Surganya Wisata Indonesia

View Alam Kebun Teh Jamus Ngawi yang Indah

0
View Alam Kebun Teh Jamus Ngawi yang Indah
Nilai Artikel Ini

Rute Menuju Wisata Kebun Teh Jamus Ngawi Jawa Timur

Wisata Kebun Teh Jamus Ngawi Jawa Timur
Instagram by @jelajahngawi

Kebun Teh Jamus Ngawi – Kabupaten Ngawi sepertinya memang tak pernah lepas dari kata sejarah. Banyak peninggalan-peninggalan zaman kerajaan maupun penjajahan yang masih dapat dilihat dan dipelajari oleh kita sebagai masyarakat. Keberadaannya masih terawat bahkan sebagian besar dijadikan lokasi tempat wisata yang bisa dikunjungi. Tertata rapi dan dikelola dengan baik oleh pemerintah dan pihak swasta. Tempat wisata di Ngawi yang penuh dengan suasana peninggalan masa lalu adalah Benteng Pendem Ngawi. Dilihat dari bangunannya saja, tampak jelas bahwa bangunan tua ini adalah peninggalan zaman kolonial. Ada juga Museum Trinil, museum kecil yang emendunia berkat temuannya yang fenomenal di dunia perpurbakalaan. Ada banyak fosil yang berasal dari jutaan tahun lalu yang berhasil tersingkap dan dikumpulkan di museum ini. Satu lagi tempat wisata peninggalan Belanda yang masih terjaga hingga saat ini. Wisata Kebun Teh Jamus Ngawi Jawa Timur.

Apa yang terlintas dalam benak Anda ketika mendengar wisata kebun teh? Pasti tempat wisata di daerah perbukitan yang terbentang luas dengan warna hijau yang mencolok. Aktivitas para pemetik teh yang khas dengan caping besar. Ya, tepat sekali imajinasi Anda. Selain berwisata ke puncak, untuk menikmati kebun teh ini Anda bisa berkunjung ke Kabupaten Ngawi. Bercengkerama dengan indahnya alam, bercumbu mesra dengan hawa sejuk dan angin semilir yang begitu memanjakan badan. Anda tentu akan merasa betah bersantai di tempat ini dalam waktu lama. Suasana tenang akan membuat pikiran semakin rileks. Jamus Kebun Teh ini memang tempat yang sesuai bagi Anda yang sedang berlibur mencari ketenangan ketika penat melanda dalam keseharian bekerja.

Kebun Teh Jamus Ngawi
Instagram by @fredyk14

Kebun Teh Jamus Jatim mempunyai luas wilayah sebesar 478.2 hektar. Luas tanah yang ditanami teh seluas 460 hektar, sedangkan sisanya, yaitu 60.2 hektar, ditumbuhi oleh tanaman pohon dengan batang kayu besar. Sehingga dengan adanya pepohonan rindang, kawasan Kebun Teh Jamus Ngrambe terasa semakin sejuk. Selain karena memang hawa udara yang terasa dingin. Di kebun teh ini, Anda akan mendapatkan pengalaman baru seputar berkebun di perkebunan teh yang amat luas ini. Bila Anda beruntung, Anda dapat menyaksikan proses pemetikan daun teh yang dilakukan oleh para petani. Selain itu, Anda juga dapat melihat proses pengolahan mulai dari awal pengangkutan teh ke rumah olah, sampai dengan teh siap minum. Sebagai buah tangan keluarga, Anda juga bisa membeli teh yang diperjualbelikan di sekitar lokasi perkebunan. Ada banyak macam teh yang bisa Anda nikmati di lokasi Kebun Teh Jamus Jawa Timur. Ada black tea (teh hitam), white tea (teh putih), green tea (teh hijau), dan benalu teh yang terkenal berkat kemampuannya sebagai obat. Ada pula berbagai jenis madu yang bisa Anda minum. Warung-warung terdekat yang berada di kebuh teh pun menyediakan aneka cemilan atau makanan dengan minuman tehnya yang khas.

Kunjungi :  Fasilitas Lengkap dan Jalan Menuju Pantai Teluk Biru di Banyuwangi

Di samping view utama tempat ini yaitu kebun teh, ada beberapa wisata yang disediakan oleh pengelola. Tempat-tempat tersebut berada di dalam area dan termasuk wahana wisata tambahan yang bisa dinikmati pengunjung. Namun, ada juga panorama kebun teh yang unik. Tempat tersebut sebenarnya sama saja dengan tempat lain di perkebunan ini. Hanya saja, bukit kecil yang ditempati oleh puluhan tanaman teh ini berbentuk piramida. Pohon teh tertata rapi dengan hijaunya, serta jalan-jalan setapak di samping kiri kanannya yang terlihat coklat, membuat sekilas piramida ini berbentuk seperti Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Oleh sebab itu, letak Kebun Teh Jamus Ngawi yang berterasering ini dinamakan Borobudur Hill atau Bukit Borobudur. Namun jangan sampai salah tempat ya, menyebut nama Bukit Borobudur kemudian mengarah ke Kabupaten Magelang, karena Magelang juga mempunyai Bukit Borobudur. Bukit Borobudur di Ngawi adalah Kebun Teh Jamus.

Rute Menuju Wisata Kebun Teh Jamus Ngawi Jawa Timur
Instagram by @iwang_istyo

Alamat Kebun Teh Jamus Ngawi ini berada di Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Letaknya yang berupa perbukitan ini terhampar luas di lereng Gunung Lawu. Meskipun hanya berupa kebun teh, akan tetapi lokasi ini merupakan peninggalan zaman penjajahan kolonial Belanda. Negeri Belanda yang menjajah Indonesia dalam waktu yang sangat lama ini ternyata meninggalkan banyak jejak di tanah air.

Sejarah Kebun Teh Jamus di Ngawi

Sejarah Kebun Teh Jamus di Ngawi
Instagram by @novietika0593

Kebun teh yang sudah tumbuh dan berkembang dalam kurun waktu ratusan tahun ini mempunyai perjalanan panjang. Adalah Van De Rappart, seorang warga Belanda yang merintis berdirinya perkebunan teh ini pada abad ke-18, tepatnya sekitar tahun 1866. Ia menjalankan roda kepemimpinan mengolah Kebun Teh Jamus selama 44 tahun, hingga pada akhirnya Ia meninggal pada tahun 1910. Tidak berhenti sampai di situ, usaha perkebunan ini dilanjutkan oleh putranya yang bernama Ridder Von Rappart yang juga berkebangsaan Belanda. Di tangan putranya inilah perkebunan teh mulai mengalami kemajuan, namun juga kebangkrutan. Pada tahun 1928, Ridder membangun sebuah pabrik pengolahan teh dan Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA yang masih berada dalam kawasan kebun teh.

Kunjungi :  Explore 27 Tempat Wisata di Pekanbaru dan Sekitarnya

Pada tahun 1929, kebun teh milik ayahnya ini justru dijual kepada perusahaan NV Geowehrij. Perusahaan ini adalah perusahaan milik Belanda yang ada di Indonesia dan dipimpin pula oleh warga Belanda. Satu tahun kemudian, NV Geowehrij membeli pekarangan-pekarangan yang ada di sekitar kebun untuk memperluas wilayah perkebunan terutama pabrik. Namun, ketika Jepang menduduki Indonesia, pada tahun 1942-1945, perkebunan diambil alih kepemimpinan oleh warga penjajah Jepang selama tiga tahun sampai Indonesia merdeka.

Setelah Indonesia bebas dari penjajahan, Kebun Teh Jamus dikelola oleh PT. Candi Loka. Perseroan terbatas tersebut adalah perusahaan pribumi yang menggarap lahan hingga waktu sekarang. Karena banyaknya pengunjung yang datang, sementara status kebun teh adalah sebagai wilayah perkebunan bukan tempat wisata, pada akhirnya, pemerintah Kabupaten Ngawi bekerja sama dengan PT Candi Loka untuk meminta sebagian lahan dari 478 hektar yang ada untuk berganti kepemilikan. Permintaan pemkab tersebut tidak lain dan tidak bukan hanyalah untuk mengelola sebagian wilayah perkebunan menjadi tempat wisata yang memang resmi dikelola, mendapat izin, dan terdapat pihak-pihak terkait yang memang ditugaskan untuk menjaga dan merawat tempat wisata.

Kebun Teh Jamus Ngawi Jawa Timur
Instagram by @insta_ngawi

Kebun Teh Jamus dalam menyuguhkan wisata alam ini mengusung konsep alam. Tidak ditemukan penginapan di Kebun Teh Jamus Ngawi. Konon katanya, hal ini memang sengaja dibuat demikian karena ditakutkan, pembuatan penginapan di sekitar lokasi hanya akan dimanfaatkan oleh pengunjung yang datang sebagai tempat negatif. Maka dari itu, bagi Anda yang datang dari tempat jauh dan berniat menginap di area lokasi, Anda bisa menyewa rumah-rumah penduduk setempat. Hal ini bertujuan untuk menghindari kegiatan negatif di sekitar lokasi wisata. Alternatif lainnya, Anda bisa melakukan aktivitas perkemahan di kebun teh ini. Disediakan camping area khusus bagi wisatawan yang akan melakukan kegiatan camping, baik pribadi maupun instansi. Anda dapat pula melakukan kegiatan outbond di sekitar lokasi perkemahan.

Kunjungi :  26 Tempat Nongkrong Romantis di Jakarta Murah Meriah

Ada tempat hiburan lain yang disediakan untuk pengunjung diantaranya kolam renang Sumber Lanang dan Grojogan Songo Tuk Pakel yang menyajikan pemandangan air mengalir sepanjang 25 meter. Selain itu, banyak pula pasangan calon pengantin yang menyewa tempat ini sebagai latar foto prewedding. Tak dapat dipungkiri, pemandangan perkebunan yang indah adalah daya tarik utama. Bila Anda berkunjung ke tempat ini pada waktu tertentu, Anda akan dapat melihat perlombaan di area grasstrack.

Tiket masuk wisata Kebun Teh Jamus ini adalah Rp. 8.000 saja. Selain mendapatkan tiket masuk, Anda akan mendapatkan satu bungkus teh jamus di loket masuk. Teh yang dikelola oleh pabrik di dalam kawasan wisata. Anda penasaran seperti apa aroma teh jamus ini? Sambangi saja lokasinya di Kabupaten Ngawi. Rute menuju Kebun Teh Jamus mudah dilalui, hanya saja, untuk bisa sampai ke lokasi, jalan yang harus dilewati adalah jalan pedesaan yang sempit yang hanya bisa dilalui satu lajur dengan kendaraan roda empat. Anda harus menepikan mobil Anda, ketika berpapasan dengan mobil-mobil lain yang lewat di area lokasi. Manfaatkan aplikasi google maps untuk melihat lebih jelas peta menuju Kebun Teh Jamus Ngawi.

Rute kebun teh dari Madiun yang dapat Anda lalui adalah melalui tanjakan Baron. Dari tanjakan ini Anda lurus ke arah selatan sampai ada petunjuk Kebun Teh Jamus. Setelah itu, Anda ambil jalur arah Kecamatan Sine, hingga Anda temukan pintu masuk kebun teh.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */