Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Gembira Loka

0

Kebun Binatang Gembira Loka – Ketika liburan panjang tiba, bingung mencari tempat wisata yang cocok untuk anak-anak? Jangan khawatir, ada kebun binatang Gembira Loka yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki buah hati. Ajaklah buah hati Anda ke kebun binatang ini, dijamin buah hati Anda akan merasa senang berkunjug ke tempat ini. Lalu berapa ya Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Gembira Loka ini? Penasaran? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

Gembira Loka? What’s Inside ?

Kebun binatang Gembiralka adalah tempat wisata di Yogyakarta yang menawarkan beraneka ragam binatang. Dimulai dari binatang yang biasa Anda jumpai sampai binatang yang sudah langka. Alamat Kebun Binatang Gembira Loka berada di Jalan Kebun Raya Nomor 2, Kota Gede Yogyakarta.

Letak Kebun Binatang Gembira Loka Jogja hanya berjarak 6 Km dari Keraton Yogyakarta dan sekitar 4 Km dari Terminal Giwangan. Usahakan jika Anda ke tempat ini datang saat pagi hari agar mendapat tempat parkir. Apalagi pergi saat-saat liburan panjang, lokasi ini sangat padat pengunjung.

Gembira Loka Zoo
Instagram by @hanny_rezkyawan

Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta

Hari Biasa (Senin-Jum’at): Rp.20.000,-
Hari Libur/Akhir Pekan (Sabtu-Minggu) : Rp.25.000,-

Jam Buka Kebun Binatang Gembira Loka sendiri adalah dari jam 08.00-16.00. Jika Anda memiliki anak di bawah 3 tahun, masuk ke dalam kebun binatang ini gratis. Ketika masuk pertama di kebun binatang Gembira Loka, Anda akan memasuki museum yang erisi binatang-binatang yang sudah diawetkan.

Konsep penataan kebun binatang Gembira Loka sendiri benar-benar didesain sedemikian rupa agar pengunjung bisa mengitari seluruh kawasan ini. Sehingga tidak ada satupun kawasan binatang yang Anda lewatkan karena desain yang telah dikonsep tersebut.

Kunjungi :  Keliling di Ekowisata Taman Air Tlatar Boyolali Jateng

Apalagi jika Anda menyeberang sungai gajah wong, Anda bisa melihat gajah, orang utan, dan monyet. Lanjut berjalan ke arah selatan, di area tersebut Anda bisa melihat harimau, kancil, buaya, ikan dan areal untuk binatang melata seperti ular, kemudian kura-kura dll.

Di sebelah barat, ada area untuk berbagai macam jenis burung. Di kawasan burung ini, kadang Anda akan menemukan burung yang dilepas di sekitar tempat itu. Tidak usah takut, karena burung-burung yang dilepas itu sudah jinak, jadi Anda bisa selfie-selfie di sana bersama burung. Selain burung, Anda juga bisa melihat siamang di sisi yang paling barat.

Burung di Gembira Loka
Instagram by @_ulan.dari

Dari kawasan burung perjalanan Anda akan memasuki area hewan pinguin yang lucu-lucu. Setelah area pinguin, Anda akan menemui area di mana Anda dan buah hati Anda \ bisa melihat kuda, rusa, unta, jerapah dan yang lainnya.

Nah, lanjut ke perjalanan yang terakhir, menyisir area utara. Di area ini Anda bisa melihat melihat beruang dan binatan sejenis lainnya. Jika Anda tidak ingin kelelahan berjalan kaki untuk mengelilingi kebun binatang Gembira Loka. Anda bisa menggunakan kereta untuk mengelilingi kebun binatang Gembira Loka ini.

Tarif keretanya cukup murah, hanya Rp.5.000. Anda bisa berhenti di masing-masing halte yang tersedia di berbagai area hewan. Jadi Anda bisa turun dan melihat-lihat dulu hewan yang ada di sekitar area. Jika sudah puas memandangi, Anda bisa kembali naik kereta melalui halte terdekat.

Fasilitas yang tersedia di kebun binatang gembiraloka ini banyak sekali. Ada mushola untuk beribadah yang bersih, kereta untuk keliling kebun binatang Gembira Loka, kamar mandi. Ada permaianan untuk anak-anak, area untuk berfoto dengan binatang tertentu yang sudah jinak. Dan bagi Anda yang lapar setelah seharian berkeliling kebun binatang, ada warung-warung makan di dalam lokasi kebun binatang pula.

Kunjungi :  42 Tempat Wisata Terbaik di Lombok yang Paling Dikenal

Sejarah Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun binatang Gembira Loka ini berawal dari keinginan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII yang ingin membangun sebuah tempat wisata yang dinamakan dengan Kebun Rojo. Keinginan tersebut baru terealisasikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX dengan bantuan Ir. Karsten, seorang arsitek berkebangsaan Belanda.

Ir. Karsten kemudian memilih lokasi pembangunan di sebelah barat sungai Winongo. Tempat tersebut dipilih sebab dianggap sebagai tempat yang paling sesuai untuk pembangunan Kebun Rojo. Sayangnya karena adanya Perang Dunia II pembangunan Kebun Rojopun harus terhenti.

Setelah selesai Perang Dunia II, pada saat proses pemindahan ibukota negara dari Yogyakarta kembali ke Jakarta di tahun 1949. Ide untuk membuat Kebun Rojo tercetus lagi. Kali ini ide tersebut dipelopori oleh Januismadi dan Hadi, SH. Mereka ingin memberikan kenang-kenangan kepada masyarakat Yogyakarta berupa sebuah tempat hiburan dari pemerintah pusat.

Gembira Loka
Instagram by @hanny_rezkyawan

Akhirnya ide tersebut mendapat sambutan hangat dari masyarakat Yogyakarta, sayangnya ide tersebut belum bisa diselesaikan. Hingga akhirnya pada tahun 1953, dengan berdirinya Yayasan Gembira Loka Yogyakarta maka pembangunan Kebun Rojo yang tertunda baru benar-benar dapat direalisasikan.

Empat tahun kemudian, yakni 1959, KGPAA Paku Alam VII menunjuk Tirtowinoto ntuk melanjutkan pembangunan Gembira Loka. Dipilihnya Tirtowinoto sendiri dengan alasan bahwa ia dinilai memiliki kecintaan terhadap alam dan memiliki minat yang besar terhadap perkembangan Gembira Loka.

Dan ternyata, Tirtowinoto memang memberikan sumbangsih yang cukup. Baik itu dari segi pemikiran maupun maupun material. Ia benar-benar membawa kemajuan yang pesat bagi Gembira Loka. Puncaknya di tahun 1978, koleksi satwa yang dimiliki Gembira Loka semakin lengkap. Hingga kini banyak pengunjung yang datang ke tempat ini.

Kunjungi :  Harga Tiket Masuk Wahana Wisata Taman Pintar Jogja

Untuk saat ini hewan yang ada di Kebun Binatang Gembira Loka sendiri ada banyak sekali. Ada berbagai jenis burung, katak, ikan, beruang, gajah, buaya, harimau dan masih banyak sekali.

Gerbang Masuk Gembira looka
Instagram by @erlayen

Untuk kelompok burung ada jenis elang bondol, Kakak Tua, Julang Emas, Merak Hijau Dan Nuri Bayan. Untuk Kelompok Reptil Ada Biawak Pohon, Biawak Naga, Chameleon, Kaiman Kerdil, Kura-Kura Terapin, Sulkata, Viper Vagleri dan Viper Gabon.

Kelompok Amfibi Seperti Katak Badut Afrika, Katak Bibir Putih, Katak Pacman, Katak Tanduk Dan Katak Tomat. Terakhir Kelompok Ikan, Ada Arapima Raksasa, Ikan Discus, Ikan Red Devil, Niasa, Patin Albino dan Piranha. Itulah Jenis-Jenis Hewan Yang Bisa Anda Lihat Gembira Loka Zoo. Banyak Sekali Bukan?

Nah, selain Gembira Loka ternyata masih banyak tempat wisata di Jogja lainnya yang bisa Anda kunjungi. Jika Anda ingin bermain-main air dengan buah hati Anda, Istana Air Taman Sari Jogja dan Wisata Air Terjun Sri Gethuk boleh Anda coba.

Apalagi setelah dari Istana Air Taman Sari, Anda bisa berkunjung ke Taman Pintar. Lokasinya umayan dekat. Cocok sekali untuk dkunjungi Anda bersama keluarga Anda. Harga tiket masuk Taman Pintar Jogja ini berdasarkan tingkat usia. Untuk anak-anak, harga tiketnya adalah Rp. 10.000 dan untuk orang dewasa sebesar Rp. 18.000.

Cukup sekian apa yang bisa kami ulas Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Gembira Loka. Selamat menikmati liburan bersama suami dan buah hati Anda ya.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */