Wisata ke Kedung Pedut Water Park Alami

0

Kedung Pedut – Jika dahulu kabupaten Kulonprogo masih dipandang dengan sebelah mata, namun sekarang sudah tidak lagi. Hal ini berubah setelah beberapa tempat wisata alam di Kulonprogo menjadi buruan para netizen yang hobi traveler. Salah satunya adalah Wisata ke Kedung Pedut Water Park Alami. Obyek wisata ini memadukan air terjun dengan kedung. Ya,wisata alam yang dibuka sejak 15 Februari 2015 ini mulai menjadi buruan para wisatawan.

Dinamakan Kedung Pedut sendiri karena letak wisatanya yang begitu tersembunyi di antara bukit-bukit. Hal ini membuat kedung ini kadang-kadang tertutup kabut. Sehingga masyarakat sekitar menjulukinya dengan nama Kedung Pedut, yang dalam bahasa Jawa sendiri pedut artinya adalah kabut.

Kedung Pedut Waterpark Alami
Instagram by @kedungpedut

Jalan Menuju Wisata Air Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut ini terletak di dusun Kembang Desa Jatimulyo kecamatan Girimulyo. Air terjun yang ada di kawasan wisata ini begitu cantik. Hal ini disebabkan karena air terjun memiliki dua warna, yakni putih jernih dan juga hijau turqois yang sangat natural.

Rute Kedung Pedut Jogja sendiri cukup mudah untuk ditempuh, jika Anda dari Jogja silahkan menuju ke Jl. Godean ke barat lalu ke Pasar Godean sampai melewati Sungai Progo. Setelah itu masuk ke Jl. Kiskendo beloklah kanan ke arah Goa Kiskendo.

Nah, dari wisata Goa Kiskendo belok kiri ke Desa Wisata Jatimulya. Ada pertigaan Grojogan Mudal belok kiri sampai menemukan pertigaan. Setelah Anda memasuki gerbang masuk Air Terjun Kembang Soka beloklah ke kiri menuju Air Terjun Kedung Pedut. Bagaimana? Tidak sulit bukan mencari jalan ke Kedung Pedut Waterpark Alami?

Untuk tiket masuk Kedung Pedut sendiri bisa dikatakan tergolong cukup murah. Anda hanya dikenakan tarif sebesar Rp. 3000 saja per orangnya. Untuk tarif parkir, sama seperti tarif-tarif yang dikenakan seperti kebanyakan parkir kendaraan lainnya. Untuk parkir motor Anda hanya dikenakan biaya Rp. 2.000 dan Rp.5000 untuk mobil.

Kunjungi :  9 Tempat Nongkrong Enak di Jakarta Barat yang Murah Meriah
Kedung Pedut
Instagram by @kedungpedut

Bila dihitung-hitung, Wisata Kedung Pedut Kulon Progo tergolong sangat murah meriah sekali bukan? Cukup merogoh kocek Rp.8000 saja Anda sudah dimanjakan dengan pemandangan alamnya yang luar biasa indahnya.

Eits, tapi setelah membayar tiket masuk Anda masih harus berjalan sekitar 400 meter. Jalanan setapak ini berasal dari tanah yang sudah dipadatkan dan cukup membuat Anda ngos-ngosan karena medannya yang naik turun.

Disarankan untuk Anda yang ingin berkunjung kemari untuk menggunakan sandal gunung atau sepatu. Sebab medan yang Anda lalui ini cukup licin apalagi jika sedang musim penghujan.

Meskipun berjalan dengan ngos-ngosan, sesampainya di air terjun, rasa lelah Anda akan terbayarkan dengan pemandangan alamnya yang sangat indah. Anda juga bisa berselfie-selfie ria dengan memakai latar belakang gambar Kedung Pedut.

Menikmati Sejuknya Aliran Air Yang Deras Di Kedung Pedut

Oh ya, tempat wisata ini juga bisa disebut dengan istilah Curug Kedung Pedut Water Canyon. Sebab Kedung Pedut ini masih satu aliran dengan Air Terjun Mudal dan Air Terjun Kembang Soka. Di mana aliran tersebut terdiri dari beberapa kedung lain dengan kedalaman yang beragam, mulai satu hingga empat meter.

Curug Kedung Pedut Water Canyon
Instagram by @kedungpedut

Nama-nama kedung itu adalah Merak, Merang, Lanang, Wedok dan Anyes. Adapun Kedung Pedut itu sendiri nama lainny adalah Kedung Wedok. Di antara kedung-kedung yanng lain, Pedutlah yang memiliki kompleks paling luas. Sebab Kedung Pedut memiliki air terjun tertinggi, ya sekitar 15 meter. Air terjun itulah yang biasanya digunakan untuk water canyon. Anda juga bisa berenang dan bermain-main air di kedung ini.

Tak sekedar kolam-kolam alami untuk berenang, ada beberapa wahana yang tersedia di kedung ini. Terdapat bambu sebagai jembatan dan tempat duduk yang bertebaran di sekitar kedung.

Kunjungi :  Nikmati Serunya Berwisata di Jatim Park 1 Malang

Melalui gardu pandang yang terbuat dari bambu inilah Anda bisa melihat lebih dekat air terjun yang mengalir begitu tampak lebih jernih. Bahkan dasar kedung berupa batuan kecil-kecil yang sebagian tertutup endapan kapur pun terlihat dari permukaan. Sangat menyenangkan sekali jika Anda bisa bermain air dan berenang di kedung ini. Sebab air di kedung ini berasal dari tujuh sumber mata air.

Selain air terjun Kedung Pedut ada banyak sekali tempat wisata di Kabupaten Kulonprogo yang perlu Anda coba kunjungi. Ada waduk Sermo, Taman Sungai Mudal, Goa Kiskendo, Canting Mas Puncak Dipowono, Air terjun Sidoharjo. Serta masih banyak pula tempat wisata lainnya yang berada di kabupaten Kulonprogo.

Lokasi Kebun Teh Nglinggo Samigaluh Kulon Progo sendiri juga tidak jauh dari air terjun ini. Kebun Teh ini berada di Dusun Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta.

Perkebunan teh Nglinggo berada pada ketinggian 800 mdpl yang membentang cukup luas di Pegunungan Menoreh. Banyak hal yang dapat Anda nikmati bila ada di sini, salah satunya adalah menikmati indahnya panorama delapan puncak gunung. Delapan puncak gunung itu adalah Merapi, Merbabu, Slamet, Prau, Ungaran, Sumbing, Telomoyo, dan Sindoro.

Keindahan Kedung Pedut
Instagram by @kedungpedut

Ada juga tempat wisata lain yang tak kalah menarik di Kulonprogo, yakni Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo Wates. Di Kalibiru ini Anda bisa melihat indahnya Waduk Sermo dan Perbukitan Menoreh yang begitu rimbun dan berwarna hijau. Adapula beberapa gardu pandang dengan pemandangan yang sangat menarik. Anda bisa mencapai gardu pandang ini dengan traking menyusuri jalan setapak.

Maka waktu yang tepat untuk datang ke Kalibiru adalah saat sore hari. Sebab saat sore hari itulah Anda akan disuguhkan dengan siluet senja yang mulai berganti malam. Senja yang perlahan-lahan berganti malam ini sangat indah disaksikan dari ketinggian menara pandang. Anda seolah-olah merasakan kedamaian dengan alam karena sejuknya hembusan udara yang bisa membuat pikiran kita segar kembali.

Kunjungi :  Rekomendasi 33 Tempat Wisata di Jakarta untuk Keluarga

Adapula Wisata Puncak Suroloyo Yogyakarta yang terletak di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo. Pucak Suroloyo adalah salah satu bukit tertinggi dari Pegunungan Menoreh.

Jika cuaca sedang cerah, Anda bisa menikmati pemandangan empat gunung besar di Jawa. Empat gunung tersebut adalah Merbabu, Merapi, Sumbing dan juga Sindoro. Selain Anda bisa melihat empat gunung, Anda juga bisa melihat kemegahan candi Borobudur pula yang nampak jelas dilihat dari puncak Soroloyo.

Ya, jika Anda sudah berada di Kulonprogo tak ada salahnya jika Anda mengeksplore tempat Wisata yang ada di kabupaten Kulonprogo. Sebab tempat-tempat wisata yang ada di Kulonprogo adalah wisata yang menjanjikan kedamaian dengan alam.

Mungkin seperti itulah yang bisa kami ulas dari Wisata ke Kedung Pedut Water Park Alami. Jangan lupa untuk mengeksplore berbagai wisata yang ada di Kulonprogo. Keindahan wisata ini tidak bisa Anda temukan di pusat kota Yogyakarta. Anda hanya memerlukan waktu sekitar dua jam dari kota untuk menuju ke kabupaten Kulonprogo. Rasa penat Anda dengan aktifitas di kota akan terbayar lunas seketika saat melihat indahnya wisata yang ada di Kulonprogo.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */