Spot Fotografi Keren dari Kawah Wurung Bondowoso

0

Lokasi dan Jalan Menuju Kawah Wurung Bondowoso Jawa Timur

Wisata Kawah Wurung
by instagram @hadisasongko91

Wisata Kawah Wurung Bondowoso merupakan sebuah wisata alam liar dengan hamparan tanah yang luas dengan ditumbuhi rerumputan. Definisi ini sama dengan savana, atau padang rumput. Ya, memang jika dilihat secara utuh dari atas, tempat ini akan terlihat seperti padang rumput, hanya saja, kawasan Kawah Wurung jampit ini berbentuk perbukitan.

Dalam bahasa jawa, kata wurung berarti sesuatu yang gagal atau tidak jadi. Sehingga Kawah Wurung mempunyai arti kawah yang tidak jadi terbentuk. Jika kawah ijen terkenal dengan air danaunya yang mematikan, maka, Kawah Wurung ini sama sekali tidak memiliki air. Hanya berupa cekungan tanah yang luas dengan tetap ditumbuhi hijaunya rumput. Cekungan tanah yang menyerupai kawah ini disebut dengan bukit cincin. Di tepi kawah atau kaldera kosong di Kawah Wurung ini dikelilingi pohon dengan bentuk melingkar, oleh karenanya disebut bukit cincin.

Kawah Wurung di Bondowoso
by instagram @seputarbondowoso

Jika dilihat sekilas, lokasi Kawah Wurung memang mirip dengan kawasan gunung bromo. Hanya saja ukuran luasnya lebih kecil. Pemandangan hijau yang Anda lihat dan nikmati seperti permadani ini hanya ada ketika musim penghujan. Ketika musim kemarau, rumput-rumput hijau berubah menjadi kekuningan. Terkadang juga menjadi berwarna merah muda.

Alamat Kawah Wurung ada di sebuah desa bernama jampit yang terletak di kecamatan sempol, kabupaten Bondowoso. Kawah ini terletak berdekatan dengan kawah ijen. Bila dihitung dengan jarak, letaknya kurang lebih hanya sembilan hingga sepuluh kilometer. Oleh sebab itu, jika telah mengunjungi kawah ijen, tidak ada salahnya membelokkan kendaraan Anda untuk melihat-lihat tempat wisata di Bondowoso dengan bukit hijau nan elok ini sebagai tempat beristirahat sejenak.

Kunjungi :  Pemandangan Cantik Pantai Cahaya Weleri Kendal

Jika cuaca sedang cerah dan terang benderang, Anda akan melihat penampakan gunung kawah ijen dengan puncaknya yang menganga dari kejauhan. Puncak gunung berapi merapi yang berjejer di sebelahnya juga akan terlihat indah di seberang mata. Gelaran tanah hijau dengan pemandangan berwarna biru gunung ijen dengan puncaknya menjadi kenikmatan tersendiri dalam berwisata ke Kawah Wurung.

Ketinggian Kawah Wurung berada di 1500 meter di atas permukaan laut. Bagi Anda yang membawa kendaraan, Anda bisa membawa kendaraan Anda mengelilingi tempat ini. Terlebih jika Anda mengendarai sepeda motor, Anda langsung bisa menaiki bukit, menuju puncak Kawah Wurung. Jalan yang bisa dilalui memang belum terawat seperti jalan-jalan kendaraan pada tempat lain, hal ini mungkin saja memang sengaja dibuat dengan alasan yang sama. Yakni menjaga kealamian tempat tersebut sebagai tempat wisata alam yang masih alami dan jauh dari olah tangan manusia.

Ada yang menyebut Kawah Wurung ini sebagai jamrudnya Bondowoso. Ya, hal tersebut sangatlah wajar, karena memang wilayah ini adalah padang rumput terluas yang ada di kabupaten Bondowoso.

Ada yang unik dari Kawah Wurung ini. Yaitu, sebuah tanjakan di kaki bukit sejauh 100 meter yang dinamakan tanjakan cinta. Bisa saja, nama ini diberikan karena tanjakan tersebut memang memiliki tingkat kemiringan yang tidak landai, sehingga harus injak gas kuat-kuat untuk bisa melaluinya.

Akses Menuju Kawah Wurung
by instagram @aloysiustommychandra

Tidak diketahui pasti, sejarah Kawah Wurung ini. Mengapa bisa terbentuk kawah dengan tanpa air maupun belerang? Atau bagaimana asal usul Kawah Wurung ini hingga bisa membentuk cekungan besar? Semua misteri dan pertanyaan-pertanyaan tersebut belum terpecahkan Hingg sekarang. Karena memiliki rumput yang subur, tempat tersebut dari zaman dahulu hingga saat ini digunakan untuk melepas ternak-ternak milik warga sekitar yang hendak merumput seperti sapi.

Kunjungi :  Sisi Lain dari Telaga Menjer Wonosobo Jawa Tengah

Kegiatan yang bisa Anda lakukan di Kawah Wurung ini misalnya bersepeda. Bersepeda bisa menjadi alternatif bagi Anda yang lelah dengan aktivitas jalan kaki. Selain itu, Anda juga bisa duduk-duduk bersantai dengan menggunakan hammock atau tempat duduk lipat yang bisa Anda gelar di puncak bukit.

Bagi Anda yang membawa serta keluarga bersama anak-anak tercinta, Anda bisa menggelar karpet kecil dan membawa bekal untuk acara makan bersama. Hal ini bisa menjadi salah satu kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan. Tapi, jangan lupa untuk membawa serta sampah kembali turun bukit ya. Jangan sampai tanah hijaunya Bondowoso ini kotor karena sampah yang berserakan.

Hal wajib yang tidak boleh tertinggal ketika Anda datang ke Kawah Wurung adalah mengambil foto dan video aktivitas Anda. Sayang sekalj jika Anda datang ke tempat ini tanpa membawa kamera. Tempat ini merupakan salah satu surganya traveler untuk berfoto. Banyak sudut-sudut menarik yang bisa menjadi latar Anda untuk berfoto. Ada juga wisatawan yang meluangkan waktu untuk datang ke kawah kosong ini dalam rangka mengambil foto pre wedding. Memang, wisata alam bisa menjadi salah satu background fotografi yang apik, yang patut Anda coba. Mensyukuri keindahan alam ciptaan Tuhan dengan memanfaatkannya sebaik mungkin.

Akses ke Kawah Wurung

Kawah Wurung
by instagram @agassi__

Jalur yang harus dilalui untuk menuju Kawah Wurung ini sama dengan jalan menuju kawah ijen karena memang letaknya yang berdekatan. Jangan lupa, setelah turun dari puncak kawah gunung ijen, Anda mampir ke bukit Kawah Wurung ini. Tiket masuk Kawah Wurung hanya Rp. 3.000 saja.

Akses Menuju Kawah Wurung dari Banyuwangi

Kawah Wurung Bondowoso
by instagram @mtma_bondowoso_official

Anda hanya perlu mengendarai mobil maupun motor motor Anda menuju arah pos paltuding. Dari pos paltuding ini, rute Anda arahkan ke kabupaten Bondowoso. Akan ada petunjuk jalan menuju Kawah Wurung. Ikuti petunjuk tersebut sampai Anda tiba di tempat tujuan.. Jalan menuju Kawah Wurung ijen sangat mudah dijangkau dan ditemukan.

Kunjungi :  Mitos dan Lokasi Wisata Pantai Carita Anyer Banten

Rute Kawah Wurung dari Jember

Camping di Kawah Wurung
by instagram @cipoedh

Rute dari jember ini sama dengan rute dari arah Bondowoso. Dari jember, arahkan kendaraan Anda menuju utara arah Bondowoso. Dari kabupaten Bondowoso, Anda ikuti jalur sampai di kecamatan wonosari. Di sini, Anda akan menemukan jalan pertigaan yang menghubungkan Bondowoso dengan jalan ke kabupaten situbondo dan arah kawah ijen. Anda belokkan kendaraan menuju jalur kawah ijen. Rute Kawah Wurung dari jember ini berjarak kurang lebih 100 kilometer dan bisa Anda tempuh dalam waktu kurang lebih 3 jam perjalanan.

Dua cara ke Kawah Wurung tersebut bisa Anda tempuh menggunakan kendaraan mobil, sepeda motor, maupun kendaraan umum. Namun, agar lebih nyaman, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun menyewa kendaraan. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat peta Kawah Wurung Bondowoso Jawa Timur berikut : (gambar peta ke Kawah Wurung).

Anda yang berminat berwisata ke Kawah Wurung menggunakan kendaraan umum atau menyewa kendaraan dan ingin menikmati malam di kawasan perbukitaan ini, Anda bisa ke Kawah Wurung penginapan yang berlokasi di sekitar kawah ijen. Anda dapat menghabiskan malam liburan Anda dengan menginap dan melanjutkan petualangan Anda ke kawah ijen maupun Kawah Wurung nan eksotis ini.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */