Lokasi Dan Rute Jalan Menuju Hutan Pinus Mangunan

0

Hutan Pinus Mangunan – Anda sedang bingung mencari spot foto terbaik? Jangan khawatir, ada Hutan Pinus Mangunan yang terkenal memiliki spot foto terbaik yang ada di Yogyakarta. Foto-foto di instagram belum hits rasanya jika belum foto menggunakan latar hutan pinus yang sangat bagus. Nah, penasaran dengan hutan pinus? Simak ulasan mengenai Lokasi Dan Rute Jalan Menuju Hutan Pinus Mangunan.

Hutan Pinus Mangunan
Instagram by @yarrysuryo

Jalan Menuju Hutan Pinus Mangunan Bantul

Tertarik untuk berwisata ke tempat ini? Tidak rumit kok mencari alamat hutan ini. Tidak perlu Anda khawatir akan kesasar karena Alamat Hutan Pinus Mangunan sangat mudah untuk ditempuh.

Sebenarnya hutan yang ada di kawasan Resort Pengelolaan Hutan ini berada di Mangunan. Tetapi banyak orang yang menyebut hutan pinus ini dengan istilah Hutan Pinus Imogiri. Hal ini disebabkan karena lokasinya yang ditempuh ke arah hutan ini searah dengan situs makam Raja-Raja Imogiri. Padahal menurut catatan administratif hutan pinus bukan termasuk dalam kawasan Imogiri.

Ya, lokasi Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Selain di Mangunan, Bantul ternyata juga memiliki objek wisata baru Hutan Pinus lain di sisi sebelah utara.

Untuk rute ke Hutan Pinus Mangunan Jogja jika Anda dari pusat kota Jogja Anda ambil saja arah ke Jl. Imogiri Timur. Lalu lurus saja sampai menemukan pertigaan Imogiri dan belok kiri ke arah Makam Raja-raja Imogiri. Setelah itu ada pertigaan belok kanan ke arah Mangunan, dari pertigaan beloklah ke kiri arah hutan pinus.

Letak Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul dari pusat kota Yogyakarta sendiri hanya berjarak kurang leih 24 km. Dan jika Anda melakukan perjalanan hanya memakan waktu sekitar 30 menit. Sepanjang perjalanan memasuki ke arah perbukitan, Anda akan disuguhi oleh pemandangan alam yang sangat indah.

Kunjungi :  Trip To Surga Tersembunyi Pantai Coro Tulungagung Jawa Timur

Instag

Kawasan Hutan Pinus Mangunan
Instagram by @yarrysuryo

Bagaimana? Mudah sekali bukan Alamat Hutan Pinus Mangunan Imogiri? Nah, setelah sampai di lokasi ini Anda akan terpukau dengan hamparan gumuk pasir yang hampir mirip seperti yang ada di Mesir sana.

Peta Hutan Pinus Mangunan bisa Anda temukan di aplikasi google maps jika Anda masih kebingungan untuk mencari lokasinya. Atau jika Anda tidak ingin bernavigasi melalui google maps, Anda bisa bertanya-tanya ke penduduk setempat. Penduduk Bantul sangat ramah-ramah, Anda tidak perlu ragu bertanya jika masih kebingungan mencari alamat hutan pinus.

Untuk masuk ke Hutan Pinus Mangunan Anda hanya cukup merogoh kocek sebesar Rp.3000 saja untuk biaya parkir motor dan Rp.5000 untuk parkir mobil. Tidak ada tiket yang dipatok oleh wisata ini. Anda bisa berfoto-foto sepuasnya dengan gratis. Wisata Hutan Pinus Mangunan buka dari jam 07.00 hingga 00.00 WIB.

Sejarah Hutan Pinus Mangunan

Sebelum Hutan Pinus Mangunan ini menjadi salah satu destinasi wisata, dahulunya hutan di kawasan Mangunan ini adalah sebuah tanah tandus. Kawasan hutan yang tandus ini dikarenakan adanya eksploitasi kayu-kayu yang cukup besar beberapa puluh tahun yang lalu. Hingga tanah tandus inilah yang kemudian direboisasi.

Bukan hanya tanaman pinus, tapi adapula jenis pohon lain seperti mahoni, akasia, kemiri dan kayu putih. Tanaman-tanaman tersebut ditanam di lahan yang luasnya sekitar 500 Ha. Namun sekarang, kawasan Mangunan, terutama bagian yang ditanami pohon pinus tak hanya berfungsi sebagai hutan lindung saja.

Kawasan ini juga juga dikelola sebagai salah satu tempat wisata yang sekarang banyak dikenal oleh banyak orang, yakni Hutan Pinus Mangunan, ada banyak fasilitas yang disediakan di tempat ini. Ada gardu pandang, panggung pertunjukan yang menyatu dengan alam, kamar mandi umum. Lalu adapula mushola dan warung-warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman.

Kunjungi :  Pesona Sunrise Pantai Goa Cina Malang Selatan

Jika Anda adalah seorang pecinta fotografi, berkunjung ke tempat ini sangat disarankan untuk Anda. Sebab Hutan Pinus Mangunan adalah salah satu tempat hunting foto terbaik yang ada di Yogyakarta. Apalagi jika Anda datang bersama pasangan, tempat ini coco digunakan untuk foto prewedding.

Wedding Hutan Pinus Mangunan
Instagram by @yarrysuryo

Wajar saja jika banyak orang berburu foto di tempat ini sebab suasana hutan pinus hampir dimiripkan dengan yang ada di film-film Hollywood. Jika Anda pengemar film Twilight, pasti Anda tidak asing dengan lokasi yang sering dishoot ini. Jadi Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Amerika jika ingin beroto ala-ala Hollywood.

Oh ya, bukan hanya suasana hutan yang asri dan pemandangan yang menarik untuk dijadikan spot foto. Di sekitar kawasan ini terdapat sumber mata air Bengkung. Mata air ini disebut sebut sebagai tempat pertapaan Sultan Agung Hanyakrakusuma. Banyak pula pengunjung yang berdatangan ke Mata Air Bengkung ini.

Mata air Bengkung sendiri dibangun pada pemerintah Belanda yakni sekitar tahun 1925 hingga 1930 ini. Untuk menuju ke sumber air ini ada beberapa jalan yang bisa Anda tempuh. Yakni bisa dengan trekking dari tempat parkir menembus hutan yang rapat, lalu mengikuti jalur outbond Watu Abang. Atau bisa juga melalui jalan melingkar yang lebih nyaman ditempuh dengan sepeda motor.

Nah, selain Hutan Pinus Mangunan masih banyak sekali obyek wisata Bantul yang tersebar di berbagai daerah sekitar kabupaten ini. Seperti Pantai Baru, Gua Cemara, Air Terjun Watu Lumbung Gunung Kidul, dan Wisata Puncak Becici Jogja.

Apalagi Puncak Becici letaknya tidak begitu jauh dari hutan pinus mangunan. Sebelum Anda meninggalkan Hutan Pinus Mangunan ada plang yang mengarah ke Puncak Becici. seperti apakah keindahan Puncak Becici yang berada tidak jauh dari Hutan Pinus Mangunan ini? Puncak Becici akan menjadi destinasi selanjutnya yang akan kita datangi.

Kunjungi :  Rumah Kamera Magelang, Wisata Sensasi "Galeri Seni"
Keindahan Hutan Pinus Mangunan
Instagram by @anisaputri_97

Serta masih banyak pula tempat wisata lainnya yang tidak bisa disebutkan satu karena terlalu ntuk menjawab rasa penasaran Anda, silahkan mengunjungi wisata ini setelah pulang dari hutan pinus mangunan.

Oh ya, baca juga Wisata Waduk Sermo Kulon Progo pada artikel kami sebelumnya untuk menambah pengetahuan Anda tentang wisata yang ada di Yogyakarta. Selain Waduk Sermo, adapula tempat wisata lain yang tersebar di Kulon Progo.

Ya, Yogyakarta memang kaya akan destinasi wisata. Wajar saja jika banyak wisatawan baik dari luar kota maupun luar negeri mengunjungi kota yang masih menjaga tradisi Jawanya. Bersyukurlah Anda bisa berada di kota yang mendapat julukan kota pendidikan ini. Sebab selain terkenal dengan tilah kota budaya. Yogyakarta juga dikenal dengan nama kota wisata.

Seperti itulah ulasan mengenai Lokasi Dan Rute Jalan Menuju Hutan Pinus Mangunan. Jika ingin berfoto-foto dengan spot yang mirip ala-ala filmTwilight, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Amerika sana. Cukup pergi ke Yogyakarta saja, dan kunjungi Hutan Pinus Mangunan ini. Selain bisa mendapatkan foto dengan spot terbaik, Anda juga bisa merasakan sejuknya udara di sekitar kawasan ini.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */