Rute Menuju Lokasi Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo

0

Kebun Teh Nglinggo – Anda suka sekali minum teh? Bagaimana jika teh yang Anda minum bisa Anda petik langsung dari kebunnya. Mengetahui proses pembuatan teh langsung dari depan mata. Pasti ada sensasi yang berbeda ketika minum teh dalam kemasan dengan teh hasil memetik dari kebun. Ya, ada kebun teh Nglinggo yang dibuka untuk tempat wisata. Lalu bagaimanakah Rute Menuju Lokasi Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo?

Keindahan Kebun Teh Nglinggo
Instagram by @mawarwati84

Jalan Menuju Lokasi Kebun Teh Nglinggo

Lokasi Kebun Teh Nglinggo Samigaluh Kulon Progo sendiri berada di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo , Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Lebih kebun teh Nglinggo ini berada di ujung barat Yogyakarta yaitu di pucuk perbukitan menoreh.

Rute Kebun Teh Nglinggo Yogyakarta sendiri cukup mudah ditemukan. Jika Anda berangkat dar pusat kota Yogyakarta, rute yang paling cepat Anda tempuh untuk menuju ke kebun teh nglinggo adalah melewati jalan godean. Dari tugu Jogja ambil saja arah ke barat kurang lebih 18 km menuju ke kabupaten kulon progo. Setelah Anda melewati jembatan kali progo, maka Anda akan menemukan lampu merah. Beloklah ke arah kanan dengan jarak sekitar 18 km sampai Anda menemukan lampu merah berikutnya.

Lampu merah kedua itu adalah perempatan Dekso, ambil saja arah kekiri kurang lebih 10 km sampai Anda menemukan pasar Plono. Setelah itu ikuti saja petunjuk arah ke Kebun Teh Nglinggo sampai menuju ke pintu retribusi kebun teh.

Kebun Teh Nglinggo Samigaluh
Instagram by @piknikdong

Adapun rute Kebun Teh Nglinggo dari Magelang adalah melalui jalan Magelang lurus sampai ke pasar Muntilan ambil arah ke Kalibawang sampai menemukan perempatan dekso kalibawang yang ada patung garudanya. Setelah itu belok kiri menuju Samigaluh. Ikuti jalan melewati pinggir sungai hingga jalan menanjak dan berkelok sampai pertigaan Pasar Totogan.

Kunjungi :  Terumbu Karang Indah di Pantai Kondang Merak Malang

Ambillah arah kiri hingga Anda melewati SMPN 2 Samigaluh lurus sampai pertigaan Pasar Plano ambil kanan. Setelah itu ikuti papan petunjuk dan sampailah anda ke tempat tujuan. Dari magelang ke kebun teh ini hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam. Tidak sulit kok mencari rute menuju Kebun Teh Nglinggo Pagerharjo Samigaluh Kulon Progo ini.

Jika Anda berangkat dari Yogyakarta, jalan menuju Kebun Teh Nglinggo jalan aspal yang menuju pasar Plono ke wilayah kebun teh maih buruk. Jalannya begitu sempit dan masih banyak yang berlubang. Anda harus ekstra waspada dan hati-hati jika berkendara menggunakan sepeda motor.

Kebun Teh Nglinggo
Instagram by @ajheagus

Setelah sampai ke tempat tujuan, Anda akan dikenakan biaya retribusi. Eits, tenang saja! sebab harga tiket masuk Kebun Teh Nglinggo hanya 3000 rupiah saja. murah sekali bukan? Nah, untuk asal mula penamaan Kebun Teh Nglinggo sendiri bermula dari daerah di mana kebun teh ini berada, yakni di Dusun Nglinggo.

Menikmati Keindahan Alam Kebun Teh Dari Atas Puncak

Perkebunan teh Nglinggo berada pada ketinggian 800 mdpl yang membentang cukup luas di Pegunungan Menoreh. Banyak hal yang dapat Anda nikmati bila ada di sini, salah satunya adalah menikmati indahnya panorama delapan puncak gunung. Delapan puncak gunung itu adalah Merapi, Merbabu, Slamet, Prau, Ungaran, Sumbing, Telomoyo, dan Sindoro.

Untuk dapat menikmati Kebun Teh selaksa permadani hijau, di mana letaknya berada di lereng-lereng berundak. Diperlukan perjuangan yang memakan tenaga ekstra sebab Anda akan melalui banyak tanjakan. Anda juga bisa mencapai kebun teh dengan menggunakan motor agar lebih asyik.

Wisata Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo ini sangat cocok untuk digunakan sebagai spot foto-foto Anda agar tetap kekinian. Sebab pengunjung diperbolehkan untuk berjalan-jalan di sekitar lereng perkebunan. Asalkan tidak merusak area perkebunan.

Kunjungi :  Pantai Tirang Semarang, Pantai yang Asik Untuk Mancing
Puncak Kebun Teh Nglinggo
Instagram by @lalaanjanis

Jika Anda lelah berkeliling, Anda bisa mampir ke warung-warung yang tersedia di sekitar perkebunan. Teh yang dijual merupak hasil racikan asli warga Nglinggo. Selain teh, warung-warung tersebut juga menjual berbagai cemilan.

Oh ya, selain memproduksi teh, kebun teh Nglinggo juga terkenal dengan puncak Kedeng Gunung Kukusan. Jalan menuju ke puncak ini medannya agak sulit. Masih berupa tanah liat yang benar-benar mengajak Anda untuk berolah raga ekstra. Tapi sesampainya di puncak Anda akan merasakan suasana alami pegunungan Menoreh yang sangat asri.

Di Kebun Teh Nglinggo ini, menariknya Anda bukan hanya bisa menikmati indahnya panorama alam. Tapi anda juga bisa belajar caranya bertani, beternak kambing, bercocok tanam. Dan menariknya lagi Anda juga bisa beljar tentang seni di sini.Seni yang bisa Anda pelajari di sini adalah cara membatik, membuat topeng, menari lengger dan juga jathilan.

Asyik sekali bukan? Selain bisa berwisata, belajarpun bisa dilakukan di kebun teh ini. Benar-benar paket wisata yang lengkap. Itu sebabnya ada beberapa yang mennyebut kebun teh Nglinggo dengan istilah wisata edukasi.

Km 0 Kebun Teh Nglinggo
Instagram by @adelwputri

Nah, jika Anda ingin menginap di kebun teh nglinggo, ada banyak tempat penginapan yang tersedi di sini. Anda bisa berburu sunrise saat sore hari dari puncak atau menikmati pagi hari di perkebunan teh. Tenang saja, tempat penginapan yang disediakan di kebun teh nglinggo ini sudah dengan paket lengkap, ada tempat tidur, toilet yang bersih dan paket makan khas tradisional.

Selain air terjun kebun teh Nglinggoada banyak sekali tempat wisata di Kabupaten Kulonprogo yang perlu Anda kunjungi. Ada waduk Sermo, Taman Sungai Mudal, Goa Kiskendo, Canting Mas Puncak Dipowono, Air terjun Sidoharjo. Serta masih banyak pula tempat wisata lainnya yang berada di kabupaten Kulonprogo.

Kunjungi :  Sensasi Mancing di Wisata Pantai Sadeng Gunung Kidul

Ada juga tempat wisata lain yang tak kalah menarik di Kulonprogo, yakni Obyek Wisata Puncak Suroloyo Menoreh yang terletak di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo. Pucak Suroloyo adalah salah satu bukit tertinggi dari Pegunungan Menoreh.

Jika cuaca sedang cerah, Anda bisa menikmati pemandangan empat gunung besar di Jawa. Empat gunung tersebut adalah Merbabu, Merapi, Sumbing dan juga Sindoro. Selain Anda bisa melihat empat gunung, Anda juga bisa melihat kemegahan candi Borobudur pula yang nampak jelas dilihat dari puncak Soroloyo.

Selain itu masih sama di Kulonprogo, ada wisata alam Kalibiru. Di mana lokasi wisata alam Kalibiru Yogyakarta ini berada di di desa Hagrowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak begitu sulit untuk mencari alamat wisata alam Kalibiru. Tempat ini hanya berjarak sekitar 40 Km dari pusat kota Yogyakarta atau sekitar 10 km dari Kota Wates.

Baca pula artikel kami sebelumnya yakni Harga Tiket Museum Affandi Yogyakarta. Ada baiknya Anda bukan hanya berwisata yang bernuansa alam saja. Tetapi juga ke tempat-tempat yang bersejarah seperti museum Affandi ini.

Mungkin seperti itulah yang bisa kami ulas dari Rute Menuju Lokasi Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo. Jika Anda masih bingung dengan rutenya, Anda bisa memakai aplikasi google maps agar lebih bisa membantu Anda. Selamat menikmati keindahan kebun teh Nglinggo.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */