Jalan Jalan ke Kebun Raya Baturaden Banyumas Jateng

0

Kebun Raya Baturaden Banyumas – Selain dikenal dengan sebutan Kota Seribu Curug, Kabupaten Banyumas juga dikenal akan dataran tingginya. Berbicara tentang tempat wisata Banyumas, tidak hanya air terjun yang terkenal saja seperti Curug Kembar dengan air terjunnya yang dimana – mana, Curug Nangga yang menyuguhkan air terjun berjejer layaknya anak tangga, atau Curug Cipendok dengan keindahannya yang sudah dikenal banyak orang. Akan tetapi, terdapat salah satu objek wisata di Purwokerto ini, yaitu Kebun Raya Baturaden.

Lokasi dan Tiket Masuk Taman Bunga Kebun Raya Baturaden Banyumas 2017

Kebun raya yang satu ini jika dilihat secara sekilas mirip dengan Kebun Raya Bogor. Memang benar sekali karena jika dilihat sejarah Kebun Raya Baturaden, objek wisata ini rencananya akan dijadikan sebagai Taman Tanaman Pegunungan Jawa sejak peresmian pembukaan di tahun 2004 silam. Lanskap yang tepat serta lokasinya yang berada di tengah Pulau Jawa, menjadikan objek ini sangat prospektif sebagai objek wisata terpadu di masa yang akan datang.

Lokasi Kebun Raya Baturaden Purwokerto

Lokasi dari kebun raya yang satu ini masih berada di kawasan wisata Baturaden. Jaraknya sekitar 15 km bila Anda dari pusat Kota Purwokerto. Bila Anda dari Banyumas, maka jaraknya kurang lebih sekitar 30 km, dan perlu memakan waktu sekitar 30 – 60 menit, tergantung dari ramai atau tidaknya jalan raya menuju kesana. Selain itu, rute ke Kebun Raya Baturaden mengarah pada ketinggian sekitar 600 – 700 mdpl. Sehingga sepanjang perjalanan kesana tentu jalan yang Anda jumpai bisa dikatakan berupa tanjakan.

Taman Bunga Kebun Raya Baturaden
Instagram by @si.trii24

Disamping itu, Anda harus tetap berhati – hati karena jalan menuju Kebun Raya Baturaden Kabupaten Banyumas Jawa Tengah 53151 Indonesia ini cukup berkelok dan menanjak cukup tajam. Dan bila Anda sudah berada di kawasan Baturaden, pastikan Anda telah memarkirkan kendaraan Anda di tempat yang tepat. Karena sebenarnya semua objek wisata disana saling berdekatan, jadi untuk parkir sendiri bisa dilakukan di beberapa tempat parkir yang sudah disediakan.

Kunjungi :  42 Tempat Wisata di Kebumen yang Belum Banyak Diketahui

Untuk menuju kesana Anda bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi, silahkan Anda pilih kendaraan yang menurut Anda nyaman untuk digunakan. Dan yang pasti aman bila digunakan untuk membawa Anda bersama rombongan, baik teman – teman atau keluarga hingga ke Baturaden. Jika Anda hanya berdua atau sendiri, pilihan menggunakan kendaraan sepeda motor juga menjadi salah satu opsi terbaik yang bisa Anda pilih. Kembali lagi ke kebutuhan Anda, pastinya harus disesuaikan.

Tiket Masuk Kebun Raya Baturaden

Tiket Masuk Kebun Raya Baturaden
Instagram by @agung_pamungkass

Jika Anda bertanya tentang harga tiket masuk Kebun Raya Baturaden Kabupaten Banyumas Jawa Tengah 53151. Harganya cukup terjangkau dan tidak membuat dompet Anda tipis seketika. Untuk biaya masuknya, Anda akan dikenakan tarif 10.000 rupiah per orang. Dan untuk biaya parkir, bila Anda menggunakan sepeda motor, akan dikenakan tarif 3.000 rupiah saja. Sangat terjangkau bukan? Tempat ini akan cocok bila Anda ingin berhemat namun tetap bisa berlibur dan menikmati waktu bersama keluarga dan teman – teman. Harga tiket masuk ini sangatlah relatif murah, namun cukup memuaskan bila Anda berhasil mengitari kebun raya ini sepenuhnya.

Wisata di Kebun Raya Baturaden

Wisata di Kebun Raya Baturaden
Instagram by @baturadenpalawi

Kebun raya yang satu ini pada awalnya memiliki fungsi sebagai tempat edukasi bagi masyarakat yang ingin belajar flora dan fauna. Konsep transfer ilmu disini dibuat sesantai mungkin, menyesuaikan lokasi dan target pengunjung. Dilihat dari foto Kebun Raya Baturaden Jawa Tengah saja sudah terasa sekali kolaborasi alam dengan ilmu. Oleh karena itu, pengunjung tidak terasa bila mereka sebenarnya sedang belajar ketika memasuki kebun raya ini.

Di sini, Anda akan menemukan banyak sekali berbagai jenis tanaman, baik pohon yang akarnya sangat kokoh, tumbuhan akar merambat, dan berbagai koleksi pohon yang dapat Anda nikmati selalu. Objek yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Kebumen ini juga memiliki taman bunga sebagai isi Kebun Raya Baturaden 2016 yang sangat terkenal dikalangan para wisatawan karena keindahannya.

Kunjungi :  38 Tempat Wisata di Bandung yang Hits dan Instagramable

Jangan lupa abadikan saat – saat terbaik Anda di Kebun Raya Baturaden Purwokerto, terutama ketika Anda berada di komplek taman bunga. Gambar Kebun Kebun Raya Baturaden Kabupaten Banyumas Jawa Tengah Indonesia ini saja sangat indah apalagi aslinya, akan sangat disayangkan bila Anda tidak mengambil gambar terbaik Anda. Taman disini terlihat indah dan luar biasa. Oleh karena itu, Anda bisa saja terpana dan seakan tidak percaya bahwa taman tersebut berada di Indonesia, karena bunga – bunga yang ada di taman juga tidak hanya bunga lokal, melainkan juga bunga impor dari luar negeri.

Akan tetapi, Anda juga harus ikut menjaga taman bunga tersebut. Jangan sampai memetik, menginjak, atau bahkan sengaja merusaknya. Karena dalam beberapa tahun terakhir, Taman Bunga Kebun Raya Baturaden 2017 rusak akibat perbuatan tidak bertanggungjawab para wisatawan yang mengaku – ngaku, travellers sejati. Sangat tidak mungkin bukan seorang travellers merusak alam? Mereka harusnya juga bisa ikut membantu memelihara taman ini demi kebaikan bersama.

Selain taman bunga, terdapat pula Rumah Pohon Baturaden yang hingga saat ini masih berdiri kokoh. Sangat indah sekali, benar – benar tampak natural. Rumah pohon ini juga bisa digunakan untuk anak – anak Anda bermain, akan tepi Anda harus hati – hati ya, jangan sampai buah hati Anda terjatuh karena pengawasan yang kurang.

Bermalam di Baturaden

Bermalam di Baturaden
Instagram by @afnetandrine

Bila Anda ingin menikmati indahnya malam di Baturaden, Anda disarankan untuk bermalam disana. Meskipun ketika siang hari udara terasa panas namun sejuk, akan tetapi bila sudah malam hari suhu di Baturaden akan turun drastis dan membuat udaranya benar – benar dingin. Ketika berlibur, bawalah pakaian – pakaian yang tebal bila ingin Anda gunakan di malam hari yang sebelumnya mungkin bisa Anda simpan di salah satu penginapan di Baturaden.

Kunjungi :  Brown Canyon Semarang, View Terbaik Bagi Pecinta Fotografi

Ketika bermalam, Anda tidak perlu bingung mencari hotel karena berdasarkan denah lokasi Kebun Raya Baturaden Banyumas jarak antar lokasi masih saling berdekatan dengan objek wisata sehingga tidak telalu sulit untuk mencarinya. Fasilitasnya pun beragam, ada yang low cost ada pula yang full service. Semua pilihan pasti akan dikembalikan ke Anda, karena menyesuaikan budget liburan Anda, jangan sampai pulang – pulang liburan lalu tabungan Anda habis ya, selalu pergunakan dengan bijak.

Dari hotel yang ada, fasilitas yang ditawakan semua kembali ke harga. Bila beberapa hotel yang dekat dengan tempat wisata terlalu mahal, Anda dapat mencari hotel murah di Baturaden Purwokerto yang lokasinya tidak begitu dekat dengan tempat wisata sehingga harganya bisa sedikit berkurang.

Bagaimana? Indah bukan taman wisata yang satu ini, seakan menjadikan liburan Anda semakin sempurna. Jangan lupa catat tanggalnya kapan Anda ingin berlibur ke Baturaden. Persiapan itu penting, jadi jangan sampai ada objek yang terlewat dan barang yang tertinggal. Dan yang paling penting adalah, selalu nikmatilah liburan Anda, dan happy holidays !

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */