Surganya Wisata Indonesia

Cara Menuju Lokasi Wisata Kampung Baduy Kanekes Banten

0
Cara Menuju Lokasi Wisata Kampung Baduy Kanekes Banten
Nilai Artikel Ini

Kampung Baduy – Destinasi wisata budaya adat memang selalu menarik perhatian setiap pecinta wisata. Keunikan budaya dan gaya hidup masyarakatnya yang masih tradisional menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Objek wisata tersebut salah satunya adalah wisata di Pandeglang Banten yang satu ini. Wisata Baduy di Pandeglang Banten mungkin dapat menjadi salah satu pilihan bagi anda dalam menentukan destinasi wisata.

Indonesia memang penuh keunikan dengan kearifan lokal suku-suku yang masih terjaga hingga saat ini, sehingga menarik untuk ditelusuri. Keberagaman suku dan budaya membuat Indonesia sangat kaya dengan nilai-nilai budaya yang unik. Salah satunya adalah suku baduy. Adat istiadat suku baduy masih dipertahankan, begitu pula alam sekitar kampung baduy juga masih sangat terjaga.

Sejarah kampung baduy bahasa sunda juga sangatlah unik dan menjadi daya tarik tersendiri yang akan menambah pengetahuan anda tentang keberagaman Indonesia. Anda juga dapat belajar tentang suku baduy di sekolah alam Kandank jurank doang.

Adat Suku Badui
Instagram by @explorebanten

Suku baduy berasal dari daerah Banten. Lokasi kampung baduy pedalaman berada di kaki pegunungan kendeng tepatnya alamat kampung baduy ini adalah di desa Kanekes, kecamatan Leuwidamar. Karena lokasinya di lereng pegunungan tentu saja kampung baduy dalam ini mempunyai udara yang sejuk khas pegunungan. Bagi wisatawan yang suka dengan suasana pegunungan tentu saja kampung baduy menjadi wisata wajib yang harus dikunjungi.

 

Keunikan dari kampung baduy bukan hanya keadaan alamnya yang masih terjaga, tetapi kearifan lokal adat istiadat kampung baduy adalah daya tarik utama pariwisata disana. Suku baduy dibagi menjadi dua golongan, yaitu suku baduy dalam dan suku baduy luar. Sebenarnya tidak ada penggolongan terhadap suku baduy, masyarakat baduy sendiri menganggap suku baduy hanya ada satu. Penggolongan tersebut sebenarnya hanya didasarkan pada perbedaan gaya hidup dari kedua golongan tersebut.

Kunjungi :  Wisata Hits Snorkeling Di Umbul Ponggok Klaten

Selain itu, agama suku baduy dalam berbeda dengan masyarakat pada umumnya. Mereka menyebut agama/kepercayaan mereka dengan sebutan Sunda wiwitan. Kepercayaan ini berarti ajaran leluhur yang diturunkan secara terus-menerus. Tetapi kepercayaan ini hanya dianut oleh suku baduy dalam, sedangkan kebanyakan suku baduy luar sudah mulai mengadopsi agama islam sebagai agama mereka.

Suku baduy dalam adalah masayarakat baduy yang masih memegang teguh adat-istiadatnya secara utuh. Konsep yang dipegang adalah konsep pikukuh yaitu pada intinya konsep ini berisi tentang keapaadaan, sehingga suku baduy dalam tidak menerima adanya pengaruh modernisasi. Beberapa peraturan yang harus ditaati oleh suku baduy dalam adalah tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan dan tidak diperbolehkan menggunakan alas kaki.

Rumah Suku Baduy
Instagram by @ali_udi

Sedangkan suku baduy luar adalah masyarakat baduy yang masih memegang adat istiadat yang ada tetapi terkontaminasi budaya modern. Masyarakat baduy luar biasanya sudah mengenal teknologi dan lebih maju dibanding dengan masyarakat baduy dalam. Dalam segi pakaian baduy luar cenderung memakai pakaian gelap yang melambangkan mereka sudah tidak suci lagi. Sebaliknya, suku baduy dalam akan lebih memakai pakaian berwarna putih yang melambangkan bahwa mereka masih suci karena masih mempertahankan pikukuh tersebut. Untuk berlibur di kampung baduy ini, wisatawan tidak usah bingung karena tersedia berbagai paket wisata kampung baduy kanekes banten yang dapat dimanfaatkan.

Setelah ini kita akan membahas cara menuju kampung wisata yang unik satu ini. Cara menuju kampung baduy banten sangatlah mudah. Langkah pertama adalah menuju stasiun Rangkasbitung. Jika anda berangkat dari Serang maka akan memakan waktu sekitar 1 jam dengan menggunakan kereta Rangkasjaya (patas merak). Perjalanan menggunakan kereta sangat direkomendasikan karena dinilai lebih efisien. Dan pemandangan yang disuguhkan sepanjang perjalanan akan membuat mata anda terpana dengan keindahan alam Banten.

Setelah itu silahkan menuju terminal rangkasbitung, dan pilihlah elf dengan tujuan Ciboleger. Perjalanan dengan menggunakan elf ini memakan waktu sekitar 1,5-2 jam perjalanan. Sebelum sampai ke desa kanekes, elf akan melewati beberapa kampung baduy luar yang juga akan menaiki elf tersebut. Wisatawan akan dapat bertanya-tanya tentang desa baduy dan kebiasaan mereka sehari-hari disana. Dan anda juga akan melewati taman nasional ujung kulon pandeglang.

Kunjungi :  9 Tempat Nongkrong Enak di Jakarta Barat yang Murah Meriah
Suku Baduy
Instagram by @reginasafri

Sesampainya di Ciboleger maka akan disambut oleh pemandu lokal yang akan mengantarkan anda ke pintu gerbang desa Kanekes Banten. Setelah ini, perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Jika anda kebingungan, silahkan lihat peta kampung baduy pandeglang.

Sepanjang jalan, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan kampung yang masih sangat tradisional. Semakin kedalam maka akan terlihat masyarakat baduy yang akan memakai baju serba putih. Inilah kampung baduy dalam, disini wisatawan dilarang mengambil gambar maupun video.

Di tengah perjalanan, wisatawan akan melihat beberapa masyarakat baduy yang sedang mengolah gula aren atau biasa mereka sebut gula kawung. Meskipun sebagian besar masyrakatnya berprofesi sebagai petani, tetapi sebagian dari mereka sering mencari pekerjaan sampingan sebagai pembuat gula kawung. Untuk membuat gula kawung mereka harus memanjat pohon aren untuk mengambil air aren atau air nila yang titampung didalam sebilah bambu yang disebut lodong. Gula aren khas baduy konon mempunyai rasa yang sangat enak karena terbuat dari aren asli tanpa campuran apapun.

Kampung Baduy
Instagram by @abdul_mh_muhaimin

Mencari gula aren merupakan pekerjaan masayarakat baduy luar. Berbeda dengan suku baduy luar, kehidupan suku baduy pedalaman lebih mengandalkan alam. Mereka jarang berinteraksi dengan dunia luar dan cenderung menolak. Hal ini dikarenakan mereka percaya bahwa diluar sana banyak orang pintar tetapi senang membodohi orang dengan kepintarannya. Sehingga mereka memilih untuk tidak bergaul dengan dunia luar.

ilmu suku baduy dalam dinilai lebih sakti daripada suku baduy luar. Ketaatan mereka terhadap nilai-nilai luhur inilah yang membuat mereka mempunyai kesaktian. Kesaktian suku baduy dalam sudah sangat terkenal, mereka dinilai mempunyai kekuatan supranatural yang sangat dahsyat. Hal inilah yang menyebabkan suku baduy dalam lebih dihormati daripada suku baduy luar.

Kunjungi :  Lokasi, Harga Tiket Masuk dan Varian Wisata Kampung Coklat Blitar 

Pemimpin adat suku baduy disebut Pu’un. Ada tiga Pu’un yang tersebar di tiga kampung. Jabatan pemimpin ini ditwariskan secara turun-temurun dan jangka waktu jabatannya pun tidak diatur melainkan tergantung kemampuan seseorang tersebut. Tetapi dalam lingkup Nasional, desa suku baduy ini dipimpin oleh kepala desa atau disebut jaro pamarentah oleh masyarakat baduy. Lokasi kampung baduy pedalaman yang berada jauh dari kota membuat mereka jarang menjadi kepala desa.

Kearifan lokal merupakan harta yang tersembunyi bagi Indonesia. Nilai-nilai dan kebudayaan yang berkembang merupakan harta yang tidak ternilai harganya. Keberagaman suku bangsa merupakan hal yang harus dihargai dengan baik oleh warga Indonesia. Toleransi diantara suku bangsa merupakan kunci untuk masyarakat Indonesia agar Indonesia tetap menjadi negara yang beragam. Karena keberagaman merupakan kekuatan utama yang dipunyai oleh Indonesia.

Banten memang mempunyai daya tarik yang luar biasa dalam sektor pariwisatanya yang memperlengkap keunikan Indonesia sebagai negara yang penuh dengan budaya. Selain desa wisata suku baduy ini, anda dapat menikmati destinasi lain di Pandeglang Banten yang tidak kalah seru seperti cagar alam pulau burung. Selamat berlibur.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */