisnya karena terdapat beragam pilihan wisata mulai dari wisata alam, wisata kuliner, bahkan juga wisata belanja. Bandung juga dikenal sebagai surganya belanja bagi para pelancong dikarenakan banyak sekali terdapat factory outlet dan toko-toko baju yang menjual produk dengan harga sangat murah. Sebut saja Paris Van Java yang merupakan surganya para pecinta baju-baju branded. Selain dikenal sebagai surga belanja, Bandung juga dikenal akan keragaman kulinernya. Mulai dari kuliner tradisional khas bandung sampai dengan kuliner kekinian yang saat ini sedang marak bermunculan. Berikut akan tempat wisata indonesia berikan ulasan mengenai daftar makanan khas bandung secara lengkap.

Surabi / Serabi

Serabi
by instagram @renata_widianto

Makanan khas dari bandung yang pertama adalah surabi atau serabi. Salah satu penjual surabi yang terkenal di Bandung terletak di Jalan Setiabudi. Makanan ini sedikit mirip dengan pancake, sama sama terbuat dari tepung terigu. Hanya saja jika pancake dimasak diatas kompor, sedangkan surabi dimasak dengan cara dibakar di atas tungku dengan adonan yang tebal. Cara pembuatannya inilah yang membuat cita rasa surabi khas bandung menjadi nikmat. Sebagai pelengkap anda bisa menambahkan toping berupa coklat, pisang, nangka, bahkan durian ataupun sosis ke bagian atas surabi ini.

Piscok

Piscok
by instagram @jmeriana

Piscok yang merupakan singkatan dari pisang coklat merupakan makanan khas bandung murah meriah dan banyak digemari bukan hanya oleh warga asli Bandung saja, namun juga kebanyakan pelancong. Pisang yang telah ditutup dengan kulit lumpia ini kemudian digoreng dan dilumeri coklat tebal. Sangat nikmat jika dimakan ketika masih panas. Coklatnya yang tebal akan lumer di lidah dan terasa sangat gurih. Recommended!

Cimol

Cimol
by instagram @genikayu

Cimol adalah makanan khas sunda di Bandung yang terbuat dari aci (tepung kanji) yang dibentuk bulat sedemikian rupa seperti bakso dan akan mengembang dengan sendirinya ketika di goreng dengan minyak panas. Cimol ini disajikan dengan bumbu kering layaknya basreng (bakso goreng), seperti bumbu rasa asin, bumbu rasa pedas, maupun bumbu rasa balado. Cimol ini banyak dijajakan di pinggir-pinggir jalan oleh para penjual secara berkeliling.

Siomay

Siomay
by instagram @twinkle_belly

Makanan ringan khas bandung berupa siomay ini tentunya tidak asing lagi di telinga anda, karena banyak yang menjualnya baik itu di foodcourt, rumah makan, maupun berkeliling di sekolah-sekolah dan perkantoran. Yang spesial dari siomay bandung adalah bahan dasarnya yang terbuat dari daging ikan kemudian terdapat campuran sagu dan akan terasa lebih lengkap disajikan dengan bumbu kacang. Jika anda berada di Kota Bandung, tidak ada salahnya anda menuju ke tempat makan enak di Bandung Jalan Veteran karena di lokasi tersebut terdapat Siomay Bandung Kingsley yang menjadi favorit urang Bandung.

Bandros

Bandros
by instagram @dwiesarie90

Jajanan khas bandung ini berbahan baku tepung terigu yang dibuat menjadi adonan dicampur dengan santan kelapa. Adonan sagu dan santan kelapa ini kemudian di masak di atas cetakan berbentuk cekung. Ketika adonan masih setengah matang, kemudian diberi taburan kelapa parut sembari menunggu matang dan siap untuk disajikan. Bandros akan terasa nikmat disantap ketika masih panas. Selain nikmat dan enak rasanya, bandros juga sangatlah murah.

Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom
by instagram @dianawatihartono

Kuliner nasi tutug oncom adalah salah satu makanan tradisional khas bandung yang paling enak. Nasi tutug oncom ini dibuat dengan cara di bakar dengan lebih dulu dicampur dengan bumbu oncom dan diberi sedikit tepung tapioka. Nasi tutug oncom akan lebih nikmat jika disantap dengan sambal dan ditambah sayuran. Penasaran untuk mencoba?

Peuyeum

Peuyeum
by instagram @hafizsudjono

Siapa yang tidak kenal dengan peuyeum. Hampir setiap orang yang berkunjung ke Bandung pasti akan pulang dengan membawa peuyeum. Peuyeum merupakan salah satu makanan khas daerah Bandung. Peuyeum ini mirip dengan tape, hanya saja peuyeum ini mempunyai tekstur lebih kering karena cara pembuatannya. Peuyeum biasanya disajikan dengan tambahan topping yang bervariasi.

Mie Kocok

Mie Kocok
by instagram @iin_neny

Dari beragam list aneka makanan khas bandung, mie kocok termasuk top list. Jika anda ingin mencicipi kuliner ini, maka anda dapat menemukannya di pinggir-pinggir jalan dijajakan oleh pedagang menggunakan gerobak seperti kebanyakan orang berjualan bakso. Seperti namanya, mie kocok merupakan makanan berupa mie yang bentuknya pipih dicampur dengan berbagai sayuran dan tauge serta diberi tambahan kikil sapi. Nama mie kocok muncul karena sebelum disajikan, mie dan campurannya tersebut terlebih dulu diaduk dan dikocok.

Kunjungi :  35 Makanan Khas Maluku yang Menarik Banyak Wisatawan

Gepuk

Gepuk
by instagram @iin_neny

Gepuk merupakan makanan khas yang terbuat dari daging sapi. Berikut akan diuraikan makanan khas bandung dan cara membuatnya. Pertama-tama daging sapi yang siap dimasak diiris searah dengan serat dagingnya, kemudian direbus setengah matang lalu dipukul sampai sangat lembut. Setelah daging empuk, daging tersebut kemudian direndam ke dalam bumbu yang dicampur dengan santan untuk kemudian direbus kembali sampai air santan menyusut dan disisakan segelas air santan saja. Cara penyajiannya adalah dengan menggoreng gepuk dengan sedikit minyak hingga kecoklatan. Gepuk akan terasa lebih nikmat jika disajikan dengan sambal dan nasi hangat.

Cireng

Cireng
by instagram @cirengbumbujuara

Cireng atau aci (tepung kanji) di goreng sudah sangat familiar bukan hanya di telinga masyarakat Bandung saja, namun juga hampir setiap masyarakat di pulau Jawa. Cireng merupakan makanan cemilan khas bandung yang pernah sangat terkenal di era 80-an. Cireng ini disantap dengan bumbu pelengkap berupa bumbu kering berbagai rasa maupun dengan bumbu kacang ataupun sambal pedas. Sungguh sangat menggugah selera.

Colenak

Colenak
by instagram @hendraqiu

Apakah anda tahu bahwa colenak merupakan singkatan dari cocol enak? Sebutan untuk makanan khas kota bandung yang sangat lucu ini sudah dikenal oleh masyarakat Bandung sejak tahun 1930-an. Colenak ini berasal dari peuyeum yang dibakar lalu disiram dengan cairan gula merah kental dan diberi topping parutan kelapa. Jika anda ingin menjajal colenak, maka anda disarankan datang ke kawasan Ciputra Bandung karena disitu ada penjual colenak yang telah terkenal kelezatannya.

Batagor

Batagor
by instagram @genikayu

Batagor adalah makanan khas bandung yang terkenal dan sering disandingkan dengan siomay. Tahukah anda bahwa batagor adalah singkatan dari bakso tahu goreng? Sehingga jika anda memakan batagor, anda akan melihat tampilan batagor berwarna kecoklatan. Batagor berasal dari adonan ikan dan tepung kanji ditambah dengan saus kacang dan perasan jeruk limau.

Perkedel Bondon

Perkedel Bondon
by instagram @ipamevil

Perkedel bondon termasuk dalam salah satu makanan khas bandung yang wajib untuk dicicipi. Cara pembuatannya adalah dengan dimasak diatas bara api yang dinyalakan menggunakan kayu atau arang. Perkedel bondon sangat pas dijadikan menu makan siang dipadukan dengan nasi dan sambal pedas.

Lotek

Lotek Bandung
by instagram @intanariestya

Anda tahu pecel? Nah, pecel dan lotek bisa dibilang saudara kembar karena tampilannya yang mirip. Makanan tradisional khas bandung ini akan terasa nikmat jika disajikan dengan lontong atau nasi ditambah kerupuk dan bawang goreng. Lotek adalah makanan yang terdiri dari rebusan sayuran dengan siraman bumbu kacang sebagai sambalnya. Terkadang juga ditambahkan tempe sebagai pelengkap. Mirip dengan pecel kan?

Combro

Combro
by instagram @arya.imatsuryaman

Combro atau gemet merupakan makanan khas di bandung yang berbentuk bulat terbuat dari parutan singkong dengan isian sambal oncom. Maka dari itu makanan ini dinamakan combro dari singkatan oncom di jero (di dalam). Combro ini dimasak dengan cara digoreng.

Misro

Misro
by instagram @sridamayanti_ati

Makanan khas bandung malam hari ini berbahan baku parutan singkong dengan isian gula merah. Cara memasaknya sama dengan combro, yaitu dengan cara digoreng. Misro ini cocok dipadukan dengan teh dan kopi hangat. Menyantap sepiring penuh combro lumayan bisa meredakan rasa lapar anda.

Nasi Timbel

Nasi Timbel
by instagram @tngrestaurant

Selanjutnya ada nasi timbel yang merupakan makanan khas bandung dan alamatnya ada di sekitar Jalan Bawean. Penyajian nasi timbel ini sangat menggugah selera dimana nasi putih panas dibungkus dengan daun pisang dan ditambah lauk pauk seperti tempe dan tahu, tidak lupa ada sambal dan lalapan yang melengkapinya. Nasi timbel ini cocok disantap pada saat jam makan siang tiba.

Rujak Cuka

Rujak Cuka
by instagram @goodie_mee

Rujak cuka merupakan makanan khas lembang bandung yang berbeda dengan rujak pada umumnya. Rujak cuka termasuk salah satu makanan tradisional yang terdiri dari campuran sayuran dan buah-buahan dengan ditambah bumbu rujak dan tidak lupa dibubuhi cuka guna menambah aroma sedapnya.

Wajit

Wajit
by instagram @arni.arningsih

Jika anda mencari makanan khas bandung untuk oleh-oleh, anda dapat membeli wajit yang banyak dijual di daerah Cililin. Wajit ini terbuat dari campuran beras ketan, gula merah, dan kelapa yang dimasak menjadi satu kemudian dibungkus dengan cangkang jagung. Cangkang buah jagung yang kering tidak akan lengket dengan wajitnya sehingga tidak akan sulit untuk memakannya.

Tutut

Tutut
by instagram @tomyrist

Salah satu makanan khas bandung yang terkenal dan banyak dicari adalah tutut atau sejenis keong berukuran besar dan kecil. Tutut atau keong ini dimasak menggunakan bumbu pedas dengan campuran daun salam serta sereh guna menghilangkan bau amis dari bahan bakunya.

Ulukuteuk Leunca

Ulukuteuk Leunca
by instagram @butiktumpeng

Sedikit susah untuk mengucap nama makanan khas sunda ini, meskipun rasanya sangatlah enak. Ulukuteuk leunca merupakan makanan yang terbuat dari campuran oncom dan buah leunca dan ditambah dengan bumbu-bumbu lainnya.

Kunjungi :  48 Makanan Khas Padang Sumatera Barat Cocok untuk Oleh Oleh

Karedok

Karedok
by instagram @abrurakitchen

Makanan khas bandung asli Indonesia ini berbahan utama sayuran mentah berupa timun, tauge, kacang hijau, kol, terong, dan juga kemangi. Sebelum disantap, tambahakan saus bumbu kacang agar kenikmatannya lebih terasa.

Keripik Setan

Keripik Setan
by instagram @keripikjonesbdg

Satu-satunya makanan kering khas bandung yang sudah sangat terkenal di penjuru nusantara adalah keripik setan. Bagi pecinta kuliner pedas pasti tidak asing dengan keripik pedas asli bandung bermerk keripik maicih. Nah, keripik maicih ini berisi keripik setan pedas yang dikemas lebih modern dan dipasarkan ke seluruh Indonesia. Jika anda berkunjung ke Bandung, tentunya tidak hanya merk keripik maicih saja yang dijual, banyak sekali varian keripik setan yang dijual oleh pedagang di sekitar Bandung.

Bandung Makuta

Bandung Makuta
by instagram @faizadjumaati

Sekarang sedang marak jajanan kue kekinian, salah satunya adalah makanan khas bandung makuta yang dimiliki oleh artis cantik Laudya Cintya Bella. Bandung Makuta yang baru launching beberapa bulan ini mempunyai banyak peminat dan menjadi salah satu oleh-oleh baru yang ada di Bandung. Bandung Makuta sendiri memiliki tampilan seperti snow cake dengan lima varian rasa, ada cokelat, keju, lemon, karamel, dan juga blueberry.

Seblak

Seblak
by instagram @ericekos

Makanan seblak khas bandung terdiri dari dua jenis, yaitu seblak kering dan seblak basah. Para penikmat seblak biasanya lebih menyukai level pedas. Cara membuat seblak pun sangat mudah karena berbahan dasar kerupuk mentah yang direbus agar tidak keras saat dimakan, kemudian masak kembali dengan campuran bumbu-bumbu seperti cabai, bawang putih, garam, dan kencur. Agar lebih bervariasi biasanya seblak sudah dimodifikasi dengan tambahan mie, bakso, dan juga sosis.

Tahu Jablay

Tahu Jablay
by instagram @ulindibandung

Makanan cemilan khas bandung yang mulai jarang ditemukan ini seperti namanya, berbahan dasar tahu. Namanya terdengar unik dan membuat penasaran untuk mencoba. Tahu jablay merupakan tahu yang diiris berbentuk dadu, kemudian digoreng dengan tepung krispi. Tahu jablay sangat nikmat disantap ketika masih panas bersama dengan saus tomat atau saos sambal pedas.

Basreng

Basreng
by instagram @beritalaper_id

Mungkin anda tidak mengetahui bahwa basreng atau bakso goreng adalah makanan khas bandung. Seperti namanya, makanan ini berasal dari bakso yang kemudian digoreng dan disajikan tanpa kuah. Harganya yang murah menjadikan basreng cocok untuk dijadikan cemilan. Jangan lupa untuk membubuhi bumbu berbagai rasa agar rasa basreng menjadi lebih nikmat sebelum disantap.

Kupat Tahu

Kupat Tahu
by instagram @ricky_setiawan_18

Kupat tahu khas bandung berbumbu saus kacang kental ini cukup terkenal. Saus kacang kental itu menyiram campuran potongan ketupat atau lontong dan tahu serta tauge. Ada penjual kupat tahu bandung yang legendaris di kawasan Pasar Gempol dan sering dikenal dengan sebutan Kupat Tahu Gempol. Silahkan dicoba!

Cilok

Cilok
by instagram @cilok.bandung

Cilok yang berasal dari singkatan aci dicolok ini sudah banyak mengalami revolusi harga serta rasa. Dari awal cilok ada yang hanya dibumbui dengan bumbu kacang, sekarang berevolusi menjadi cilok yang dibumbui dengan saus mayonise dan berisi macam-macam rasa.

Bandrek

Bandrek
by instagram @grandgardencafe

Sepulang dari berjalan-jalan di daerah Bandung, jangan lupa untuk singgah mencicipi dan membeli oleh-oleh minuman khas bandung bernama bandrek. Bandrek adalah minuman tradisional yang berasal dari sunda. Bandrek berkhasiat menghangatkan tubuh dan biasa disajikan saat cuaca dingin. Bahan utama dari bandrek ini adalah jahe dan gula merah serta terkadang ditambah rempah-rempah. Selain itu, bandrek juga memiliki khasiat lain seperti meringankan sakit tenggorokan dan menambah stamina.

Bajigur

Bajigur
by instagram @ona.sukiako

Eitss.. Tunggu dulu, ini bukan umpatan orang jawa sebagaimana kita ketahui. Bajigur merupakan minuman khas bandung, khususnya masyarakat sunda. Bahan utama pembuatan wedang bajigur ini adalah gula aren dan santan. Bajigur juga cocok diminum pada saat cuaca dingin dan hujan dipadukan dengan goreng-gorengan lain seperti cireng ataupun tahu lembang.

Es Goyobod

Es Goyobod
by instagram @omamuda

Es goyobod merupakan minuman dari olahan tepung sagu aren yang dibuat mirip dengan agar-agar. Bukan hanya itu, olahan tepung sagu aren ini diberi tambahan sekoteng dan alpukat ditambah dengan santan kelapa serta es serut dengan tambahan pemanis berupa sirup gula dan susu kental manis. Ada juga yang ditambah dengan roti manis. Cocok bagi anda yang hobi minum minuman manis.

Es Lilin

Es Lilin
by instagram @eslilinkitakita

Es lilin mah ceceuk, kalapa muda… tentu anda tidak asing dengan penggalan lirik tersebut kan? Tidak hanya berupa lagu, ternyata es lilin memang merupakan minuman khas sunda di bandung yang terbuat dari campuran santan, susu, dan gula. Sekarang ini, varian es lilin sudah sangat banyak mulai dari strawberry, melon, bahkan ada rasa mocca dan leci.

Kunjungi :  40 Daftar Makanan Khas Ambon untuk Kamu yang Hobby Kuliner

Pisang Molen Kartikasari

Pisang Molen Kartikasari
by instagram @rmnusaindah

Pisang molen sudah terkenal sejak dulu dan menjadi makanan oleh-oleh khas bandung yang banyak dicari oleh pelancong. Salah satu merk pisang molen yang sudah sangat terkenal adalah pisang molen kartikasari yang banyak dijual di daerah Jalan Pasteur, Jalan dago, Jalan Riau, dan di Cihampelas. Selain tersedia rasa original, pisang molen kartikasari ini juga menyediakan berbagai pilihan rasa. Sekotak pisang molen kartikasari dihargai Rp 27.000,- sampai dengan Rp 35.000,-. Cukup terjangkau di kantong backpackers sekalipun.

Keripik Karuhun

Keripik Karuhun
by instagram @ari_dnd

Selain keripik maicih, ada keripik karuhun yang cocok dijadikan makanan cemilan khas bandung. Keripik karuhun ini disajikan dengan beberapa level pedas yang berbeda mulai dari level standart sampai dengan level super pedas. Tampilan dan rasanya pun hampir sama dengan keripik maicih. Harganya yang terjangkau dan tampilannya yang modern menjadikan keripik karuhun ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh setelah anda berlibur ke Bandung.

Tahu Lembang

Tahu Lembang
by instagram @tacitime

Tahu lembang adalah makanan khas lembang bandung yang diolah dari susu sapi. Hal ini menjadikan tahu lembang berbeda dengan tahu lainnya yang diolah dari adonan kedelai. Tertarik untuk mencoba? Pergilah ke daerah Lembang untuk mendapatkan tahu lembang ini.

Cuanki Serayu

Cuanki Serayu
by instagram @alejenes

Apasih bedanya cuanki serayu dengan bakso malang? Tentu saja berbeda karena cuanki serayu tidak memakai mie kuning sebagai tambahan isinya. Kuahnya yang panas dan gurih membuat cuanki serayu yang terletak di Jalan Serayu ini cocok untuk dinikmati ketika hujan atau udara sedang dingin. Meskipun begitu, kebanyakan orang datang untuk menikmati cuanki tanpa kenal cuaca karena rasanya yang begitu enak dan membuat ketagihan.

Mochi Es Krim

Mochi Es Krim
by instagram @kerambircukir

Kue Mochi sebenarnya banyak ditemui di beberapa daerah di Indonesia. Namun, di Bandung sendiri punya varian mochi yang berbeda yaitu mochi es krim. Di dalam kue mochi yang lembut dan berbentuk bulat terdapat es krim yang akan memberikan sensasi tersendiri ketika memakannya.

Kue Cubit

Kue Cubit
by instagram @addicted2food

Belum diketahui asal muasal kue cubit ini. Namun, kepopulerannya telah sampai di Kota Bandung dan menjadi jajanan favorit kota Bandung. Kue cubit ini merupakan jajanan klasik dengan beragam toping berbagai rasa. Selain toppingnya yang beragam, adonannya pun juga beragam membuat tampilan kue cubit ini menjadi sangat manis dan anda akan penasaran untuk membelinya.

Es Oyen

Es Oyen
by instagram @syafatrin

Siapa yang tidak kenal dengan es oyen? Es oyen adalah es campur yang sudah ada sejak tahun 1954 dan dijajakan secara berkeliling. Es oyen bukan hanya sekedar es campur, didalamnya terdapat irisan buah alpukat, kelapa muda, pacar cina, kolang-kaling, nangka dan ditambah es serut serta susu kental manis. Bikin ketagihan jika anda sudah mencobanya.

Es Mambo Lembang

Es Mambo Lembang
by instagram @queenmarybandung

Bagi anda yang sedang berwisata ke daerah lembang untuk berakhir pekan, jangan lupa mampir ke es mambo & yogurt Lembang yang terletak di Jalan Cijeruk Nomor 19A, Lembang. Es mambo sama seperti es lilin hanya saja berukuran lebih besar dan juga banyak varian rasanya ditambah dengan potongan-potongan kecil dari buah sesuai dengan rasanya.

Yogurt Cisangkuy

Yogurt Cisangkuy
by instagram @jendeladapur

Salah satu kuliner legendaris di bandung adalah yogurt cisangkuy. Makanan khas kota Bandung ini terletak di Jalan Cisangkuy Nomor 85, Bandung Utara. Berbeda dengan kebanyakan yogurt, yogurt disini disajikan dengan rasa yang tidak terlalu asam dan bahkan cenderung manis dan tidak terlalu kental. Terdapat 25 pilihan rasa di yogurt cisangkuy ini seperti strawberry, anggur, leci, vanila, dan mocca. Cara penyajiannya pun unik ada yang disajikan berupa juice atau non juice.

Es Cincau Kacang Merah

Es Cincau Kacang Merah
by instagram @andrydh

Jika anda sedang berwisata ke daerah Lembang, tidak ada salahnya berkunjung ke restoran Rumah Kayu Kafe Taiwan yang beralamat di BTN Pusdik Ajen Jalan Wira Nomor A22 Lembang, Bandung. Resto tersebut menjual es cincau kacang merah yang rasanya enak sekali. Tekstur cincaunya kenyal mirip jelly dan ada tambahan kacang merah sebagai topping. Sangat menyegarkan dan patut untuk dicoba.

Nah, sekian ulasan mengenai makanan khas bandung bagi anda. Jangan lupa apabila anda sedang berada di Bandung, buatlah list wisata kuliner khas bandung yang wajib dicoba berdasarkan ulasan tersebut agar liburan di Bandung anda semakin berkesan. Semakin penasaran untuk mencoba kan? Sebelum beranjak ke Bandung, simak juga daftar oleh-oleh khas bandung agar anda tidak kebingungan mencarikan buah tangan bagi teman-teman dan keluarga anda dirumah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */