Surganya Wisata Indonesia

Kebun Buah Mangunan Bantul Negeri Diatas Awan

0
Kebun Buah Mangunan Bantul Negeri Diatas Awan
Nilai Artikel Ini

Tiket Masuk dan Jalan Menuju Sunrise Kebun Buah Mangunan

Bukit di Kebun Buah Mangunan
Instagram by @narendrajanapriya

Kebun Buah Mangunan Bantul – Daerah Yogyakarta memang kaya akan wisata alamnya, dari bagian barat Yogyakarta hingga bagian selatan Yogyakarta banyak sekali tempat-tempat wisata indah menawan. Membicarakan tempat wisata di Bantul, Terlebih jika menyinggung soal tempat wisata Kebun Buah Mangunan, Anda pasti dibuat penasaran. Sebagian orang mungkin belum mengenal apa itu wisata Kebun Buah Mangunan Bantul ini, namun bagi pengguna instagram aktif yang mengikuti tempat-tempat wisata atau tempat indah di Bantul sudah dibilang populer bagi mereka.

Wisata Kebun Buah Mangunan ini adalah sebuah tempat dimana pengunjung bisa melihat pemandangan alam yang sangat mempesona dari atas perbukitan, menikmati pagi hari dengan indahnya sunrise, serta pengunjung dapat merasakan kesegaran buah-buahan yang terdapat di kebun buah ini. Hal menarik dan menjadi dambaan para pengunjung adalah melihat sunrise Kebun Buah Mangunan Bantul. Jika cuaca cerah dan bersahabat, pengunjung akan disuguhi pemAndangan bukit di atas awan layaknya di puncak gunung.

Lokasi dan jalan menuju Kebun Buah Mangunan Bantul

Alamat Kebun Buah Mangunan Imogiri ini terletak di Mangunan, Desa Dlingo, Kecamatan Mangunan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Atau sekitar 35 km dari pusat Yogyakarta. Tempat wisata ini di bangun oleh pemerintah kabupaten Bantul dan mempunyai luas 23,3 hektar pada tahun 2003. Udara sejuk nan segar di Kebun Buah Mangunan lah yang membuat pengunjung betah berada di sini, karena lokasinya yang berada di ketinggian sekitar 200 mdpl.

Untuk berkunjung ke lokasi Kebun Buah Mangunan Bantul, tidak perlu khawatir akan sulit untuk sampai tujuan, sebab jika sudah memasuki kawasan Imogiri terdapat plang yang menunjukan ke arah kebun buah ini. Untuk rute menuju Kebun Buah Mangunan dari Solo cukup mudah, dari arah Jalan Solo lalu memasuki Jogja, Anda mengambil arah lurus menuju ringroad selatan dan tujuanya ke perempatan terminal Giwangan. Setelah sampainya di terminal Giwangan, pada perempatan Anda ambil arah kiri, lalu lurus saja hingga melewati dua kali traffic light lalu ambillah ke kanan, arah Jalan Imogiri Timur.

Kunjungi :  Aktivitas dan Akses Menuju Lokasi Pantai Teluk Hijau Banyuwangi
Kebun Buah Mangunan
Instagram by @arrearreanningtyas

Setelah itu Anda ikuti saja jalan Imogiri Timur sampai menemukan pasar Imogiri baru. Jika Anda sudah sampai, ambilah arah kiri. Nah, sebelum sampai ke makam Imogiri, belok kanan, Anda akan mendapati plang bertuliskan “Menuju Dlingo”. Ikuti saja plang jalan itu terus hingga menemukan lagi plang bertuliskan ‘Menuju Mangunan’. Sampailah Anda ke tempat yang Anda tuju. Jika Anda masih kesulitan, Anda bisa mencari lokasi kebun buah ini di aplikasi google maps.

Bagi seorang penikmat alam, atau penggemar fotografi, tempat wisata ini direkomendasikan jika sedang berada di Mangunan, untuk merasakan udara dingin dan dimanjakan oleh pemandangan khas hijau pepohonan serta sungai moyo yang berwarna coklat terlihat dari atas Kebun Buah Mangunan. Karena menurut denah Kebun Buah Mangunan Jogja ini terletak di kawasan perbukitan kaki Pegunungan Seribu dengan ketinggian 200 mdpl , jadi tak heran udara di sini terasa dingin dan sangat segar.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Kebun Buah Mangunan

Untuk harga tiket masuk ke tempat wisata satu ini terbilang sangat murah, pasalnya, Anda hanya membayar Rp. 5000,- per orangnya. Untuk jam buka wisata ini yaitu setiap hari, dibuka pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Romantisnya Sunrise Kebun Buah Mangunan Bantul

Sunrise di Kebun Buah Mangunan
Instagram by @arrearreanningtyas

Mentari pagi dengan cahaya perlahan semakin terang, cahaya menembus celah-celah ranting, angin semilir bertiup melambai di pepohonan hijau, Anda bisa merasakan indahnya panorama ketika matahari terbit dari atas Kebun Buah Mangunan.

Siapa saja yang memandangnya akan dimanjakan oleh kecantikan pemandangan Bukit Kebun Buah ini. Akan sangat disayangkan apabila Anda tidak menyaksikan romantisnbya sunrise dari atas bukit Kebun Buah Mangunan. Namun jangan lupa Anda untuk menyiapkan secangkir teh hangat atau kamera untuk melengkapi pagi hari di sini.

Kunjungi :  Wisata Hits Snorkeling Di Umbul Ponggok Klaten

Sunrise Kebun Buah Mangunan inilah yang selalu didambakan bagi setiap orang yang pernah mengunjungi tempat ini. Bagi Anda yang belum pernah, silahkan kunjungi dan merasakan kedamaian dipagi hari. Karena belakangan ini memang Kebun Buah Mangunan selalu menjadi tempat incaran oleh pemburu Sunrise Di Jogja maupun luar kota.

Begitupun dengan keeksotisan pemandangan waktu terbenamnya matahari dari kebun buah ini, tidak kalah romantisnya dengan keindahan sunrise. Mungkin inilah yang bisa menjadikan daya tarik tersendiri bagi kalangan traveler muda. Jika berkunjung di wisata ini selain disuguhi pemandangan romantisnya sunrise, pengunjung juga disajikan indahnya senja matahari terbenam.

kebun-buah-mangunan
by instagram @bahaum09

Namun jika Anda ingin menikmati Sunrise di tempat ini Anda bisa memutuskan untuk bermalam pada penginapan di Kebun Buah Mangunan yang telah disediakan di sekitar Kebun Buah Mangunan ini. Dari mendengar nama wisatanya saja mungkin sudah tergiur dengan beraneka ragam buah-buahan yang segar. Ya, memang sangat mungkin bagi Anda penggemar buah. Sebab, selain menikmati Sunrise di Kebun Buah Mangunan, Anda juga bisa menikmati beraneka macam buah-buahan yang tersedia.

Tetapi jangan berharap bisa mencicipi buah di wisata ini secara gratis ya, namun jangan khawatir, harga buah di sini lebih terjangkau dibanding harga toko. Di Kebun Buah Mangunan ini terdapat macam buah seperti, mangga, jeruk, rambutan, sawo, durian, matoa, jambu, kelengkeng. Harganya pun dibandrol cukup murah, mulai dari Rp.20.000,-/Kg hingga Rp.50.000,-/ Kg.

Mungkin selain Kebun Buah Mangunan Bantul, masih banyak destinasi wisata daerah Bantul lainnya yang patut Anda coba. Wisata alam yang jarak paling dekat dari Kebun Buah ini adalah Hutan Pinus Mangunan, Anda akan menikmati pemandangan jejeran pohon pinus layaknya difilm twilight. Atau tempat rekomendasi bagi Anda yang ingin berwisata sambil belajar sejarah Pangeran Diponegoro, tepatnya di wisata Goa Selarong Bantul. Atau mungkin bagi Anda yang ingin melihat gurun pasir yang sangat luas, layaknya di Gurun Sahara, Anda bisa berkunjung di Gumuk Pasir Parangkusumo, yang berada tidak jauh dari Pantai Parangtritis dan Pantai Depok.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */