Surganya Wisata Indonesia

Sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja

0
Sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja
Nilai Artikel Ini

Gumuk Pasir Parangkusumo – Anda suka berolahraga? Apalag jika olahraga itu yang memacu adrenalin Anda. Sandboarding misalnya, wah tidak perlu khawatiakan kesulitan berolahraga dengan jenis ini ya Karena Anda tidak perlu jau-jauh hingga ke gurun Afrika sana. Di Yogyakarta sendiri Anda bisa menikmati olahraga yang memacu adrenalin ini. Ya, ada sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja.

Oh ya pasti penasarang mengapa dinamakan Gumuk Pasir Parangkusumo? Bukan dinamakan Gurun pasir Parangkusumo? Ya, nama Gumuk Pasir Parangkusumo digunakan karena gumuk dalam bahasa Jawa artinya gundukan atau tumpukan. Adapun Parangkusumo sendiri adalah nama daerah dari tempat gundukan pasir ini.

Gumuk Pasir Parangkusumo
Instagram by @nabiltourtravel_jogja

Karena letaknya Gumuk Pasir Parangkusumo ada di Yogyakarta, di mana provinsi ini sangat menjunjung tinggi budaya Jawa. Maka wajar-wajar saja jika dinamakan Gumuk Pasir Parangkusumo.

Gundukan pasir yang ada di Parangkusumo sendiri merupakan gundukan abu vulkanik dari Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang terbawa oleh sungai Opak hingga akhirnya sampai ke Pantai Parangtritis.

Abu vulkanik yang kecil dan ringan itupun terbawa ke tepi pantai di mana ketika ketika kering akan terbawa oleh angin. Proses itupun terjadi secara terus menerus dalam kurun waktu yang lama hingga membentuk gundukan pasir yang dikenal sekarang, Gumuk Pasir Parangkusumo.

Di pantai ini, selain bisa bermain-main dengan airnya Anda bisa juga diajak berasyik-asyikan dengan hamparan pasir yang terbentang luas. Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta ini tidak terlalu jauh letaknya dari pantai parangtritis. Cukup berjalan kaki saja, Anda sudah terhubung dengan Pantai Parangtritis. Jadi jika Anda ingin berkunjung ke Gumuk Pasir Parangkusumo Anda juga bisa bermain-main ke pantai parangtrit pula.

Kunjungi :  Klenteng Sam Poo Kong Semarang, Icon Wisata Sejarah Serba Merah

Alamat Gumuk Pasir Parangkusumo

Tertarik untuk berwisata ke tempat ini? Tidak rumit kok mencari alamat gumuk pasir ini. Jangan khawatir akan kesasar karena jalan menuju Gumuk Pasir Parangkusumo sangat mudah untuk ditempuh.

Ya, lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo bantul daerah istimewa Yogyakarta ada di sebelah selatan pusat kota Jogja tepatnya di kawasan Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Jadi jika Anda menuju ke parangkusumo, ada 3 pantai yang bisa Anda lalui yakni Pantai Depok, pantai Cemara Sewu, serta pantai yang cukup terkenal yaitu pantai Parangtritis. Gumuk Pasir Parangkusumo sendiri dikelola oleh pemuda yang tinggal di daerah ini.

Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja
Instagram by @raihan_ardianto

Untuk rute Gumuk Pasir Parangkusumo sendiri adalah jika Anda dari pusat kota Jogja Anda ambil saja arah menuju ke jalan parangtritis. Ikuti jalan ke arah selatan dengan jarak tempuh sekitar 35 Km. Anda hanya perlu lurus saja sampai menemukan pintu retribusi pantai parangtritis.

Setelah melakukan retribusi sebesar Rp.5000 jalankan kendaraan Anda dengan pelan-pelan kaena letak Gumuk Pasir Parangkusumo di pinggir jalan sebelum kompleks wisata pantai parangtritis.

Bagaimana? Mudah sekali bukan rute menuju gumuk pasir parangkusumo? Nah, setelah sampai di lokasi ini Anda akan terpukau dengan hamparan gumuk pasir yang hampir mirip seperti yang ada di Mesir sana. Jika Anda pernah melihat film Ayat-Ayat Cinta yang di dalam novelnya menceritakan lokasi Mesir. Tapi di dalam filmnya memakai India sebagai latar belakang gurun.

Keistimewaan Gumuk Pasir Parangkusumo

Wah, padahal di Yogyakarta sendiri juga ada gurun ya…tapi kalau dibandingkan dengan gurun-gurun seperti yang ada di India atau Mesir memang tidak terlalu besar sih. Keunikan fenomena alam pasir berpindah seperti gurun inilah yang akhirnya mnjadikan banyak orang menjadikan Gumuk Pasir Parangkusumo sebagai tempat foto.

Kunjungi :  Panorama Alam Eksotis dari Pantai Klayar Pacitan

Ya, akhir-akhir ini sedang ngetrend di Jogja foto menggunakan latar gumuk pasir parangkusumo. Baik itu merupakan spot foto session atau foto prewedding. Gumuk Pasir Parangkusumo benar-benar tempat yang indah dan wajib Anda kunjungi. Bukan hanya untuk sandboarding saja tapi bisa juga untuk berfoto-foto ala gurun pasir.

Gurun Pasir Parang Kusumo
Instagram by @raihan_ardianto

Nah, jika Anda ingin bersandboarding di gumuk pasir parangkusumo, Anda perlu mrogoh kocek sebesar Rp.150.000 untuk harga sewa papan sepuasnya! Sepuasnya, lho! Tidak terpatok oleh waktu seperti pantai-pantai kebanyakan yang menyewakan papan seluncur yang berbatas waktu.

Menariknya, sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo ini adalah satu-satunya yang ada di Jogja.Bahkan sangat jarang sekali tempat wisata di Indonesia yang menyediakan sandboarding. Peralatan sandboarding sendiri hampir mirip dengan skateboard , hanya saja papan sandboarding tidak dipasang roda. Penampang di sebelah bawah juga dibuat sangat halus dan dilapisi semacam lilin agak papan sandboarding bisa meluncur lebih mulus.

Bagi pemula biasanya pengelola akan mengarahkan ke jalur-jalur sandboarding yang tidak terlalu tinggi, tapi jika Anda sudah mulai mahir, pengelola akan mengajak Anda ke bukit yang lebih tinggi. Hanya saja Anda akan merasakan resiko jatuh yang cukup membuat dengkul perih jika dari bukit yang tinggi.

Menikmati sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo seperti memompa adrenalin Anda. Apalagi ketika perlahan mulai meluncur lalu berkali-kali terjatuh dan berguling dan bergumul dengan pasir halus. Di sanalah Anda menemukan sensasi yang berbeda dari sandboarding. Jadi berseluncur bukan hanya di air saja ya, sekali kali Anda rasakan sensasi yang berbeda dengan berselucur di gurun pasir.

Ayunan di Gumuk Pasir Parang Kusumo
Instagram by @tyasastrid12

Apalagi jika cuaca sedang cerah-cerahnya, akan semakin menambah asyiknya Anda berseluncur di gumuk pasir ini. Sebab jika cuaca sedang tidak mendukung alias mendung dan hujan, keindahan Gumuk Pasir Parangkusumo ini tidak akan terlihat sempurna.

Kunjungi :  39 Tempat Wisata Eksotik di Sleman yang Sayang Terlewatkan

Jadi jika Anda ingin sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo, lakukan saat sore hari agar tidak terasa akan panasnya pasir. Jangan lupa gunakan sepatu dan bekali diri Anda dengan minuman yang cukup. Namanya juga olahraga, jadi wajar jika menguras cukup banyak tenaga.

Eits, tapi bukan hanya ada Gumuk Pasir Parangkusumo yang ada di Bantul. Masih banyak tempat wisata Bantul yang tersebar di berbagai daerah sekitar Bantul. Seperti Pantai Baru, Gua Cemara, Kebun Buah Mangunan, Hutan Pinus, Puncak Becici. Serta masih banyak pula tempat wisata lainnya yang tidak bisa disebutkan satu karena terlalu banyaknya wisata yang ada di Bantul.

Atau jika Anda tidak ingin pergi jauh-jauh dari alun-alun kota, Anda bisa berkunjung ke wahana Taman Pintar Jogja dan Taman Sari. Apalagi harga tiket masuk Taman Sari Yogyakarta sangat murah sekali, Anda hanya cukup mengeluarkan biaya 5000 rupiah saja. Dengan uang Rp.5000 Anda sudah bisa masuk ke taman yang letaknya berdekatan dengan Keraton Yogyakarta.

Oh ya, baca juga Sejarah Kebun Binatang Gembira Loka pada artikel kami sebelumnya untuk menambah pengetahuan Anda tentang wisata yang ada di Yogyakarta.

Seperti itulah ulasan mengenai Sandbording di Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja. Jika ingin berolahraga yang cukup ekstrem ini tidak perlu Anda jauh-jauh ke Mesir, India atau China. Cukup pergi ke Yogyakarta saja, dan kunjungi Gumuk Pasir Parangkusumo ini. Anda bisa sandboarding sepuas yang Anda inginkan, asal papannya jangan dibawa pulang ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */